Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?

Pernahkah Anda sebagai seorang single memikirkan, “Saya kan masih single. kalau saya mau ambil asuransi, lebih baik asuransi jiwa atau asuransi kesehatan?”. Jika Anda pernah berpikir salah satu pertanyaan tersebut, simak jawabannya di rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Yang Mana?

Memang pertanyaan diatas seringkali menjadi bahan diskusi dan perdebatan dari sebagian teman saya yang ingin mengambil asuransi jiwa. Sebagai seorang single, memang cukup membuat bingung, ketika ingin mengambil asuransi jiwa, lebih baik mengambil asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, mana yang lebih penting. Apabila kita memiliki keuangan yang terbatas dan hanya dapat memilih salah satunya.

Apakah Anda seperti demikian?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, ada lebih baik kita membahas sedikit apa itu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Apa perbedaannya dan apa manfaatnya secara umum.

 

Asuransi Jiwa

Sebagaimana Anda pasti sudah mengetahui, asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan perlindungan atas kerugian finansial akibat dari risiko meninggal dunia atau cacat tetap dan total dengan memberikan uang pertanggungan kepada penerima manfaat asuransi tersebut. Kita tidak pernah tahu kapan kita akan meninggal dunia, tetapi semua orang pasti meninggal dunia. Oleh karena itu, asuransi jiwa memiliki banyak sekali manfaat, karena uang pertanggungan yang diberikan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa Apa Manfaatnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Asuransi Jiwa di Sepanjang Usia]

 

Di sebagian besar produk asuransi, asuransi jiwa juga menjadi produk dasar yang paling banyak ditawarkan dan diambil oleh masyarakat. Dan banyak masyarakat yang sudah merasakan bagaimana kehidupannya dibantu oleh uang pertanggungan asuransi jiwa yang ada.

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan atas kerugian finansial akibat dari risiko sakit penyakit yang terjadi kepada tertanggung dengan menggantikan biaya pengobatannya. Asuransi kesehatan juga memberikan perlindungan tentang hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kesehatan seperti rawat gigi, kehamilan dan risiko kesehatan lainnya.

Asuransi kesehatan memang memiliki banyak variasi, mulai dari rawat inap sampai dengan rawat jalan, mulai dari sistem cashless sampai dengan sistem reimbursement.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Banyak masyarakat yang sudah merasakan keuntungan memiliki asuransi kesehatan, apalagi sejak adanya asuransi kesehatan dari pemerintah, BPJS. Salah satu keuntungan BPJS yaitu memiliki sistem cashless sehingga banyak sekali orang yang memiliki BPJS dapat berobat tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Oleh karena itu asuransi kesehatan seringkali dianggap penting oleh sebagian besar masyarakat.

 

Manfaatnya Untuk Anda Yang Single

Nah, sekarang kita ke bagian yang terpenting, jika kita single, mana yang lebih penting untuk kita? Asuransi jiwa atau asuransi kesehatan? Apa manfaatnya buat kita yang single? Seperti yang sudah kita ketahui, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan masing-masing memiliki manfaatnya sendiri. Oleh karena itu, sebenarnya keduanya sama pentingnya.

Asuransi jiwa juga penting dan asuransi kesehatan juga penting.

Asuransi jiwa dapat membantu meringankan beban keluarga akan kerugian finansial yang harus ditanggung, selain beban moral yang pastinya sangat nyata. Ketika risiko meninggal dunia datang, uang pertanggungan asuransi jiwa dapat digunakan untuk biaya akhir, biaya sakit penyakit yang mungkin diderita sebelum meninggal dunia (apalagi jika asuransi jiwa tersebut memiliki asuransi penyakit kritis), dan biaya kebutuhan hidup (apabila orang tua bergantung kepada sang anak).

Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?]

 

Asuransi kesehatan dapat membantu meringankan beban atas biaya pengobatan yang terjadi apabila risiko sakit penyakit datang, apalagi jika biaya pengobatannya cukup mahal. Bedanya dengan asuransi jiwa, asuransi kesehatan tidak memberikan uang pertanggungan yang dapat digunakan untuk hal apapun, tetapi khusus membiayai biaya pengobatan yang terjadi. Asuransi kesehatan dapat dipakai beberapa kali dan sangat berguna untuk orang yang memiliki riwayat di dalam hidupnya sering mengalami sakit penyakit dan dirawat di rumah sakit.

Memang keduanya penting, tetapi ketika kita berbicara tentang mengoptimalkan keuangan yang kita punya dan merencanakan keuangan dengan baik ketika kita single, maka ketika Anda ingin memilih antara asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, sebagai pertimbangan, Anda dapat bertanya beberapa pertanyaan di bawah ini kepada diri Anda:

 

#1 Berapa besar uang yang Anda prioritaskan untuk membeli asuransi?

Pertanyaan ini cukup penting, mengingat bahwa di dalam perencanaan keuangan, Anda memiliki tujuan keuangan, penghasilan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Penghasilan Anda tidak hanya akan Anda prioritaskan untuk asuransi, tetapi Anda akan memprioritaskannya juga untuk menabung dan berinvestasi.

Dan jumlah uang yang Anda prioritaskan untuk asuransi akan menentukan asuransi mana yang lebih penting dan bermanfaat untuk Anda, apakah asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, karena asuransi yang Anda pilih akan menentukan berapa besar biaya premi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Biasanya asuransi kesehatan relatif lebih mahal dibandingkan asuransi jiwa. Oleh karena itu, rencanakan terlebih dahulu, berapa besar uang yang Anda prioritaskan untuk asuransi.

Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi]

 

#2 Apakah Anda memiliki dana darurat? Seberapa besar dana darurat Anda?

Jika Anda belum memiliki dana darurat, maka Anda harus memprioritaskan dana darurat Anda, karena dana darurat sangat penting. Dengan adanya dana darurat, Anda dapat mempertimbangkan apakah Anda masih membutuhkan asuransi kesehatan atau Anda hanya perlu mengambil asuransi jiwa saja? Karena dana darurat pun dapat digunakan untuk membiayai sakit penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memiliki dana darurat dan tahu berapa besar yang Anda butuhkan untuk dana darurat.

 

#3 Apakah Anda memiliki riwayat sakit penyakit atau sering dirawat inap di rumah sakit dalam 5 tahun terakhir?

Ini merupakan pertanyaan yang cukup penting. Karena apabila kita memiliki riwayat sakit selama 5 tahun terakhir, membuat tingkat kebutuhan kita akan asuransi kesehatan menjadi lebih tinggi meskipun kita muda. Karena jika intensitas kita untuk masuk rumah sakit cukup tinggi, maka akan jauh lebih baik jika kita memiliki asuransi kesehatan.

Tetapi jika intensitas kita rendah atau bahkan tidak pernah memiliki riwayat sakit, maka kebutuhan akan sakit penyakit dapat juga diambil dari dana darurat, sehingga Anda dapat memprioritaskan untuk memiliki asuransi jiwa (dimana Anda dapat mengambil asuransi penyakit kritis).

 

#4 Apakah Anda memiliki tanggungan, baik itu adik atau orangtua Anda?

Jika Anda memiliki tanggungan, akan jauh lebih baik jika Anda memiliki asuransi jiwa, karena tanggungan Anda bergantung pada penghasilan Anda. Uang pertanggungan asuransi jiwa dapat digunakan untuk menggantikan penghasilan yang hilang dan membiayai kebutuhan hidup mereka, jika terjadi risiko meninggal dunia atau cacat tetap total sehingga penghasilan menjadi terhenti.

Sedang Mencari Asuransi Terbaik Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sedang Mencari Asuransi Terbaik? Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi]

 

Keempat pertanyaan ini bukanlah sebuah urutan atau langkah-langkah. Anda harus menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini kepada diri Anda untuk membantu Anda mempertimbangkan asuransi mana yang lebih penting untuk Anda.

 

Prioritaskan Keuangan Anda

Asuransi merupakan salah satu bagian yang tidak terlepaskan dari perencanaan keuangan. Ketika Anda merencanakan keuangan Anda, baik untuk tujuan apapun, Anda harus memprioritaskan asuransi dan menabung. Anda akan mempunyai keuangan yang lebih sehat jika Anda memiliki keamanan keuangan terlebih dahulu, sebelum Anda mulai berinvestasi untuk kenyamanan Anda.

 

Bagaimana pengalaman Anda? Mana yang lebih penting bagi Anda, asuransi kesehatan atau asuransi jiwa?

 

Sumber Gambar:

  • Single – https://goo.gl/v4hfjH dan https://goo.gl/F1MqwQ

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download