Beberapa aplikasi reksadana terbaik memungkinkan kamu mendapat keuntungan melalui skema investasi digital. Mana platform yang paling menguntungkan investor?

Simak pembahasan mengenai aplikasi reksa dana terbaik dalam pembahasan Finansialku berikut ini!

 

Summary:

  • Reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang aman karena telah diatur Undang-Undang dan adanya manajer investasi yang bantu  mengelola uang investasi sehingga aman bagi pemula.
  • Terdapat beberapa aplikasi reksadana yang bisa investor pilih dan bisa memulainya dengan jumlah yang kecil, mulai dari Rp10 ribu.

 

Apa Itu Investasi Reksadana?

Banyak orang berinvestasi reksadana sebagai langkah awal sebagai investor.

Reksadana merupakan investasi dalam bentuk uang yang dihimpun manajer investasi untuk disalurkan ke produk yang memberikan keuntungan, seperti obligasi, saham, atau produk lain.

Investasi ini dianggap mudah dan ramah pemula. Kamu dapat menggunakan produk ini sebagai batu loncatan ke produk investasi yang punya risiko tinggi.

Dari sini, kehadiran aplikasi reksadana terbaik sangat membantu memulai investasi. 

[Baca Juga: KPD vs Reksa Dana, Pahami Dulu Perbedaannya!]

 

Apakah Reksadana Aman untuk Pemula?

Setiap produk investasi memiliki risiko, termasuk reksadana. Kabar baiknya, reksadana adalah satu produk berisiko rendah. Hal ini lantaran dana yang disetorkan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa reksadana aman untuk pemula:

 

#1 Diatur Undang-undang

Reksadana adalah bentuk investasi yang sah dan diatur oleh Undang-undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 Pasal 1 Ayat 27. UU ini mengatakan bahwa, reksadana merupakan alat penghimpunan dana dari masyarakat.

Selanjutnya, dana dikelola Manajer Investasi dan disalurkan ke sejumlah portofolio efek sesuai dengan profil risiko investor.

Setiap pihak yang terlibat dalam investasi, termasuk Manajer Investasi, Agen Penjual Reksadana, dan bank kustodian, harus mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan begitu, reksadana adalah produk yang aman.

 

#2 Dikelola oleh Manajer Investasi Berpengalaman

Manajer Investasi adalah ahli di bidang keuangan dan investasi. Mereka akan membantu kamu mengelola portofolio investasi, termasuk alokasi deposito, saham, obligasi, dan surat berharga.

Mereka juga akan memutuskan jual beli saham secara profesional atas nama kamu. Jadi, kamu bisa mempercayakan mereka mengelola investasi tanpa repot.

[Baca Juga: Melahirkan Aman dengan Reksa Dana Syariah, Caranya?]

 

#3 Memungkinkan Penyesuaian Risiko Investasi dengan Profil Investor

Silakan nilai profil risikomu sebelum berinvestasi. Selanjutnya, manajer investasi akan memilih produk yang dianggap cocok.

Kamu mungkin akan diminta menyampaikan tujuan investasi, tenor, dan keuntungan yang diharapkan.

Jika sudah berpengalaman, kamu bisa memilih reksadana saham. Untuk risiko yang moderat, silakan pilih reksadana campuran.

Kabar baiknya, kamu bisa menemukan plus minus tiap produk dalam aplikasi reksadana terbaik.

 

#4 Transparan

Semua produk reksadana memiliki prospektus. Dengan begitu, kamu bisa melihat informasi lengkap untuk memastikan potensi keuntungan.

Berikut adalah beberapa hal di dalam prospektus yang bisa kamu cermati:

  1. Biaya tambahan
  1. Histori bank kustodian
  1. Histori manajer investasi
  1. Izin OJK
  1. Kas
  1. Kebijakan dan jenis investasi
  1. Kinerja dan risiko
  1. Laporan keuangan
  1. Nama pengelola reksadana
  1. Perhitungan investasi

 

#5 Bisa Dimulai dari Jumlah Kecil

Kini kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10 ribu di aplikasi reksadana terbaik. Kamu bisa menggunakan kelebihan ini untuk cek ombak di produk yang dipilih.

Ketika kamu sudah mantap akan berinvestasi reksadana, perlu kamu ketahui juga kalau investasi ini ada dua jenis yaitu, syariah dan konvensional.

Nah, biar kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan, yuk pahami dulu jenis keduanya lewat video ini. Jangan lupa subscribe dan nyalakan loncengnya untuk dapat update video seputar keuangan!

 

 

 

10+ Rekomendasi Aplikasi Reksadana Terbaik

Berikut adalah rekomendasi aplikasi reksadana terbaik yang bisa kamu pilih:

 

#1 Ajaib

Aplikasi Ajaib unggul dari platform sejenis berkat fitur auto buy-nya. Fitur ini memungkinkan kamu membeli produk reksadana dengan jumlah tertentu tiap bulan. Prinsip ini mirip dengan layanan auto-debet di bank.

 

#2 Tanamduit

Aplikasi ini telah beroperasi sejak 2017 dan mengantongi izin OJK. Selain beli reksadana, aplikasi ini memungkinkan investor membuat tujuan keuangan melalui fitur Tanam Mimpi.

Tanamduit menyediakan lebih dari 100 produk reksadana. Tak hanya itu, kamu juga berinvestasi di Surat Berharga Negara, asuransi, dan emas.

 

#3 MyHero

MyHero telah tersedia di Appstore dan Playstore. Aplikasi reksadana ini dikelola oleh PT Henan Putihrai Asset Management (HPAM).

MyHero telah mendapatkan izin usaha Manajer Investasi dengan Nomor KEP-044/BL/MI/2006 yang diberikan pada tanggal 14 Desember 2006 dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. 

 

#4 Bareksa

Dengan lebih dari  2 juta unduhan, Bareksa adalah platform yang dapat diandalkan untuk investasi reksadana. Di sini, kamu bisa jual beli reksadana, mengelola portofolio, dan menganalisis pergerakan investasi.

 

#5 Bibit

PT Bibit Tumbuh Bersama merilis aplikasi Bibit yang fokus pada produk reksadana.

Salah satu fitur unggulan Bibit adalah Robo Advisor yang memungkinkan investor pemula mendapat produk yang tepat sesuai profil risikonya.

[Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Investasi Emas dan Reksa Dana]

 

#6 IPOT

IPOT adalah aplikasi investasi reksadana dari Indo Premier Securities. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis reksadana dari manajer investasi terbaik dan informasi yang konkret.

Beberapa informasi penting yang tersedia di IPOT antara lain histori transaksi, portofolio, dan status pesanan.

 

#7 Pluang

Pluang adalah salah satu aplikasi reksadana terbaik yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun.

Tak hanya reksadana, kamu juga bisa membeli saham USA dan produk kripto. Pluang telah diawasi OJK dan Bappebti.

 

#8 Bukareksa

Bukareksa memiliki jajaran manajer investasi terbaik dalam negeri. Di sini, kamu bisa melakukan transaksi jual beli, mengelola portofolio, dan menganalisis kinerja investasi.

 

#9 Navi

Navi memiliki fitur yang mirip dengan aplikasi investasi lain. kelebihannya, investor bisa menggunakan fitur auto invest seperti milik Ajaib.

 

#10 Tokopedia

Tokopedia memperluas bisnis dengan membuka layanan investasi reksadana. Di sini, kamu bisa membeli produk reksadana pasar uang, pendapatan tetap, dan syariah.

Tokopedia memungkinkan kamu berinvestasi mulai dari Rp10 ribu.

 

#11 SPOT

SPOT menyediakan beberapa jenis reksadana, termasuk reksadana pasar uang syariah, pendapatan tetap, saham syariah.

Sembari mendapat passive income, kamu bisa merencanakan keuangan, menganalisis kinerja investasi, hingga mengelola portofolio.

 

#12 Danareksa

Danareksa memungkinkan kamu membeli beberapa produk reksadana. Tak hanya itu, investor juga bisa memantau pergerakan investasi, merencanakan keuangan, hingga menganalisis tiap produk.

[Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Investasi Reksa Dana dan Keuntungannya]

 

#13 MotionTrade

MNC Sekuritas merilis aplikasi reksadana terbaik bertajuk MotionTrade Di sini, kamu bisa membeli produk reksadana pasar uang, pendapatan tetap, dan saham.

Sementara manajer investasi bekerja, kamu bisa melihat perkembangan modal dan mengelola portofolio.

 

#14 Makmur

Makmur adalah platform baru. Meski begitu, fiturnya setara dengan layanan lain yang sudah lebih dulu beroperasi. Di sini, investor bisa melakukan investasi manual atau dengan mode Robo.

 

#15 Pina

Sama seperti Makmur, Pina adalah pemain baru di lingkup investasi reksadana. Semua dana yang kamu setorkan melalui aplikasi ini akan dikelola oleh manajer investasi sehingga kinerjanya cenderung baik.

 

Mulai Investasi Secepatnya!

Aplikasi reksadana terbaik makin memperluas akses masyarakat untuk memperoleh passive income. Semua proses dilakukan dalam jaringan sehingga memudahkan pekerjaan.

Kamu bisa membaca Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana untuk memperdalam literasi. Setelah membaca, kamu akan paham teknis analisis reksadana dan memilih produk yang tepat.

Untuk saran yang lebih komprehensif, kamu bisa melakukan konsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Mereka akan membantu mengidentifikasi profil risikomu dan merekomendasikan produk reksadana yang paling cocok. Booking jadwal konsultasi Anda sekarang di 0851 5866 2940.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer:  Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.  

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. 

Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Untuk pertanyaan lain yang berkaitan dengan aplikasi reksadana terbaik, kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar di bawah.

Yuk, bagikan informasi ini ke media sosial agar teman kamu menemukan aplikasi reksadana yang paling cocok untuk mereka. Terima kasih!

 

Editor: Ratna Sri Haryati

Sumber Referensi: 

  • Admin. 16 Mei 2023. 12 Aplikasi Reksadana Terbaik untuk Investasi Online. Myhero.id – https://bit.ly/3LuZBDw
  • Admin. 5 Alasan Investasi Reksadana Aman untuk Investor Pemula. Banksinarmas.com – https://bit.ly/3PMvqdw
  • Admin. Pengertian Reksadana, Investasi Untuk Pemula. Cimbniaga.com – https://bit.ly/45PzdMB
  • Syafira Maulida. 20 Juli 2023. Top 10 Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik dan Terpercaya. Tanamduit.com – https://bit.ly/3t2hjI0

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://shorturl.at/fnx89