Apakah Anda tahu tentang manajer investasi reksa dana? Apa yang ada dalam benak Anda ketika Anda ingin berinvestasi reksa dana? Biasanya dalam berinvestasi reksa dana, ada 2 keputusan yang harus diambil oleh para investor. Yang pertama adalah memilih manajer investasi reksa dana yang tepat dan yang kedua adalah memilih reksa dana yang tepat. Pada rubrik kali ini kita akan mengenal lebih dalam tentang manajer investasi reksa dana.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Siapa itu Manajer Investasi Reksa Dana?

Manajer investasi reksa dana adalah orang yang bertanggung jawab mengelola investasi reksa dana atau dana yang telah dikumpulkan dari para investor. Seperti di sebuah restoran, reksa dana adalah menu yang disajikan dalam restoran tersebut, sedangkan manajer investasi reksa dana adalah “koki” yang memasak semua menu tersebut.

Saat ini, ada tercatat 83 perusahaan Manajer Investasi Reksa Dana di Indonesia yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Peranan Manajer Investasi Reksa Dana

Dalam reksa dana, peran Manajer Investasi Reksa Dana ini begitu penting karena tidak hanya menentukan kinerja, tetapi memastikan dana yang diinvestasikan terkelola dengan baik. Oleh karena itu, sebagai investor atau pemilik dana investasi, kita perlu benar-benar memahami tugas, fungsi, dan kewajiban Manajer Investasi Reksa Dana dengan baik.

 

Apa Tugas dan Kewajiban Manajer Investasi Reksa Dana?

Apa yang menjadi tugas seorang Manajer Investasi Reksa Dana? Manajer Investasi Reksa Danamemiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengelola kumpulan dana investasi yang berasal dari para investor, sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Nantinya Manajer Investasi Reksa Dana yang akan memutuskan dan memilih instrumen investasi dimana dana-dana tersebut akan ditempatkan, seperti deposito, surat berharga atau obligasi, dan saham, yang nantinya akan menjadi sebuah portofolio investasi.

Dengan kata lain, seorang investor reksa dana menyerahkan semua hal yang berkaitan dengan keputusan investasi secara penuh kepada Manajer Investasi Reksa Dana. Oleh karena itu, kinerja dari reksa dana sangat dipengaruhi oleh kepiawaian dari Manajer Investasi Reksa Dana dalam meracik ataupun mengelola sebuah portfolio investasi.

Manajer investasi Reksa Dana dalam mengelola dana investasi berpedoman pada poin-poin yang terdapat di prospektus reksa dana.

Mengenal Manajer Investasi Reksa Dana Peranan, Tugas, Kewajiban [Plus Cara Memilih] 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami 20 Pertanyaan Seputar Investasi Reksa Dana agar Anda Tidak Salah Berinvestasi]

 

Kewajiban Manajer Investasi Reksa Dana adalah menghitung dan melaporkan nilai investasi reksa dana pada para investor setiap harinya, sehingga investor dapat mengetahui berapa posisi nilai investasinya pada reksa dana yang dibelinya. Dari laporan manajer investasi Reksa Dana ini, para investor dapat mengevaluasi kinerja reksa dana.

Atas tugas dan kewajiban manajer investasi Reksa Dana, seorang manajer investasi akan mendapatkan fee atau bayaran, yang dihitung berdasarkan persentase yang telah ditentukan dari nilai aset yang harus dikelola dan dicantumkan terbuka pada prospektus reksa dana yang dapat dibaca semua calon investor saat atau sebelum membeli reksa dana.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Cara Memilih Manajer Investasi Reksa Dana

Seperti yang sudah saya katakan, salah satu keputusan yang harus diambil oleh para investor sebelum berinvestasi reksa dana adalah memilih manajer investasi. Untuk memulai kegiatan operasionalnya, Manajer Investasi harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Izin ini digunakan sebagai verifikasi secara sah dari OJK sekaligus untuk mengawasi Manajer Investasi selama menjalankan tugasnya.

Tujuan OJK melakukan hal tersebut adalah untuk menghindari terjadinya kerugian yang nantinya ditanggung investor atau penipuan berkedok investasi. Dengan begitu, penyelewengan dana investor dapat dihindari.

Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula]

 

Meskipun memiliki peranan yang sangat penting, kerap ditemui investor reksa dana tidak memverifikasi dan mengevaluasi latar belakang Manajer Investasi. Mereka yang ingin berinvestasi biasanya akan tergiur dengan return yang ditawarkan sehingga kurang memberi perhatian.

Oleh karena itu, sebelum Anda berinvestasi reksa dana ada beberapa cara untuk memilih manajer investasi, antara lain:

 

#1 Cek Legalitas Manajer Investasi

Hal yang paling penting dan utama dalam menentukan Manajer Investasi reksa dana adalah dengan mengecek legalitas manajer investasi. Umumnya perusahaan manajer investasi dalam penamaan perusahaannya menggunakan kata seperti Asset Management, Investment Management dan Capital.

Contohnya: Panin Asset Management, Danareksa Investment Management, Corina Capital dan lain sebagainya.

 

Disclaimer: Penyebutan merek hanya bertujuan untuk memberikan edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Meski demikian, tidak semua perusahaan yang menggunakan kata aset manajemen merupakan perusahaan manajer investasi. Ada juga perusahaan dengan nama aset manajemen merupakan perusahaan pengelola aset seperti manajemen properti.

Tidak tertutup pula ada perusahaan investasi bodong yang menggunakan kata tersebut untuk mengecoh masyarakat. Untuk itu, sebelum berinvestasi, investor bisa mengecek legalitas investor ke Otoritas Jasa Keuangan.

Kiat Memilih Reksa Dana Terbaik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Memilih Reksa Dana Terbaik]

 

Definisi legal adalah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semua kegiatan yang berkaitan dengan penghimpunan dana masyarakat untuk dikelola di pasar modal harus mendapat persetujuan dari OJK. OJK sebagai lembaga independen memiliki informasi yang cukup lengkap mengenai Manajer Investasi.

Website OJK juga menyajikan data Manajer Investasi yang pernah mendapat peringatan atau sanksi karena melakukan pelanggaran terhadap aturan pasar modal. Ini juga dapat menjadi catatan penting bahwa Manajer Investasi yang dipilih bersih dari pelanggaran.

 

#2 Pastikan Kompetensi dan Konsistensi Kinerja Manajer Investasi

Kompetensi atau kemampuan bersifat subjektif sehingga cukup sulit untuk diukur. Salah satu indikator yang sering digunakan adalah berapa lama perusahaan manajer investasi sudah beroperasi atau berapa lama pengalaman kerja personel manajer investasi sudah berkarier di pasar modal.

Tetapi lamanya “usia” perusahaan dan karier personel pengelola investasi tidak menjamin bahwa perusahaan manajer investasi tersebut pasti memberikan kinerja yang lebih baik. Namun, paling tidak lamanya usia tersebut menunjukkan bahwa perusahaan dan personelnya telah melewati beberapa siklus kenaikan dan penurunan di pasar modal sehingga dapat lebih siap dan rasional dalam pengambilan keputusan.

Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Usia juga tidak menjadikan perusahaan manajer investasi yang baru tidak menjadi pilihan. Ibarat “old wine in new bottle”, tidak sedikit juga personel manajer investasi yang sudah berpengalaman, keluar dari perusahaan lama dan membentuk perusahaan sendiri.

Hal yang sama juga berlaku untuk personel pengelola investasi yang baru berkarier. Yang berpengalaman tidak selalu lebih baik dibandingkan personel baru. Karena di dalam pasar modal yang sangat dinamis, pemikiran yang baru selalu dibutuhkan untuk menyesuaikan perkembangan.

Idealnya, memang ada perpaduan antara pengalaman lama dengan pemikiran baru untuk menghasilkan kinerja yang ada diatas rata-rata.

Untuk mengetahui pengalaman perusahaan manajer investasi maupun personel pengelolanya, investor bisa membacanya melalui prospektus reksa dana. Di dalam prospektus, biasanya terdapat resume singkat dari perusahaan dan personel pengelolanya mulai dari pengalaman kerja hingga penghargaan yang pernah diterimanya.

 

#3 Pastikan Kualitas Pelayanan Manajer Investasi

Bisnis pengelolaan dana adalah bisnis kepercayaan. Kepercayaan umumnya baru bisa terbangun dari interaksi antara investor sebagai konsumen dan manajer investasi/agen penjual sebagai produsen penyedia jasa. Cara untuk memastikan kualitas pelayanan adalah dengan bereksperimen menjadi nasabah.

Investasi Reksadana Memahami Bagaimana Reksadana Terbentuk 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Reksa Dana: Memahami Bagaimana Reksa Dana Terbentuk]

 

Dengan minimum ketentuan dana investasi yang relatif kecil, hanya dengan Rp100.000, para investor sudah bisa menjadi nasabah reksa dana. Pengalaman selama berinteraksi dengan tenaga pemasaran itulah yang selanjutnya bisa dijadikan sebagai dasar untuk menentukan apakah kualitas pelayanannya sudah sesuai dengan ekspektasi atau tidak.

 

Kenali Manajer Investasi Sebelum Berinvestasi Reksa Dana

Investasi di reksa dana dapat dikatakan termasuk investasi jangka menengah dan panjang. Jika Anda ingin menjadi investor reksa dana, Anda perlu untuk mengenali manajer investasinya terlebih dahulu sebelum berinvestasi, agar Anda lebih yakin ketika Anda berinvestasi dalam jangka panjang di dalam reksa dana.

 

Apakah artikel ini membantu Anda untuk lebih baik dalam mengenal manajer investasi? Apakah ada teman-teman atau rekan Anda yang perlu mengetahui tentang informasi ini sebelum berinvestasi reksa dana? Bagikan artikel ini dengan teman-teman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 September 2016. Manajer Investasi Reksa Dana: Tugas, Kewajiban, dan Cara Memilihnya. Cermati.com – https://goo.gl/GSG1Ed
  • Boby Chandro Oktavianus. Seperti Apa Peran Manajer Investasi Dalam Mengelola Reksa Dana? Cek di Sini. Cermati.com – https://goo.gl/yV3BhY
  • Admin. 8 Juni 2015. 6 Cara Memilih Manajer Investasi Buat Yang Mau Terjun Ke Reksa Dana. Duitpintar.com – https://goo.gl/SRsBpv
  • Rudiyanto. 24 November 2015. Kiat Memilih Manajer Investasi yang Tepat. Ekonomi.kompas.com – https://goo.gl/9nXzMM

 

Sumber Gambar:

  • Shaking Hands – https://goo.gl/xA7TFp
  • Asian Woman using Laptop – https://goo.gl/hQYaxN

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang