Asuransi jiwa dibutuhkan oleh semua orang. Namun memilih asuransi untuk orang tua tidak semudah memilih asuransi pada umumnya.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan cara sederhana untuk memilih asuransi jiwa terbaik untuk orang tua. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Cara Memilih Asuransi Jiwa untuk Orang Tua

Salah satu cara untuk mengelola risiko orang tua meninggal atau cacat tetap adalah dengan memberikan asuransi jiwa. Akan tetapi, mencari asuransi jiwa untuk orang cukup sulit.

Hal ini dikarenakan batas usia maksimal untuk setiap produk asuransi berbeda dan jika telah melewati batas usia maksimal, pertanggungan akan ditolak.

Namun tidak ada salahnya untuk tetap mencari. Berikut adalah tips untuk memilih asuransi jiwa terbaik untuk orang tua.

 

#1 Mengetahui Kebutuhan

Hal yang harus menjadi pertimbangan utama ketika memilih asuransi jiwa adalah kebutuhan. Jika orang tua menjadi tulang punggung keluarga, tentu asuransi jiwa sangat dibutuhkan mengingat satu-satunya pemasukan bergantung pada orang tua.

Namun, jika orang tua sudah pensiun dan tidak menanggung kebutuhan anaknya lagi, asuransi jiwa mungkin tidak diperlukan. Jika sudah ada pun, dapat diturunkan uang pertanggungan atau limitnya tidak perlu dinaikkan.

 

#2 Anggaran Untuk Asuransi

Alokasi anggaran untuk asuransi menentukan pilihan asuransi jiwa yang seharusnya Anda beli. Apakah Anda menanggung sendiri biaya asuransi tersebut? Jika ya, berapa jumlah anggaran yang dapat Anda alokasikan untuk biaya asuransi jiwa?

Biasanya seseorang akan menyisihkan 10% pendapatan mereka untuk asuransi jiwa. Jadi, jika pendapatan bulanan Anda Rp 15 juta, maka Rp 1,5 juta dapat disisihkan untuk membayar premi asuransi.

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik Untuk Orang Tua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Buru-buru! Baca Ulasan Asuransi Jiwa Kresna Life Lengkap di Sini!]

 

Namun, salah satu yang perlu diingat adalah premi asuransi untuk orang yang sudah berumur biasanya lebih mahal. Hal ini dikarenakan risiko yang diasuransikan lebih tinggi.

Dengan menentukan anggaran Anda sebelum membeli asuransi, Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik. Selain itu, Anda dapat remi mencari asuransi yang paling sesuai tanpa perlu menganggu pemenuhan kebutuhan lainnya.

 

#3 Kriteria Asuransi

Ada banyak kriteria asuransi yang harus diperhatikan. Kriteria ini biasanya berbeda untuk setiap perusahaan asuransi. Ragam kriteria ini disediakan oleh perusahaan asuransi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Beberapa fitur tersebut misalnya, asuransi pendamping (rider), cara pembayaran, cara klaim uang pertanggungan dan lain sebagainya.

Pertama, karena asuransi jiwa ini diperlukan untuk orang tua, maka Anda harus mencari asuransi yang menerima pertanggungan jiwa untuk orang tua.

Kedua, pilih masa perlindungan yang paling lama. Ada perusahaan yang memberikan perlindungan hingga 100 tahun ada pula yang memberikan pertanggungan hingga 75 tahun saja.

Cara Memilih Asuransi Jiwa Terbaik Untuk Orang Tua 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mudah Banget Klaim Asuransi Jiwa Prudential! Ini Dia Caranya!]

 

Selanjutnya, pilih asuransi dengan periode eliminasi dan pre-existing condition tersingkat. Periode eliminasi adalah jangka waktu perlindungan asuransi mulai berlaku dan bisa diklaim.

Sedangkan pre-existing condition adalah penyakit yang sudah diderita sebelum memiliki asuransi.

Semakin singkat berarti orang tua kamu bisa lebih cepat terlindungi. Ada pula perusahaan asuransi yang turut memberikan perlindungan jiwa walaupun risiko terjadi karena pre-existing condition.

Yang terakhir adalah pilih cara klaim yang mudah dengan proses sederhana. Dengan memperhatikan kriteria asuransi tersebut, Anda akan lebih mudah menentukan asuransi mana yang paling tepat untuk orang tua.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#4 Lakukan Riset dan Perbandingan

Jangan lupa untuk melakukan riset produk yang ada di pasaran. Setiap perusahaan asuransi akan meluncurkan produk asuransi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Anda dapat mencarinya melalui situs resmi secara online dan jangan segan untuk menghubungi agen asuransi untuk dijelaskan lebih lanjut mengenai produk yang menarik.

Setelah melakukan riset, jangan lupa untuk melakukan perbandingan, minimal 3 atau 4 produk sehingga produk yang Anda pilih benar-benar sesuai kriteria dan anggaran Anda.

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Mitos Asuransi Jiwa yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini]

 

Membeli asuransi juga tidak perlu buru-buru. Anda harus menyisihkan waktu untuk mempelajari dummy polis.

Dummy polis adalah pesimen atau contoh polis yang berisi penjelasan dan penawaran produk serta aturan pengecualian polis dan tata cara klaim. 

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan ahli keuangan untuk mendapat rekomendasi tepat sesuai keuangan Anda.

Terhubunglah dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda memilih asuransi yang tepat.

Finansialku adalah aplikasi perencana keaungan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK. Download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Contoh Asuransi Jiwa yang Cocok untuk Orang Tua

Salah satu contoh asuransi jiwa yang cocok untuk orang tua adalah asuransi Jiwa Cigna Second Life. Asuransi ini merupakan produk dari perusahaan asuransi PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia).

Sesuai dengan namanya, asuransi Cigna Second Life adalah asuransi jiwa pertama yang diperuntukkan bagi lansia di Indonesia. Para lansia yang berusia antara 55 – 80 tahun bisa terjamin diterima tanpa pemeriksaan kesehatan.

Asuransi jiwa Cigna Second Life pun menawarkan berbagai manfaat, misalnya perlindungan asuransi hingga usia 100 tahun, santunan kematian, layanan konsultasi telemedikal, serta potongan atau diskon menarik.

Premi untuk asuransi ini dapat dibilang terjangkau yaitu untuk peserta wanita dimulai dari Rp 200-an ribu per bulan, sedangkan premi untuk peserta pria dimulai dari Rp 300-an ribu per bulan dengan pilihan uang pertanggungan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 150 juta.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda lebih tahu cara untuk memilih asuransi jiwa yang tepat untuk orang tua. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Jurus Mudah Mencari Asuransi yang Tepat untuk Orang Tua. Allianz.co.id – https://bit.ly/33R27Nq
  • Raditya Wardana. 4 Juni 2020. 5 Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua Terbaik 2020 [Plus Manfaat]. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3088smL

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/3lgmU42
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/3iwmrsW