Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan?

Apakah penawaran peningkatan manfaat tambahan asuransi kesehatan memberikan keuntungan?

Pada saat rubrik ini dibuat, sudah ada 2 orang teman yang melakukan konsultasi kepada saya mengenai asuransi mereka. Mengapa?

Karena setelah beberapa tahun kita memiliki asuransi, biasanya akan ada penawaran baru dari perusahaan asuransi untuk meningkatkan manfaat asuransi mereka. Salah satunya adalah manfaat asuransi kesehatan.

Pertanyaannya, apakah peningkatan manfaat tambahan asuransi kesehatan memberikan keuntungan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada hal yang harus kita pahami bersama. Mungkin Anda sudah mengetahuinya, bahwa asuransi kesehatan mempunyai beberapa pengertian di masyarakat.

Pengertian-pengertian yang berbeda-beda adalah akibat dari banyaknya produk manfaat tambahan yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi yang semakin bervariasi.

Bagi masyarakat umum, asuransi kesehatan adalah segala asuransi yang berhubungan dengan sakit penyakit, yang akan memberikan uang pertanggungan pada saat tertanggung mengalami sakit penyakit.

Tetapi, jika kita hubungkan dengan produk asuransi yang ada, ada dua manfaat tambahan asuransi kesehatan yang berhubungan dengan sakit penyakit, yaitu asuransi sakit kritis dan asuransi kesehatan. Manfaat tambahan ini hanya terdapat pada asuransi unitlink.

Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bisakah Saya Menggunakan Asuransi Kesehatan Saya Setelah 1 Bulan Saya Membeli Asuransi?]

 

Manfaat tambahan asuransi sakit kritis adalah manfaat yang memberikan sejumlah uang pada saat tertanggung mengalami sakit kritis, sedangkan asuransi kesehatan adalah manfaat yang menanggung seluruh biaya sakit apabila kita dirawat inap di rumah sakit.

Jadi, jika seseorang yang mempunyai asuransi sakit kritis dan asuransi kesehatan, mengalami sakit kritis dan dirawat di rumah sakit, maka orang tersebut akan mendapatkan pertanggungan dari kedua manfaat asuransi tersebut.

Oleh karena itu, asuransi kesehatan yang dibahas disini bukanlah asuransi kesehatan yang akan memberikan sejumlah uang selama tertanggung mengalami sakit penyakit.

Asuransi kesehatan inilah yang menanggung seluruh biaya yang timbul pada saat tertanggung dirawat di rumah sakit akibat suatu sakit penyakit, baik sakit ringan maupun sakit kritis.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Biasanya asuransi kesehatan akan memberikan tertanggung sebuah kartu kesehatan, dimana kita dapat menggunakan kartu kesehatan sebagai pengganti uang tunai atau dana jaminan awal pada saat kita ingin masuk ke rumah sakit.

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi kesehatan dapat beragam, tergantung dari perusahaan asuransi, dimana Anda mengambil produk asuransi kesehatan tersebut.

Dibawah ini ada beberapa contoh manfaat asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan asuransi.

 

Contoh Salah Satu Manfaat Asuransi Kesehatan Prudential

Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?]

 

Contoh Salah Satu Manfaat Asuransi Kesehatan ACE Life

Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

                       

Contoh Salah Satu Manfaat Asuransi Kesehatan Sequis Life

Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan]

 

Contoh Salah Satu Manfaat Asuransi Kesehatan Allianz

Apakah Penawaran Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda]

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini, hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Seperti yang dapat Anda lihat, semua manfaat asuransi kesehatan memiliki batasan dalam menanggung biaya yang timbul pada saat dirawat di rumah sakit akibat sakit penyakit, baik sakit yang ringan maupun sakit yang berat atau kritis.

Tetapi, biaya rumah sakit selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun akibat dari inflasi yang terjadi.

Itulah sebabnya, biasanya perusahaan asuransi menawarkan untuk meningkatkan manfaat tambahan asuransi kesehatan.

 

Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan

Peningkatan manfaat tambahan asuransi kesehatan biasanya ditawarkan setelah beberapa tahun kita mengambil asuransi.

Penyebabnya karena pertanggungan atas biaya rumah sakit yang diberikan, pada saat kita rawat inap di rumah sakit, sudah tidak sesuai lagi dengan pada waktu awal kita mengambil asuransi tersebut, disebabkan oleh biaya rumah sakit yang mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Misalnya, pada waktu pertama kali kita mengambil asuransi, kita mengambil plan atau kelas A, dimana kelas A akan memberikan pertanggungan untuk rawat inap sebesar Rp700 ribu per harinya.

Mungkin pada saat kita mengambilnya, biaya kamar untuk kelas VIP adalah Rp700 ribu per hari, sehingga harapan kita adalah kita dapat menggunakan kamar kelas VIP pada saat sakit nanti.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia]

 

Tetapi setelah beberapa tahun, biaya rumah sakit akan mengalami kenaikan dikarenakan inflasi, sehingga biaya kamar untuk kelas VIP berubah menjadi Rp1 juta per harinya.

Sedangkan manfaat asuransi kesehatan kita masih tetap Rp700rb per harinya, dimana kita hanya dapat dirawat di kelas 1 sekarang. Jika kita menunggu beberapa tahun lagi, mungkin Rp700 ribu per harinya hanya akan dapat membiayai kamar kelas 2 dan begitu seterusnya.

Oleh karena itu, biasanya agen asuransi Anda atau perusahaan asuransi akan menawarkan peningkatan manfaat asuransi kesehatan Anda setelah beberapa tahun.

Peningkatan itu adalah perubahan plan atau kelas yang kita ambil untuk naik ke plan yang lebih tinggi, disertai dengan kenaikan premi atau biaya setiap bulannya. Pertanyaannya apakah peningkatan itu memberikan keuntungan?

 

Apakah Peningkatan Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Memberikan Keuntungan?

Seperti yang sudah Anda ketahui, meningkatkan manfaat tambahan asuransi, sebenarnya adalah untuk menyesuaikan kembali perlindungan yang Anda miliki dengan kenaikan biaya rumah sakit di masyarakat.

Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa Apa Manfaatnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak?]

 

Oleh karena itu, sebenarnya itu merupakan hal yang wajar saja untuk dilakukan, tetapi apakah pilihan yang Anda ambil itu akan memberikan keuntungan atau tidak, dapat Anda nilai dari beberapa pertanyaan.

Ketika Anda ingin melakukan peningkatan manfaat tambahan asuransi kesehatan, tanyakan beberapa pertanyaan ini:

 

#1 Apakah Anda Memiliki Riwayat Sakit Penyakit dari Orangtua?

Jika Anda memiliki riwayat sakit penyakit, memang jauh lebih baik jika Anda mendapatkan perlindungan yang maksimal dari asuransi, salah satunya adalah asuransi kesehatan.

Tetapi jika tidak mungkin Anda harus mempertimbangkan ulang untuk mempunyai asuransi kesehatan yang besar, karena mungkin itu hanya keinginan Anda untuk memperoleh kenyamanan bukan karena untuk kebutuhan Anda.

 

#2 Apakah Anda Cukup Sering Masuk Rawat Inap di Rumah Sakit dalam Satu Tahun?

Jika Anda adalah orang yang cukup sering terserang penyakit yang membuat Anda harus rawat inap di rumah sakit di dalam satu tahun, misalnya 3-4 kali rawat inap dalam setahun, maka tidak ada salahnya jika Anda meningkatkan manfaat tersebut. Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan Anda tanpa harus khawatir Anda perlu menambah uang pada saat dirawat inap di rumah sakit.

Tetapi jika Anda orang yang jarang rawat inap di rumah sakit atau setiap kali sakit hanya melakukan pengobatan rawat jalan, ada lebih baik Anda mempertimbangkan ulang untuk meningkatkan manfaat asuransi kesehatan Anda.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Kamar Kelas Berapakah yang Anda Butuhkan Ketika Anda Dirawat di Rumah Sakit?

Ketika Anda dirawat inap di rumah sakit dengan menggunakan asuransi kesehatan Anda, kamar kelas berapakah yang dapat ditanggung oleh asuransi tersebut? Apakah Anda masih merasa nyaman dengan kamar rumah sakit tersebut?

Jika ternyata dari kelas VIP, setelah beberapa tahun, asuransi kesehatan Anda hanya menanggung kelas 1 dan kelas 1 masih nyaman bagi Anda, berarti Anda masih belum perlu melakukan peningkatan manfaat asuransi kesehatan Anda.

 

#4 Apakah Ada Manfaat Tambahan Lainnya di Polis Asuransi Unitlink Anda?

Ini adalah salah satu hal teknis yang jarang diberitahukan tenaga penjual asuransi kepada Anda.

Biasanya, di dalam satu polis asuransi unitlink terdapat banyak manfaat tambahan. Jika Anda melakukan peningkatan asuransi kesehatan, maka semua manfaat yang lain yang ada di dalam polis tersebut akan terkena akibatnya yaitu dihitung ulang berdasarkan umur pada saat Anda melakukan peningkatan.

Bisakah Saya Menggunakan Asuransi Kesehatan Saya Setelah 1 Bulan Saya Membeli Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang!]

 

Itulah sebabnya, jika Anda melakukan peningkatan manfaat, premi yang harus Anda bayarkan akan menjadi lebih mahal daripada Anda menambah sebuah polis baru.

Makanya, jauh lebih baik jika Anda memiliki polis unitlink, manfaat asuransi kesehatan Anda dipisahkan dari manfaat asuransi tambahan yang lainnya, sehingga suatu saat nanti di masa depan.

Ketika Anda ingin melakukan peningkatan asuransi kesehatan, hanya manfaat tambahan asuransi kesehatan yang akan dihitung ulang.

 

#5 Umur Berapakah Anda Sekarang?

Biasanya umur akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Seseorang yang sudah berusia 40 tahun lebih akan lebih mudah sakit jika tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Oleh karena itu, memiliki asuransi kesehatan yang baik akan jauh lebih menenangkan daripada tidak memiliki asuransi kesehatan.

Ini dapat menjadi pertimbangan pada saat Anda ingin melakukan peningkatan manfaat asuransi kesehatan.

Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Lama Idealnya Cuti Premi pada Asuransi Unitlink?]

 

Anda dapat menanyakan secara berulang-ulang ke-5 pertanyaan ini setiap tahunnya.

Jika 3 jawaban dari 5 pertanyaan tersebut membuat Anda ingin melakukan peningkatan manfaat tambahan asuransi kesehatan, maka melakukan peningkatan asuransi kesehatan Anda akan memberikan lebih banyak manfaat bagi Anda.

Tetapi jika tidak, akan jauh lebih baik jika dana yang Anda sediakan untuk melakukan peningkatan asuransi kesehatan tersebut, Anda investasikan atau gunakan untuk tujuan keuangan Anda yang lainnya.

 

Rencanakan Asuransi Sesuai Kebutuhan Anda

Asuransi memang merupakan salah satu instrumen penting di dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan. Tetapi, mempunyai asuransi berlebihan juga tidak memiliki dampak yang baik bagi kesehatan keuangan Anda secara keseluruhan.

Ada banyak tujuan keuangan yang perlu Anda capai dan membutuhkan dana yang harus Anda prioritaskan.

Asuransi adalah salah satu bagian karena bertujuan untuk mentransfer risiko yang mungkin terjadi dan dapat mengganggu perencanaan keuangan Anda pada prosesnya. Oleh karena itu, rencanakan asuransi Anda sesuai dengan kebutuhan.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Prudential – https://goo.gl/XQE3aN
  • Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Ace LIFE – https://goo.gl/SxWptd
  • Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Sequis Life – https://goo.gl/E1WPV8
  • Manfaat Tambahan Asuransi Kesehatan Allianz – https://goo.gl/eq9qyo
  • Karyawan Asia – https://goo.gl/eFcPPN dan https://goo.gl/g8E79A

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

2 Comments

  1. Triman Ketut 12 September 2017 at 00:55 - Reply

    saya mengikuti asuransi mulai umur 25 tahun, jumlah premi yang saya bayarkan setiap bulan Rp 400.000, saya mendapatkan kamar kelas 3, apakah masih ditanggung biaya kamarnya dalam beberapa tahun kedpan, karena biaya rumah sakit tergerus inflasi setiap tahunnya, mohon masukannya gan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih #Finansialku.com

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:33 - Reply

      Hi Pak Triman Ketut
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Bapak dapat menambah polis baru lagi untuk menambah jumlah perlindungan Bapak.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download