Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Apa yang menjadi tantangan seorang pemimpin di masa yang akan datang?

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia ini sangat dinamis. Apa yang menjadi tantangan pada tahun ini, belum tentu sama dengan 10 tahun yang akan datang?

Ketahui tantangan yang akan dihadapi oleh seorang pemimpin agar tetap dapat memimpin secara efektif dan menghadapi setiap tantangan tersebut.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tantangan Seorang Pemimpin

Apa yang akan menjadi tantangan terbesar dalam organisasi dan kepemimpinan saat ini? Dan apakah tantangannya berbeda di seluruh dunia?

Sebuah sumber memaparkan penelitian dan menjawab setiap pertanyaan tersebut dengan mengumpulkan berbagai masukkan pada lebih dari 763 pemimpin tingkat menengah dan eksekutif.

Pemimpin yang diteliti yaitu pemimpin dalam organisasi dari berbagai belahan dunia seperti, China, Hong Kong, Mesir, India, Singapura, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat.

 

5 Tantangan Seorang Pemimpin dalam Organisasi Kepemimpinan

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa para pemimpin secara konsisten sedang dan akan menghadapi 5 tantangan yang sama.

Berikut ini 5 tantangan seorang pemimpin dalam organisasi kepemimpinan, yaitu:

 

#1 Tantangan Seorang Pemimpin dalam Pengembangan Efektivitas Manajerial

Pengembangan efektivitas manajerial adalah tantangan untuk mengembangkan keterampilan yang relevan, diantaranya seperti manajemen waktu, manajemen prioritas, pemikiran strategis, pengambilan keputusan dan peningkatan produktivitas agar lebih efektif di tempat kerja.

Pastikan Anda sebagai pemimpin terlibat dalam kegiatan yang mendukung tujuan bisnis atau organisasi yang Anda pimpin, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Rencana harian Anda berupa to do list harus terus diperbaharui dan dicek setiap hari.

Hal ini bertujuan untuk mengerjakan tugas dan aktivitas yang berhubungan langsung dengan menghasilkan pendapatan serta pengembangan usaha atau bisnis Anda.

Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya 02 To Do List - Finansialku

[Baca Juga: Ramuan David Ogilvy: 10 Hal Yang Perlu Ditemukan Dalam Gaya Kepemimpinan Anda]

 

Stephen Covey, salah satu penulis First Things First, memberikan saran berupa alat yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan daftar pekerjaan Anda berdasarkan pada seberapa penting dan mendesaknya tugas tersebut.

Luangkan waktu Anda untuk membaca buku tersebut.

Tuliskan tiga atau empat tugas Anda yang termasuk “penting dan mendesak”.  Bagian ini harus Anda tangani saat itu juga alias segera. Saat Anda menyelesaikan setiap tugas tersebut, periksalah dari daftar yang telah Anda buat.

Langkah ini akan memberi Anda rasa pencapaian dan dapat memberikan motivasi bagi Anda untuk menangani permasalahan atau kegiatan yang kurang penting.

Sebagai seorang pemimpin, tentu Anda akan menghadapi banyak permintaan. Andalah pemimpinnya!

Jika Anda harus menolak permintaan karena harus menghadiri apa yang benar-benar penting dan mendesak, jangan ragu untuk mengatakan “tidak” atau menolaknya.

Anda punya prioritas!

Hal yang sama berlaku untuk setiap proyek atau kegiatan yang telah Anda tentukan yang sejalan dengan apa yang menjadi tujuan atau goal Anda.

Bersiaplah untuk beralih ke tugas yang lebih produktif. Belajar dari pengalaman untuk menghindari membuang waktu di kemudian hari.

Cara Jitu Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh]

 

Selalu memiliki perencanaan terlebih dahulu. Apa yang akan Anda lakukan keesokan paginya, pikirkan pada malam sebelumnya, sebelum Anda tidur.

Buat daftar apa yang akan Anda selesaikan pada esok hari, kegiatan apa yang harus menjadi prioritas Anda, apa saja yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan tugas-tugas penting tersebut.

Minimalkan dan jangan biarkan setiap distraksi atau gangguan menyela pekerjaan dan tujuan Anda. Salah satunya adalah media sosial, notifikasi yang biasanya akan mengganggu konsentrasi Anda dalam bekerja.

Untuk memaksimalkan waktu kerja Anda, ponsel Anda dapat dimatikan atau mematikan nada deringnya (mode silent).

Namun, ini pun tergantung dari jenis pekerjaan yang Anda lakukan.

Jika memang pekerjaan Anda menuntut agar smartphone selalu menjadi sahabat setia Anda untuk memberikan informasi yang Anda gunakan terkait pekerjaan dan juga koneksi yang harus terus berlanjut, kenapa tidak?

8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh 01 - Finansialku

[Baca Juga: Trik Jadi Pemimpin yang Baik, Disegani dan Disukai Karyawan]

 

Percayakan beberapa tugas kepada bawahan Anda. Tidak selamanya Anda harus turun tangan untuk setiap tugas.

Mendelegasikan tugas memang dibutuhkan tetapi juga perlu melihat situasi dan kondisi dari bawahan yang Anda beri tanggung jawab. Inilah pentingnya pelatihan bagi para bawahan Anda agar semakin meningkatkan kemampuan, keahlian dan juga pengalaman mereka.

Dengan demikian, Anda tidak perlu segan dan khawatir jika akan mendelegasikan tugas tertentu karena mereka sudah memiliki pengalaman dan juga pembekalan di bidangnya.

 

#2 Tantangan Seorang Pemimpin dalam Memberikan Inspirasi

Pemimpin identik dengan pengaruh, terutama pengaruh yang memberikan inspirasi bagi para bawahan mereka.

Visi dan misi sangat penting untuk memungkinkan orang lain merasa seolah-olah pekerjaan mereka memiliki tujuan dan makna di luar tugas yang mereka lakukan setiap hari.

Terkadang para pemimpin harus membantu staf mereka untuk mengenal gambaran besar dari tujuan dari organisasi atau perusahaan, tempat di mana mereka bekerja.

Mengkomunikasikan gambaran besar secara teratur akan membantu memperkuat alasan keberadaan organisasi Anda.

Tidak hanya mengkomunikasikan visi misi Anda, tetapi juga bagaimana membuka pemikiran Anda tentang berbagai ide dan gagasan dari karyawan atau bawahan Anda.

Ini pun bisa semakin mengerucutkan visi misi dan tujuan Anda sebagai pemimpin.

Mengenal Smart Leadership (Kepemimpinan Cerdas) Yang Dapat Anda Tiru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Melatih Diri Agar Menjadi Pemimpin Bijaksana yang Dikagumi Orang]

 

Pemimpin yang baik tetap memiliki rasa ingin tahu yang besar secara intelektual dan bertekad untuk belajar.

Mereka ingin tahu dan selalu mencari ide, wawasan dan informasi baru.

Inovasi baru, inspirasi dan berbagai strategi jitu bisa datang dan masuk dalam pikiran melalui setiap kondisi apapun dan dari berbagai tempat mana pun.

Jadikan kehidupan finansial Anda menjadi inspirasi bagi para karyawan dengan cara mengelola keuangan dengan baik dan teratur

Kelola keuangan Anda melalui Aplikasi Finansialku yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan tidak ribet.

Gunakan fasilitasnya dan rasakan manfaat dari pencatatan keuangan melalui smartphone setiap kali Anda melakukan transaksi keuangan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Tantangan Seorang dalam Mengembangkan Kualitas Kinerja Karyawan

Sebuah organisasi akan semakin maju jika dikembangkan oleh orang-orang yang berkualitas di dalamnya sesuai bidang dan keterampilan mereka.

Untuk mengembangkan kualitas dan keterampilan agar semakin efektif dalam bekerja dan meningkatkan pengembangan organisasi, maka Anda perlu menginvestasikan waktu, tenaga dan juga uang Anda untuk mengembangkan mereka.

Kunci untuk mengembangkan karyawan secara aktif adalah menetapkan tujuan yang relevan dan yang dapat dicapai.

Daripada menetapkan dan mendiskusikan tujuan karyawan setiap tahun, lebih baik mengoptimalkan proses pengembangan dan peninjauan dengan menciptakan sasaran setiap triwulan.

Selain mudah untuk diatur, hasilnya pun dapat lebih mudah terlihat.

Para Pemimpin dan Pemilik Bisnis, Ini 7 Langkah Cara Coaching ala Dale Carnegie 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebagai Pemimpin Perusahaan, Anda Harus Tahu Caranya Menyelesaikan Konflik Internal]

 

Yang terpenting, yaitu dorongan kepada karyawan untuk mencari peluang pengembangan profesional di luar tempat kerja.

Karyawan yang bertujuan untuk memajukan keterampilan mereka di zaman mereka sendiri kemungkinan akan menjadi seorang pemimpin yang hebat. Anda harus mengakui atas usaha yang mereka lakukan.

Anda juga dapat memberikan saran bagi karyawan Anda untuk mengembangkan kualitas hidup mereka melalui peningkatan finansial dengan cara berinvestasi secara benar.

Jangan berikan ikannya, tetapi kailnya, melalui Ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

#4 Tantangan Seorang Pemimpin dalam Memimpin Sebuah Tim

Memimpin tim adalah tantangan pengembangan tim dan manajemen tim.

Tantangan khusus ini termasuk bagaimana menanamkan kebanggaan terhadap tim yang akan mendukung kerja sama tim, bagaimana memimpin tim besar dan apa yang harus dilakukan saat mengambil alih sebuah tim baru.

Setiap pemimpin pasti ingin memiliki tim yang kompak dan menjadi tim yang elit. Tidak ada pemimpin yang ingin memimpin sebuah tim yang biasa-biasa saja.

Temukan 4 Ciri Ciri Pemimpin yang Baik Jaman Now 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemimpin dan Pemilik Bisnis, Ini 7 Langkah Cara Coaching ala Dale Carnegie]

 

Buat atmosfer kerja dalam tim yang menyenangkan, tidak terlalu serius atau tegang, namun tetap to the point pada tujuan dan sasaran organisasi yang telah disepakati bersama.

Buat kerja sama tim semakin kompak dengan kegiatan yang tidak berbau bisnis dan urusan kantor.

Misalnya seperti perayaan ulang tahun atau menonton bersama ke bioskop dan makan bersama.

 

#5 Tantangan Seorang Pemimpin dalam Menghadapi Perubahan

Perubahan itu akan selalu ada.

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah perubahan itu. Kita hanya bisa meminimalkan dampak negatifnya dan bersiap-siap lebih awal jika memungkinkan.

Tidak perlu takut dengan perubahan! Anda sebagai pemimpin perlu menegaskan hal ini kepada para bawahan Anda.

Perubahan akan menjadi sebuah momentum perkembangan jika Anda dan anggota tim Anda menyikapinya dengan pandangan yang positif.

 

Kenali Medan Pertempuran Sebelum Berperang adalah Strategi Ampuh

Dengan mengetahui tantangan apa yang akan Anda hadapi sebagai seorang pemimpin dalam menjalankan roda organisasi Anda, maka Anda tentu akan lebih siap.

Layaknya seorang petarung yang sudah mengenal medan pertempuran dan juga lawan mereka.

Setidaknya secara umum, itulah berbagai tantangan yang akan Anda hadapi.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Brent Gleeson. 18 Februari 2015. 5 Ways to Lead Your Team More Effectively. Forbes.com – https://goo.gl/6GnFff
  • Susan M. Heathfield. 20 Agustus 2017. Leadership Inspiration. Thebalance.com – https://goo.gl/qgEQKa
  • Center of Creative Leadership. The Top 6 Leadership Challenges Around the World. Ccl.org – https://goo.gl/jC2fkz
  • Lee Polevoi. 7 Tips for Effective Time Management. Quickbooks.intuit.com – https://goo.gl/2BJ1fv
  • Gwen Moran. 5 Keys to Inspiring Leadership, No Matter Your Style. Entrepreneur.com – https://goo.gl/VRtuuj
  • Matt Straz. 4 Ways to Successfully Develop Employees Year-Round. Entrepreneur.com – https://goo.gl/6UKJ9x
  • Cylon George. 6 Desember 2017. 5 Steps to Help You Thrive When Facing Change. Huffingtonpost.com – https://goo.gl/FyMNJi

 

Sumber Gambar:

  • Tantangan Seorang Pemimpin – https://goo.gl/KwT2VK
  • Membuat To Do List – https://goo.gl/j8tDvJ

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Summary
Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya
Article Name
Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya
Description
Apa yang menjadi tantangan seorang pemimpin di masa yang akan datang? Seperti yang kita ketahui bahwa dunia ini sangat dinamis.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-02-12T11:02:06+00:00 February 12th, 2018|Categories: Kepemimpinan|Tags: , , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment