Setidaknya ada 12 tipe kepemimpinan yang ada dan telah diterapkan oleh banyak orang bahkan berbagai tokoh dunia dan para pemimpin negara.

Setelah membaca setiap pembahasan dari rubrik ini, menurut Anda, tipe kepemimpinan seperti apakah yang menggambarkan diri Anda? Coba vote pada bagian bawah artikel berikut ini, jika sudah menemukan jawabannya.

Selamat membaca dan temukan gambaran tipe kepemimpinan Anda sesungguhnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Berbagai Tipe Kepemimpinan

Gaya kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin menggunakan kekuatan, kemampuan, intelektual, strategi yang juga terintegrasi dengan tipe karakter mereka untuk memimpin orang lain.

Berbagai studi, riset dan juga penelitian tentang perkembangan kepemimpinan telah mengidentifikasi berbagai gaya kepemimpinan berdasarkan jumlah pemimpin yang menggunakan setiap gaya kepemimpinan tersebut.

Gaya kepemimpinan setiap orang biasanya tergantung kepada fungsi dari pemimpin dalam sebuah kelompok atau tim, karakter para pengikut dan tak ketinggalan, situasi atau keadaan.

Polling Tipe Kepemimpinan Apa Yang Menggambarkan Diri Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Main Saham: Pasti 10 Saham Terbaik Ini Ingin Anda Miliki Selamanya Karena Memberikan Keuntungan yang Sangat Besar]

 

Menurut riset, beberapa pemimpin tidak dapat bekerja dengan nyaman dengan keikutsertaan pengikut yang tinggi dalam pengambilan keputusan.

Ada juga beberapa pemimpin yang merasa kurang memiliki kemampuan atau keinginan untuk memikul tanggung jawab sendirian, sehingga ia lebih baik mendelegasikan beberapa tugas yang ia lakukan.

Selain itu, situasi dan kondisi secara spesifik membantu menentukan gaya interaksi yang paling efektif yang digunakan oleh setiap pemimpin dengan karakter pembawaan mereka dalam melakukan proses kepemimpinan.

Terkadang ada kalanya pemimpin juga harus menangani masalah yang membutuhkan solusi segera tanpa berkonsultasi dengan pengikut.

Beberapa gambaran tersebut tampaknya belum cukup bisa menggambarkan secara jelas tiap tipe kepemimpinan yang ada.

 

12 Tipe Kepemimpinan

Berikut ini hasil riset dari para peneliti yang hingga saat ini mampu mengidentifikasi setidaknya 12 tipe kepemimpinan yang biasanya dipakai atau diterapkan oleh para pemimpin dalam organisasi, bisnis dan juga kelompok yang mereka pimpin.

 

#1 Tipe Kepemimpinan Otokrasi

Otokrasi berasal dari kata oto yang berarti sendiri dan kratos berarti pemerintah.

Otokrasi merupakan sebuah gaya kepemimpinan yang dipegang oleh seseorang yang berkuasa secara penuh dan tidak terbatas masanya.

Orang yang memegang kekuasaan tersebut biasanya disebut otokrat, pemimpin jenis ini biasanya berstatus sebagai seorang raja dan biasanya sistem yang digunakan adalah sistem kerajaan.

Dengan demikian, gaya kepemimpinan otokrasi, semuanya berpusat pada atasan atau pemimpin. Dalam kepemimpinan jenis ini, pemimpin memegang semua wewenang dan tanggung jawab penuh.

Tahukah Anda Rahasia Menjadi Pemimpin yang Baik dan Bijaksana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Rahasia dan Strategi Investasi Obligasi Agar Berhasil Mendapatkan Banyak Keuntungan]

 

Para pemimpin yang menjalankan tipe kepemimpinan otokrasi membuat keputusan sendiri tanpa berkonsultasi dengan bawahannya.

Setelah mereka mencapai keputusan yang telah ia tetapkan, selanjutnya ia akan mengkomunikasikannya kepada para bawahan dan mengharapkan keputusan tersebut segera dilaksanakan dan membuahkan hasil sesuai perintah yang diberikan.

Biasanya ruang gerak bagi para bawahan untuk memberikan ide atau saran sangatlah tidak mungkin alias mustahil mengingat keputusan pemimpin tidak dapat diganggu gugat.

Di era globalisasi saat ini, tipe kepemimpinan otokrasi yang erat kaitannya dengan sistem “pemaksaan kehendak” dari pemimpin, sayangnya sudah tidak relevan, namun tetap ada beberapa kalangan yang menyetujui dan juga mempraktikkan tipe kepemimpinan otokrasi.

Beberapa pemimpin yang mendukung dan juga menerapkan tipe kepemimpinan semacam ini antara lain: Albert J Dunlap (Sunbeam Corporation) dan Donald Trump (Organisasi Trump).

 

#2 Tipe Kepemimpinan Demokratis

Dalam tipe kepemimpinan demokratis, bawahan terlibat dalam pengambilan keputusan secara aktif.

Hal ini memang berlaku demikian karena pemimpin yang memberikan wewenang dan juga kesempatan bagi para bawahan untuk andil dalam pengambilan keputusan dan juga memberikan berbagai ide dan saran yang mereka miliki.

Tidak seperti otokratis, kepemimpinan demokratis berpusat pada kontribusi bawahan dalam setiap proses kepemimpinan. Pemimpin demokratis memegang tanggung jawab terakhir, namun pemimpin tetap mendelegasikan wewenang kepada orang lain dan memastikan proses pekerjaan tetap berjalan dengan semestinya.

Ciri yang paling unik dari tipe kepemimpinan demokratis ini adalah komunikasi yang antara atasan bawahan demikian juga sebaliknya (aktif ke atas dan ke bawah).

Temukan 4 Ciri Ciri Pemimpin yang Baik Jaman Now 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajari 5 Pelajaran untuk Mengajarkan Anak Menjadi Seorang Bos]

 

Para pemimpin yang menerapkan tipe kepemimpinan demokratis lebih suka memotivasi para bawahannya agar terus mencapai kemampuan dan hasrat tertingginya dalam melakukan berbagai hal.

Sehubungan dengan data statistik, kepemimpinan demokratis adalah salah satu kepemimpinan yang paling disukai.

Dalam praktik kepemimpinan demokratis, berbagai nilai seperti; keadilan, kompetensi, kreativitas, keberanian, kecerdasan dan kejujuran sangat berperan aktif di dalamnya.

Namun demikian, pada kondisi tertentu yang membutuhkan waktu penyelesaian singkat, tipe kepemimpinan demokratis dapat menyebabkan kegagalan komunikasi dan proyek (Lewin, 1939).

Beberapa contoh pemimpin negarawan yang menerapkan tipe kepemimpinan demokratis antara lain Presiden Amerika John F. Kennedy, Dwight D. Eisenhower.

 

#3 Tipe Kepemimpinan Strategis

Tipe kepemimpinan strategis biasanya memiliki kemampuan dalam mengantisipasi konflik atau permasalahan, mempertahankan fleksibilitas dalam kinerja tim, di samping memiliki kompetensi dalam mendelegasikan tanggung jawab terhadap orang lain untuk menciptakan perubahan strategis yang diperlukan.

Para pemimpin yang menerapkan tipe kepemimpinan strategis bersifat multifungsional, terutama melibatkan pengelolaan atau manajemen melalui orang lain, dan membantu organisasi untuk menghadapi perubahan yang terlihat begitu dinamis dalam persaingan global.

Para pemimpin strategis yang efektif biasanya mampu membuat berbagai keputusan yang jelas, berani dan praktikal, walaupun ada kalanya keputusan tersebut cukup sulit untuk dilakukan, namun ia akan membuat berbagai antisipasi dalam mengatasinya sehingga setiap bagian dapat bekerja semakin efektif sesuai tugas yang telah diberikan.

Bagaimana Menjadi Pemimpin yang Berwibawa dan Disenangi Bawahan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan?]

 

Walaupun tipe kepemimpinan strategis ini merupakan salah satunya yang bersifat kompleks, namun tipe ini cenderung sangat menentukan keberhasilan dari pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Setiap perusahaan atau organisasi yang memiliki pemimpin yang menerapkan tipe ini, biasanya mampu menangani berbagai masalah dengan strategi yang mantap dan jitu. Layaknya sebuah perang yang telah diawali dari sebuah strategi sebelum perang dimulai bahkan sebelum para prajurit maju ke medan peperangan.

Berikut ini beberapa kompetensi dan juga keterampilan yang telah dirumuskan, yang menggambarkan seorang pemimpin dengan tipe kepemimpinan strategis, diantaranya adalah:

  • Mengantisipasi konflik atau masalah dan mampu memprediksi kejadian di luar lingkungan organisasi yang berpotensi terhadap perubahan bagi perusahaan atau organisasi.
  • Menggali dan juga mengembangkan setiap keunggulan kompetitif yang dimiliki dengan membangun kompetensi dari para pekerja, disamping memiliki kemampuan dalam memilih pasar yang tepat dalam tujuan untuk memenangkan persaingan global.
  • Mengevaluasi setiap strategi dan hasil pencapaian secara sistematis, serta mampu menyesuaikannya dengan berbagai strategi baru yang akan dibuat.
  • Membangun tim kerja yang efektif, efisien dan termotivasi untuk tujuan perusahaan atua organisasi.
  • Menentukan tujuan dan prioritas yang tepat dalam pencapaiannya.

 

#4 Tipe Kepemimpinan Transformasional

Tidak seperti gaya kepemimpinan lainnya, kepemimpinan transformasional adalah tentang memulai perubahan dalam organisasi, kelompok, diri sendiri dan orang lain.

Para pemimpin yang menerapkan tipe kepemimpinan transformasional memotivasi orang lain untuk melakukan lebih dari yang mereka inginkan dan seringkali bahkan lebih dari yang mereka duga. Mereka menetapkan harapan yang lebih menantang dan biasanya mencapai kinerja yang lebih tinggi.

Secara statistik, kepemimpinan transformasional cenderung memiliki pengikut yang lebih berkomitmen dan puas akan hasil kerja mereka atas kepemimpinan yang dilakukan oleh pemimpin mereka.

Hal ini bisa terjadi karena pemimpin transformasional memiliki kemampuan dalam memberdayakan orang-orang yang mengikutinya.

Temukan 4 Ciri Ciri Pemimpin yang Baik Jaman Now 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cashflow Quadrant, 4 Bagian untuk Menuju Kebebasan Keuangan yang Harus Ketahui]

 

Biasanya, pemimpin transformasional merupakan pemimpin yang dinilai karismatik dan memiliki peran sentral dan strategis dalam membawa organisasi mencapai tujuannya.

Pemimpin transformasional dipercaya mampu menyamakan visi masa depan dengan pra pengikutnya, serta mempertinggi kebutuhan mereka pada tingkat yang lebih tinggi dari pada apa yang mereka butuhkan.

Presiden Jokowi dan juga calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai adalah sosok pemimpin yang menerapkan tipe kepemimpinan transformasional.

 

#5 Tipe Kepemimpinan Tim

Pemimpin dengan tipe kepemimpinan tim biasanya mampu dalam menciptakan gambaran yang jelas tentang masa depannya dan juga organisasi yang ia pimpin.

Visi yang ia lihat mampu memberikan ilham dan memberikan arah tujuan yang jelas dan kuat.

Walaupun terkadang kinerja dalam tim tidak selamanya berjalan dengan mulus, dengan adanya berbagai gesekan dan konflik yang tidak bisa dihindari, namun inilah bagian menantang dari sebuah tipe kepemimpinan tim.

Menurut Harvard Business Review, kepemimpinan tim akan gagal jika sebuah tim dipimpin oleh pemimpin yang kurang berkualitas.

6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Menjadikan Orang Kaya, Kaya dan Orang Miskin, Miskin? Di Mana Letak Perbedaannya?]

 

#6 Tipe Kepemimpinan Lintas Budaya

Tidak gampang memimpin orang lain, apalagi jika anggota yang dipimpin memiliki kebudayaan yang berbeda. Keberagaman ini bisa saja terjadi untuk organisasi bertaraf internasional dimana setiap anggotanya bisa saja berasal dari berbagai negara yang berbeda.

Organisasi atau perusahaan multinasional tentu saja lebih merasakan hal ini. Pentingnya seorang pemimpin yang mampu menjembatani para anggota dengan setiap kepala yang memiliki latar belakang kebudayaan yang berbeda.

 

#7 Tipe Kepemimpinan Fasilitatif

Para pemimpin dengan tipe kepemimpinan fasilitatif biasanya terlalu bergantung pada pengukuran dan hasil, bukan keterampilan dari para anggotanya, meskipun dibutuhkan banyak keterampilan juga untuk dikuasai.

Keefektivitasan dari kerja sama suatu kelompok secara langsung sangat erat kaitannya dengan kelancaran dari prosesnya.

Jika suatu kelompok itu mampu bekerja sama dengan tingkat kinerja yang tinggi, pemimpin dengan tipe kepemimpinan fasilitatif akan lebih ringan pekerjaannya dalam memberikan arahan dan memfasilitasi kelompok tersebut.

Sebaliknya, jika kelompok-kelompok tersebut tidak mampu bekerja sama dengan tingkat kinerja yang relatif rendah, maka pemimpin tersebut akan lebih banyak berusaha untuk memberikan arahan dan memfasilitasi demi tercapainya target.

20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Obligasi, Apa Saja Keuntungannya? dan Bagaimana Cara Membelinya?]

 

Keberhasilan dari tipe kepemimpinan fasilitatif yang efektif sangat tergantung pada pemantauan dinamika kerja sama kelompok dengan jalan menawarkan saran hingga melakukan intervensi demi menolong setiap anggota kelompok tetap bekerja pada jalur yang telah ditetapkan.

 

#8 Tipe Kepemimpinan Delegatif atau Laissez-Faire

Salah satu contoh pemimpin sukses yang menerapkan tipe kepemimpinan delegatif atau Laissez-Faire adalah Warren Buffett, salah satu dari daftar orang terkaya di dunia.

Ia dengan kecerdasannya dalam mengatur orang lain sudah tidak diragukan lagi.

Tipe kepemimpinan delegatif cenderung memberikan kuasa sepenuhnya kepada para bawahannya untuk dapat melakukan setiap keputusan dan mengeksekusi setiap keputusan itu.

Lalu bagaimanakah peran dari pemimpin itu sendiri?

Walaupun sepertinya sang pemimpin tidak berbuat apa-apa, sebetulnya sang pemimpin telah memilih orang-orang kepercayaan yang telah diletakkan di setiap bagian sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengambil Keuntungan dari Tren Pergerakan Harga dan Siklus di Pasar Saham Part #2]

 

Pemimpin dalam hal ini hanya memberikan gambaran umum dari tujuan yang ingin dicapai, selebihnya atau sisanya, setiap orang-orang kepercayaan akan melakukan tugas mereka masing-masing, entah bagaimanapun caranya untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemimpin yang bersangkutan.

Dengan demikian, sang pemimpin dengan leluasa dapat memberikan delegasi tanggung jawab kepada mereka.

Memang terlihat tidak partisipatif dari segi pemimpin, namun demikianlah memang tipe kepemimpinan delegatif.

 

#9 Tipe Kepemimpinan Transaksional

James MacGregor Burns (1978) mendefinisikan kepemimpinan transaksional sebagai bentuk hubungan yang mempertukarkan jabatan atau tugas tersebut.

Jadi, kepemimpinan transaksional menekankan proses hubungan pertukaran yang bernilai ekonomis untuk memenuhi kebutuhan biologis dan psikologis sesuai dengan kontrak yang telah mereka setujui bersama.

Bernard Bass (1990) mengemukakan kepemimpinan transaksional yang didefinisikan sebagai kepemimpinan melibatkan suatu proses pertukaran yang menyebabkan bawahan mendapat imbalan atas kinerjanya yang berhasil.

Pemimpin akan membantu bawahannya mengidentifikasikan apa yang harus dilakukan untuk memenuhi hasil yang diharapkan seperti kualitas pengeluaran yang lebih baik, penjualan atau pelayanan yang lebih dari karyawan, serta mengurangi biaya produksi dan lain sebagainya.

Kunci Sukses Kepemimpinan yang Dimiliki oleh Seorang Pemimpin dalam Berbisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis yang Menguntungkan Sebagai Blogger? Ini Model Bisnisnya dan Berapa Keuntungannya]

 

Pemimpin dengan tipe kepemimpinan transaksional adalah mereka yang memimpin melalui pertukaran sosial.

Misalnya, politisi memimpin dengan cara “menukar” satu hal dengan hal lain: pekerjaan dengan suara, atau subsidi dengan kontribusi kampanye. Pemimpin bisnis yang mengadopsi tipe kepemimpinan transaksional menawarkan reward secara finansial bagi produktivitas anggota atau tidak memberi reward atas kurangnya produktivitas, bahkan punishment kepada mereka yang melanggar sebuah kebijakan.

Menurut sebuah sumber, Mantan Wakil Gubernur Djarot Syaiful Hidayat dinilai sebagai salah satu pemimpin yang menerapkan tipe kepemimpinan transaksional dalam menerapkan kebijakannya.

 

#10 Tipe Kepemimpinan Pembinaan

Pemimpin dengan tipe kepemimpinan pembinaan sudah terbiasa dalam memberikan pengarahan melalui pengajaran dan juga pengawasan kepada para anggota timnya.

Pemimpin akan melihat hasil dari kinerja para anggota tim, dan jika dibutuhkan perbaikan, ia akan segera melakukannya demi mencapai hasil yang diinginkannya.

Pada dasarnya, dalam tipe kepemimpinan semacam ini, para anggota tim akan dibantu oleh pemimpin dalam rangka meningkatkan keterampilan mereka.

Para pemimpin dengan tipe demikian akan sangat kompeten dalam memberikan motivasi, dorongan secara moril dan juga inspirasi yang diperlukan bagi para anggotanya. sehingga hasil kinerja mereka bisa meningkat.

 

#11 Tipe Kepemimpinan Karismatik

Pemimpin dengan tipe kepemimpinan karismatik pada umumnya menampilkan beberapa karakter yang dapat terlihat seperti seorang yang mempunyai visi yang begitu kuat atau kesadaran tujuan yang jelas.

Pemimpin yang demikian biasanya memiliki kemampuan dalam mengkomunikasikan visi yang ia miliki secara efektif, dengan fokus tinggi dan memperlihatkannya secara konsisten. Pemimpin yang bersifat karismatik sangat mengenal akan setiap kemampuan dan yang ia miliki serta mampu memanfaatkannya demi tercapai tujuan yang ia inginkan

Gaya kepemimpinan yang karismatik secara sekilas nampak seperti gaya kepemimpinan transformasional yang mampu memberikan suatu semangat dan antusiasme kepada seluruh anggota timnya untuk dapat bergerak dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh pemimpin.

Akan tetapi, pemimpin yang bersifat karismatik cenderung lebih percaya pada dirinya sendiri daripada anggota tim.

Kepemimpinan dalam Organisasi Tipe Pemimpin Seperti Apakah Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

Pemimpin yang bersifat karismatik memiliki pengaruh yang kuat atas para pengikutnya oleh karena karisma dan kepercayaan diri yang ia tampilkan.

Para pengikut cenderung mengikuti pemimpin karismatik karena kagum dan secara emosional percaya akan kepemimpinannya, disamping mereka ingin berkontribusi bersama dengan pemimpin tersebut.

Karisma tersebut timbul dari setiap kemampuan yang mempesona yang ia miliki terutama dalam meyakinkan setiap anggotanya untuk mengikuti setiap arahan yang ia berikan.

Namun demikian, para pemimpin dengan tipe karismatik mudah mengambil keputusan yang berisiko serta memiliki khayalan bahwa apa yang dilakukan pasti benar karena pengikutnya sudah terlanjur percaya. Oleh karena adanya ketergantungan yang tinggi terhadap pemimpin tersebut sehingga regenerasi untuk pemimpin yang berkompeten cenderung sulit.

 

#12 Tipe Kepemimpinan Pelayan

Tipe kepemimpinan pelayan atau servant leader adalah mereka (para pemimpin) yang memfokuskan diri pada orang-orang yang menjadikannya sebagai figure seorang pemimpin. Pemimpin dengan tipe kepemimpinan pelayan cenderung lebih sosial dan memiliki tujuan untuk kepentingan komunitas bersama.

Kepemimpinan jenis ini memiliki kekuatan dimana sang pemimpin akan memberikan inspirasi, dari tingkat pekerja paling bawah hingga bagian manajerial dan direksi untuk membawa mereka kepada tujuan yang akan dicapai bersama-sama.

Tipe kepemimpinan jenis ini diterapkan oleh Mahatma Gandhi di Negara India dan Presiden Jokowi dalam memimpin Bangsa Indonesia.

 

Tipe Kepemimpinan Apakah yang Menggambarkan Diri Anda?

Setelah membaca ulasan dari kedua belas tipe kepemimpinan di atas, menurut Anda, tipe kepemimpinan apakah yang menggambarkan diri Anda?

[total-poll id=64055]

Selain itu menurut Anda, tipe manakah yang sebetulnya cukup relevan diterapkan di perusahaan atau organisasi tempat Anda bekerja?

Silakan berikan tanggapan Anda melalui kolom komentar yang telah tersedia.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Jim Mathiasch. 23 Juli 2017. 12 Different Types of Leadership Styles. Linkedin.com – https://goo.gl/tsfmi4
  • Admin. Pengertian Tipe Kepemimpinan Otokrasi/Otoriter. Definisi-pengertian.com – https://goo.gl/AZUMd3
  • Thoifah Asrian Dini. Contoh Pemimpin Dengan Gaya Kepemimpinan Demokratis, Otokratis dan Laissez-Faire – https://goo.gl/pU5n4a
  • Romadhona Febriyanti. 24 Juni 2015. Pemimpin yang Demokratis. Kompasiana.com – https://goo.gl/baET2e
  • Rizqiyah Ratna. 1 April 2015. Tipe-tipe Kepemimpinan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya – https://goo.gl/aGrys3
  • Mhychan Almira. Kepemimpinan Strategis. Academia.edu – https://goo.gl/RGCWLL
  • Beastudi Indonesia. 19 September 2017. 5 Cara Menuju Kepemimpinan yang Strategis. Beastudiindonesia.net – https://goo.gl/aehLnF
  • Rusydan Mairubi. 29 November 2016. Kepemimpinan dan Contoh Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional – https://goo.gl/LxTYAs
  • Maulida Firrizqi. Contoh Kasus Kepemimpinan: Transaksional dan Trasnformasional – https://goo.gl/cjPXUG
  • Dina Andrian. Kepemimpinan Dalam Organisasi – https://goo.gl/fWP2UA
  • Seta Basri. Pengertian Kepemimpinan dalam Organisasi – https://goo.gl/uTLxvd
  • Admin. What Leadership Style Best Describes You? Webpagefx.com – https://goo.gl/3BlnML
  • Rudi Salam Sinulingga. 14 April 2014. Gaya-gaya Kepemimpinan. Kompasiana.com – https://goo.gl/2RDY1J
  • Frans Indrapadja. 31 Maret 2014. Kepemimpinan Transformasional. Kompasiana.com – https://goo.gl/7a4t14
  • Muhammad Fauzan Irvan. 25 Mei 2016. Kepemimpinan Karismatik. Dakwatuna.com – https://goo.gl/y3e284
  • Admin. 19 November 2016. Gaya Kepemimpinan Transformasional. Apa Itu Dan Seperti Apa Contohnya? Psikoma.com – https://goo.gl/niwTuk
  • Admin. Pengertian Kepemimpinan, Gaya dan Teori Kepemimpinan. Informasiana.com – https://goo.gl/dg33Ax
  • Benita Pramasari. 16 Juni 2016. Gaya-Gaya Kepemimpinan. Linkedin.com – https://goo.gl/eW9zAQ

 

Sumber Gambar:

  • Tipe Kepemimpinan 01 – https://goo.gl/wNrBFp
  • Tipe Kepemimpinan 02 – https://goo.gl/Bf3Yfh

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Summary
Polling: Tipe Kepemimpinan Apa Yang Menggambarkan Diri Anda?
Article Name
Polling: Tipe Kepemimpinan Apa Yang Menggambarkan Diri Anda?
Description
Setidaknya ada 12 tipe kepemimpinan yang ada dan telah diterapkan oleh banyak orang bahkan berbagai tokoh dunia dan para pemimpin negara.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo