Apa saja yang harus diperhatikan saat memilih asuransi kesehatan untuk lansia? Apakah ada produk asuransi kesehatan yang menerima klien berusia lanjut?

Cari tahu jawabannya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengapa Asuransi Kesehatan Lansia itu Penting?

Sudah menjadi hukum alam jika setiap orang pasti menua dan setiap yang sehat pasti sakit. Kita tidak dapat mengelak atau menghindar dari ketentuan tersebut sehingga mau tidak mau kita harus menerima keadaan hidup dalam kondisi tua, sakit-sakitan dan sebagainya.

Bukannya menakut-nakuti, tengok saja tetangga atau kakek dan nenek anda yang sudah mencicipi rasanya tua dan bagaimana mereka hidup dalam kondisi serenta itu dan lain sebagainya.

Banyak orang bilang masa tua itu tidak menyenangkan, karena tidak bisa mandiri, sakit-sakitan dan lain sebagainya.

Sebenarnya masa tua dan ketidaknyamanannya bukanlah hal yang perlu ditakutkan, tetapi masa tua itu perlu disiapkan.

Mereka yang telah paham asuransi tentu akan mengiyakan jika asuransi kesehatan lansia adalah penolong jiwa mereka di kala tua nantinya, khususnya untuk masalah kesehatan.

 perhatikan-hal-ini-saat-memilih-asuransi-kesehatan-untuk-lansia-finansialku

[Baca Juga: Membeli Asuransi adalah Membeli Proteksi dan Keamanan]

 

Ngomong-ngomong soal asuransi kesehatan lansia, rupanya tak sedikit yang memuji-muji keuntungan yang ditawarkannya.

Memang benar seperti itu karena kalau ada sesuatu dengan kesehatan, perusahaan asuransi lah yang menjadi tameng dari biaya-biaya pengobatan.

Hanya dengan menemui pak dokter atau bu dokter, lalu menyampaikan apa saja keluhan yang diderita selanjutnya dokter akan segera memeriksa.

Tak cukup sampai disitu, Anda pun langsung diberi secarik kertas berisi resep obat-obatan. Lalu siapa yang menanggung biaya itu semua? Siapa lagi kalau bukan asuransi.

Memang, asuransi kesehatan kesehatan lansia itu menjanjikan keenakan bagi nasabahnya.

Namun demikian, perlu diluruskankalau asuransi kesehatan itu dimaksudkan bukan untuk mencari yang enak-enak tetapi sebagai pemberi perlindungan di kala Anda membutuhkan biaya-biaya untuk menebus kesehatan anda.

tidak-punya-asuransi-terpaksa-jual-asset-untuk-bayar-biaya-kesehatan-finansialku

[Baca Juga: Terpaksa Harus Jual Asset, Untuk Biaya Berobat]

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Sebenarnya, tidak semua produk asuransi kesehatan berlaku untuk lansia atau mereka yang telah menginjak kepala lima.

Pasalnya, kebanyakan asuransi memberikan batas maksimal hanya 50 tahun untuk mendapatkan fasilitas asuransi. Bukan berarti mereka yang usianya lebih dari 50 sudah kehabisan peluang, ya.

Nyatanya sekarang masih ada perusahaan asuransi yang peduli untuk orang lansia. Namun, sebelum menentukan pilihan, sebaiknya pertimbangkan tiga poin di bawah ini agar anda bisa memperoleh asuransi kesehatan lansia yang pas sesuai dengan kebutuhan:

 

#1 Pertimbangkan Kondisi Kesehatan

Asuransi kesehatan lansia memang menawarkan begitu banyak manfaat, tetapi tunggu dulu!

Anda harus memastikan dulu apakah manfaat-manfaat tersebut akan dirasakan semua atau akan mubazir begitu saja.

Tak sedikit orang yang menyesal beli asuransi kesehatan, karena manfaat-manfaat asuransi sering tak terpakai dengan baik.

Maka dari itu Anda perlu lebih bijak lagi dengan mempertimbangkan risiko kesehatan sebelum menentukan pilihan.

 apakah-saya-harus-beli-asuransi-penyakit-kritis-critical-illness-finansialku

[Baca Juga: Apakah Saya Harus Beli Asuransi Penyakit Kritis (Critical Illness)?]

 

#2 Pertimbangkan Peningkatan Biaya Kesehatan dalam Menentukan Uang Pertanggungan

Tidak hanya BBM saja yang dapat naik, biaya kesehatan pun bisa naik. Apalagi faktor inflasi kerap kali menjadi dalang naiknya biaya kesehatan di rumah sakit atau institusi kesehatan lainnya.

Maka dari itu, tentukan produk asuransi bagi kesehatan Anda yang mana asuransi kesehatan lansia tersebut nilai perlindungannya mengikuti kenaikan biaya kesehatan.

Dalam artian, jika biaya naik maka uang pertanggungan dari perusahaan asuransi akan naik pula. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperkirakan seberapa tinggi kenaikan inflasi nantinya agar nilai pertanggunan asuransi masih dapat meng-cover seluruh biaya kesehatan.

 

#3 Pertimbangkan Batas Usia, Pre-Existing Condition dan Juga Periode Eliminasi

Sebelum daftar asuransi kesehatan lansia, kenali terlebih dahulu batas usia masuknya karena tiap-tiap produk asuransi karena tiap-tiap produk memiliki ketentuan yang berbeda.

Ada yang memakai batas usia maksimal 50, 60, hinggat 70 tahun. Tidak hanya itu, baca dengan cermat ketentuan pre-existing condition yang merupakan masa dimana suatu klaim tidak akan dilayani jika polis usianya belum melebihi dua tahun. 

 5-tips-untuk-pemula-agar-anda-tidak-salah-beli-asuransi-jiwa-finansialku

[Baca Juga: Apakah Papa Perlu Beli Asuransi Jiwa dan Kesehatan Lagi?]

 

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan untuk Lansia

Mengurus asuransi kesehatan lansia memang agak ribet karena anda memilih jenis asuransi mana yang aka anda gunakan.

#1 Stand Alone

Jenis yang pertama yaitu asuransi kesehatan stand-alone. Jenis asuransi kesehatan lansia yang satu ini bukanlah bagian dari asuransi jiwa unit-link.

Bisa dikatakan asuransi kesehatan jenis ini adalah asuransi kesehatan murni di mana anda dapat langsung membelinya tanpa perlu mempunyai asuransi jiwa unit–link sebelumnya.

Asuransi kesehatan unit-link, memiliki perbedaan dengan produk asuransi kesehatan lainnya. Dibutuhkan penjelasan mendalam soal ini.

Tapi jangan khawatir, semua yang penting mengenai asuransi unit-link, bisa Anda dengarkan dengan mudah langsung dari ahlinya melalui audiobook Finansialku tentang Asuransi Kesehatan.

Audiobook Asuransi Kesehatan - Finansialku

Bukan hanya membahas tentang asuransi kesehatan unit-link, tapi audiobook ini juga akan membantu Anda untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Hal ini penting, karena tentunya Anda bukan hanya menghabiskan seluruh anggaran Anda hanya untuk membayar angsuran asuransi kesehatan, ‘kan?

Klik Disini Untuk Mendengarkan

 

#2 Rawat Inap

Jenis asuransi kesehatan lansia kedua modelnya rawat inap di rumah sakit yang merupakan bagian dari asuransi jiwa unit–link.

Asuransi jenis ini bisa di sebut juga rider yang artinya asuransi tambahan. Ketentuannya, Anda wajib membeli asuransi jenis unit-link sebelumnya, baru dapat mengambil ekstra perlindungan.

 

Masa Tua yang Nyaman: Jaga Kesehatan, Persiapkan Uang dan Proteksinya!

Dari segi perencanaan keuangan, masa tua yang nyaman adalah ketika kita bisa menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat (rajin berolahraga, gizi seimbang, istirahat cukup dan lain sebagainya), memiliki persiapan dari segi keuangan (syukur-syukur sudah bebas keuangan/financial freedom) dan memiliki proteksi atau asuransi kesehatan.

Masa tua yang aman dan nyaman itu bukan barang mahal, juga bukan barang mewah. Anda yang saat ini masih berusia muda masih memiliki kesempatan untuk mempersiapkannya. Apakah Anda siap?

 

Apakah Anda mengalami kesulitan saat memilih asuransi kesehatan untuk lansia? Apa yang menjadi pertimbangan Anda dalam memilih asuransi kesehatan untuk lansia? Silakan tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar, perencana keuangan kami akan membantu Anda.

 

Sumber gambar :

  • Health Care – https://goo.gl/lF7uIr

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang