Nikmati waktu senggang Anda sambil mengisi diri dengan kata-kata motivasi dari Usain Bolt, pelari kelas dunia yang kisah hidupnya sungguh inspiratif.

Selamat membaca & selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Usain Bolt, Pelari Pencetak Sejarah Dunia

Tidak diragukan lagi, Usain Bolt merupakan pelari terbaik dalam sejarah olahraga lari.

Menjadi sebuah legenda hidup, Bolt telah memenangkan sembilan medali emas di lapangan Olimpiade.

Ini merupakan sebuah prestasi yang belum pernah dicapai orang lain sebelumnya.

Bolt telah mencapai predikat “triple-triple” dan merupakan orang pertama yang memenangkan medali emas di tiga Olimpiade berturut-turut dalam acara estafet 100 meter, 200 meter dan 4×100 meter.

Ia mendapat juara di berbagai olimpiade seperti Olimpiade Beijing di tahun 2008, Olimpiade London pada tahun 2012, serta Olimpiade Rio pada tahun 2016.

Selama masa mudanya sebagai pelari, Bolt sebenarnya tidak mempercayai kemampuannya. Ia menjalani kehidupan atletnya dengan cukup santai.

Namun, pengalamannya bertahun-tahun bekerja sama dengan banyak pelatih membentuk dirinya menjadi pelari hebat.

Usain-Bolt-2-Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda Tipe Kepemimpinan Karismatik? Kenali Tipe Kepemimpinannya

 

Karier atlet berbakat ini sempat mengalami kemunduran saat ia tersingkir di babak pertama pada perlombaan 200 meter di Olimpiade Athena pada tahun 2004 silam.

Namun kegagalannya itu tidak membuat Bolt menyerah, dan ia pun berhasil tampil kembali dengan penampilan yang luar biasa.

Bahkan ia sukses membuat sejarah baru di Olimpiade Beijing pada tahun 2008, saat ia memenangkan medali emas dalam lomba 100 meter, 200 meter dan 4×100 meter.

Bolt mengulangi prestasi tersebut di ajang Olimpiade London pada tahun 2012 dan Olimpiade Pertandingan Musim Panas di Rio pada tahun 2016.

Melalui setiap kemenangan yang ia raih tersebut, Bolt memastikan tempatnya sebagai pelari terbaik dalam sejarah atletik dunia.

 

Masa Kecil Usain Bolt

Usain Bolt lahir dari pasangan bernama Jennifer dan Wellesley Bolt pada tanggal 21 Agustus 1986 di Jamaika. Ia merupakan satu dari tiga anak yang lahir dari pasangan tersebut.

Bolt menyelesaikan pendidikan dasarnya di sebuah institusi bernama Waldensia Primary.

Dia dikenal sebagai pelari yang berbakat selama berada di institusi pendidikan tersebut dan memenangkan banyak pertandingan lari dengan kategori 10 meter.

Usain-Bolt-3-Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

Melanjutkan studinya, Bolt kemudian pindah ke William Knibb Memorial High School, di mana ia mulai bermain olahraga seperti kriket.

Sang pelatih kriket merasa bahwa Bolt akan menjadi atlet lari yang lebih baik dibandingkan pemain kriket. Ia lah yang mendorong Bolt untuk menjadi seorang atlet lari.

Atas anjuran dari pelatih kriketnya tersebut, Bolt segera mengikuti sebuah lomba lari sepanjang 200 meter di sekolahnya, dan ia berhasil menyelesaikannya hanya dalam waktu 22,04 detik.

 

Usain Bolt, Lari Menanjak dan Melesat

Setelah kemenangannya itu, Usain Bolt dilatih oleh mantan pelari bernama Pablo McNeil, yang bahkan sebelumnya juga kerap bertanding di berbagai olimpiade.

Pertandingan olahraga bertaraf internasional yang pertama kali diikuti Bolt adalah IAAF World Youth Championships ke-2, yang diselenggarakan pada tahun 2001 di kota Debrecen, Hungaria.

Meski ia mengalami kegagalan untuk dapat tampil memukau dalam perlombaan kualifikasi 200 meter tersebut, Bolt berhasil menyelesaikan lomba tersebut hanya dalam waktu 21,73 detik. Pencapaiannya ini merupakan momen terbaik bagi dirinya saat itu.

Usain-Bolt-4-Finansialku

Usain Bolt dan pelatihnya Pablo McNeil

 

Bolt kemudian melanjutkan kariernya menjadi atlet lari dengan berpartisipasi dalam acara 2002 World Junior Championships.

Di ajang internasional yang diadakan di Kingston, Jamaika itu, ia berhasil memenangkan kategori 200 meter, dengan menyelesaikan lomba hanya dalam waktu  20,61 detik.

Ia kemudian membuat sebuah “ombak” di dunia olahraga dengan penampilannya yang luar biasa dalam ajang 2003 CARIFTA Games.

Dalam kejuaraan Jamaican High School Championships, yang juga diadakan pada tahun 2003, Bolt kembali menorehkan kemenangannya dalam kategori lari 200 meter dan 400 meter dengan menyelesaikan kedua kategori tersebut dalam durasi tercepat, yakni 20,25 detik dan 45,35 detik.

 

Tahun Cemerlang Usain Bolt

Memasuki tahun 2004 merupakan salah satu tahun karier cemerlang bagi Usain Bolt dalam meraih kesuksesan.

Kala itu, Bolt berpartisipasi dalam tiga perlombaan, yaitu 2004 CARIFTA Games, 2004 World Junior Championships, dan 2004 Summer Olympic Games di Athena yang merupakan ajang bergengsi paling dinanti dalam dunia olahraga.

Meski dipuji karena penampilannya yang luar biasa dalam ajang CARIFTA Games di tahun 2004, ia gagal tampil baik di ajang kualifikasi kategori 200 meter karena cedera yang dideritanya.

Pada tahun 2005, Bolt kemudian bekerja sama dengan pelatih baru bernama Glen Mills. Di bawah komando pelatih barunya, Bolt menjadi pelari yang lebih profesional dari sebelumnya.

Berkat bimbingan Glen Mills, Bolt tercatat memperoleh kemenangan dalam kategori lari 200 meter, di mana dia mampu menyelesaikan kontes tersebut hanya dalam waktu 19,99 detik.

 

Tetap Bertahan di Masa Kemunduran

Namun, kemenangannya yang gemilang terpaksa mengalami penurunan ketika Usain Bolt mengikuti pertandingan Commonwealth Games 2006, di mana ia menderita cedera hamstring (urat lutut) saat itu.

Meskipun tahun 2006 menjadi tahun terburuk dalam sejarah kariernya berlari, namun Bolt sempat menang dalam kompetisi IAAF World Athletics Final ke-5 yang diadakan di Jerman pada tahun itu.

Namun, cederanya tak meredupkan niat Bolt dalam meraih kesuksesan sebagai seorang atlet lari.

Usain-Bolt-5-Finansialku

[Baca Juga: 9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui]

 

Bolt kemudian melakukan perjalanan ke kota Osaka, Jepang, untuk berpartisipasi dalam kejuaraan IAAF World Championship ke-11 di tahun 2007.

Meski Bolt berhasil menempuh jarak 200 meter dalam waktu 19,96 detik, namun penampilannya tidak sememukau lawannya, Tyson Gay, yang mampu menyelesaikan pertandingan itu hanya dalam waktu 19,76 detik.

 

Kembali Bangkit & Semakin Gesit

Dalam pertandingan Summer Olympics di Beijing pada tahun 2008, Usain Bolt berhasil membungkam para kritikusnya dengan lolos ke babak final kategori 100 meter.

Saat itu, Bolt berhasil memenangkan kategori final 100 meter dengan rekor waktu 9,69 detik. dan akhirnya menjadi ikon terkenal di dunia.

Pada IAAF World Championships ke-12 di Berlin pada tahun 2009, Bolt menciptakan rekor dunia dalam kategori lari 100 meter dan 200 meter.

Ia berhasil mendapatkan gelar juara dalam balapan 100 meter hanya dengan waktu tempuh 9,58 detik dan balapan 200 meter dengan waktu tempuh 19,19 detik. Dia juga meraih medali emas di estafet estafet 4×100 meter.

Namun, pada IAAF World Championships ke-13 tahun 2011 di Daegu, Korea Selatan, Bolt tersingkir dari final 100 meter karena melakukan kesalahan pada titik start.

Dia kembali ke pertandingan untuk merebut medali emas dalam kategori lari 200 meter dengan waktu tempuh 19,40 detik.

Bolt kemudian bermitra dengan rekan satu timnya di Jamaika untuk mencetak rekor dunia yakni, 37,04 detik dalam estafet 4×100 meter.

Usain-Bolt-6-Finansialku

[Baca Juga: 10+ Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew yang Membawa Singapura Menjadi Negara Maju di Asia Tenggara]

 

Kemenangan demi kemenangan ia raih. Kali ini, Bolt berpartisipasi dalam 2012 Summer Olympics di London dan menciptakan sejarah sebagai orang pertama yang berhasil mempertahankan gelar pelari sprint Olimpiade 100 meter dan 200 meter.

Dia juga memenangkan balapan estafet 4x100m dan meraih ‘Double Triple’, meningkatkan keseluruhan medali Olimpiade menjadi 6 medali emas.

Ia memenangkan balapan 100 meter hanya dalam waktu 9,63 detik dan balapan 200 meter dalam waktu 19,32 detik.

Setahun kemudian, pada IAAF World Championships ke-14 di Moskow, Bolt kembali meraih kemenangan dalam kategori lari 100 meter dan 200 meter, dengan waktu tempuh masing-masing 9,77 detik dan 19,66 detik.

Dia juga meraih medali emas untuk estafet 4×100 meter dan menjadi atlet paling sukses dalam sejarah kejuaraan dunia 30 tahun terakhir ini.

Pada Commonwealth Games tahun 2014 di Glasgow, Skotlandia, dia tidak ikut berpartisipasi dalam lomba lari 100 meter dan 200 meter karena cedera hamstring (urat lutut). Namun, sementara ia cedera, Bolt tetap berpartisipasi dalam lari estafet 4×100 meter dan membantu timnya untuk meraih medali emas.

Usain-Bolt-7-Finansialku

[Baca Juga: Hindari 4 Sifat Kepemimpinan yang Menghancurkan Perusahaan Anda!]

 

Pada ajang World Championships ke-15 di Beijing tahun 2015, Usain Bolt sekali lagi memenangkan balapan estafet dengan jarak tempuh 100 meter, 200 meter dan 4×100 meter dengan waktu tempuh masing-masing 9,79 detik, 19,55 detik, dan 37,36 detik.

Dia juga bergabung dengan Carl Lewis dan Maurice Greene dalam rekor tiga gelar dunia 100 meter dan mencatat kemenangan keempatnya secara berturut-turut di kategori lari 200 meter dalam kejuaraan dunia.

Pada Olympic Games Rio di tahun 2016, dia sekali lagi memenangkan medali emas di ketiga acara tersebut dan menggondol keseluruhan medali olimpiade dengan total 9 medali emas.

Dia berhasil menang untuk kategori 100 meter dengan waktu tempuh 9,81 detik, kategori 200 meter dengan waktu tempuh 19,78 detik dan kategori lari estafet 4×100 meter dengan waktu tempuh 37,27 detik.

 

Kata-kata Motivasi Usain Bolt

#1 “No matter how far you get ahead of me, I’m gonna catch you. That’s my mentality that I go there with.”

“Tidak peduli seberapa jauh Anda mendahului saya, saya akan mengejar Anda. Itulah mentalitas saya yang saya jalani.”

 

#2 “Don’t think about the start of the race.”

“Jangan pikirkan titik awal balapan.”

 

#3 “Worrying gets you nowhere. If you turn up worrying about how you’re going to perform, you’ve already lost. Train hard, turn up, run your best and the rest will take care of itself.”

“Khawatir tidak akan membawa Anda ke tujuan manapun. Jika Anda khawatir tentang bagaimana Anda akan melakukan, Anda sudah kalah. Berlatihlah dengan keras, lakukan yang terbaik, dan sisanya akan mengikuti tanpa perlu Anda pikirkan).“

 

#4 “I don’t think limits.”

“Saya tidak berpikir mengenai batasan.”

 

#5 “One thing I’ve learned over the years from my core set, the last one is the most important one.  Because that’s when you start improving.  That’s when the work pays off now.  Because your legs are dead and you gotta push your body.  It’s like moving past a barrier.”

“Satu hal yang telah saya pelajari selama bertahun-tahun, yang paling terakhir adalah yang terpenting. Karena saat itulah Anda mulai membaik. Saat itulah pekerjaan Anda terbayarkan. Karena kaki Anda sudah mati dan Anda harus mendorong tubuh Anda. Ini seperti bergerak melewati rintangan “.

 

#6 “If I get to be a legend, I’ve achieved my goal.”

“Jika saya bisa menjadi legenda, saya telah mencapai tujuan saya.”

 

#7 “Kill them with success and bury them with a smile.”

“Bunuh mereka dengan kesuksesan Anda dan kuburkan mereka dengan senyuman.”

Usain-Bolt-8-Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

#8 “Learning the mind is as important as understanding the body.”

“Mempelajari pikiran sama pentingnya dengan memahami tubuh.”

 

#9 “The difference between the impossible and the possible lies in determination.”

“Perbedaan antara yang tidak mungkin dan mungkin, terletak pada ketetapan hati.”

 

#10 “There are better starters than me, but I’m a strong finisher.”

“Ada orang-orang hebat yang memulai lebih dahulu daripada saya, tapi saya penutup pertandingan yang kuat.”

 

#11 “I know what I can do so it doesn’t bother me what other people think or their opinion on the situation.”

“Saya tahu apa yang bisa saya lakukan sehingga saya tidak terganggu dengan pemikiran orang lain atau pendapat mereka terhadap sebuah situasi.”

 

12 “I wouldn’t say I’m a phenomenon, just a great athlete.”

“Saya tidak akan mengatakan bahwa saya adalah sebuah fenomena, saya hanya seorang atlet hebat.”

 

#13 “Manners is the key thing. say, for instance, when you’re growing, you’re walking down the street, you’ve got to tell everybody good morning. Everybody. You can’t pass one person.”

“Tata krama adalah hal yang penting. Misalnya, ketika Anda tumbuh, Anda berjalan menyusuri jalan, Anda harus menyapa semua orang selamat pagi. Semua orang. Anda tidak bisa melewatkan satu orang.”

 

#14 “Every season, for me, it’s like starting from scratch again.”

“Setiap musim, bagi saya, seperti mulai dari awal lagi.”

 

#15 “I’d like to say to all my fans out there, thanks for the support. And to all my doubters, thank you very much because you guys have also pushed me.”

“Saya ingin mengatakan kepada semua penggemar saya di luar sana, terimakasih atas dukungannya. Dan untuk semua orang yang meragukan saya, terima kasih banyak karena kalian juga telah mendorong saya.”

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#16 “A lot of legends, a lot of people, have come before me. But this is my time.”

“Banyak legenda, banyak orang, telah datang sebelum saya. Tapi inilah waktu saya.”

 

#17 “But anybody who steps into the lane beside you is the biggest competition because they made it to the finals.”

“Tapi siapa saja yang melangkah hingga ke jalur di samping Anda, itu adalah pertandingan terbesar karena mereka berhasil mencapai final.”

 

#18 “People like to see showdowns.”

“Orang-orang senang melihat pertikaian.”

 

#19 Repeating is harder than anything else.”

“Pengulangan lebih sulit daripada hal yang lainnya.”

 

#20 “My name is Bolt, Lightening Bolt.”

“Nama saya adalah Bolt, Lightening Bolt (petir).”

 

#21 “I think the key thing is to train hard and you definitely need competition, you definetly need races because I believe over the years that training helps you but you have to compete against other people who’re a high level to build you up, make you know what else you need to work on.”

“Kunci keberhasilan menurut saya adalah berusaha keras dan Anda pasti membutuhkan kompetisi, Anda pasti membutuhkan balapan karena saya percaya selama bertahun-tahun latihan itu membantu Anda, tetapi Anda harus bersaing dengan orang lain yang berada di tingkat yang lebih tinggi untuk membangun Anda, sehingga membuat Anda tahu apa lagi yang perlu Anda kerjakan. “

 

#22 “I work hard, and I do good, and I’m going to enjoy myself. I’m not going to let you restrict me.”

“Saya bekerja keras, dan saya melakukannya dengan baik, dan saya akan menikmatinya sendiri. Saya tidak akan membiarkan Anda membatasi saya. “

 

#23 “You can get beat any day”

“Anda dapat mengalahkan siapapun, kapanpun.”

Usain-Bolt-9-Finansialku

[Baca Juga: Gunakan Facebook Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce]

 

#24 “For me, I’m focused on what I want to do. I know what I need to do to be a champion, so I’m working on it.”

“Bagi saya, saya fokus pada apa yang ingin saya lakukan. Saya tahu apa yang harus saya lakukan untuk menjadi juara, jadi saya akan mengerjakannya. “

 

#25 “Dreams are free.  Goals have a cost.  While you can daydream for free, goals don’t come without a price.  Time, effort, sacrifice, and sweat.  How will you pay for your goals?”

“Bermimpi itu gratis. Hasil membutuhkan biaya. Sementara Anda bisa melamun secara gratis, hasil tidak akan datang secara cuma-cuma. Waktu, tenaga, pengorbanan dan keringat. Bagaimana Anda akan membayar untuk hasil Anda?”

 

#26 “When people see your personality come out, they feel so good, like they actually know who you are.”

“Ketika orang melihat kepribadian Anda keluar, mereka merasa sangat baik, seperti mereka benar-benar mengenal siapa diri Anda.”

 

#27 “I’ve worked hard over the years, I’ve been injured and I’ve worked hard through it, and I’ve made it.”

“Saya telah bekerja keras selama bertahun-tahun, saya telah terluka dan saya telah bekerja keras melewatinya, dan saya berhasil melakukannya.”

 

#28 “You have to see yourself goals so you can push yourself harder. Desire is the key to success.”

“Anda harus menentukan tujuan Anda sendiri sehingga Anda bisa mendorong diri Anda lebih keras. Keinginan adalah kunci sukses. “

 

#29 “I like to have fun, just stay relaxed.”

“Saya suka bersenang-senang, tetap santai.”

 

#30 “I definable know I’m going to be working a lot more with my foundation when it comes to developing the kids in Jamaica.”

“Saya pasti tahu bahwa saya akan bekerja lebih banyak lagi dengan yayasan yang saya dirikan untuk mengembangkan anak-anak di Jamaika.”

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#31 “There are things that bother me.  I try not to let them, but they do”

“Ada hal-hal yang mengganggu saya. Saya mencoba untuk tidak membiarkan hal itu mengganggu saya, tapi mereka tetap mengganggu saya “

 

#32 “I try to lead by example.”

“Saya mencoba untuk memimpin dengan memberi contoh.”

 

#33 “I think they have not learned over the years that the more you talk, the more I will want to beat you.”

“Saya pikir mereka belum belajar selama bertahun-tahun bahwa semakin banyak Anda berbicara, semakin saya ingin mengalahkan Anda.”

 

#34 “You have good days and bad days.”

“Anda memiliki hari-hari baik dan hari-hari buruk.”

 

#35 “All I have to do to work on transition and technique.”

“Yang harus saya lakukan adalah untuk mengerjakan masa peralihan dan hal-hal teknis.”

 

#36 “I don’t put myself under pressure.”

“Saya tidak menaruh diri di bawah tekanan.”

 

#37 “I don’t like losing anyways.”

“Saya tidak suka kalah.”

 

#38 “Win from within”

“Menang dari dalam.”

 

#39 “I remember once, actually the first race I ran, I fell.”

“Saya ingat sekali, sebenarnya pada balapan lari pertama, saya terjatuh.”

 

#40 “I think my acceleration is very good. That’s the key for me.”

“Saya pikir akselerasi saya sangat bagus. Itulah kunci keberhasilan saya. “

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

#41 “It’s always been a wake-up call to get beaten.”

“Selalu ada panggilan untuk bangkit.”

 

#42 “When I was younger, I always wanted to impress, to be good for my country, to make them feel good, and sometimes that meant I didn’t focus on myself enough. I learned I had to put myself first. And it’s fine because I want for me the same thing that they want for me, which is to win.”

“Ketika saya masih muda, saya selalu ingin mengesankan orang lain, menjadi orang baik untuk negara saya, untuk membuat mereka merasa baik, dan terkadang itu berarti saya tidak terlalu fokus pada diri saya sendiri. Saya belajar bahwa saya harus mengutamakan diri saya terlebih dahulu. Dan, hal itu tidak apa-apa karena saya menginginkan hal yang sama dengan apa yang mereka inginkan untuk saya, yaitu untuk menang. “

 

#43 “My hunger is always there.”

“Kelaparan saya selalu ada di sana.”

 

#44 “Sometimes you lose sight of what’s going on around you.”

“Terkadang Anda melupakan apa yang terjadi di sekitar Anda.”

 

#45 “I don’t think about records.”

“Saya tidak memikirkan catatan keberhasilan saya.”

 

#46 “It’s a great feat for me to have broken my world record.”

“Ini adalah prestasi besar bagi saya untuk memecahkan rekor dunia saya.”

 

#47 “I will run against anybody.”

“Aku akan lari melawan siapa pun.”

 

#48 “Easy is not a option.. No days off.. Never Quit.. Be Fearless.. Talent you have Naturally.. Skill is only developed by hours and hours of work.”

“Mudah bukan sebuah pilihan.. Tidak ada hari libur.. Tidak ada kata berhenti.. Jangan takut.. Anda memiliki kemampuan yang alami.. Kemampuan hanya akan terbentuk dengan latihan berjam-jam.”

 

#49 “I know what to do and I go and execute.”

“Saya tahu apa yang harus dilakukan dan saya melakukannya.”

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Usain Bolt Biography. Biographyonline.net – https://goo.gl/RHq47k
  • Sieg Lindstrom. 15 Januari 2018. Usain Bolt – JAMAICAN ATHLETE. Britannica.com – https://goo.gl/Hbnc4w
  • Admin. Usain Bolt Biography. Thefamouspeople.com – https://goo.gl/N5H6FX
  • Admin. Usain Bolt Biography. Biography.com – https://goo.gl/cnqXVA
  • Joe Kleckner. 11 Oktober 2017. 49 Motivational Usain Bolt Quotes. Addicted2success.com – https://goo.gl/vpukpv

 

Sumber Gambar:

  • Usain Bolt 1 – https://goo.gl/wafNbE
  • Usain Bolt 2 – https://goo.gl/UnDt8f
  • Usain Bolt 3 – https://goo.gl/dkXmLT
  • Usain Bolt 4 – https://goo.gl/krxdis
  • Usain Bolt 5 – https://goo.gl/xRAjRK
  • Usain Bolt 6 – https://goo.gl/v7uYkQ
  • Usain Bolt 7 – https://goo.gl/q4JpTb
  • Usain Bolt 8 – https://goo.gl/LwQGAZ
  • Usain Bolt 9 – https://goo.gl/bgRMJs

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Summary
Kumpulan Kata Kata Motivasi Usain Bolt yang Membuat Anda Tetap Semangat!
Article Name
Kumpulan Kata Kata Motivasi Usain Bolt yang Membuat Anda Tetap Semangat!
Description
Nikmati waktu senggang Anda sambil mengisi diri dengan kata-kata motivasi dari Usain Bolt, pelari kelas dunia yang kisah hidupnya sungguh inspiratif.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo