Catat! Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Apa saja 10 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia? Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, seiring dengan perkembangan perasuransian di Indonesia, mulai banyak sekali perusahaan asuransi jiwa yang bermunculan di Indonesia.

Seluruh perusahaan asuransi jiwa yang ada berlomba-lomba untuk dapat menjadi yang terbaik. Perusahaan asuransi jiwa mana sajakah yang berhasil menduduki 10 besar peringkat yang terbaik? Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Saat ini di dalam data Otoritas Jasa Keuangan, lembaga yang diberi tanggung jawab mengatur segala hal yang berhubungan dengan keuangan, termasuk di dalamnya perasuransian, sudah terdapat lebih dari 70 perusahaan asuransi yang ada di Indonesia dan masih terus bertumbuh.

Banyaknya perusahaan asuransi yang ada juga membuat masyarakat menjadi bingung, produk dari perusahaan asuransi manakah yang harus mereka beli.

Oleh karena itu, untuk mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat, semua perusahaan asuransi tersebut berlomba untuk mendapatkan peringkat terbaik.

Catat! Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sedang Mencari Asuransi Terbaik? Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi]

 

Ada banyak sekali kriteria yang digunakan untuk melakukan pemeringkatan perusahaan asuransi.

Secara umum, ada 14 kriteria yang digunakan untuk memeringkat asuransi, baik asuransi umum, asuransi jiwa maupun reasuransi, mulai dari pertumbuhan aset rata-rata, pertumbuhan laba bersih, sampai dengan Risk Based Capital (RBC) perusahaan asuransi tersebut.

Selain kriteria diatas, pemeringkatan perusahaan asuransi juga memiliki banyak versi yang digunakan.

Versi yang paling sering digunakan adalah versi majalah investor, yang mengambil beberapa kriteria dari ke 14 kriteria tersebut.

Di bawah ini adalah daftar 10 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

Daftar 10 perusahaan asuransi jiwa terbaik ini saya dapatkan dari perbandingan dengan menggunakan beberapa sumber informasi, website, dan media lainnya.

10 perusahaan asuransi terbaik ini mungkin saja berbeda dengan versi yang lainnya karena merupakan penggabungan dari berbagai media dan informasi.

Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa Apa Manfaatnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?]

 

10 perusahaan asuransi jiwa terbaik ini bukanlah merupakan urutan peringkat 1 sampai dengan 10, tetapi saya susun berdasarkan abjad agar lebih objektif, karena perusahaan asuransi tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

 

#1 AIA Financial

PT AIA Financial (AIA) merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

AIA di Indonesia merupakan anak perusahaan AIA Group. PT AIA Financial dulunya merupakan PT AIG Life yang berubah nama pada tahun 2009.

 

#2 Allianz

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum.

Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan di lebih dari 100 kantor pemasaran di 53 kota.

Kekuatan tersebut ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari Rp7 juta tertanggung di Indonesia.

 

#3 AXA Mandiri

Berawal dari bisnis asuransi jiwa di tahun 2004, kesuksesan AXA Mandiri dilanjutkan dengan dibangunnya bisnis asuransi umum pada tahun 2011.

AXA Mandiri kini semakin lengkap dan kuat dan terus berfokus untuk menyediakan berbagai solusi sesuai kebutuhan nasabah, baik disegi layanan keuangan dan investasi, maupun solusi perlindungan jiwa dan aset.

Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Mengambil Asuransi, Ketahui Dulu Manfaat dan Isi Polis Asuransi]

 

AXA di Indonesia merupakan bagian dari AXA Group, salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia, dengan 166.000 karyawan melayani lebih dari 103 juta nasabah di 64 negara.

AXA telah diakui oleh Interbrand sebagai merek asuransi nomor satu dunia selama delapan tahun berturut-turut (2009-2016).

 

#4 Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41.000 karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung.

Pada akhir tahun 2016, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas, atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637% jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120%.

 

#5 FWD

PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group.

Selain di Indonesia, FWD Group memiliki jaringan usaha di Hong Kong dan Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam serta Jepang menawarkan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi umum dan employee benefits di beberapa Negara.

Berdiri di Asia sejak tahun 2013, FWD merupakan lini bisnis asuransi dari grup investasi, Pacific Century Group.

Apakah Orangtua Harus Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak?

[Baca Juga: Inilah Bedanya Risiko Antara Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan]

 

FWD fokus dalam mengembangkan pengalaman konsumen yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan.

Melalui pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, FWD akan meraih visinya untuk menjadi perusahaan asuransi terkemuka di wilayah Asia Pasifik yang dapat mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

 

#6 Generali

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah bagian dari Generali Group—sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1831, di Trieste, Italia.

Generali Group merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa dan sudah dipercaya sebagai penyedia jasa asuransi yang terkemuka.

Generali berhasil menjadi pemain utama industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara jelas.

Didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen hampir di seluruh penjuru Indonesia, Generali berfokus pada pada langkah-langkah seperti pengelolaan jalur multi distribusi; pembangunan kemitraan seimbang berjangka panjang dengan lembaga keuangan dan distribusi umum; dan penyediaan produk-produk inovatif superior dan layanan bernilai tambah kepada pelanggan.

 

#7 Great Eastern

Didirikan tahun 1908, Great Eastern adalah grup asuransi jiwa tertua dan terbesar di Singapura dan Malaysia.

Dengan aset lebih dari SG$60 miliar dan sekitar Rp4 juta pemegang polis, Great Eastern memiliki tiga saluran distribusi yang sukses: saluran distribusi agency, bancassurance, dan perusahaan jasa penasihat keuangan.

Selama lebih dari 100 tahun, Great Eastern telah menjadi salah satu pemain terdepan industri asuransi di Asia, dengan menyediakan keamanan keuangan dan ketenangan pikiran bagi berjuta nasabah.

Dengan nama yang terpercaya, Great Eastern terus memperkuat posisi di wilayah Asia yang dinamis dan semakin kompetitif.

Selain di Singapura dan Malaysia, Great Eastern juga beroperasi di Indonesia dan Brunei Darussalam serta memiliki kantor perwakilan di Tiongkok dan Myanmar. 

 

#8 Manulife

Didirikan pada tahun 1985, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat.

Manulife Indonesia menawarkan beragam layanan keuangan termasuk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling]

 

Melalui jaringan lebih dari 9.000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 24 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,3 juta nasabah di Indonesia.

 

#9 Panin Dai-ichi

Panin Life adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka yang telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Merupakan bagian dari Panin Group of Companies yang bergerak di industri jasa keuangan.

Didukung jaringan pelayanan dan pemasaran melalui agen, karyawan, serta berbagai mitra bisnis di berbagai kota besar di Indonesia, Panin Life bertumbuh dengan kepercayaan nasabahnya melalui reputasi pelayanan yang sangat baik, terutama dalam pembayaran klaim yang cepat dan terpercaya.

Dai-ichi Life merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang yang mempunyai pengalaman lebih dari 110 tahun dalam industri asuransi jiwa dengan jaringan bisnis internasional di berbagai negara di dunia.

Dai-ichi Life juga terdaftar sebagai perusahaan publik di Jepang dengan peringkat “A” dari Fitch dan peringkat “A+” dari Standard & Poor’s (per Juni 2015).

Pada tahun 2013, Panin Life dan Dai-ichi Life memasuki suatu era baru untuk membentuk kerja sama joint-venture yang kuat dengan nama Panin Dai-ichi Life.

 

#10 Prudential

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris.

Sebagai bagian dari Grup yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi (unitlink) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Indonesia.

Prudential Indonesia menyediakan berbagai produk dan layanan yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan keuangan para nasabahnya di Indonesia.

Prudential Indonesia juga telah mendirikan unit bisnis Syariah sejak tahun 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Sampai dengan 31 Desember 2016, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang.

Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,4 juta nasabah melalui lebih dari 260.000 tenaga pemasar berlisensi di 393 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Nusantara termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali.

 

Pilihlah Yang Terbaik Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Seluruh perusahaan asuransi diatas merupakan perusahaan yang memang sudah cukup lama bergerak di bidang asuransi atau keuangan, sehingga mereka memiliki posisi cukup kuat di industri tersebut.

Akan tetapi ketika Anda ingin membeli asuransi, perusahaan bukanlah hal yang utama yang harus Anda pertimbangkan.

Yang utama yang harus Anda pertimbangkan adalah seberapa besar kebutuhan uang pertanggungan Anda dan apakah asuransi yang Anda beli dapat mencukupi kebutuhan uang pertanggungan Anda.

Setelah Anda mengetahui kebutuhan Anda, Anda dapat memilih salah satu dari perusahaan asuransi yang terbaik yang dapat menjawab kebutuhan Anda.

Yang terpenting adalah Anda harus membaca semua persyaratan yang tertera di dalam polis asuransi tersebut. Pahami asuransi yang Anda beli dan pilihlah asuransi yang dapat menjawab kebutuhan Anda.

 

Perusahaan asuransi manakah yang terbaik untuk Anda? Apakah Anda memiliki teman atau rekan kerja yang membutuhkan informasi tentang perusahaan asuransi terbaik? Bagikan informasi ini kepada teman-teman Anda dengan men-share artikel ini.

 

Sumber Referensi:

  • Pakar Asuransi. 28 Juli 2016. Peringkat Asuransi Terbaik 2016 Versi Majalah Investor. Pakarasuransi.id – https://goo.gl/8cYT6R
  • Admin. 15 Desember 2016. 11 Pilihan Asuransi Terbaik Di Indonesia Tahun 2017. Tribunid.com – https://goo.gl/XuaR1U
  • Admin. 29 September 2016. Inilah Perusahaan Pemenang Indonesian Insurance Consumer Choice Award 2016. Wartaekonomi.co.id – https://goo.gl/PHrou
  • Agus Rachman. 24 Januari 2017. Daftar Asuransi Terbaik Indonesia Terdaftar di OJK 2017 dan Asuransi Terbaik 2016 Versi Majalah Investor. Sapujagat.com – https://goo.gl/cZYjPy

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi – https://goo.gl/S53R1L dan https://goo.gl/cQKzdR

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

2 Comments

  1. Raden 14 April 2018 at 11:21 - Reply

    bukane Prudential yang nomor 1 ya?

    • Finansialku
      Finansialku 14 April 2018 at 11:50 - Reply

      Hi Bu Raden
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Mohon maaf materi tersebut di tahun kemarin versi majalah Investor.
      Jika ada update terbaru lagi, kami akan segera rilis.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment