Zaman telah modern dan banyak orang sudah mengenal pentingnya asuransi, namun tidak sedikit pula yang belum mengetahui mitos di balik asuransi jiwa.

Artikel ini akan membahas mitos-mitos yang masih ada di asuransi jiwa yang hingga saat ini masih dipercaya. Simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mitos Asuransi Jiwa yang Masih Dipercaya

Asuransi jiwa merupakan sebuah bentuk perlindungan atas kelangsungan hidup keluarga atau tanggungan yang ditinggalkan. Risiko kematian pasti ada dan asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk pengamanan dari risiko tersebut.

Walaupun asuransi jiwa penting, hingga saat ini masih banyak sekali pihak yang memiliki pengertian terhadap asuransi jiwa yang salah. Di bawah ini adalah beberapa mitos yang ada serta klarifikasi akan mitos tersebut.

 

#1 “Asuransi jiwa hanya untuk orang kaya karena mahal”

Mitos pertama mengenai asuransi jiwa adalah karena biaya asuransi jiwa yang notabene mahal. Tentu mahal dan murah adalah hal yang relatif, namun seringkali tingginya biaya asuransi dikarenakan pemilik polis yang malas.

Malas di sini berarti, pemilik polis tidak memberikan usaha lebih untuk membandingkan beberapa produk asuransi jiwa, malas untuk mengetahui manfaat yang didapatkan dengan harga yang dibayar.

Setiap asuransi jiwa pada dasarnya memiliki harga yang sama. Namun jika Anda memilih manfaat tambahan atau memiliki persyaratan yang berbeda, pasti harganya pun berbeda.

Tingginya premi juga harus dilihat dengan membandingkannya dengan pertanggungan yang akan didapatkan. Tentu saja, kata-kata ‘mahal’ atau merasa dirugikan datang dari kurang cermatnya kita sebagai pemilik polis.

Kenali Mitos Asuransi Jiwa yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini 04 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Pertama yang Cocok Untuk Saya]

 

#2 “Kapan-kapan lah beli asuransinya, sekarang masih muda ini, gak perlu!”

Mitos selanjutnya mengenai asuransi jiwa adalah mengenai masalah usia. Banyak yang beranggapan bahwa usia muda belum perlu asuransi jiwa. Padahal kematian bukanlah hal yang dapat diprediksi.

Walaupun berusia muda dan tidak memiliki keluarga sendiri belum tentu Anda tidak memiliki utang atau beban keuangan lainnya. Santunan dari asuransi jiwa tersebut akan membantu orang-orang yang telah Anda tinggalkan.

Tentunya jika Anda telah tiada, Anda pun tidak ingin membebani kedua orang tua Anda. Selain itu, berlawanan dengan mitos tersebut, usia muda sebenarnya akan memberikan manfaat lebih.

Salah satunya, ringannya premi bulanan karena Anda mulai dari usia dini. Kedua, Anda akan mampu mengakumulasikan lebih banyak dana karena rentang waktu yang lama.

Kenali Mitos Asuransi Jiwa yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat Untuk Membeli Asuransi Jiwa]

 

#3 “Beli asuransi jiwa cuma bikin ribet diri sendiri”

Berkembangnya teknologi sangatlah berperan besar untuk menghilangkan mitos yang mungkin benar puluhan tahun yang lalu. Saat ini, Anda dapat mencari informasi mengenai produk asuransi bahkan dari telepon genggam dan koneksi internet.

Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi kantor penyedia asuransi untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan. Selain itu, mudahnya transportasi mendukung Anda dan agen asuransi untuk bertemu muka dan berkomunikasi dengan mudah.

 

#4 “Sudah ada asuransi jiwa dari perusahaan, gak perlu lagi asuransi jiwa pribadi”

Memiliki asuransi jiwa dari perusahaan adalah hal yang menggiurkan, apalagi jika fasilitas asuransi tersebut gratis. Setiap perusahaan memiliki peraturan yang berbeda mengenai jumlah premi asuransi jiwa untuk setiap pegawainya.

Namun, bagaimana jika Anda telah berhenti bekerja? Apakah asuransi jiwa akan terus dibayarkan oleh perusahaan? Tentu tidak. Oleh karena itu, apakah Anda yakin untuk hanya mengandalkan asuransi dari kantor tempat Anda bekerja?

Selain itu, perlu diingat bahwa setiap asuransi jiwa memiliki kebijakan yang berbeda. Apabila salah satu asuransi jiwa tidak memberikan tanggungan akibat risiko yang ternyata tidak dicover, asuransi jiwa yang satunya dapat menjadi pilihan Anda.

Cek Jenis Asuransi Jiwa Mana yang COCOK Buat Kamu - Finansialku

[Baca Juga: Korban Asuransi Jiwasraya Sambangi DPR, Salah Satunya Bos Samsung]

 

#5 “Semua asuransi jiwa sama saja”

Betul dan salah. Betul, setiap asuransi jiwa memiliki kegunaan untuk melindungi Anda dari risiko kematian dan membantu para keluarga yang ditinggalkan. Namun, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi jiwa yang sama.

Setiap produk asuransi pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk mencari tahu dan membandingkan setiap produk asuransi.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan produk asuransi yang paling berguna dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda pun tidak akan merasa tertipu karena Anda telah lebih dahulu mengerti.

Kenali Mitos Asuransi Jiwa yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Term Life vs Asuransi Jiwa Whole Life, Pilih Mana?]

 

#6 “Agen asuransi hanya mencari untung”

Memang setiap agen asuransi pasti akan mendapatkan komisi dari pembayaran premi yang kita lakukan. Namun, bukan berarti mereka hanya mencari untung atau mendahulukan kepentingan pribadi.

Agen asuransi merupakan jembatan antara konsumen dengan perusahaan asuransi. Mereka akan bekerja layaknya asisten pribadi Anda dan mengurus seluruh tahapan asuransi mulai dari konsultasi hingga pengajuan klaim.

Dengan informasi yang mereka miliki, mereka juga dapat membantu Anda memilih produk asuransi yang tepat serta menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

 

Jadilah Pemilik Polis Asuransi yang Kritis

Baik asuransi maupun produk lainnya, sebagai konsumen, Anda harus bersikap kritis. Anda harus ingin mencari tahu mengenai kebenarannya dan mengetahui manfaat dan kerugian untuk setiap produk yang Anda pilih.

Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari kerugian dan akan menikmati manfaat dengan mudah.

Anda juga bisa menggunakan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku yang bisa Anda download di Play Store atau App Store.

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda semakin mengerti mana mitos mengenai asuransi jiwa yang kurang tepat. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Agustus 2018. Mitos-mitos Asuransi Jiwa yang Masih Diyakini Banyak Orang. Lifepal.co.id – https://bit.ly/2VbBksr

 

Sumber Gambar:

  • Mitos Asuransi Jiwa 1 – http://bit.ly/2VIskvn
  • Mitos Asuransi Jiwa 2 – http://bit.ly/2vw3QLh
  • Mitos Asuransi Jiwa 3 – http://bit.ly/32TPfoR