Di era yang cepat berubah dan cenderung tak menentu, Desain Cara Berpikir dapat menjadi pelajaran kepemimpinan yang tepat untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan mereka.

Simak pembahasan berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Desain Cara Berpikir dalam Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah sebuah tantangan di dunia yang pergerakannya luar biasa dinamis.

Bagaimana para pemimpin mengatasi perubahan secara konstan setiap waktunya melalui harapan yang besar dalam rangka menghadapi masa depan yang tidak dapat diprediksi?

Banyak perusahaan besar atau organisasi top, termasuk Pepsi, Nike, Apple, dan Google menggunakan Design Thinking atau Desain Cara Berpikir untuk masalah kepemimpinan.

Desain Cara Berpikir akan muncul dengan pola visual yang mengarah ke solusi yang diinginkan.

Dengan kata lain, ini adalah tentang menghubungkan titik-titik untuk menghasilkan solusi untuk masalah praktis yang ingin Anda pecahkan.

Pendekatan dengan desain cara berpikir secara luas diadopsi oleh para pemimpin di seluruh dunia.

 

Pelajaran Kepemimpinan: Desain Cara Berpikir

Berikut ini 10 pelajaran kepemimpinan dari Desain Cara Berpikir:

 

#1 Pendekatan Solusi yang Terfokus

Desain Cara Berpikir membantu para pemimpin untuk dapat mencari dan mengembangkan solusi secara terpusat dan terfokus.

Penekanannya adalah pada aktivitas mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah inti atau akar permasalahannya, dan kemudian tiba pada solusi terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

Perbedaan signifikan dari seorang pemimpin terbaik adalah mereka yang mampu menyelesaikan konflik dan memecahkan masalah dengan gagasan yang terkadang di luar penalaran umum.

 

#2 Gabungkan Setiap Titik

Para pemimpin perlu melihat gambaran lengkap untuk menghubungkan setiap kasus dan permasalahan atau hal-hal yang terjadi demi mencari solusi yang jitu.

Desain Cara Berpikir mampu menyediakan visualisasi terhadap masalah, kendala, solusi yang diinginkan dan gambaran lengkap tentang berbagai hal.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-2-Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Kalau Mau Sukses Harus Punya Program Kerja, Berikut ini Tips Menyusun Program Kerja]

 

Ini adalah cara hebat yang dilakukan para pemimpin untuk dapat memvisualisasikan konsep-konsep yang nampaknya abstrak.

Pemimpin dapat menggunakan pemetaan secara visual dari asumsi dan kendala yang ada, di samping menetapkan setiap divisi kelompok berdasarkan setiap tujuan kecil yang harus dicapai dan menyelaraskan setiap divisi tersebut ke arah yang benar.

 

#3 Empati & Inklusivitas

Kepemimpinan dimulai dengan empati.

Untuk mendapatkan rasa hormat dari tim Anda, klien, dan orang lain yang terlibat di dalam proses kepemimpinan, penting sekali untuk menunjukkan empati dan memahami kebutuhan mereka, terlebih secara personal.

Ketika Anda memperhatikan tim Anda, pelanggan, dan orang-orang yang berkepentingan di dalamnya, mereka pada gilirannya akan peduli terhadap Anda dan kepemimpinan Anda.

Sederhananya, Desain Cara Berpikir ini membuat Anda membangun empati dan inklusivitas.

 

#4 Kemajuan yang Konstan dengan Feedback yang Beraturan

Poin ini berpengaruh pada layanan dan produk yang Anda berikan kepada para pelanggan. Feedback atau umpan balik sangat penting untuk pertumbuhan dan peningkatan dari jasa dan juga produk yang Anda pasarkan.

Apa yang berhasil saat ini mungkin tidak seberhasil besok sehingga penting bagi para pemimpin untuk mengetahui hal ini dan memastikan peningkatan kualitas produk dan layanan yang konsisten.

Evaluasi dan setiap perbaikan adalah salah satu usaha untuk mengembangkan produk, termasuk kemajuan dalam kepemimpinan Anda dalam mencapai kesuksesan.

“If you don’t like something, change it. If you can’t change it, change your attitude.” – Maya Angelou
“Jika Anda tidak menyukai sesuatu, ubahlah. Jika Anda tidak dapat mengubahnya, ubahlah sikap Anda.”

 

#5 Pikiran yang Terbuka

Desain Cara Berpikir mendorong Anda untuk melakukan eksperimen, memiliki kreativitas, dan berinovasi dengan kemampuan yang Anda miliki.

Ketika mengerjakan konsep dan ide yang berbeda, para pemimpin harus berpikiran terbuka sehingga ia dapat melakukan ketiga hal di atas.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-3-Finansialku

[Baca Juga: Melihat Prospek Berinvestasi di Saham RANC, Pemegang Merk Dagang Ranch Market]

 

Para pemimpin perlu membangun kualitas hubungan antar individu dan tim yang dapat membuat mereka merasa bangga dengan pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Para pemimpin yang berpikiran terbuka secara terus-menerus mencari cara untuk memperbaiki keadaan yang menurutnya kurang sesuai.

Ini terjadi karena mereka dengan terbuka “menyambut” gagasan yang berbeda yang mungkin menantang atau membuat mereka terbuka dengan ide lain yang tidak terpikir olehnya.

 

#6 Memberdayakan Tim dan Menciptakan Sinergi

Desain Cara Berpikir memberdayakan semua orang yang terlibat untuk berkontribusi secara efektif. Ini mendorong tim untuk bekerja secara kolaboratif dan menciptakan efek sinergis.

Ketika semua orang boleh menyuarakan pendapatnya dalam rangka mengembangkan produk, layanan atau strategi, setiap anggota tim akan merasa diberdayakan.

Mereka akan merasa bertanggung jawab atas hasil yang mereka dapatkan dan mengambil tanggung jawab penuh atas setiap risiko yang harus ditanggung bersama.

Pemimpin perlu mendengarkan orang lain, membuat mereka mau menyumbangkan ide cemerlang dan memberdayakan mereka dengan peluang untuk membuat perbedaan yang signifikan.

 

#7 Alasan di Balik Sebuah Perbuatan

Di era yang serba cepat berubah dan dinamis, keadaan ini cenderung membuat tim Anda kesulitan untuk tetap fokus.

Orang akan lebih fokus dan bekerja secara produktif ketika mereka tahu apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka melakukannya.

Kunci-Sukses-Kepemimpinan-2-Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Ada Orang Kaya dan Orang Miskin? Apa Rahasia Kebiasaan Keuangan Orang Kaya?]

 

Pemimpin dapat memberikan penjelasan dan mengartikulasikan visi mereka.

Seorang pemimpin hebat secara efektif mengkomunikasikan tujuan & misi pekerjaan mereka untuk menghubungkan semua orang untuk keberhasilan dari tujuan tersebut.

Anggota tim akan lebih mungkin mencapai tujuan mereka ketika mereka diberi arahan dan alasan yang jelas secara konsisten.

 

#8 Berurusan dengan Ketidakpastian

Berurusan dengan perubahan akan sangat menyulitkan. Semakin sulit yang akan Anda rasakan ketika Anda tidak tahu apa yang akan berubah.

Dunia kini telah digerakkan oleh teknologi, perusahaan harus dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi persaingan bukan hanya dari para pesaing yang kompetitif tetapi juga dari inovasi digital.

9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memiliki Masa Depan Keuangan Cerah? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah]

 

Melihat hal ini, pemimpin dapat mengevaluasi setiap pilihan dengan melihat gambaran lengkap tentang berbagai hal sehingga mampu mengambil pilihan yang tepat, bahkan yang terbaik.

Dengan demikian, pemimpin dapat terus berjalan walaupun berada pada situasi yang tidak menentu.

“Uncertainty and expectation are the joys of life. Security is an insipid thing.” – William Congreve
“Ketidakpastian dan harapan adalah kesenangan hidup. Keamanan adalah hal yang hambar.”

 

#9 Ketegasan

Seorang pemimpin perlu membuat keputusan sepanjang waktu. Beberapa keputusan ini sangat penting dalam menentukan masa depan perusahaan, organisasi, bahkan setiap individu dari anggota tim.

Desain Cara Berpikir mampu membantu para pemimpin untuk meningkatkan kualitas cara pengambilan keputusan mereka dengan menawarkan alternatif dan melengkapi visualisasi dari informasi yang diperlukan.

Pemimpin dapat mengatasi gangguan dan memberikan setiap alternatif atas keputusan strategis yang diambil.

 

#10 Kegigihan

Pemimpin besar memiliki kegigihan dan tidak pernah menyerah mengejar tujuan dan impian mereka hingga mereka mencapai tujuan yang telah mereka tetapkan.

Desain cara berpikir adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan ketekunan. Ini adalah proses berkelanjutan untuk mencapai keunggulan.

Proses ini pula yang mengajarkan para pemimpin untuk mengamati setiap perubahan, mengambil solusi terbaik, membuat keputusan yang strategis, dan mampu bertahan hingga tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

 

Peran Penting Desain Cara Berpikir dalam Kepemimpinan

Pemimpin adalah pembelajar. Mereka belajar dari masa lalu, mengawasi apa yang terjadi pada masa kini, dan berkembang dengan tuntutan pada masa depan yang cenderung berubah dan tidak menentu.

Desain cara berpikir memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan pemimpin yang lebih efektif.

Para pemimpin akan semakin mampu membangun tim yang kuat, memecahkan masalah yang kompleks, menunjukkan empati dan secara terus menerus melakukan peningkatan kualitas untuk memberikan dampak positif yang besar bagi semua orang yang terlibat dalam proses kepemimpinan.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Apoorve Dubey. 18 Februari 2018. 10 Amazing Leadership Lessons From Design Thinking. Addicted2success.com – https://goo.gl/oBxD5K

 

Sumber Gambar:

  • Pelajaran Kepemimpinan – https://goo.gl/4i7jqd
  • Pelajaran Kepemimpinan 2 – https://goo.gl/W4C7NX
  • Pelajaran Kepemimpinan 3 – https://goo.gl/XtJKTB

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang