Kepribadian pemimpin sangat berpengaruh pada kemajuan sebuah organisasi atau perusahaan.

Setidaknya ada 14 kepribadian pemimpin yang tidak disukai oleh para karyawan atau bawahan dan membuat orang tersebut menjadi pemimpin yang tidak berhasil. Simak pembahasannya berikut ini!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kepribadian Pemimpin Penentu Masa Depan Perusahaan

Pemimpin adalah penentu kemajuan atau kemunduran sebuah organisasi.

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjadi pemimpin yang berhasil dan mampu membawa tim pada sebuah puncak kesuksesan.

Banyak tantangan yang akan dihadapi oleh pemimpin dalam mengatur segala kemungkinan yang akan terjadi.

Alih-alih berpikir untuk menghadapi tantangan yang berasal dari luar, ternyata ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi para pemimpin, yakni dari dalam dirinya sendiri.

Kesadaran diri untuk mengenali diri, bertumbuh ke arah positif dan mengurangi perilaku yang negatif adalah sebuah keharusan bagi para pemimpin yang mau berhasil dalam kepemimpinannya.

Dengan adanya kesadaran untuk terus berkembang, kepribadian pemimpin demikianlah yang disukai oleh para bawahan dan membuatnya menjadi pemimpin yang dekat di hati bawahan.

Berikut ini adalah ciri kepribadian pemimpin yang perlu Anda hindari sehingga Anda mampu menjadi pemimpin yang berhasil.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Pemimpin yang Arogan

“Lu bisa kerja ga sih? Gitu aja kagak bisa!”

Pernahkah Anda mendengar makian seperti itu kepada salah satu pekerja? Tentu kalimat tersebut sangat tidak enak untuk didengarkan.

Ada kalanya para bawahan memiliki beberapa kendala saat mengerjakan tugas mereka.

Pemimpin yang bijak akan tahu kapan ia harus turun tangan membantu bawahan yang memang perlu mendapatkan bantuan.

Tidak ada seorangpun yang suka dengan sikap yang arogan.

Mungkin Anda sedang dalam situasi yang sulit, tapi sebagai pemimpin yang bijak dan ingin agar menjaga atmosfer kinerja tetap kondusif, Anda perlu mengetahui konsekuensi dari setiap perkataan dan cara Anda bersikap dengan para bawahan Anda.

14 Kepribadian Pemimpin yang Akan Mengurangi Performasi Anda Sebagai Seorang Manajer 02 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Tidak ada seorangpun yang sempurna, ada kalanya Anda sebagai seorang pemimpin melakukan kesalahan. Jika Anda membuat kesalahan, Anda harus memiliki keberanian untuk mengakuinya.

Percaya atau tidak, orang lain juga memiliki ide dan saran yang diluar pemikiran kita dan perlu untuk dicoba. Jangan anggap bahwa kerendahan hati sama dengan bersikap ragu atau tidak tegas.

Pemimpin yang kuat memahami bahwa bersikap rendah hati akan sangat membantu mereka menjadi pemimpin yang mudah dekat dengan para bawahan. Ini akan membuat orang lain lebih nyaman dengan berbagi ide dan pendapat mereka dengan Anda.

Sedikit kerendahan hati menunjukkan rasa hormat dari orang lain dan menunjukkan bahwa Anda dapat mengakui kekurangan Anda sendiri. Jadi, jangan takut dan malu untuk mengakui kesalahan yang Anda buat

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Perkataan Tidak Mencerminkan Perbuatan

Di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan, Pak Mansur adalah salah satu manajer yang sudah bekerja cukup lama.

Mengenai jam istirahat, ia selalu beristirahat lebih dari jam yang telah ditentukan, namun ia selalu memarahi para bawahannya yang kedapatan terlambat.

Pak Mansur memberi peraturan agar karyawan datang sebelum jam 1 siang setelah jam istirahat dan tidak boleh datang terlambat ketika masuk kantor. Tetapi ia sendiri melanggar peraturan yang dibuat.

Cara Menangani Kritik dengan Positif yang Harus Dilakukan oleh Seorang Pemimpin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Apa yang ada di benak Anda tentang pribadi Pak Mansur?

Jika Anda adalah salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan itu, tentu Anda bersama dengan rekan kerja akan bergosip di belakang tentang perbuatan Pak Mansur.

Pemimpin yang demikian tidaklah disukai oleh para bawahannya dan mereka tidak akan menaruh rasa hormat kepada pemimpin yang seperti ini.

 

#3 Tidak Pandai Berkomunikasi

Komunikasi adalah salah satu softskill yang perlu dimiliki dan dikembangkan oleh para pemimpin.
Komunikasi yang buruk merupakan ciri seorang pemimpin yang lemah. Sebagai pemimpin Anda perlu mengomunikasikan apa yang ada di kepala Anda.

Mengapa demikian? Karena bawahan Anda tidak bisa memiliki kemampuan untuk membaca pikiran Anda. Demikian juga para klien atau partner kerja Anda.

9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

Visi, misi dan setiap strategi dalam menjalankan proyek masa datang tentu juga perlu dikomunikasikan kepada bawahan Anda, bukan?

Komunikator yang buruk akan sangat sulit dalam menyampaikan poin yang ingin disampaikan kepada karyawan, klien, atau pemangku kepentingan.

Demikian juga kemampuan untuk mengekspresikan diri melalui dialog langsung, email, atau bentuk komunikasi lain sangat penting bagi seorang pemimpin yang baik.

Dalam mengekspresikan setiap ide, Anda juga harus belajar untuk mendengarkan orang lain, mengingat komunikasi itu berjalan dua arah. Mempertimbangkan ide dan saran dari orang-orang di sekitar Anda adalah cara yang bagus untuk membangun tim yang langgeng.

 

#4 Takut Akan Perubahan

Perubahan itu akan selalu ada, mengingat dunia ini begitu dinamis.

Ini tergantung dari pola pikir kita. Apakah perubahan itu bisa menjadi sebuah peluang positif bagi kita? Itulah yang perlu ada dalam benak seorang pemimpin. Optimis dan selalu mencari peluang yang positif.

Belajarlah menjadi pemimpin yang mau menerima perubahan dengan memanfaatkan kekuatan dari perubahan itu dan mengendarai “gelombang gangguan” untuk kemajuan perusahaan dan karier Anda sebagai seorang pemimpin.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-2-Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Ketika perubahan itu Anda sadari sedang terjadi lihatlah itu sebagai kesempatan untuk menjadikan diri Anda menjadi pemimpin yang visioner.

Jangan biarkan kepanikan dan kecemasan membanjiri Anda atau Anda akan kehilangan kepercayaan dari orang-orang di sekitar Anda.

Tak perlu takut dengan perubahan ekonomi global yang tak menentu yang mempengaruhi naik turunnya harga saham. Bagi Anda yang sedang belajar dalam berinvestasi saham, miliki segera E-Book Panduan Berinvestasi Saham dari Finansialku yang dapat Anda download secara gratis.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#5 Lari dari Masalah

Menghadapi orang atau situasi yang sulit dapat menyita pikiran dan menambah rasa stres.

Anda mungkin takut dalam menghadapi suatu masalah dan ketika Anda tidak dapat menguasainya. Namun, tahukah Anda bahwa masalah tidak dapat hilang begitu saja?

Menghindari atau lebih tepatnya lari dari masalah malah akan menghasilkan belitan masalah yang lebih besar bahkan lebih rumit di kemudian hari.

Hadapi masalah Anda. Akui kelemahan Anda jika pengetahuan atau informasi Anda mungkin kurang memadai, tetapi jangan menghindari masalah tersebut sama sekali.

Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tetap Sukses Berbisnis? Jangan Miliki Pola Pikir Entrepreneur yang Salah!]

 

Jika Anda mengalami masalah dalam mengelola keuangan pribadi, tidak perlu kuatir untuk mengatasinya sendiri. Anda bisa menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh secara gratis Panduan Perencanaan Keuangan sesuai Usia dari Finansialku sebagai berikut:

 

#6 Penuh Keraguan Dalam Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan adalah salah satu tantangan tersendiri terutama bagi para pemimpin.
Menjadi pemimpin yang efektif dan kuat akan menimbang dengan teliti setiap kemungkinan yang ada melalui segala informasi yang didapatkan dari segala lini.

Jika Anda plin-plan dalam pengambilan keputusan Anda, berharap untuk tidak melakukan tindakan, kemungkinan Anda adalah seorang pemimpin yang buruk.

Tidak konsistensi menyebabkan kebingungan dan ketidakjelasan informasi yang nantinya akan Anda sampaikan kepada anggota tim Anda.

Pemimpin yang baik mengarahkan pandangan mereka pada tujuan dan terus bergerak ke arah tersebut.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Memikirkan Diri Sendiri

Tentu Anda memiliki ide hebat dan Anda mungkin sangat berbakat dalam kepemimpinan Anda. Tapi pernahkah Anda memberi pujian seorang karyawan untuk pekerjaan yang dilakukannya dengan baik?

Apakah Anda mengakui ide-ide mereka dan memberi mereka hadiah ketika mereka menyelesaikan tugas mereka dengan baik?

Miliki-10-Kunci-Sukses-Kepemimpinan-1-Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Perbedaan antara pemimpin yang buruk dan pemimpin yang hebat adalah bagaimana mereka memperlakukan orang-orang satu tim dan bagaimana mereka menginspirasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama.

Anda tidak dapat melakukannya jika Anda terlalu egois untuk memperhatikan diri sendiri ketika orang lain menorehkan prestasi dalam perusahaan atau kemajuan tim. Bahkan, Anda juga harus menciptakan cara-cara untuk membantu karyawan meningkatkan karier mereka sendiri dan terus memperluas kemampuan mereka.

Untuk melakukannya, pastikan Anda memiliki program bimbingan formal atau informal atau rencana pengembangan kepemimpinan untuk mereka.

Anda bisa menginspirasi anak buah Anda untuk memiliki sebuah rencana investasi yang baik demi masa depan keuangan mereka dengan memberikan Ebook gratis Panduan Berinvestasi Emas dari Finansialku.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#8 Gila Kerja

Apakah Anda bertindak layaknya sebuah “mesin” yang gila kerja, dimana Anda yang pertama di kantor dan yang terakhir meninggalkan kantor di malam hari?

Apakah rekan-rekan di kantor atau bawahan Anda tidak mengetahui tentang kehidupan pribadi dan juga keluarga Anda sedikit pun?

Ini adalah tanda yang jelas dari seorang pemimpin yang “mengerikan” yang menutup diri dari lingkungan.

Berkomitmen dalam pekerjaan memang diperlukan, tetapi jika Anda bekerja dengan jam yang tidak masuk akal, Anda sudah menjadi sebuah robot yang malah menghancurkan diri Anda sendiri.

10-Pelajaran-Kepemimpinan-dari-Desain-Cara-Berpikir-1-Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Lakukan 5 Hal Berikut untuk Menjadi Pemimpin Perusahaan yang Baik]

 

Seorang pemimpin yang baik memahami bahwa orang lain di sekitar Anda juga ingin tahu siapa Anda di luar peran Anda sebagai pemimpin.

Jangan takut untuk menunjukkan sedikit kerentanan dan biarkan orang-orang melihat Anda sebagai orang “normal”, dengan kehidupan, keluarga, dan hobi Anda sendiri di luar pekerjaan.

 

#9 Suka Ingkar Janji

Jika Anda adalah tipe pemimpin yang hanya bicara dan tidak ada tindak lanjut, maka keraguan dan ketidakpercayaan orang lain akan melekat pada Anda seperti bau yang busuk.

Seperti kata pepatah, nama Anda sama baiknya dengan kata-kata Anda. Jadi, jagalah janji Anda dan lakukan komitmen Anda.

Jika Anda menyetujui sesuatu atau berjanji untuk melakukan suatu tindakan, lakukan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk merealisasikannya.

Ini akan membangun kepercayaan dan integritas dengan orang-orang di sekitar Anda. Kalau tidak, Anda akan kehilangan orang-orang terpercaya di sekitar Anda, bahkan status Anda sebagai pemimpin.

 

#10 Tidak Percaya Pada Kinerja Bawahan

Jika Anda merasa Anda harus memeriksa ulang setiap detail pekerjaan, sekecil apapun, Anda mungkin seorang micromanager.

Manajer yang baik tahu bahwa mereka harus memercayai staf mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dan melakukannya dengan baik.

Jika Anda tidak percaya akan setiap tugas yang diberikan kepada semua orang di sekitar Anda, atau tidak yakin, maka Anda mungkin akan terlepas dari gambaran besar dari pencapaian tim Anda.

Apa-Saja-Faktor-Kegagalan-Pemimpin-2-Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Terlibat dalam hal-hal kecil dari kegiatan sehari-hari akan memberatkan Anda dan mengambil waktu berharga yang seharusnya Anda habiskan untuk masalah yang lebih luas.

Sebagai pemimpin yang hebat, Anda harus memperhatikan tren pergerakan global atau merencanakan secara strategis langkah selanjutnya perusahaan Anda.

Intinya adalah Anda perlu mempercayakan tanggung jawab kepada bawahan Anda yang telah Anda latih untuk dapat dipercaya dengan pendelegasian tugas dan tanggung jawab yang telah Anda berikan.

 

#11 Menyalahgunakan Kekuasaan

Berada dalam posisi kekuasaan tidak berarti menyalahgunakan hak-hak ini yang Anda miliki.

Seorang pemimpin sejati akan membuat upaya sadar untuk menginspirasi, menginvestasikan waktu dalam mengembangkan tim mereka dan membantu mereka menjadi yang terbaik yang mereka dapat lakukan.

Ciptakan fokus yang bergeser dari pemberdayaan tim untuk meningkatkan perasaan harga diri mereka sendiri sebagai anggota tim dengan bagian mereka masing-masing.

Kepemimpinan bukan tentang mengerahkan kontrol atas karyawan, tetapi tentang membimbing dan memberikan arahan kepada orang lain agar mereka tumbuh dan mencapai potensi mereka yang sesungguhnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Definisikan ekspektasi dan peran yang jelas, minta respon atau tanggapan dari anggota tim Anda, buat peluang yang memberi dorongan motivasi serta inspirasi dan izinkan mereka untuk mengembangkan sayap mereka sendiri.

Ini adalah strategi dalam memberdayakan karyawan yang pada akhirnya memberdayakan diri mereka sendiri.

 

#12 Ingin Selalu Tampil Sempurna

Pemimpin dapat menganggap peran mereka sebagai seorang yang super kuat, ulet dan tak terkalahkan, dan terus-menerus ingin menampilkan citra diri tanpa cacat, yang menampilkan sosok seorang intimidator seorang inspirator.

Pemimpin yang demikian berpikir bahwa memperlihatkan kelemahan atau bersikap apa adanya akan membuat dirinya tampil buruk di depan anak buah mereka.

Menunjukkan bahwa Anda dapat menjadi rentan pada waktu tertentu dapat membuat Anda lebih berhubungan dengan anggota tim Anda.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Tipe Kepemimpinan Transformasional 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menjadi Pemimpin Masa Depan Idaman yang Dinantikan oleh Dunia]

 

#13 Tidak Mampu Mengidentifikasi Potensi

Seorang pemimpin yang tidak tahu bagaimana melihat potensi para anggota tim dan memberdayakan mereka, ini adalah tipe pemimpin yang buta.

Mereka akan mendelegasikan tugas dan tanggung jawab kepada orang yang tidak tepat atau mengabaikan potensi yang kuat dari salah satu anggotanya untuk pelaksanaan tugas tertentu.

Seorang pemimpin yang baik akan menggunakan alat yang dapat mengungkap potensi sesungguhnya dari dalam diri anggota tim dan mampu menempatkan mereka di segala posisi yang dibutuhkan untuk menuju pada visi yang ia inginkan.

 

#14 Tidak Mau Mendengar Saran

Semua orang tahu bahwa Anda adalah pemimpin. Keputusan biasanya ada di tangan Anda.

Tapi, sebagai anggota tim, mereka juga layak untuk di dengar setiap aspirasi dan ide yang mereka miliki untuk pengembangan perusahaan.

Tidak membuka diri terhadap saran dan ide dari orang-orang di sekitar Anda akan menghancurkan reputasi Anda sendiri sebagai pemimpin.

Tetap keras kepala dengan anggapan Anda yang selalu dirasa paling benar akan membuat anggota tim meninggalkan Anda.

 

Koreksi Kepribadian Kepemimpinan Diri

Jangan biarkan performa Anda sebagai pemimpin menurun dan Anda ditinggalkan oleh anggota tim.

Perkuat karakter diri yang positif dengan lebih mengoreksi gaya kepemimpinan dan cara Anda dalam memimpin.

 

Apakah Anda memiliki saran lain tentang bagaimana seharusnya seorang pemimpin bertindak dalam kepemimpinan yang dilakukan? Berikan saran, ide dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda membutuhkan konsultasi perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Andrew Thomas. 15 Traits of the Worst Leaders (Avoid at All Costs). Inc.com – https://goo.gl/ViqVxb
  • Art Petty. 11 November 2016. 6 Bad Behaviors Destroying Your Effectiveness as a Manager. Thebalancecareer.com – https://goo.gl/ASqKn6
  • Christine Chartrand. 6 Characteristics of a Bad Leader Everyone Hates. Atmanco.com – https://goo.gl/yiKPDv
  • Admin. 5 April 2015. 15 Traits of a Terrible Leader. Success.com – https://goo.gl/r8GWML
  • Bernard Marr. 13 November 2014. The 8 Signs of a Bad Leader. Entrepreneur.com – https://goo.gl/SizXRx
  • Deep Patel. 27 Maret 2017. 10 Signs You’re A Terrible Leader. Forbes.com – https://goo.gl/FiFBpM

 

Sumber Gambar:

  • Kepribadian Pemimpin – https://goo.gl/uyDBSt
  • Pemimpin yang Arogan – https://goo.gl/WqYgMF