Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang!

Apakah Anda pernah ditawarkan asuransi unitlink? Pasti sebagian besar dari Anda menjawab pernah. Asuransi unitlink adalah asuransi yang sedang naik daun di Indonesia. Sekarang ini, hampir semua perusahaan asuransi menjual produk unitlink.

Oleh karena itu, mengetahui secara detail tentang asuransi unitlink menjadi hal yang penting. Dibawah ini, ada beberapa pertanyaan penting tentang asuransi unitlink yang harus Anda ketahui!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pertanyaan-Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink

Berikut ini ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda ketahui seputar asuransi unitlink. Simak penjelasan berikut ini.

 

#1 Apa Beda Asuransi Unitlink Dengan Asuransi Tradisional?

Asuransi unitlink adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan produk investasi.

Dengan mengkaitkan produk asuransi dan investasi, diharapkan premi yang Anda bayarkan dapat membentuk nilai dana yang memungkinkan nilai dana tersebut terus berkembang sesuai dengan jenis dana investasi yang Anda pilih.

Nilai dana tersebut akan dipotong setiap bulannya untuk membayar biaya-biaya seperti biaya asuransi, biaya administrasi, dan lain sebagainya (jika ada).

Hal ini berbeda dengan asuransi tradisional yang seluruh preminya akan dialokasikan untuk proteksi. Dalam polis asuransi tradisional, besarnya premi dan uang pertanggungan relatif tetap. Perusahaan asuransilah yang memutuskan di mana premi Anda akan diinvestasikan untuk mengakumulasi nilai tunai.

 

#2 Apa Kelebihan Asuransi Unitlink?

Dalam polis asuransi unitlink, baik premi maupun uang pertanggungan lebih fleksibel, tergantung dengan permintaan Anda sebagai calon nasabah. Nilai investasi polis unitlink tergantung pada kinerja investasi yang Anda pilih. Pilihan risiko dan potensi keuntungan investasi berada di tangan Anda.

Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Reksa Dana Dolar dan Reksa Dana Rupiah? Cari Informasi Selengkapnya Disini!]

 

Pada beberapa produk asuransi unitlink, Anda dapat menambah pertanggungan dan/atau investasi dengan membayar premi tambahan (excess premium) atau top up, baik untuk sekali bayar maupun secara reguler. Namun, peningkatan uang pertanggungan tersebut mungkin mengharuskan Anda mengajukan bukti insurabilitas tambahan atau tambahan formulir pengajuan.

 

#3 Istilah Apa Saja Yang Harus Saya Ketahui Jika Membeli Asuransi Unitlink?

Dalam asuransi unitlink, premi yang Anda bayarkan akan dipotong berbagai biaya terlebih dahulu, sisanya baru dialokasikan ke rekening investasi Anda. Besarnya bagian premi yang dialokasikan ke rekening investasi Anda dihitung dalam satuan ‘unit’.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Setiap unit memiliki nilai yang disebut Nilai Aktiva Bersih yang angkanya berfluktuasi setiap hari, sesuai kondisi pasar. NAB ini diperoleh dari nilai investasi setelah dipotong biaya pengelolaan atau management fee.

Jadi, misalnya bagian premi Anda yang masuk ke dalam investasi adalah Rp500.000 dan Nilai Aktiva Bersih hari itu adalah Rp10.000 maka Anda akan memiliki 50 unit investasi.

Nilai investasi adalah unit yang Anda miliki dikalikan Nilai Aktiva Bersih pada hari itu.

 

#4 Mengapa Nilai Investasi Saya Kecil Sekali Dibandingkan Premi Yang Sudah Dibayarkan?

Pada tahun pertama sebagian cukup besar dari premi Anda digunakan untuk biaya penerbitan polis dan biaya akuisisi (komisi agen, dan lain-lain).

Angkanya bisa mencapai 100% pada tahun pertama. Pada tahun-tahun berikutnya angka ini akan jauh berkurang, sehingga semakin banyak bagian premi Anda yang akan dialokasikan ke investasi.

Beberapa perusahaan asuransi yang menjual produk unitlink memisahkan persentase dari premi untuk pertanggungan asuransi dan untuk investasi secara transparan, yang biasa tertera di dalam proposal penawaran dan polis asuransi tersebut.

Apa Iya Dana Darurat Bisa Disimpan Pada Produk Reksa Dana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Iya Dana Darurat Bisa Disimpan Pada Produk Reksa Dana?]

 

Selain itu, Anda juga akan dibebani biaya-biaya lainnya yaitu:

 

Biaya asuransi (cost of insurance)

Ini adalah biaya untuk perlindungan asuransi jiwa dan asuransi tambahan (bila ada) yang besarnya tergantung usia, nilai pertanggungan, kondisi kesehatan Anda saat mulai pertanggungan dan lain-lain. Biaya ini dikenakan secara bulanan dan mengurangi unit investasi.

 

Biaya pengelolaan dana (management fee)

Biaya ini dikenakan sebagai imbal jasa pengelolaan dana investasi dan menjadi pengurangan Nilai Aktiva Bersih. Biaya pengelolaan untuk dana ekuitas biasanya lebih besar dibandingkan untuk dana pasar uang atau pendapatan tetap.

 

Biaya administrasi polis

Biaya ini dikenakan secara bulanan sebagai imbal jasa pengadministrasian polis Anda dan mengurangi jumlah unit.

 

Biaya penarikan dana (fund withdrawal charge)

Biaya ini hanya dibebankan jika Anda menarik sebagian atau seluruh unit investasi.

 

Biaya pemindahan dana (fund switching charge)

Biaya ini adalah biaya untuk pemindahan unit investasi antar dana investasi. Untuk beberapa kali dalam setahun biasanya bebas biaya, baru setelah itu pemindahan berikutnya dikenai biaya (dalam rupiah).

 

Biaya penambahan investasi (top up charge)

Biaya ini dibebankan pada saat melakukan penambahan investasi diluar premi reguler. Biaya ini dibebankan dalam rupiah sebelum jumlah penambahan (top up) dikonversi ke dalam unit.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Sebenarnya dalam polis asuransi tradisional pun Anda dikenai bermacam-macam biaya, tetapi karena jumlahnya sudah disatukan dengan total premi yang harus dibayarkan, maka kita tidak menyadarinya.

 

#5 Apakah Biaya Asuransi Akan Meningkat?

Pada umumnya biaya asuransi meningkat setiap tahun. Anda berhak mengetahui berapa peningkatannya karena biaya itu akan diambil dari nilai dana. Kemudian, apa yang terjadi jika nilai investasi anjlok dan pada saat yang bersamaan biaya asuransi meningkat?

Mengenal Manajer Investasi Reksa Dana Peranan, Tugas, Kewajiban [Plus Cara Memilih] 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Manajer Investasi Reksa Dana: Peranan, Tugas, Kewajiban (Plus Cara Memilih)]

 

Praktis ini akan membuat nilai dana Anda tergerus dan Anda harus melakukan top up demi memastikan manfaat asuransi yang Anda targetkan dapat tercapai.

 

#6 Bagaimana Bila Saya Berhenti Membayar Premi?

Pada sebagian besar polis unitlink, Anda baru bisa menghentikan premi reguler tanpa menyebabkan lapse mulai tahun ke-3 dan seterusnya.

Jika Anda berhenti membayar premi atau gagal membayar premi reguler yang sudah jatuh tempo di dalam 2 tahun pertama, maka polis Anda akan langsung batal (lapse).

Tetapi jika Anda berhenti membayar premi diatas tahun ke 2, maka polis Anda tidak akan batal (lapse) asalkan polis Anda masih memiliki cukup dana untuk membayar biaya asuransi dan administrasi bulanan yang dibebankan. Polis Anda akan menjadi batal ketika dananya tidak lagi mencukupi.

 

#7 Apa itu Cuti Premi dan Apa Risikonya?

Produk asuransi unitlink biasanya menawarkan nasabah untuk membayar premi sampai periode tertentu, misalnya 10 tahun. Setelah itu nasabah tidak perlu membayar premi lagi.

Meskipun demikian, nasabah tetap dapat menikmati manfaat asuransi hingga usia 99 tahun. Mungkin Anda berpikir, ini artinya Anda tidak membayar premi setelah memasuki tahun ke-11 dan asuransi Anda akan terus berjalan. Apa benar demikian?

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan?]

 

Sebetulnya yang terjadi adalah Anda memasuki periode cuti premi pada saat Anda tidak lagi membayarkan premi Anda. Cuti premi adalah masa dimana nasabah asuransi unitlink tidak lagi membayarkan preminya dan seluruh biayanya akan diambil dari nilai investasi yang tersedia.

Yang terjadi pada periode cuti premi adalah Anda tetap membayar premi dan biaya asuransi yang dananya diambil dari nilai dana investasi yang diasumsikan sudah besar. Ini berisiko mengurangi nilai investasi yang sudah Anda peroleh.

 

#8 Bisakah Saya Menarik Nilai Investasi Saya Bila Membutuhkan?

Bisa!

Keuntungan dari asuransi unitlink adalah Anda bisa menarik nilai investasi polis Anda tanpa harus membatalkan polis atau mengambil pinjaman polis (yang harus dikembalikan berikut bunganya).

Biasanya perusahaan asuransi menetapkan besarnya minimal rupiah untuk setiap penarikan dan jumlah unit yang tersisa agar polis tetap berjalan.

Apakah Reksa Dana Pendapatan Tetap Lebih Menguntungkan Daripada Deposito 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Reksa Dana Pendapatan Tetap Lebih Menguntungkan Daripada Deposito?]

 

Tetapi yang harus Anda ingat adalah pada saat Anda menarik sejumlah dana dari nilai investasi polis Anda, maka akan lebih besar kemungkinan di masa depan bahwa dana investasi Anda tidak akan mencukupi untuk membayar biaya asuransi yang terus meningkat.

 

#9 Apa Konsekuensinya Jika Nilai Investasi Asuransi Unitlink Saya Menurun?

Anda harus menyadari bahwa ketika kinerja investasi turun, maka nilai dana investasi Anda pun akan turun.

Risiko terburuk dari hal ini adalah nilai dana investasi tidak cukup lagi untuk menutup biaya asuransi, biaya administrasi, dan lain sebagainya (jika ada), sehingga nasabah harus menambah dana atau melakukan top up agar pertanggungan asuransi tetap aktif.

 

#10 Bagaimana Cara dan Proses Klaim Asuransi Unitlink?

Cara dan proses klaim asuransi unitlink sama seperti asuransi-asuransi lainnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda menelepon customer service-nya atau agen Anda untuk memberi tahu bahwa Anda ingin melakukan klaim. Setelah itu Anda harus melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.

Setelah seluruh kelengkapan dokumen dipenuhi dan dikirimkan ke kantor pusat, jika klaim sesuai dengan kriteria, maka tinggal menunggu klaim dicairkan. Kriteria klaim dapat Anda lihat secara detail dan lengkap di polis asuransi unitlink Anda.

 

Pahami Asuransi Unitlink Sebelum Membeli

Ketika Anda ingin membeli asuransi unitlink, Anda harus benar-benar paham akan tujuan keuangan Anda dan alasan mengapa Anda membeli asuransi unitlink.

Karena unitlink dapat menjadi produk yang sangat bermanfaat bagi Anda dan juga dapat menjadi produk asuransi yang merugikan bagi Anda.

Apa Iya Reksa Dana Pasar Uang Lebih Menguntungkan Daripada Tabungan Kenapa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Iya Reksa Dana Pasar Uang Lebih Menguntungkan Daripada Tabungan? Kenapa?]

 

Asuransi unitlink akan sangat bermanfaat jika Anda tahu tujuan Anda membeli asuransi unitlink, karena unitlink adalah asuransi untuk jangka panjang.

Jika Anda tidak tahu alasan Anda membeli asuransi unitlink, maka hampir mendekati kepastian bahwa Anda akan merasa rugi karena sudah membeli asuransi unitlink. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sering ditawarkan asuransi unitlink.

 

Terima kasih karena Anda telah membaca artikel ini sampai disini. Apakah artikel ini menambah wawasan Anda tentang asuransi unitlink? Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda?

Jika informasi ini menambah wawasan Anda dan bermanfaat untuk Anda, mari bantu teman-teman Anda atau orang lain untuk mendapatkan informasi ini. Bagikan artikel segera!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Oktober 2016. 9 Pertanyaan Yang Perlu Diajukan Sebelum Membeli Asuransi Unit Link. Astralife.co.id – https://goo.gl/vyT4dP
  • Budi Yanto. Maret 2013. 10 Pertanyaan Mengenai Asuransi Unit Link. Asuransi-allianz.id – https://goo.gl/vyT4dP

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan Sukses – https://goo.gl/PxB6iw
  • Asuransi Unitlink – https://goo.gl/HcN2qt

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang
By | 2017-08-22T09:53:25+00:00 August 21st, 2017|Categories: Asuransi, Unitlink|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download