Menjadi orang sukses tidaklah mudah. Diperlukan prinsip hidup dan kebiasaan yang dilakukan sejak dini untuk menjadi sukses. Namun jangan cemas, belum terlambat bagi Anda untuk menerapkan prinsip yang tepat agar kelak dapat menjadi sukses. Mari kita lihat beberapa prinsip untuk menjadi orang sukses di usia muda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jadilah Orang Sukses yang Berguna

Menjadi orang sukses bukan berarti merugikan orang lain, namun sebaiknya membantu orang lain untuk menjadi sukses dan bahagia juga. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa prinsip hidup dari Tung Desem Waringin untuk menjadi orang sukses yang berguna di usia Anda yang masih muda.

 

#1 Membuat Nilai Tambah

Apa yang dimaksud dengan nilai tambah? Nilai tambah adalah jika Anda melakukan sesuatu lebih dari nilai standar yang umum dilakukan. Misalnya, jika Anda bekerja maka Anda hanya memiliki nilai standar, namun jika Anda bekerja dengan giat maka Anda memiliki nilai tambah.

 

#2 Faktor Kali

Penting bagi Anda untuk memiliki faktor kali yang mampu melipatgandakan sesuatu, baik itu perusahaan, teknologi, atau uang. Anda mungkin memiliki nilai tambah, namun jika Anda tidak menggunakan faktor kali, akan sulit untuk memaksimalkan keuntungan dari nilai tambah tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki restoran dengan makanan yang enak dan terjangkau, maka Anda memiliki nilai tambah. Namun jika Anda tidak menyokongnya dengan faktor kali berupa pelayanan yang memadai, maka Anda akan kehilangan pelanggan.

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

[Baca Juga: Tidak Dibutuhkan Uang untuk Menghasilkan Uang: Anda Bisa Kaya]

 

#3 Peluang Ada Dimana-mana

Jika Anda pernah berpikir bahwa Anda tidak memiliki peluang untuk sukses, Anda salah besar. Peluang sebenarnya ada dimana-mana dimulai dari hal kecil. Misalkan Anda melihat lantai, tentunya ada usaha yang memperjualbelikan keramik atau granit untuk lantai, kemudian lihatlah dinding, sebenarnya ada peluang untuk usaha cat dinding, begitu seterusnya.

 

#4 Be, Do, Have

Untuk menjadi kaya, Anda harus menjalani prosesnya dimulai dari be (menjadi), kemudian do (melakukan), barulah have (menjadi kaya). Misalkan seseorang yang tiba-tiba sukses dan memiliki kekayaan luar biasa, namun kebiasaannya dahulu yaitu tidak menabung dan menghabiskan apa yang ada tetap dijalankan, maka kekayaan sebanyak apapun akan habis.

 

#5 Belajar Bukan Menyalahkan

Jika Anda belum mencapai kesuksesan, yang harus dilakukan adalah belajar untuk mencari solusi atau jalan lain untuk meraih kekayaan. Banyak orang yang tidak mencapai kesuksesan karena yang mereka lakukan hanya menyalahkan orang lain dan keadaan, mencari alasan, dan menghakimi.

 

#6 Alam Semesta Itu Berlimpah, Tidak Ada Kekurangan, Kecuali Di Dalam Pikiran Kita Sendiri.

Jangan pernah takut bahwa alam semesta akan berkekurangan karena kita ambil, selama kita dapat memberi nilai tambah. Sebagai contoh, jika Anda takut kehabisan bibit, tanamlah sehingga bibit tersebut berkembang dan menghasilkan bibit-bibit baru.

 

#7 Mereka yang Memberi, Pasti Menerima

Mengapa jika memberi dapat menerima lebih banyak? Prinsipnya adalah Anda dapat memberi nilai tambah dan faktor kali kepada orang lain sehingga orang tersebut dapat memberikan hasil yang berlipat-lipat bagi Anda. Disini Anda mengubah pemberian menjadi hasil yang Anda terima.

Quiz Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Apakah Anda Berbakat Menjadi Orang Kaya?]

 

#8 Win-win

Pernahkah Anda mendengar prinsip win-win solution? Artinya adalah jika kita memastikan orang lain sukses, maka kita juga dapat memperoleh kesuksesan. Janganlah hanya memikirkan kesuksesan sendiri, atau hanya memikirkan kesuksesan orang lain.

 

#9 Selalu Open Minded

Anda dapat belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah lebih dahulu mencicipi kesuksesan untuk mengetahui resep kesuksesannya. Berpikiran terbuka memungkinkan masuknya ide-ide brilian yang dapat diterapkan bagi diri sendiri.

 

#10 Kata-kata Berkuasa

Kata-kata memiliki pengaruh terhadap pikiran. Dengan menggunakan kata-kata yang positif, maka Anda dapat berperilaku positif juga, yang kemudian akan berujung pada pikiran dan emosi yang positif.

 

#11 Anda Adalah Kekayaan Anda

Kekayaan dimulai dari diri Anda, sehingga janganlah beranggapan bahwa diri Anda tidak berharga. Jika ingin dijabarkan, fisik Anda memiliki nilai luar biasa besar, ide cemerlang dari pikiran Anda, kreativitas Anda, dan tindakan Anda dapat menghasilkan kekayaan. Maka diri Anda sebenarnya sudah menjadi kekayaan yang sangat berharga.

 

#12 Kekayaan Adalah Kebebasan

Pernahkah Anda berpikir bahwa kesehatan lebih penting dari kekayaan? Sebenarnya tidak begitu. Jika Anda dapat menjadi kaya dan sehat, mengapa memilih sehat saja? Ingatlah bahwa kekayaan adalah kebebasan. Sebagai contoh, akankah Anda lebih bahagia jika mampu membayar biaya operasi daripada hanya terbaring di ranjang tanpa mampu berbuat apa-apa?

Masalah Adalah Perjalanan Hidup Untuk Mendapatkan Kekayaan - Finansialku

[Baca Juga: Masalah Adalah Perjalanan Hidup Untuk Mendapatkan Kekayaan]

 

#13 Segala Sesuatu Dimulai dari Impian

Anda sering diingatkan untuk bermimpi setinggi-tingginya. Namun banyak yang melupakan bagaimana cara yang sebaiknya ditempuh untuk mencapai impian tersebut. Sesungguhnya baik untuk memiliki impian yang besar, namun jangan lupa untuk membuat rencana dan merealisasikan mimpi tersebut.

 

#14 Kejelasan Adalah Kekuatan, Kejelasan Adalah Kekuatan

Semakin jelas mimpi Anda, maka semakin termotivasi Anda untuk mencapainya. Sebagai contoh, jika Anda menginginkan rumah mewah kelak, lihatlah sebuah rumah impian Anda dan ketahuilah harganya. Dengan demikian Anda akan memiliki fokus lebih untuk mencapai tujuan itu.

 

#15 Pilih Yang Menghasilkan, Lalu Pilih Yang Anda Sukai, dan Akhirnya Pilih Yang Mudah

Demi mencapai kesuksesan, janganlah mencari yang mudah terlebih dahulu. Awali dengan usaha yang menghasilkan walaupun sulit, barulah setelah Anda memiliki bekal untuk maju, Anda dapat mencari yang Anda sukai, dan akhirnya Anda hanya perlu menjalankan yang termudah dari yang Anda sukai.

 

#16 Imajinasi Lebih Unggul dari Kemauan

Imajinasi Anda berperan lebih besar daripada kemauan, sehingga jangan biarkan imajinasi Anda membatasi diri Anda. Misalnya Anda ingin melamar di sebuah perusahaan besar, namun Anda berimajinasi bahwa Anda akan ditolak, jangan biarkan imajinasi Anda mengurungkan niat Anda tersebut.

 

#17 Pertanyaan yang Benar Menghasilkan Jawaban yang Benar

Jika Anda ingin memulai usaha, ajukanlah pertanyaan yang benar dalam pikiran Anda. Daripada berpikir “Bagaimana jika saya gagal? Bagaimana mengatasi karyawan yang nakal?” lebih baik Anda berpikir “Jika saya tidak mencobanya, apa ruginya? Bagaimana cara meningkatkan produktivitas pegawai?” Dengan mengajukan pertanyaan yang benar, maka ketakutan akan hilang dan menghasilkan jawaban yang benar pula.

6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

#18 Apapun Yang Terjadi di Dunia Ini, Tidak Ada Artinya Sampai Kita yang Memberi Arti

Apapun yang terjadi di dunia ini, Andalah yang berhak mengartikannya. Ingatlah bahwa selalu ada makna di balik sebuah kejadian. Jika Anda mengalami kegagalan, janganlah mengartikannya sebagai akhir, namun artikanlah sebagai sebuah pengalaman dan pelajaran berharga untuk menjadi lebih baik.

 

#19 Harmoniskan 3 Hal Ini Antara Keinginan, Keyakinan dan Cara Kerja

Jika Anda ingin menjadi orang kaya, Anda perlu memiliki keinginan, keyakinan dan cara kerja yang berkesinambungan. Anda harus yakin bahwa Anda benar-benar menginginkan kekayaan disertai keyakinan bahwa Anda sudah menerima diri Anda untuk menjadi orang kaya yang berguna bagi orang lain, kemudian menerapkan cara kerja yang sesuai dengan identitas diri Anda.

 

#20 Otak Kita Bagaikan Magnet: “Thoughts Become Things

Jangan remehkan kekuatan pikiran Anda. Bayangkan saja, pikiran Anda dapat menjadi sebuah benda. Tidak percaya? Misalkan Anda berpikir bagaimana cara menerangi ruangan, maka terciptalah lampu. Hanya dari sebuah pikiran sederhana sebuah ide besar dapat terbentuk menjadi benda yang sangat berguna.

 

#21 Ketuklah maka Pintu akan Dibukakan

Ketika Anda bertekad untuk mencapai sesuatu yang baik, yakinlah bahwa akan datang orang-orang yang membantu Anda, dan Tuhan beserta seluruh alam semesta akan berkonspirasi untuk membantu Anda.

 

#22 Berbagi Artinya Memiliki Lebih

Banyak yang beranggapan untuk memberi setelah dia memiliki lebih, namun prinsip miliarder adalah sebaliknya, yaitu semakin banyak memberi maka semakin banyak dia akan menerima. Jangan pernah takut bahwa memberi akan mengakibatkan Anda berkekurangan.

27 Kata-Kata Bijak Bill Gates yang Akan Menginspirasi Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 27 Kata-Kata Bijak Bill Gates yang Akan Menginspirasi Anda]

 

#23 Tidak Nyaman Berarti Kita Sedang Tumbuh

Ingatkah Anda pada saat gigi tanggal Anda akan merasa tidak nyaman karena sakit luar biasa, namun apa hasilnya? Ketidaknyamanan itu menjadi tempat bagi gigi baru yang akan tumbuh, gigi yang lebih kokoh. Serupa halnya dengan kesuksesan, kegagalan atau kesalahan menandakan bahwa Anda sedang bertumbuh ke arah yang lebih baik.

 

#24 Miliarder yang Mencerahkan Mempunyai Prinsip Bahwa Dia Harus Terus Belajar dan Berkontribusi Untuk Bangsa dan Negara dan Untuk Alam Semesta

Prinsip dasarnya adalah Anda dapat menjadi lebih baik dengan belajar dari yang terbaik. Dengan demikian, luangkanlah waktu untuk selalu belajar dan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan tersebut bukan demi kekayaan diri sendiri semata, namun demi bangsa, negara, dan alam semesta.

 

Menjadi Sukses dengan Lebih Cepat dan Mudah

Terapkanlah beberapa prinsip hidup di atas, dan Anda akan mencapai kesuksesan dengan lebih cepat dan mudah. Demikian pula halnya bagi mahasiswa, bukan berarti tidak mungkin mencapai kesuksesan pada usia muda jika Anda menerapkan prinsip hidup yang benar.

 

Apakah Anda mengetahui prinsip sukses lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tung Desem Waringin. 24 Prinsip Miliarder. https://goo.gl/eQTNpB
  • Tony Herlambang. 2009. 24 Prinsip Miliarder Yang Mencerahkan. https://goo.gl/6VvE8s

 

Sumber Gambar:

  • Sukses – https://goo.gl/Xt4Z05
  • Pengusaha Muda – https://goo.gl/h3aBeF

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang