Apa saja keputusan dalam keuangan yang dapat membuat Anda menyesal? Apa yang harus Anda lakukan dalam mengantisipasi dan menanggulanginya? Finansialku.com akan mengulas beberapa informasi dan tips yang berguna dalam menambah wawasan Anda dalam penentuan keputusan keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengatur keuangan dan membuatnya berjalan dengan se-efisien mungkin adalah sebuah hal yang wajib dan patut Anda cermati dengan baik. Berbagai keputusan yang Anda ambil dalam keuangan Anda, akan menjadi sebuah dampak yang besar bagi kehidupan Anda di masa yang akan datang. Inilah yang menjadi alasan mengapa sangat penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengelola keuangan pribadi Anda. Anda tentu tidak ingin mengalami berbagai masalah keuangan di masa yang akan datang, bukan?

Ketika Anda akan mengatur keuangan, maka Anda wajib mempertimbangkan dampak yang akan ditimbulkan bagi kehidupan Anda. Bukan hanya dampak saat ini saja, namun dampaknya selama bertahun-tahun ke depan. Keuangan akan menopang kehidupan Anda, sehingga penting bagi Anda untuk menerapkan berbagai kebijakan yang tepat di dalamnya. Jangan sampai Anda mengalami masalah di kemudian hari hanya karena kesalahan dalam mengambil berbagai keputusan terkait dengan keuangan Anda.

begini-strategi-investasi-yang-efektif-untuk-mencapai-financial-freedom-1-finansialku

[Baca Juga: Begini Strategi Investasi yang Efektif untuk Mencapai Financial Freedom]

 

Hindari berbagai kesalahan dan juga keputusan keuangan yang akan merugikan Anda, agar keuangan Anda dapat berjalan dengan baik. Simak beberapa keputusan berikut ini, yang dapat membuat Anda menyesal ketika Anda melakukannya:

 

#1 Mengatur Keuangan Tanpa Sebuah Anggaran

Seberapa mampu Anda mengelola keuangan Anda selama ini dan seberapa efektif keuangan tersebut di dalam kehidupan Anda? Ini menjadi sebuah pertanyaan yang penting untuk Anda cermati sejak awal, sebab pengelolaan keuangan ini akan menjadi salah satu faktor penentu kesejahteraan Anda di masa yang akan datang.

Menjalankan keuangan tanpa sebuah anggaran adalah sebuah kesalahan, dimana Anda tidak akan memiliki perencanaan yang matang terkait dengan pemasukan dan juga pengeluaran di dalam keuangan Anda. Jika Anda tidak memiliki anggaran keuangan yang tepat, maka sejumlah keputusan keuangan mungkin saja tidak tepat pada sasaran. Anda juga akan kesulitan untuk menjalankan tujuan keuangan, termasuk berbagai keputusan penting lainnya, seperti menabung dan berinvestasi. Bayangkan, bagaimana jadinya jika keuangan Anda dijalankan tanpa sebuah perencanaan?

ternyata-lebih-enak-ambil-cuti-dan-liburan-pakai-uang-hasil-investasi-finansialku

[Baca Juga: Ternyata Lebih Enak : Ambil Cuti dan Liburan Pakai Uang Hasil Investasi]

 

#2 Utang Menghalangi Tujuan Keuangan

Ada berapa banyak utang Anda, dan bagaimana Anda akan melunasinya? Ketika Anda memiliki sejumlah utang, maka tentu saja hal itu adalah sebuah beban bagi keuangan Anda. Bukan hanya itu saja, sejumlah utang ini juga akan menjadi penghalang bagi Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda. Sementara di sisi lain, tujuan keuangan ini sangat penting karena akan mempengaruhi kualitas kehidupan Anda di masa yang akan datang. Jika Anda memiliki jumlah utang yang jumlahnya tidak masuk akal (luar biasa besar), maka berbagai tujuan keuangan yang penting di dalam kehidupan Anda tidak akan dapat terlaksana. Anda tidak akan dapat menabung, berinvestasi atau bahkan mempersiapkan dana pensiun Anda dengan baik.

jika-investasi-gagal-apa-yang-sebaiknya-harus-dilakukan-1-finansialku

[Baca Juga: Jika Investasi Gagal, Apa yang Sebaiknya Harus Dilakukan]

 

#3 Selalu Jatuh pada Godaan dan Perangkap Pengeluaran yang Tak Terkendali

Anda mungkin ingin memperbaiki kualitas kehidupan Anda dengan menggunakan sejumlah uang yang Anda miliki. Hal ini tentu sah-sah saja untuk dilakukan selama hal itu tidak mengganggu anggaran keuangan yang Anda jalankan selama ini. Namun, jika Anda tidak memiliki kontrol yang baik terhadap berbagai keinginan Anda tersebut, maka Anda pasti akan jatuh ke dalam berbagai masalah keuangan di masa yang akan datang.

Ada banyak godaan dalam melakukan pengeluaran/belanja yang akan menggerogoti keuangan Anda, terutama jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk menolak dan menahan keinginan Anda. Bisa saja Anda menghabiskan semua tabungan Anda untuk membeli berbagai kebutuhan yang bersifat konsumtif, atau Anda bahkan berutang untuk memenuhi semua kebutuhan yang tidak begitu penting. Jika hal ini terjadi, masalah keuangan akan segera menghampiri.

investor-pemula-ini-modal-dasar-untuk-berinvestasi-saham-yang-penting-1-finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ini Modal Dasar untuk Berinvestasi Saham yang Penting]

 

#4 Utang Kuliah yang Terlalu Besar

Kuliah memang penting, terutama untuk karier dan juga kehidupan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Namun jika Anda mengambil sejumlah utang yang terlalu besar ketika menempuh masa kuliah, maka ini akan menjadi masalah bagi keuangan Anda di masa yang akan datang. Keputusan untuk berutang bagi mahasiswa adalah sesuatu yang harus dipikirkan dengan matang, mengingat Anda belum memiliki pendapatan untuk menutupinya. Walaupun Anda bekerja paruh waktu dan memiliki pendapatan, jumlah tersebut tentu jauh dari kata cukup, sementara bunga pinjaman begitu tinggi.

 

#5 Tidak Memiliki Perlindungan Maksimal (Asuransi)

Memiliki asuransi jiwa tentu menjadi hal yang patut untuk Anda pertimbangkan, terutama jika Anda telah memiliki tanggungan (pasangan dan juga anak-anak). Selain asuransi terhadap aset (mobil dan properti), maka asuransi jiwa adalah yang paling banyak diminati. Namun perlindungan ini tidak cukup sampai di sini saja, sebab ada sejumlah risiko lainnya yang harus Anda pertimbangkan, termasuk ketika Anda cacat atau bahkan tidak bisa lagi mendapatkan penghasilan tetap. Ada banyak orang yang tidak memperhitungkan hal ini sejak awal, padahal ini sebuah keputusan penting di dalam keuangan.

Keputusan Dalam Keuangan yang Akan Membuat Anda Menyesal - Finansialku

[Baca Juga: Taklukan! 2 Jebakan Utama dalam Berinvestasi: Rasa Takut dan Tamak]

 

#6 Terlambat Merencanakan dan Membuat Dana Pensiun

Meskipun Anda masih pensiun belasan tahun yang akan datang, namun dana pensiun tersebut haruslah dipersiapkan sejak sekarang. Dana pensiun akan menjamin masa tua Anda, sehingga sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkannya sejak awal. Jika Anda terlambat merencanakan dan mempersiapkan dana pensiun Anda, maka Anda tidak akan memiliki waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkannya dengan matang dan sebaik mungkin.

 

#7 Tidak Memperhitungkan Biaya Investasi

Jika Anda berinvestasi, maka Anda wajib mengenali dengan baik instrumen investasi yang Anda pilih, termasuk berbagai biaya dan juga kebijakan di dalamnya. Berinvestasi tanpa mengetahui besaran biaya pengelolaannya adalah sebuah kesalahan, sebab mungkin saja Anda mengalami kerugian akibat investasi yang tidak berfungsi dengan maksimal, dimana pendapatan investasi tersebut tidak mencukupi untuk menutupi biaya pengelolaannya.

apa-ya-investasi-yang-sesuai-dengan-kepribadian-saya-01-finansialku

[Baca Juga: Apa ya Investasi yang Sesuai dengan Kepribadian Saya?]

 

#8 Tidak Meminta Saran pada Orang yang Tepat

Bagi Anda yang memang ahli dalam urusan keuangan, maka bukan sebuah masalah untuk Anda mengambil berbagai keputusan yang menyangkut tentang permasalahan keuangan Anda. Namun jika Anda tidak memiliki kemampuan yang cukup, maka sangat penting bagi Anda berbicara dengan seseorang yang ahli di  bidang tersebut, atau kepada seorang ahli keuangan profesional. Membiarkan keuangan berjalan tanpa pengawasan dan tujuan yang jelas akan membuat Anda membuang banyak kesempatan untuk mencapai kesuksesan di dalam keuangan.

Ada banyak hal yang mungkin saja dapat menjadi masalah serius di dalam keuangan Anda, bahkan mungkin saja masalah ini merupakan berbagai keputusan Anda yang kurang tepat. Mulailah mengenali berbagai kesalahan tersebut sejak dini, sehingga keuangan Anda dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Menurut Anda, apa saja kesulitan dalam mengatur keuangan? Bagikan pendapat dan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini agar pembaca lain dapat terinspirasi melalui pengalaman Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Scott Spann. 18 Januari 2017. Financial Choices You Will Regret https://goo.gl/8zg8oR

 

Sumber Gambar:

  • Happy Asian People – https://goo.gl/ykhJEd

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang