Persiapkan diri Anda menjadi seorang pemimpin sukses hebat di lingkungan bisnis Anda dengan melakukan berbagai tips praktikal yang dibahas pada artikel berikut ini.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin Hebat

Menjadi pemimpin yang hebat bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam, tetapi dapat dicapai melalui disiplin, kerja keras, dan komitmen untuk mengalami peningkatan melalui berbagai pengalaman serta keberanian untuk melangkah dalam mengambil risiko.

Pemimpin besar tidak dilahirkan, seperti yang dikatakan beberapa teori dalam dunia kepemimpinan; sebaliknya, para pemimpin hebat terbentuk seiring waktu.

Meskipun apa yang membuat pemimpin “hebat” tidak selalu berlaku untuk orang lain, namun ada beberapa aturan umum yang diikuti dan diaplikasikan oleh hampir semua pemimpin hebat.

Pemimpin-Ideal-6-Finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan]

 

Selain itu, pemimpin hebat tidak selalu mereka dengan jabatan atau gelar panjang di kartu nama mereka.

Siapa pun dapat menunjukkan kualitas kepemimpinan dalam bidang pekerjaan mereka masing-masing, termasuk Anda.

Menjadi pemimpin yang hebat bukanlah tentang memenangkan sebuah kontes popularitas. Anda tidak harus disukai atau dihormati oleh semua orang di sekitar Anda.

Melakukan tugas sebagai pemimpin yang hebat adalah tentang melayani dan memberikan pengaruh kepada orang lain, terlepas dari jabatan mereka demi mencapai tujuan tertentu.

Selain itu, poin penting menjadi pemimpin yang hebat adalah tentang menciptakan keharmonisan di lingkungan kerja, di mana orang-orang bekerja dalam tim dan berkolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Jika Anda berada di posisi untuk memimpin, Anda pasti ingin menjadi pemimpin yang hebat. Anda mungkin membayangkan membuat dampak besar dengan perusahaan Anda atau membuat perubahan dalam skala global.

 

Ini Tipsnya Menjadi Pemimpin Hebat Nan Sukses

Jadi apa yang Anda butuhkan untuk menjadi pemimpin yang hebat?

Kepemimpinan dapat menjadi sebuah perjuangan demi mengalami sebuah perkembangan dalam usaha Anda.

Ikuti pedoman atau tips di bawah ini agar Anda tetap pada jalur yang benar untuk menjadi seorang pemimpin hebat yang mampu membawa perusahaan atau organisasi atau tim Anda kepada tujuan yang ingin Anda capai.

 

#1 Bangun Kolaborasi

Salah satu kesalahpahaman kepemimpinan yang paling umum adalah tentang kekuasaan yang dimiliki dalam sebuah jabatan. Para pemimpin yang hebat menggunakan seluruh kekuatan yang mereka miliki di samping waktu dan tenaga mereka untuk berkolaborasi dengan orang lain, bahkan dengan mereka yang memiliki posisi jabatan di bawah mereka.

Etos-Kerja-yang-Seharusnya-Dimiliki-2-Finansialku

[Baca Juga:  Keputusan Dalam Keuangan yang Akan Membuat Anda Menyesal]

 

Posisikan diri Anda sebagai pemimpin yang bersedia untuk mendukung kesuksesan orang-orang di sekitar Anda. Dengan demikian, ketika mereka berhasil, Anda juga berhasil.

Jika mereka berhasil dalam setiap tugas mereka dan mampu mencapai target kerja mereka, maka secara langsung Anda mendapatkan reward dari keberhasilan mereka. 

 

#2 Fokus Pada Tim Anda

Orang yang bekerja dengan Anda dalam satu tim adalah aset terpenting Anda. Investasikan waktu Anda untuk berada bersama mereka, bahkan memberikan pelayanan yang layak untuk mereka dapatkan, meskipun Anda adalah pemimpin.

Hargai keberadaan mereka sebagai anggota tim Anda yang memiliki andil dalam setiap ide dan kreativitas mereka, termasuk pengakuan akan kemampuan yang mereka miliki.

Motivasi Kerja Apa Yang Sebenarnya Karyawan Inginkan 03 Kerja Sama Tim - Finansialku

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia]

 

Berikan ruang bagi mereka untuk mengutarakan pendapat dan pemikiran mereka akan suatu hal. Anda tidak akan tahu apa yang ada di benak mereka, apakah itu sebuah ide hebat untuk memajukan perusahaan Anda atau bahkan membuat tim Anda mampu melewati sebuah masa kelam.

 

#3 Mampu Menjadi Mediator yang Bijak

Pemimpin perlu mengetahui bagaimana cara menanggapi sebuah masalah.

Semua masalah yang besar bermula dari sebuah perkara kecil yang sepertinya sepele namun mengalami pembiaran atau tidak dihiraukan sama sekali.

Sebelum terjadi “kebakaran” yang mampu menghanguskan kinerja tim Anda, lebih baik Anda menanggulanginya saat masih berupa api yang kecil.

Padamkan dengan menjadi mediator yang bijak dan mampu menengahi setiap kepentingan dari setiap pihak yang bertikai.

Sebagai pemimpin, ketegasan Anda dalam menegakkan kebijakan peraturan sangatlah berperan aktif dalam hal ini.

Namun demikian, bukan artinya Anda sebagai pemimpin tunduk pada peraturan tersebut, Anda perlu “luwes” dan mampu bertindak secara bijak tentang aturan yang tidak selalu kaku.

Pengalaman akan membuat Anda mengerti akan hal ini, proses tarik ulur tergantung permasalahan yang sedang terjadi.

 

#4 Menjadi Pemimpin yang Terus Belajar

Dunia ini semakin kompetitif dengan persaingan yang semakin ketat. Sebagai pemimpin yang ingin terus menantang diri sendiri menjadi pemimpin yang hebat, Anda harus berada di jalur yang benar dengan terus membuka diri pada setiap pengetahuan yang ada.

Belajar dan terus membuka pikiran Anda akan pemahaman baru, menyaringnya menurut akhlak dan juga kebijaksanaan, ini adalah langkah hebat yang harus menjadi kebiasaan Anda setiap hari.

Jangan Percaya 100% Ramalan Pekerjaan Cocok untuk Anda, Kalau Masih Bingung Milih Pekerjaan, Lakukan Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

Belajar, bertumbuh, dan merespon setiap perubahan yang terjadi dalam setiap musim adalah salah satu kunci keberhasilan Anda sebagia seorang pemimpin.

Tanamkan hasrat untuk belajar dalam diri Anda dan tim Anda.

Sebagai pemimpin sukses, Anda perlu menjadi inspirasi bagi para anggota tim Anda untuk sukses dalam kehidupan finansial. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi.

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download eBook Gratis Panduan Berinvestasi Saham bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#5 Pemimpin yang Mengayomi

Bahkan Anda yang berada pada level seorang pemimpin, perlu memiliki waktu bersama dengan anggota Anda.

Luangkan waktu Anda untuk berada bersama mereka, tidak hanya ketika jam kantor atau waktu meeting.

Makan siang bersama mereka atau merayakan ulang tahun salah seorang anggota tim bisa menjadi momen berharga memiliki kedekatan dengan mereka.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tak jarang ada anggota tim yang mengalami kesulitan akan tugas yang harus ia lakukan. Pendampingan dan evaluasi kerja yang dilakukan oleh pemimpin secara aktif akan membantu menambah kepercayaan mereka sebagai anggota tim kepada Anda.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda buat untuk memiliki waktu bersama dengan anggota tim Anda, di luar kegiatan yang berbau pekerjaan namun berdampak pada peningkatan motivasi dan kinerja para anggota tim Anda di kantor.

Rasakan setiap perubahan positif dari bawahan Anda yang semakin meningkat kinerjanya ketika Anda melakukan poin ini.

 

#6 Tetapkan Nilai & Pandangan Anda

Setiap perilaku, tindakan, perkataan Anda dan juga setiap kebijakan yang Anda ambil, semuanya berdasarkan nilai-nilai yang Anda anut.

Para bawahan Anda akan mengenal Anda, apakah Anda seorang pemimpin yang beritikad baik dalam sebuah hubungan atasan-bawahan, atau menilai Anda sebagai pemimpin yang mampu memberikan solusi terbaik dalam sebuah jalan buntu.

Selain itu, ketegasan dan juga keperibadian Anda dapat terlihat melalui keseharian Anda bersama dengan mereka.

Nilai seorang pemimpin sama seperti sidik jari: tidak ada yang sama, dan Anda meninggalkannya melalui setiap tindakan dan kebijakan yang Anda tetapkan.

 

#7 Miliki Karakter Pemimpin yang Positif

Konsistensi Anda sangatlah mendukung kepribadian Anda dan penilaian para bawahan terhadap kepemimpinan Anda.

Apakah Anda sejalan antara perkataan dan perbuatan yang Anda lakukan, Anda bisa dinilai melalui tindakan Anda.

Jika Anda memberikan arahan untuk tidak melakukan sesuatu di kantor, namun Anda sebagai pemimpin melakukannya, tentu ini akan membuat penilaian negatif terhadap Anda.

 

#8 Berikan Inspirasi Bukan Intimidasi

Menjadi pemimpin tentu memiliki kuasa dan keputusan yang lebih dari yang lain. Sebagai pemimpin yang positif dan berdampak bagi orang lain, berikan inspirasi yang baik dan bukan sebuah intimidasi.

Mereka akan menghormati Anda sebagai pemimpin yang memang layak untuk diberikan rasa hormat dan aksi dari angkat topi yang mereka lakukan.

Intimidasi membuat mereka merasa takut di depan Anda, namun akan berdampak negatif di belakang Anda.

Pernahkah Anda membaca kisah seorang pemimpin yang ditusuk dari belakang oleh bawahan mereka sendiri? Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang gagal, Anda bisa mencobanya. Namun, sangat tidak disarankan jika Anda ingin menjadi pemimpin yang hebat dan menginspirasi bagi orang lain.

 

#9 Bangun Kepercayaan

Saat membangun sebuah tim dan nilai kepemimpinan di dalamnya, Anda perlu membuat sebuah stigma positif di mata para anggota Anda bahwa Anda sebagai pemimpin memberikan dukungan dalam keberhasilan yang mereka capai.

Kepedulian Anda terhadap  mereka haruslah benar-benar muncul dari dalam diri Anda dan bukan sesuatu yang dibuat-buat.

Ketika Anda membangun kepercayaan, Anda sedang menunjukkan sebuah ketertarikan akan hubungan yang baik antara pemimpin dan bawahan yang sangat mendukung akan setiap kemajuan yang dihasilkan oleh bawahan Anda.

Etos-Kerja-yang-Seharusnya-Dimiliki-5-Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Ada beberapa cara dalam membangun kepercayaan di mata mereka, para anggota tim Anda, antara lain; berpartisipasilah secara aktif setiap hari dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari, buat diri Anda sebagai sosok yang bisa diakses, baik secara fisik maupun dihubungi melalui alat komunikasi lainnya oleh mereka.

Kenali dan berikan apresiasi akan setiap kontribusi positif yang mereka berikan untuk kemajuan tim. Berikan juga tanggapan yang sesuai dengan kinerja mereka, jika mereka melakukan sebuah pelanggaran, tetapkan punishment yang membangun dan membuat adil untuk semua anggota tim.

 

#10 Ambil Tanggung Jawab Penuh

Kesalahan adalah hal umum yang dilakukan setiap manusia. Namun, tak banyak dari kita yang mau mengakui kesalahan yang dilakukan dan mau berubah ke arah yang lebih baik ketika dievaluasi atau mendapat masukan.

Kesalahan yang dilakukan anggota tim adalah tanggung jawab dari pemimpin. Sebagai pemimpin yang bijak, Anda perlu mengambil tanggung jawab penuh atasnya.

Setiap keberhasilan mereka, tentu akan Anda tuai, demikian juga setiap kesalahan yang mereka lakukan, Anda tetap harus andil di dalamnya untuk menyelesaikannya.

Dukung dan dampingi tim Anda, ini akan memberikan kepercayaan diri kepada mereka dalam menyelesaikan tugas mereka.

Jika kesalahan ada pada diri Anda, apakah yang Anda lakukan? Apakah Anda akan menyalahkan anggota tim Anda atau mengambil sebuah tindakan nyata untuk mengakui dan memperbaikinya?

Jika Anda adalah pemimpin yang bijak, Anda tentu tahu mana yang harus dilakukan.

Orang akan percaya kepada mereka yang secara aktif menunjukkan sebuah kejujuran dalam bertindak dan berperilaku, terutama kepada pemimpin.

 

#11 Miliki Mentor atau Panutan

Seberapa hebatnya Anda dalam memimpin, seberapa pintarnya Anda dalam mengatur strategi pemasaran atau pendelegasian tugas, bahkan seberapa jelinya atau detailnya Anda dalam memprediksi sebuah situasi perekonomian hingga kemampuan Anda dalam melakukan pendekatan persuasif yang mutakhir kepada setiap kalangan, Anda tetaplah seorang manusia yang membutuhkan mentor.

Setiap orang membutuhkan penasihat. Karena mansia tidak sempurna, maka sebuah kalimat yang mengatakan “besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya” sangatlah berlaku.

Menjadi-Pemimpin-Sukses-Hebat-di-Lingkungan-Bisnis-2-Finansialku

[Baca Juga: 7 Hal yang Dilakukan oleh Setiap Orang Sukses dan Tidak Pernah Diajarkan Kepada Orang Lain]

 

Anda bisa memiliki mentor secara fisik yang bisa Anda hubungi setiap waktu Anda butuhkan atau Anda bisa memiliki mentor yang Anda pelajari kehidupan kesuksesannya melalui biografi atau karya tulis yang ia sampaikan.

Ketika Anda menghadapi tantangan yang Anda sendiri merasa kesulitan dalam menghadapinya, cari petunjuk melalui mentor Anda, bagaimana ia mampu melampaui kesulitan yang Anda hadapi.

Pikirkan strategi yang mereka lakukan saat menghadapi masalah yang mirip atau sama seperti yang Anda hadapi.

 

Bukan Tangan Besi Tapi Dengan Hati

Pemimpin yang hebat bukan karena gelar, posisi atau jabatan dan kuasa yang ada di tangan mereka. Ini tentang sebuah perbedaan yang positif dan menginspirasi yang mereka lakukan.

Mereka membuat dampak positif, walaupun dari sebuah tindakan kecil, namun mereka selalu percaya akan dampak besar yang akan mereka hasilkan dari perbuatan sepele yang mereka hasilkan.

Seorang pemimpin yang sukses dan hebat adalah mereka yang menjalankan roda kepemimpinan mereka bukan dengan tangan besi namun dengan hati sehingga mereka menjadi sosok inspirasi yang terus hidup dan bersemi meski tubuh sudah tak bernyawa lagi.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Lolly Daskal. 10 Important Skills All Good Leaders Share. Inc.com – https://goo.gl/ey9UHj
  • Lisa Jasper. 7 Inspiring Ways to Become a Great Leader People Want to Work For. Insperity.com – https://goo.gl/nURJPS
  • Jayson DeMers. 15 Oktober 2015. 50 Rules for Being a Great Leader. Entrepreneur.com – https://goo.gl/qJ993R

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin Sukses Hebat – https://goo.gl/hhDmmu
  • Pemimpin Sukses Hebat 2 – https://goo.gl/Zgv5M9

 

Summary
Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin Sukses Hebat di Lingkungan Bisnis?
Article Name
Bagaimana Cara Menjadi Pemimpin Sukses Hebat di Lingkungan Bisnis?
Description
Persiapkan diri Anda menjadi seorang pemimpin sukses hebat di lingkungan bisnis Anda dengan melakukan berbagai tips praktikal yang dibahas pada artikel berikut ini.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo