8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh

Saatnya miliki strategi baru untuk menjadi pemimpin berpengaruh di kantor Anda melalui artikel berikut ini.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin Berpengaruh

Pengaruh adalah salah satu kunci keberhasilan seorang pemimpin. Jika ingin menjadi pemimpin yang berhasil, tentu ia harus memiliki pengaruh bagi para pengikutnya.

Pengaruh positif yang diberikan pemimpin biasanya membuahkan respect jangka panjang dari para bawahan, bahkan ketika secara struktur organisasi, sang pemimpin sudah tidak menduduki jabatan sebagai pemimpin.

Lantas, bagaimana cara agar kita bisa menjadi pemimpin yang berpengaruh?

 

8 Strategi untuk Menjadi Pemimpin Berpengaruh

Berikut ini berbagai strategi yang dapat digunakan untuk menyempurnakan pengaruh kepemimpinan Anda di manapun Anda melakukan tugas kepemimpinan tersebut.

 

 

#1 Pengaruhi Secara Masal Mulai dari Skala Kecil

Seorang pemimpin yang telah dikenal secara luas kualitas kepemimpinannya biasanya akan lebih mudah menanamkan pengaruhnya.

Namun untuk mencapai level yang seperti itu, tentu Anda harus menjalani tahapan yang tidak sebentar.

Mulailah dari skala kecil ketika Anda dipercaya untuk memimpin sebuah tim kecil untuk mencapai sebuah target perusahaan.

Gunakan soft skill seperti percaya diri saat memimpin rapat dan menjadi mediator yang poros tengah alias tidak memihak saat terjadi konflik dalam tim Anda.

8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Dari Sekarang! 10 Tips Agar Anda Menjadi Kandidat Promosi Jabatan]

 

Latihlah kemampuan Anda dalam berbicara di depan umum, secara otodidak atau mengambil kursus pelatihan public speaking yang mengajarkan cara berbicara di khalayak umum secara profesional.

Latihan secara otodidak bisa Anda lakukan dengan menuliskan setiap kalimat yang akan Anda katakan di kertas, kemudian hafalkan sambil berbicara di depan cermin.

Latihan ini menolong Anda untuk melihat gesture atau gerak tubuh Anda saat berbicara menjelaskan materi dalam sebuah presentasi.

Menjadi pemimpin berpengaruh bisa dimulai dari depan cermin kamar Anda.

 

#2 Berpikir Besar Melalui Daftar Tugas Kecil (To do List)

Untuk menjadi besar harus dimulai dari yang kecil.

Demikian juga ketika ingin menjadi pemimpin berpengaruh besar, Anda harus memulainya dari yang kecil seperti mencatat setiap agenda atau daftar tugas sehari sebelumnya.

Buat daftar tugas Anda yang tersusun menurut standar prioritas. Tugas mana yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu sebelum tugas yang lainnya.

Dengan memiliki daftar tugas ini, Anda dapat mencapai tujuan Anda lebih cepat.

Tetapkan tujuan Anda secara realistis sehingga mendorong Anda untuk mencapai arahan yang lebih jelas.

Skala Prioritas Salah Satu Kunci Menuju Sukses - Finansialku 01

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Ini juga bisa Anda terapkan pada tujuan keuangan Anda, dengan menetapkan tujuan yang realistis sesuai perencanaan pribadi Anda.

Jika ingin menjadi pemimpin yang berpengaruh, tentu Anda harus memiliki perencanaan keuangan yang teratur dan sistematis bukan?

Tidak mungkin para bawahan Anda mengikuti jejak pemimpin yang memiliki kehidupan keuangan yang berantakan.

Apakah rencana keuangan Anda tersusun secara sistematis sesuai dengan jejang usia Anda?

Segera download Panduan Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an dan Usia 30 an sehingga Anda dapat menetapkan tujuan keuangan dengan benar.

Budaya membuat daftar tugas atau to do list ini juga perlu Anda ajarkan kepada orang-orang yang Anda pimpin agar mereka dapat menyelesaikan tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien.

 

#3 Ciptakan Peluang

Salah satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan sebagai pemimpin yang berpengaruh adalah menciptakan peluang bagi orang lain.

Setiap orang yang ingin sukses tentu selalu ingin untuk belajar dari berbagai sumber termasuk belajar dari orang lain.

Jadilah salah satu sumber pembelajaran bagi orang lain melalui kehidupan Anda dengan menghasilkan kesempatan untuk menolong mereka mencapai kesuksesan dalam hidup mereka.

Bantu mereka yang sedang membutuhkan bantuan dengan kemampuan Anda.

Misalnya seorang karyawan Anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan laporan mereka tepat waktu, Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk menolongnya memberikan langkah-langkah praktis dalam menyelesaikan laporan tersebut.

Temukan 4 Ciri Ciri Pemimpin yang Baik Jaman Now 03 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol Sampai Jadi Pengusaha Sukses]

 

Pemimpin berpengaruh adalah mereka yang mampu memberikan solusi kepada mereka yang membutuhkan.

Untuk menjadi sumber pembelajaran bagi orang lain, tentu Anda juga harus mengisi diri dengan banyak pengetahuan melalui berbagai sumber yang ada, seperti buku, koran, majalah, artikel online dan lain sebagainya.

Menjadi pemimpin berpengaruh memiliki komitmen untuk belajar, belajar dan belajar sehingga Anda bisa menciptakan peluang bagi diri sendiri maupun orang lain.

Seperti yang Lewis Howes katakan:

“One of the most powerful networking practices is to provide immediate value to a new connection. This means the moment you identify a way to help someone, take action.”

“Salah satu praktik berjejaring yang paling kuat adalah memberikan nilai langsung pada koneksi baru. Artinya, saat Anda melihat ada peluang untuk membantu seseorang, ambillah tindakan.”

 

#4 Amati, Tiru, Modifikasi (ATM)

Ada begitu banyak model kepemimpinan dan contoh dari orang-orang sukses dalam kepemimpinan mereka menjalankan organisasi, perusahaan atau sebuah negara.

Mereka adalah orang-orang dengan segudang pengalaman dalam hidup yang dapat dijadikan teladan.

Amati gaya kepemimpinan mereka, ikuti seminar dan pelatihan kepemimpinan yang mereka adakan, tiru gaya kepemimpinan mereka yang sesuai dengan karakteristik pembawaan Anda dan modifikasi sesuai dengan situasi dan kondisi dalam organisasi kepemimpinan Anda.

Terapkan gaya kepemimpinan mereka yang telah Anda modifikasi sesuai dengan atmosfer tempat Anda memimpin.

6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajari Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil Yang Sering Memboyong Berbagai Penghargaan]

 

#5 Terapkan Pembelajaran yang Anda Pelajari

Ketika Anda belajar sesuatu, usahakan untuk segera mengaplikasikannya. Janganlah menjadi seorang yang sekadar membaca buku tanpa menerapkan apa yang telah Anda baca.

Pelajari setiap sumber pengetahuan yang dapat Anda terapkan dengan segera pada kepemimpinan Anda sehingga Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan segera untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh.

 

#6 Gunakan Sistem

Ciptakan sistem yang dapat menolong kinerja Anda dan juga anggota tim Anda agar lebih efektif.

Sistem yang biasanya diterapkan antara lain, seperti sistem penggajian karyawan, sistem perekrutan karyawan baru dan lain sebagainya.

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Tahun 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Perawatan Mobil? 6 Cara Merawat Mobil yang Mudah dan Bisa Menghemat Biaya]

 

Dengan adanya sistem, alur kinerja akan lebih teratur dan Anda pun bisa mengurusi hal lainnya yang belum tersistem dengan baik.

Sistem yang baik akan membuat perusahaan atau organisasi Anda semakin teratur dan Anda bisa menjadi pemimpin berpengaruh dengan sistem yang Anda terapkan.

 

#7 Jadilah Pemimpin yang Suka Menawarkan Bantuan

Seperti ucapan Zig Ziglar:

“You will get all you want in life, if you help enough other people get what they want.”

“Anda akan mendapatkan semua yang Anda inginkan dalam hidup, jika Anda membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.”

 

Bila Anda dapat membantu orang lain dengan masalah, mimpi, dan rintangan mereka, Anda akan mendapat perhatian dari mereka termasuk bantuan yang Anda perlukan ketika Anda memerlukan.

Apa yang Anda tabur, itulah yang akan Anda tuai!

Pelajari berbagai keterampilan baik soft skill atau hard skill, sehingga Anda dapat memiliki dampak pada kehidupan orang lain dengan memberikan bantuan yang mereka butuhkan.

 

#8 Konsisten dengan Kepemimpinan Anda

Satu hal yang banyak orang lupakan adalah konsistensi membangun kepercayaan. Kepercayaan adalah faktor terpenting dalam segala hal yang Anda lakukan, terutama menjadi pemimpin berpengaruh.

Jangan biarkan Anda menjadi orang yang gampang tergoyahkan dengan keputusan yang telah Anda buat.

Oleh sebab itu, Anda perlu bijak sebelum mengambil keputusan agar Anda tidak dinilai plin plan karena mengubah peraturan yang telah Anda buat sendiri.

Semakin konsisten Anda, semakin banyak kepercayaan orang terhadap Anda sehingga Anda  menjadi pemimpin dengan pengaruh yang kuat.

 

Kesuksesan Pemimpin Terletak pada Pengaruhnya

Seorang pemimpin tidak akan dianggap sebagai pemimpin jika tidak memiliki pengaruh.

Seseorang bisa menjadi pemimpin secara organisatoris tanpa memiliki pengaruh, tetapi seorang pemimpin sejati adalah mereka yang memiliki pengaruh meskipun tidak memiliki jabatan secara organisatoris.

 

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tucker Ferwerda. 25 November 2017. 8 Dynamic Ways to Become a Powerful Influencer. Addicted2success.com – https://goo.gl/LQ7xjE
  • David Peck. 17 Desember 2017. 5 Leadership Goal-Setting Tips For Making 2018 A Success. Huffingtonpost.com – https://goo.gl/Vp8mV1
  • George Bradt. 18 Ways To Live BRAVE Leadership In 2018. Forbes.com – https://goo.gl/SPfFhx
  • Ray. S. 21 Januari 2009. 14 Things Smart Leaders are Doing Right Now. Entrepreneur.com – https://goo.gl/6SWKY9
  • Admin. 8 Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik Bijaksana & Dicintai. Mauproperti.com – https://goo.gl/4JGrS8
  • Admin. Jadilah Pemimpin yang Tegas, Bijaksana dan Dihormati dengan 5 Tips ini. Daihatsu.co.id – https://goo.gl/6xX97m

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin Berpengaruh 1 – https://goo.gl/Yx2Gwb
  • Pemimpin Berpengaruh 2 – https://goo.gl/s9Hs8g

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh
Article Name
8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh
Description
Saatnya miliki strategi baru untuk menjadi pemimpin berpengaruh di kantor Anda melalui artikel berikut ini. Selamat membaca!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-01-16T12:12:42+00:00 January 17th, 2018|Categories: Kepemimpinan|Tags: , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment