Apakah kamu sudah mengetahui seberapa penting dan apa saja manfaat asuransi jiwa? Jangan sampai terlambat! Kenapa? Simak dalam artikel ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Jiwa

Masih banyak orang yang belum memiliki asuransi karena masih belum tahu apa itu asuransi, apa fungsinya dan mengapa kita memerlukan asuransi.

Padahal asuransi ini merupakan aspek penting dalam keamanan keuangan dan banyak sekali yang belum sadar akan aspek ini.

Dalam mencapai kebebasan finansial, apapun pekerjaannya harus dimulai dengan pondasi keuangan yang kokoh.

Ibarat rumah, jika pondasi rumah kita tidak kuat, rumah tersebut tidak akan kokoh saat dibangun.

Maka dari itu, dalam perencanaan keuangan, kita mengenal yang namanya piramida keuangan. Di dalam piramida keuangan itu, pondasi awal adalah keamanan keuangan.

Piramida Perencanaan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku Konsultasi Perencanaan Keuangan Seminar dan Pelatihan Perencanaan Keuangan Aplikasi Finansialku

Piramida keuangan Finansialku

 

Dalam keamanan keuangan, kita membahas perbaikan arus kas, manajemen utang, dana darurat dan yang terakhir adalah asuransi sebagai salah satu bentuk manajemen risiko.

Apa sih yang dimaksudkan dengan manajemen risiko untuk diri sendiri? Siapa, sih di sini yang tidak bisa menghindari kejadian berikut:

  1. Sakit
  2. Kecelakaan
  3. Cacat
  4. Meninggal dunia

 

Saat kita menghadapi 4 kejadian tersebut, apakah kita sudah mempersiapkan segalanya dengan matang?

Misalnya suatu saat kamu jatuh sakit. Sakit akan mempengaruhi performa kerja yang kemudian berpengaruh pada menurunnya bonus, padahal kebutuhan kamu malah bertambah karena kamu jatuh sakit.

Pernah membayangkannya? Bagaimana jika itu terjadi? Apakah kamu punya antisipasi atau rencana lain untuk keuanganmu? Apa yang akan kamu lakukan?

Apakah kamu pernah memikirkan apa yang akan terjadi dengan keluargamu jika hal ini benar-benar terjadi?

Inilah alasannya mengapa kamu membutuhkan asuransi, apalagi jika saat ini kamu sudah memiliki tanggungan. Kamu sangat memerlukan asuransi jiwa.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Cash Value atau Nilai Tunai Dalam Asuransi Jiwa 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Pertama yang Cocok Untuk Saya]

 

Asuransi Jiwa merupakan jenis asuransi untuk melindungi kerugian finansial yang terjadi atau hilangnya pendapatan seseorang akibat adanya kematian dari pemberi nafkah di keluarga tersebut.

Asuransi jiwa hadir sebagai bentuk antisipasi untuk keluarga yang penghidupannya terputus pasca ditinggalkan tulang punggung keluarga.

Namun pertanyaannya kini, ‘Memangnya profesional membutuhkan asuransi jiwa?’ Tentu saja butuh! Terutama asuransi jiwa, terutama jika kamu sudah memiliki tanggungan.

 

5 Manfaat Asuransi Jiwa

Apa sih sebenarnya manfaat dari kamu memiliki asuransi jiwa? Berikut ini adalah 5 manfaat yang harus kamu tahu ketika kamu memiliki asuransi jiwa.

 

Manfaat #1 Utang Tidak Akan Diwariskan

Kamu mungkin sering mendengar cerita tentang orang yang dapat warisan utang dari orangtuanya.

Kebanyakan cerita yang kita dengar membuat mereka kesulitan dalam mengatur keuangan mereka, sehingga mereka harus mengorbankan hidup mereka hingga menjual diri.

Tentu kamu tidak ingin anakmu terjerat hal yang sama bukan? Nah, dengan memiliki asuransi jiwa, kamu akan memiliki uang pertanggungan.

Uang pertanggungan ini bisa digunakan untuk membayar utang-utang jangka panjang.

Tentu saja uang ini akan melindungi keluarga kita dari utang yang belum terselesaikan sebelum meninggal dunia.

Jadi, pasangan dan anak-anakmu kelak tidak akan mengalami kesusahan seperti cerita-cerita orang.

Lalu, berapa uang pertanggungan yang ideal untuk kita? Masing-masing orang tentu punya jawaban yang berbeda soal pertanyaan ini.

Karena semuanya punya perhitungan dan pertimbangan dari beberapa aspek. Jika saja salah menghitung satu hal saja, ini justru bisa merugikan kita, bahkan efeknya, bisa membuat keluarga yang ditinggalkan tidak akan mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui jumlah yang ideal soal uang pertanggungan ini. Lalu bagaimana caranya mengetahui jumlah uang pertanggungan yang ideal?

Anda bisa menghitung uang pertanggungan bersama Ahlinya langsung di audiobook Finansialku tentang Asuransi Jiwa, yang bisa Anda dengarkan hanya dengan menekan tombol oranye di bawah ini sekarang, sebelum terlambat!

Top Banner Mobile Audiobook Asuransi Jiwa

Dengarkan Penjelasannya di Sini

 

Manfaat #2 Penghidupan Keluarga

Mungkin kamu tidak pernah berpikir demikian, tapi bagaimana jika kamu yang masih di usia produktif dengan pasangan dan anak-anak yang masih mengandalkanmu, tapi kamu harus meninggalkan dunia ini lebih dulu?

Apa yang akan terjadi dengan pendidikan anak-anakmu? Apa yang akan dialami istrimu? Tentu saja kamu tidak akan tega meninggalkan orang-orang yang kamu cintai mengalami kesulitan karena absennya dirimu dalam hidup mereka.

Asuransi jiwa memberikan keringanan beban bagi mereka yang ditinggalkan karena bisa menjadi warisan bagi pasangan dan anakmu.

Setidaknya pasanganmu memiliki waktu satu tahun untuk pulih dan mencari penghidupan keluarga dan anakmu bisa menamatkan sekolah hingga kuliah.

Masihkan kamu menunda untuk memiliki asuransi jiwa ketika banyak sekali yang harus kita lindungi?

 

Manfaat #3 Membantu Biaya Pemakaman

Meninggal dunia mungkin adalah garis finish untuk kita, namun tidak untuk keluarga yang ditinggalkan. Ketika kita meninggal, keluarga masih harus menanggung biaya pemakaman.

Dengan asuransi jiwa, keluargamu tidak perlu pusing dengan biaya pemakaman karena uang pertanggungan dari asuransi akan membantu keluargamu membayar tagihannya.

Asuransi jiwa akan melindungi kamu dan keluarga, sehingga arus kas keuangan keluargamu tidak akan terkena dampak yang besar ketika kamu, sebagai kepala keluarga, tidak bisa menafkahi mereka lagi.

 

Manfaat #4 Meninggalkan Warisan

Jika ingin memastikan anak dan cucu kamu mendapatkan kesejahteraan nantinya, asuransi jiwa bisa menjadi alternatif untuk menyiapkan warisan karena uang pertanggungannya akan keluar ketika kamu meninggal dunia.

Kamu bisa menentukan siapa yang akan mendapatkan uang pertanggungan dari asuransi jiwa.

Jika kamu takut warisan yang hanya disimpan, takut hilang dan juga takut dipergunakan sebelum waktunya, kamu bisa simpan di asuransi jiwa.

Kamu tentu dapat memastikan bahwa anak dan cucumu nanti, akan tetap bisa hidup sejahtera.

 

Manfaat #5 Melindungi Tabungan Pendidikan Anak Hingga Kuliah S1

Tentu saja kamu ingin jika anak-anakmu bisa kuliah setinggi-tingginya dan menjadi orang yang sukses bukan? Namun apa yang terjadi jika kamu harus pergi meninggalkan dunia ini lebih dulu?

Bukankah tabungan pendidikan anakmu pun akan terhenti? Tanpa asuransi jiwa, ya, itu bisa saja. Namun, kamu tidak perlu kuatir karena asuransi jiwa mampu melindungi tabungan pendidikan anakmu hingga kuliah.

Oleh karena itu, lindungilah masa depan keluargamu dengan asuransi jiwa.

Kamu bisa menghitung kebutuhan asuransimu dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Sehingga, uang pertanggungan yang kamu dapatkan tentu akan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

 

Asuransi Jiwa, Perlindungan Dasar Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Asuransi jiwa bukanlah investasi, tetapi sebuah perlindungan terhadap arus kas keuangan keluargamu dengan tujuan perlindungan diri dan keluarga.

Kamu tidak akan merasa kebingungan ketika risiko-risiko kehidupan tidak bisa kamu hindari.

Kalau kamu bingung mengenai keuangan kamu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku lainnya melalui aplikasi Finansialku.

 

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store (Klik tautan untuk mengunduh)
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana caranya membuat anggaran untuk keuangan kamu.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana caranya membuat anggaran untuk keuangan kamu. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Asuransi Jiwa : Pengertian dan Manfaat yang Diberikan. Car.co.id – http://bit.ly/2OrCgVq

 

Sumber Gambar:

  • Perlindungan keluarga dengan asuransi – http://bit.ly/39as3F4