Mungkin Anda selama ini tertarik, namun tidak tahu bagaimana cara investasi reksadana. Artikel ini bisa menjadi jawabannya untuk Anda!

Ternyata, langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan investasi ini harus tepat.

Agar tidak salah langkah, yuk simak 6 tahap cara investasi reksa dana bagi pemula berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Reksadana, Investasi Menguntungkan yang Butuh Ilmu Pasti

Reksadana merupakan salah satu investasi yang bisa Anda pilih untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Jenis investasi ini juga memiliki banyak pilihan, mulai dari reksadana pasar uang hingga saham.

 

6 Tahap Cara Investasi Reksa Dana

Sebelum Anda melakukan investasi, Anda wajib mengetahui 6 tahap cara investasi reksadana. Tujuannya supaya Anda terhindar dari penipuan dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Jadi, berikut adalah 6 tahap berinvestasi reksa dana:

 

#1 Menentukan Tujuan Keuntungan

Sebelum memilih reksadana mana yang Anda inginkan, Anda harus tentukan tujuan keuangannya terlebih dulu, apakah untuk dana pendidikan, dana pensiun, dana beli rumah atau tujuan keuangan lainnya.

Dengan mengetahui tujuan keuangan, Anda bisa lebih mudah memilih jenis reksadana yang akan dipilih.

Cara Investasi Reksadana Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pahami 20 Pertanyaan Seputar Investasi Reksa Dana agar Anda Tidak Salah Berinvestasi]

 

Jika untuk jangka panjang, seperti untuk sekolah anak saat SMA, padahal saat ini masih SD, Anda bisa memilih reksadana jangka panjang, seperti reksadana saham.

Namun, jika hanya untuk mencoba, gunakan reksadana yang kurang dari satu tahun, seperti pasar uang.

 

#2 Mengetahui Apa itu Reksa dana

Banyak orang melakukan investasi tanpa tahu investasi apa yang digunakan, misalnya sistemnya, sehingga jika ada masalah, Anda akan mengalami kerugian.

Untuk reksadana sendiri, Anda akan menggunakan pihak ketiga yang disebut dengan Manajer Investasi (MI).

MI inilah yang nantinya akan mengelola uang Anda, apakah uang Anda akan digunakan untuk membeli saham, obligasi atau pun yang lainnya.

 

#3 Mengetahui Jenis Reksa dana dan Risikonya

Ada beberapa jenis reksadana. Umumnya terdapat empat jenis reksa dana yang dapat Anda pilih, yaitu:

Jenis investasi ini memiliki jangka waktu kurang dari satu tahun dan instrumen yang digunakan adalah deposito perbankan dan obligasi.

Investasi ini memiliki risiko yang rendah sehingga jangan kaget kala hasil yang diperoleh pun sedikit.

Investasi ini untuk jangka waktu menengah, yaitu sekitar 1-3 tahun.

Investasi ini menempatkan sekitar 79% dana pada saham, deposito dan obligasi. Cocok untuk jangka waktu menengah sekitar 3-5 tahun.

Investasi ini cocok untuk jangka panjang lebih dari 5 tahun.

Setidaknya 80% dana investasi akan ditempatkan ke saham. Karena risikonya tinggi, maka Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan besar, namun potensi kerugian yang besar juga.

 

#4 Memilih Reksadana yang Akan Dibeli

Anda harus memilih jenis reksadana yang akan dibeli. Pertimbangkan mengenai jangka waktunya, kepentingan dan risiko yang akan Anda hadapi.

Untuk mengetahui fakta atau informasi material mengenai suatu produk reksa dana secara lengkap dan rinci, Anda dapat membaca prospektus reksa dana (informasi lengkap tentang suatu reksa dana).

Alternatif lain untuk mendapatkan informasi suatu produk reksa dana adalah melalui dokumen Fund Factsheet. Dokumen ini umumnya diterbitkan setiap bulan sekali oleh Manajer Investasi (MI).

Pelajari tata cara investasi pada reksa dana tersebut, termasuk biaya-biaya transaksinya bila ada. Kemudian, pilih produk reksa dana yang sesuai dengan tujuan investasi dan kemampuan finansial Anda.

Jangan lupa untuk memilih MI yang berkompeten agar keuntungan Anda bisa lebih maksimal.

 

Ingin mengerti lebih lengkap mengenai reksa dana? Finansialku punya video menarik yang bisa Anda tonton di bawah ini:

 

Atau, Anda bisa membaca informasi lainnya dalam sebuah ebook GRATIS, spesial untuk Anda.

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

 

Download Sekarang

 

#5 Mendatangi Tempat Penjualan Reksadana

Setelah memilih investasi reksadana yang akan dibeli, Anda dapat mencari tahu di situs website Manajer Investasi reksadana, apakah kita bisa membeli langsung reksadana tersebut dari MI atau harus ke agen penjual.

Jika Anda pengguna Aplikasi Finansialku, Anda bisa mencari dan membeli reksadana melalui Aplikasi Finansialku, cek Bareksa atau Tanamduit.

Produk Keuangan Aplikasi Finansialku

Produk Keuangan Aplikasi Finansialku

 

Jika Anda sudah tahu tempat untuk membeli reksadana tersebut, Anda tinggal datang dan membuka rekening investasi reksadana.

Jika di bank, usahakan Anda datang ke kantor cabang utama, karena tidak semua kantor cabang dapat melayani pembukaan rekening investasi reksadana.

 

#6 Membeli Reksa Dana

Jika Anda membeli reksadana langsung dari MI, biasanya Anda akan diminta untuk mentransfer uang sesuai dengan yang Anda inginkan ke rekening reksadana tersebut.

Lalu Anda kirimkan/berikan copy bukti transfer tersebut ke Customer Service dari MI untuk diproses sebagai pembelian awal.

Wajib diingat, rekening untuk penyetoran haruslah nama reksadana tersebut, bukan merupakan rekening pribadi atau pun rekening perusahaan.

Seperti Apa Kinerja Reksa Dana Di Tahun 2019 04 Reksa Dana Pasar Uang - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Menghitung Keuntungan Reksa Dana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Jika Anda membeli dari agen penjual bank, biasanya Anda akan diberikan formulir untuk diisi dengan nominal yang nantinya akan dipotong dari rekening tabungan Anda.

Jika sudah yakin hendak membelinya, cara investasi reksa dana selanjutnya adalah Anda harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, misalnya identitas diri.

Setelah itu, Anda bisa bayarkan sesuai dengan ketentuan dari MI yang sebelumnya sudah Anda pilih.

 

Lakukan 6 Tahap Cara Investasi Reksadana Ini Supaya Sukses!

6 tahap cara investasi reksadana yang tepat di atas, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu secara mendetail. Hal yang harus diketahui adalah tidak semua investasi itu menguntungkan.

Dengan demikian, perlu cara investasi reksadana yang tepat, agar nantinya Anda memperoleh keuntungan yang besar. Dengan memilih pilihan reksadana yang tepat, maka Anda akan dapat memperoleh keuntungan.

Jika Anda ingin lebih mengerti lagi mengenai reksadana, Anda bisa bergabung dengan komunitas reksa dana Finansialku yang bisa memberikan pengetahuan lebih mengenai reksadana.

Dalam komunitas tersebut, Anda akan dibimbing oleh perencana keuangan profesional Finansialku, yaitu Melvin Mumpuni, CFP, founder dan CEO Finansialku.com. Tidak perlu takut akan kekhawatiran Anda dalam berinvestasi.

 

Bergabung Dengan Komunitas Belajar Reksa Dana Finansialku Sekarang!

komunitas reksa dana

SAYA MAU JOIN

 

Tentunya, setelah membaca informasi tersebut, maka semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh bukan?

Agar rekan Anda juga bisa mendapatkan informasi yang sama, maka jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada mereka, terima kasih.

 

Sobat Finansialku, tahukah Anda bahwa ada begitu banyak masyarakat yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup selama pandemi ini? Benar! Mereka membutuhkan uluran tangan Anda…

Anda bisa memberikan sedikit harta Anda kepada mereka dengan menekan tombol di bawah ini. Donasi bersama Finansialku!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Percayalah, donasi yang Anda berikan bisa menyelamatkan hidup masyarakat yang terkena dampak COVID-19. Terima kasih untuk Sobat Finansialku!

 

Sumber Referensi:

  • Susan Grevina. 2013. Cara Berinvestasi Reksa Dana. Sam.co.id – https://goo.gl/676Asx
  • Febriadi. 13 Desember 2014. Cara Investasi Reksa Dana Untuk Pemula. Adi.pramono.info – https://goo.gl/Bz9m0z

 

Sumber Gambar:

  • Happy Asian Family – https://goo.gl/8T57HE
  • Happy Life – https://goo.gl/M1ZC7X