Ingin membangun kerja sama tim secara efektif dalam organisasi atau perusahaan yang Anda pimpin? Simak ulasannya mengenai 10 kegiatan yang bisa membangun kerja sama tim secara efektif berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Serumit Itukah Membangun Kerja Sama Tim?

Ketika berbicara tentang membangun sebuah kerja sama tim, apa yang pertama kali terlintas di benak Anda?

Mungkin diantara Anda ada yang merasa kesulitan dengan membangun kerja sama tim.

Anda tidak habis pikir strategi dan kegiatan apa yang harus dilakukan untuk membuat tim Anda semakin kompak dalam bekerja sama.

Melihat berbagai fenomena perpecahan dalam sebuah tim yang diawali dari perbedaan pendapat, nampaknya cukup sulit untuk membangun kerja sama tim yang mampu membawa organisasi Anda menjadi unggul.

Memang setiap orang memiliki karakter, latar belakang, pemahaman, pendapat, ideologi dan juga cara komunikasi yang berbeda. Namun, setiap perbedaan itu akan menjadi indah jika dikolaborasikan dengan harmonisasi yang serasi. Anda juga bisa membaca 7 Rahasia cara membangun kerja sama yang kompak di perusahaan.

Tak salah jika Anda memanggil pembicara hebat yang sering mengadakan seminar atau memanggil tim builder dengan biaya yang cukup besar.

Membangun Kerja Sama Tim 02 Kerja Sama Tim - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Berbagai Kegiatan Membangun Kerja Sama Tim

Secara sederhana, membangun kerja sama tim tidak serumit yang diperkirakan. 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan tanpa perlu budget yang cukup besar dan Anda bisa membangun kerja sama tim melalui berbagai proses kegiatan seperti berikut ini.

 

#1 Diskusi Makan Siang

Sudah menjadi pemandangan yang biasa ketika jam makan siang tiba, setiap karyawan akan menuju ke kantin atau pergi keluar kantor untuk mencari makan siang, entah itu sendiri atau dengan dengan rekan kerja yang mereka anggap paling dekat.

Tidak salah untuk hal ini, namun bagi Anda sebagai seorang koordinator atau pemimpin divisi yang ingin membangun kerja sama tim agar lebih baik, tentu Anda bisa memiliki peluang ketika melihat kebiasaan tersebut.

Buat sebuah agenda setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu untuk mengadakan makan siang bersama pada divisi yang Anda pimpin.

Atau jika Anda adalah pemimpin dari beberapa divisi, Anda bisa mengadakan pertemuan makan siang antar divisi yang Anda pimpin.

Membangun Kerja Sama Tim 03 Makan Siang - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

 

Buat agar para anggota tim atau para bawahan Anda saling mengenal satu dengan yang lain, tidak hanya ketika mereka di meja kantor. Karena tidak selamanya saat makan siang harus membicarakan pekerjaan dan agenda di kantor.

Dengan adanya pertemuan ini, secara tidak langsung mereka akan saling mengenal dan proses ini akan berlanjut ke meja kerja.

Sementara itu dalam divisi kelompok kecil, alangkah lebih baik jika pertemuan makan siang ini memiliki frekuensi yang lebih sering.

 

#2 Berkunjung ke Divisi Lain

Setiap divisi terkadang seringkali “kepo” alias ingin tahu pekerjaan yang dilakukan oleh divisi lain. Dalam satu perusahaan, setiap divisi pasti akan saling berkaitan satu dengan yang lain, entah itu secara langsung maupun tidak langsung.

Anda bisa membangun kerja sama tim melalui kegiatan berkunjung ke divisi lain yang terkait. Ini bisa membuat anggota divisi Anda mengenal lebih jauh tentang perusahaan dan mereka semakin mengetahui pentingnya peran tanggung jawab pekerjaan mereka terhadap divisi lainnya.

 

Layaknya tour of campus saat masa kuliah, ini akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi para anggota divisi dan juga karyawan dalam divisi lain yang dikunjungi.

 

#3 Meeting di Luar Kantor

Agar suasana menjadi lebih segar, ada kalanya Anda bisa mengatur sebuah meeting yang bertempat di luar kantor, seperti di kedai kopi atau café yang cukup nyaman dan cozy untuk tempat pertemuan.

Terkadang ide bisa ditemukan di sebuah tempat baru, bukan sebuah tempat yang menjadi rutinitas.

Membangun Kerja Sama Tim 04 Meeting - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

Jika Anda memiliki halaman belakang rumah yang cukup luas dan ada gazebo atau pondok kecil untuk pertemuan, ada kalanya Anda bisa mengajak mereka untuk melakukan meeting di rumah Anda sekaligus memperkenalkan tempat tinggal Anda.

Selain itu, Anda juga sekaligus menunjukkan bahwa Anda merupakan pribadi pemimpin yang terbuka dengan anggota tim Anda.

 

#4 Diskusi Baca Buku

Ini akan sangat menarik dan menjadi momen saling membangun dan saling mengisi satu dengan lainnya.

Misalnya, Anda membeli sebuah buku tentang meraih kesuksesan dan setiap anggota tim mendapat giliran untuk membaca satu bab setiap minggunya.

Kemudian atur waktu bersama untuk bertemu dan anggota tim yang mendapat bagian membaca harus membahas dan membagikan pesan dalam buku tersebut.

Kegiatan ini bisa menjadi sebuah obrolan hangat dan saling mengisi satu dengan yang lain. Ada kalanya akan ada sanggahan atau salah seorang yang tidak setuju dengan pendapat orang lain atau pandangan dari buku tersebut.

Membangun Kerja Sama Tim 05 Membaca - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Anda sebagai pemimpin kelompok perlu menjadi seorang mediator atau penengah dan pemberi jalan tengah ketika terdapat sebuah jalan buntu dalam diskusi tersebut.

Diskusi ini akan menjadi hangat dan setiap orang akan saling mengenal paradigma satu dengan lainnya.

 

#5 Gunakan Ice Breaking Saat Meeting

Ketika meeting mulai membosankan atau mungkin memanas, Anda perlu memberi rehat sejenak atau membuat sebuah ice breaking yang dapat memecah suasana kebosanan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#6 Buat Group Mentoring

Untuk meningkatkan skill dan kemampuan serta pengetahuan para anggota tim, Anda bisa membuat sebuah group mentoring.

Anda bisa memilih salah satu manajer lain yang memiliki kemampuan lebih atau senior lainnya untuk dapat menjadi mentor bagi anggota Anda dalam memahami sebuah pengetahuan baru bagi mereka.

Ini juga bisa dilakukan untuk karyawan baru. Dengan demikian mereka akan cepat belajar dan memahami pengetahuan baru yang bisa menolong mereka dalam pekerjaan yang mereka tangani.

 

#7 Adakan Acara Kebersamaan

Siapa yang tak suka olahraga? Perusahaan bisa saja membuat acara kebersamaan, contohnya dengan mengadakan olahraga futsal bersama, basket atau hiking sekalipun.

Perusahaan dapat membiayai sebagian dari uang sewa lapangan dan sisanya ditanggung oleh anggota divisi yang ikut dalam olahraga tersebut.

Pertandingan futsal antar divisi juga bisa semakin meningkatkan rasa persaudaraan dan tentu saja membangun kerja sama tim Anda.

Selain itu, hiking bersama dapat menjadi salah satu agenda yang menyenangkan dan bisa menjadi salah satu strategi dalam membangun kerja sama tim.

Membangun Kerja Sama Tim 06 Hiking - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

#8 Adakan Seminar Kecil

Jika Anda memiliki rekan atau teman yang mampu memberikan materi pengembangan intelektual yang diperlukan bagi anggota tim Anda, seminar kecil bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat.

Jika Anda ingin meningkatkan pengetahuan karyawan atau anggota tim Anda dalam merencanakan keuangan atau dalam bisnis investasi, Finansialku siap menolong anggota tim Anda agar semakin bijak dalam mengatur keuangan mereka dan memperkenalkan lebih jauh mengenai pentingnya berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#9 Buat Acara Charity atau Penggalangan Dana untuk Amal

Selain kegiatan having fun, ternyata kegiatan beramal bisa dilakukan untuk membangun kerja sama tim sambil menambah pahala juga lho.

Buat sebuah tim kecil untuk penggalangan dana yang ditujukan kepada yayasan anak yatim atau panti jompo sesuai dengan hasil diskusi bersama.

Selain itu, biarkan anggota tim berbagi tugas untuk kegiatan acara yang akan dilaksanakan di tempat tersebut.

Ternyata kegiatan sosial juga bisa membawa kesenangan tersendiri dan membangun kreativitas dan kerja sama tim Anda.

Membangun Kerja Sama Tim 07 Charity - Finansialku

[Baca Juga: Ingat Kembali! Ini Tips dan Trik Mengembangkan Bisnis Startup Anda!]

 

#10 Buat Acara Ulang Tahun atau Perayaan di Kantor

Merayakan ulang tahun salah satu anggota tim dan membuat acara perayaan di kantor bisa menjadi salah satu strategi untuk membangun kerja sama tim.

Membuat surprise untuk salah satu rekan kerja bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Kegiatan pesta topeng saat perayaan halloween, kegiatan makan bersama dalam rangka anniversary pernikahan Anda atau mungkin acara ulang tahun anak Anda bisa menjadi momen tak terlupakan bagi anggota tim Anda.

Kegiatan open house di rumah Anda dengan mengadakan dinner party juga dapat menjadi acara yang menarik bagi mereka.

Anggota tim Anda dapat semakin mengenal Anda dan keluarga Anda. Mereka pun menjadi saling mengenal satu dengan yang lainnya melalui acara pertemuan tersebut.

Membangun Kerja Sama Tim 08a Birthday Dinner - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Anda yang Pegang Kendali!

Ternyata ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan untuk membangun kerja sama tim. Tak perlu ragu lagi, coba agendakan setiap pertemuan dan kegiatan di atas agar kerja sama tim Anda semakin kompak.

Dampak positif tentu akan dirasakan oleh kemajuan divisi dan perusahaan yang Anda pimpin ketika Anda memiliki anggota tim dan pekerja yang semakin kompak, sehati, loyal, dan memiliki tujuan yang sama serta bekerja sama melalui kemampuan dan keunikan keahlian mereka masing-masing.

Kuncinya ada di tangan Anda!

 

Bagikan pengalaman Anda dalam membangun kerja sama tim dalam perusahaan atau organisasi yang Anda pimpin melalui kolom yang tersedia di bawah ini!

Jika Anda memiliki komentar atau usulan lainnya tentang cara yang menarik dalam membuat kegiatan untuk membangun kerja sama tim, Anda dapat memberikan usulan Anda pada kolom tersebut!

Setiap informasi di atas dapat Anda bagikan secara luas kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang ingin membangun kerja sama tim yang semakin berkualitas dan efektif.

 

Sumber Referensi:

  • Susan M. Heathfield. 13 April 2018. Team Building Activities for The Workplace. Thebalancecareers.com – https://goo.gl/cEJWCs

 

Sumber Gambar:

  • Teamwork – https://goo.gl/9Tnysg
  • Kerja Sama Tim – https://goo.gl/nhNKr9
  • Makan Siang – https://goo.gl/9pofz5
  • Meeting – https://goo.gl/SUaBRV
  • Membaca – https://goo.gl/W9Guqx
  • Hiking – https://goo.gl/KdgWgD
  • Charity – https://goo.gl/tohLsT