Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?

Banyaknya produk asuransi kesehatan yang ditawarkan perusahaan asuransi membuat kita bingung untuk menentukan. Manakah produk asuransi kesehatan yang baik untuk kita miliki? Bagaimanakah cara memilih asuransi kesehatan yang baik? Kita akan bahas hal tersebut di rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan perlindungan finansial berupa pertanggungan biaya rumah sakit atau dokter pada saat tertanggung mengalami sakit penyakit. Manfaat asuransi kesehatan dapat memberikan penggantian biaya sakit, baik pada saat tertanggung harus dirawat inap di rumah sakit, maupun rawat jalan tanpa menginap di rumah sakit.

Berdasarkan cara penggantian biayanya (klaim), ada 2 jenis asuransi kesehatan yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu:

 

#1 Asuransi Kesehatan dengan Sistem Cashless (biasanya menggunakan kartu)

Asuransi kesehatan dengan sistem cashless artinya nasabah tidak perlu memberikan dana titipan terlebih dahulu ketika dirawat di rumah sakit, perusahaan asuransilah yang akan menjadi penanggungnya. Nasabah hanya perlu membayar kelebihan dana yang tidak di-cover oleh asuransi kesehatan tersebut pada saat keluar dari rumah sakit. Asuransi dengan sistem cashless akan memberikan kartu anggota asuransi yang harus dibawa ke rumah sakit dan ditunjukkan apabila terjadi risiko.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda]

 

Berdasarkan besarnya manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi, asuransi dengan sistem cashless dibagi lagi menjadi 2 jenis:

  1. Asuransi akan membayarkan manfaat perlindungan sesuai dengan tagihan rumah sakit. Biasanya ini lebih aman, karena semua biaya sudah ditanggung, tertanggung tidak perlu membayar biaya tambahan lagi ketika keluar dari rumah sakit.
  2. Asuransi akan membayarkan manfaat perlindungan sesuai dengan batasan limit pertanggungan asuransi kesehatannya. Jika melebihi limit, maka tertanggung harus membayar sendiri lebihnya. Tetapi tentu saja asuransi kesehatan yang membayarkan manfaat sesuai dengan tagihan, memiliki biaya asuransi dan premi bulanan yang lebih tinggi daripada asuransi dengan batasan limit.

 

#2 Asuransi Kesehatan dengan Sistem Reimbursement

Asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement artinya tertanggung harus membayar terlebih dahulu semua biaya yang terjadi pada saat sakit, setelah tertanggung keluar dari rumah sakit, barulah semua biaya tersebut dapat diklaim ke perusahaan asuransinya. Pihak asuransi akan membayarkan sesuai dengan manfaat asuransi kesehatan yang dibeli oleh nasabah, yang tertera di dalam perjanjian polis asuransi tersebut.

Asuransi dengan sistem reimbursement biasanya terbagi menjadi 2 jenis lagi, yaitu:

  1. Asuransi kesehatan yang dapat diklaim walaupun sudah mengklaim di asuransi lainnya (bisa double klaim).
  2. Asuransi kesehatan yang tidak dapat diklaim lagi jika sudah menggunakan asuransi lainnya. Asuransi kesehatan dengan sistem cashless tergolong dalam asuransi yang tidak dapat diklaim lagi jika sudah menggunakan asuransi lainnya.

 

Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan]

 

Banyaknya jenis asuransi kesehatan tersebutlah yang terkadang membuat kita menjadi bingung dengan apa yang kita beli apalagi untuk memilih asuransi kesehatan yang baik.

 

Asuransi Kesehatan Yang Baik

Sebenarnya tidak ada satu produk asuransi kesehatan yang unggul daripada yang lainnya. Setiap produk asuransi kesehatan pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya. Asuransi kesehatan yang baik adalah asuransi kesehatan yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda dan pada saat diperlukan, asuransi kesehatan tersebut berguna secara optimal untuk melindungi finansial Anda. Untuk itu, ada beberapa cara untuk memilih asuransi kesehatan yang baik.

 

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik

Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang baik? Apakah Anda mengetahuinya? Jika Anda kurang yakin bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang baik, ada baiknya Anda membaca bagian ini dulu sebelum membeli dan memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan Anda

 

#1 Kenali Jaringan Perusahaan Asuransi dan Rekanan Rumah Sakitnya

Salah satu cara untuk dapat memiliki asuransi kesehatan yang dapat berguna optimal bagi Anda adalah dengan mengenali jaringan dari perusahaan asuransi tersebut untuk asuransi kesehatan. Biasanya untuk asuransi kesehatan cashless, Anda harus ke rumah sakit yang rekanan dengan jaringan asuransi kesehatan tersebut. Contohnya perusahaan asuransi Prudential menggunakan jaringan International SOS, Allianz menggunakan jaringan Admedika, Manulife menggunakan jaringan Admedika dan SMI, dan lain-lain.

Apakah Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan Mengcover Perawatan Gigi 02 - Finansialku[Baca Juga: Apakah Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan Meng-cover Perawatan Gigi?]

 

Anda harus mengetahui rumah sakit mana saja yang menjadi rekanan dari jaringan-jaringan kesehatan tersebut.

  • Apakah asuransi kesehatan yang Anda ambil memiliki jaringan kesehatan yang memiliki rekanan rumah sakit tempat biasa Anda berobat atau tempat dokter langganan Anda biasanya praktik?
  • Apakah rekanan rumah sakitnya cukup banyak dan lengkap agar Anda dapat berobat dimana saja saat Anda terkena risiko tak terduga di perjalanan?

Hal tersebut berguna agar asuransi kesehatan yang Anda ambil akan benar-benar berguna saat dibutuhkan.

 

#2 Kenali Produk dan Manfaat Perlindungannya

Ketika Anda ingin memilih asuransi kesehatan yang baik untuk Anda, tentu saja Anda harus mengetahui produk asuransi kesehatan yang akan Anda ambil.

  • Apakah asuransi kesehatan dengan sistem cashless atau sistem reimbursement yang lebih bermanfaat untuk Anda?
  • Apa saja manfaat yang akan ditanggung?
  • Apakah sesuai dengan tagihan atau sesuai dengan limit?

 

Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan untuk Freelancer]

 

Hal tersebut harus diketahui agar ketika Anda membutuhkan asuransi tersebut, asuransi tersebut benar-benar dapat berguna bagi Anda sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk biaya pengobatan Anda. Seandainya Anda harus menambah pun, Anda dapat memperkirakan berapa  besar penambahannya.

 

#3 Tanyakan Tentang Pelayanan Klaimnya

Agar Anda mendapatkan asuransi kesehatan yang baik, Anda juga harus tau tentang pelayanan klaimnya.

  • Apakah syarat dan pelayanan klaimnya baik, sehingga mempermudah Anda untuk mengklaim?
  • Apakah Anda dapat mengklaim langsung melalui rumah sakit rekanan atau Anda harus datang ke kantor pelayanan rumah sakitnya untuk mengurus klaimnya?

Salah satu contohnya adalah adanya perusahaan asuransi yang meletakkan customer service mereka di beberapa rumah sakit rekanan sehingga customer service-nya dapat membantu para nasabahnya untuk melakukan klaim dan meng-update informasi tentang klaim.

apakah-orang-tua-perlu-beli-asuransi-kesehatan-anak-finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anak-Anak Anda Terproteksi dengan Asuransi Kesehatan?]

 

Ada juga perusahaan asuransi yang dapat melihat perkembangan klaim mereka melalui aplikasi di handphone, sehingga menenangkan nasabah ketika ingin melihat klaim mereka, dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengetahui cara dan pelayanan klaim asuransi kesehatan yang akan Anda miliki saat anda memilih asuransi kesehatan.

 

#4 Bandingkan Dengan Asuransi Kesehatan Lainnya

Ketika Anda ingin memilih asuransi kesehatan yang baik. Tentu salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membandingkan antara satu asuransi kesehatan dengan asuransi kesehatan yang lainnya. Temukan kelebihan dan kekurangan masing-masing asuransi kesehatan, dan tentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik dari segi manfaat, pelayanan, biaya premi, dan yang lainnya.

 

Kemudahan dan Perlindungan Optimal

Sekali lagi tidak ada produk asuransi kesehatan yang paling baik, semua asuransi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda harus mencari asuransi kesehatan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan optimal untuk Anda dan mudah diklaim pada saat Anda membutuhkannya.

 

Apakah Anda sedang membutuhkan dan mencari asuransi kesehatan? Pilihlah asuransi kesehatan yang baik bagi Anda. Berikan tanggapan terhadap artikel ini pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kesehatan – https://goo.gl/FyVurg dan https://goo.gl/Ec7qyo

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download