Ingin investasi rumah tapi have no idea harus melakukan apa terlebih dulu? Ingin tahu tips-tips berinvestasi rumah bagi pemula? Cek di sini!

Jadikan tips yang kami berikan sebagai pedoman bagi Anda agar nantinya tidak mengalami kerugian. Jadi, simak terus artikel ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Rumah, Salah Satu Media Investasi yang Menguntungkan

Kegiatan berinvestasi kini merupakan salah satu upaya yang tepat dalam menyelamatkan finansial serta perencanaan keuangan di masa depan.

Hal ini dikarenakan dengan melakukan investasi, uang yang kita miliki akan senantiasa hidup dan tetap memberikan keuntungan bagi kita.

Banyak sekali orang yang kini mulai memikirkan, apa saja media investasi yang tepat terhadap uang yang dimiliki.

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang mulai memikirkan untuk berinvestasi.

Namun, tentu saja di awal-awal menjalankan kegiatan yang baru ini, terkadang Anda merasa bingung dan takut untuk menginvestasikan uang yang dimiliki, dan tentunya akan mencari media yang tepat untuk melakukan kegiatan investasi tersebut.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

Nah sebagai rekomendasi media investasi yang tepat, kami akan membahas salah satunya yakni hunian atau rumah. Properti atau hunian/rumah merupakan salah satu media investasi yang tepat serta menjanjikan.

Degan berinvestasi hunian/rumah, Anda bisa memiliki banyak sekali opsi, seperti menjualnya kembali atau menyewakannya.

Biar Tetap Untung, Lakukan Tips Investasi Rumah Untuk Pemula Ini! 02a

[Baca Juga: Apa Sih Bedanya Investasi Saham dan Trading Saham?]

 

Tentu dengan langkah serta pertimbangan yang tepat, kegiatan investasi ini akan sangat menguntungkan.

Bahkan digadang-gadang berinvestasi rumah adalah yang paling menguntungkan dibandingkan investasi emas, obligasi, hingga saham sekalipun.

Tentunya investasi rumah bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang merupakan investor baru.

 

Tips-tips dalam Investasi Rumah

Namun dalam memulai hal tersebut ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar kegiatan investasi tetap untung, bukannya buntung. Lalu apa sajakah tips-tips tersebut?

 

#1 Cek Lokasi Rumah

Lokasi yang strategis adalah salah satu faktor yang harus terpenuhi dalam memilih sebuah rumah untuk diinvestasikan. Hal ini dikarenakan lokasi faktor pertama yang dipertimbangkan oleh banyak orang dalam memilih sebuah hunian. Baik untuk membeli dan juga untuk menyewa sebuah rumah.

Usahakan Anda memiliki target pembeli/penyewa terlebih dahulu sebelum membeli rumah untuk investasi. Seperti kalangan mahasiswa, karyawan, atau target-target lainnya.

 

#2 Senantiasa Memeriksa Kondisi Rumah

Selain lokasi yang sudah strategis, Anda juga harus memerhatikan kondisi rumah tersebut. Seperti kondisi bangunan, lingkungan, sarana air, serta fasilitas pendukung lainnya.

 

#3 Pertimbangkan Faktor Keamanannya

Lokasi strategis, sudah, kondisi rumah, sangat baik, tetapi rumah Anda berada pada wilayah yang rawan akan kejahatan. Sepertinya dua faktor diatas sama sekali tidak ada artinya.

Biar Tetap Untung, Lakukan Tips Investasi Rumah Untuk Pemula Ini! 03

[Baca Juga: Tips Tetap Jadi Investor Produktif di Waktu Liburan]

 

Anda harus sangat mempertimbangkan faktor keamanan dari wilayah rumah Anda.

Karena tentunya konsumen tidak akan mengambil risiko untuk kemudian menjadi korban dari tindak kejahatan.

 

#4 Periksa Legalitas Rumah

Nah ini yang tak kalah penting, pastikan rumah yang Anda investasikan memiliki kelegalitasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Baik rumah itu berada di cluster, komplek perumahan, maupun perumahan biasa.

Biar Tetap Untung, Lakukan Tips Investasi Rumah Untuk Pemula Ini! 04

[Baca Juga: Investasi Saham: Cara Membuka Rekening Hingga Membeli Saham]

 

Karena kadang para pembeli rumah terjebak dalam sebuah masalah yang berkaitan dengan legalitas rumah yang mereka miliki seperti sengketa dan sertifikat rumah yang tidak jelas.

Bahkan tak jarang pula masalah tersebut mereka dapatkan meski mereka membeli hunian dari para pengembang (developer).

 

#5 Cari Informasi Pendukung

Selain faktor-faktor di atas, masih banyak faktor lainnya yang perlu Anda pertimbangkan dalam membeli sebuah hunian, termasuk faktor yang berasal dari luar.

Misalnya perubahan regulasi pemerintah setempat, pembangunan infrastruktur, hingga pembangunan lainnya.

Biar Tetap Untung, Lakukan Tips Investasi Rumah Untuk Pemula Ini! 05

[Baca Juga: Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial]

 

Karena faktor-faktor tersebut cukup menjadi alasan bagi orang lain untuk enggan membeli hunian di lokasi tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi-informasi pendukung ini dengan banyak sekali cara, maupun perantara.

Di mulai dari pertanyaan kepada pengembang, berbincang dengan warga atau aparat setempat, mengunjungi aparatur daerah setempat, menggali informasi, dan sebagainya.

 

Ayo Mulai Investasi Rumah

Jadi apakah Anda sudah memikirkan untuk mulai berinvestasi dalam bidang hunian/rumah? Kenapa tidak untuk segera memulainya dari sekarang, karena berinvestasi rumah memiliki prospek keuntungan yang sangat menjanjikan.

Berbagai tips yang sudah kami share dalam artikel ini, tentunya bisa dijadikan ladang referensi bagi Anda para investor baru untuk memulainya. Jadi rencanakan keuangan Anda demi merealisasikan keinginan investasi ini.

Caranya mudah, yakni lebih bertanggung jawab akan uang yang dimiliki, tumbuhkan komitmen dalam diri dan juga Anda bisa menggunakan salah satu fasilitas perencanaan keuangan terbaik dari Finansialku.com.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang memudahkan kegiatan Anda dalam merencanakan keuangan dan berinvestasi. Unduh aplikasinya sekarang di Google Play Store dan Apple Apps Store secara gratis!

 

Nah itulah beberapa tips berinvestasi rumah bagi Anda para investor baru. Jadi apakah Anda sudah memiliki rencana untuk mulai berinvestasi hunian/rumah?

 

Sumber Referensi:

  • Arthur Gideon. 13 Oktober 2019. Tips Investasi Rumah Buat Pemula. Liputan6.com-https://tinyurl.com/tk4v6qq

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Rumah 01 – https://bit.ly/2UFIo0t
  • Investasi Rumah 02 – https://bit.ly/38m6CAJ
  • Investasi Rumah 03 – https://bit.ly/38lL7Ab
  • Investasi Rumah 04 – https://bit.ly/37icfyz
  • Investasi Rumah 05 – https://bit.ly/39vIdZR