Bisakah Saya Menggunakan Asuransi Kesehatan Saya Setelah 1 Bulan Saya Membeli Asuransi?

Coba bayangkan, apa yang paling penting ketika Anda membeli sebuah asuransi kesehatan? Ya, tentu saja bahwa Anda dapat menggunakan asuransi tersebut pada saat dibutuhkan. Hal yang cukup sering ditanyakan oleh calon pembeli kepada agen asuransi saat seseorang membeli asuransi kesehatan adalah kapan asuransi itu dapat digunakan. Di rubrik kali ini, kita akan membahas lebih mengenai kapan asuransi tersebut dapat digunakan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Banyak Orang Menggunakan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu asuransi yang banyak dibeli oleh masyarakat dan juga perusahaan, karena asuransi jenis dapat melindungi pemiliknya dari kerugian finansial akibat biaya pengobatan yang terjadi apabila jatuh sakit.

Dengan kesibukan sehari-hari, cuaca yang kurang mendukung dan banyaknya pekerjaan, sering membuat orang menjadi takut ketika jatuh sakit.

Semua orang tahu bahwa jatuh sakit adalah hal yang kurang menyenangkan, karena selain kita harus berjuang untuk sembuh dari penyakit tersebut, ada biaya yang harus dikeluarkan.

Klaim manfaat asuransi kesehatan adalah klaim yang paling terdata paling banyak dilakukan diantara manfaat asuransi lainnya.

Bisakah Saya Menggunakan Asuransi Kesehatan Saya Setelah 1 Bulan Saya Membeli Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa? Apa Manfaatnya?]

 

Pada saat orang membeli asuransi atau berkonsultasi kepada saya mengenai asuransi kesehatan, memang pertanyaan yang sering muncul adalah “Apakah saya bisa langsung menggunakan asuransi tersebut?”

 

Bisakah Menggunakan Asuransi Kesehatan Setelah 1 Bulan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya tidak dapat mengeneralisasi semua perusahaan asuransi sama. Karena memang setiap asuransi kesehatan memiliki kontrak atau perjanjian dan persyaratan yang berbeda beda.

Oleh karena itu, sangat penting ketika Anda ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, Anda kembali kepada kontrak perjanjian atau polis asuransi Anda.

 

Kontrak Perjanjian atau Polis Asuransi Kesehatan

Kebanyakan orang yang bertanya kepada saya adalah pemilik polis unitlink pribadi. Secara umum, di dalam polis unitlink memang memiliki kontrak perjanjian bahwa asuransi tersebut dapat diklaim setelah 1 bulan sejak polis aktif.

Apalagi jika risiko yang terjadi adalah risiko kecelakaan, biasanya sudah dapat langsung digunakan setelah aktif apabila terjadi risiko kecelakaan.

 

Jadi, jika kita mengacu pada polis unitlink, maka Anda sudah bisa menggunakan asuransi kesehatan setelah 1 bulan.

 

Tetapi jangan lupa, bahwa di dalam polis unitlink tentang asuransi kesehatan, juga terdapat pengecualian. Pengecualian inilah yang cukup penting untuk Anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis penyakit yang dikecualikan dalam 1 tahun atau 12 bulan pertama.

Pengecualian tersebut ada untuk melindungi pihak asuransi dari orang yang ingin mengambil keuntungan dari asuransi.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik?]

 

Misalnya, orang tersebut sebenarnya sudah memiliki penyakit tersebut sebelum mengambil asuransi, sehingga pada orang tersebut ingin mengambil asuransi supaya biaya pengobatannya akan ditanggung oleh asuransi.

Hal seperti ini sangat sering terjadi, oleh karena itu, pihak perusahaan asuransi membuat peraturan yang dapat melindungi dirinya.

Selain asuransi unitlink, asuransi kesehatan lainnya yang dijual di masyarakat memiliki beberapa persyaratan yang berbeda. Banyak produk asuransi yang bahkan tidak perlu untuk menunggu selama 1 bulan.

Anda dapat langsung menggunakan manfaat dari asuransi kesehatan tersebut setelah polis Anda aktif. Terutama pada asuransi kesehatan kumpulan.

Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan]

 

Biasanya perusahaan yang mengambil asuransi kumpulan dapat menegosiasikan harga premi dengan persyaratan maupun manfaat asuransi kesehatan yang diambil. 

Bukan hanya persyaratan untuk dapat langsung digunakan setelah polisnya aktif, bahkan persyaratan akan pengecualian terhadap penyakit tertentu di dalam 12 bulan atau 1 tahun pertama juga dapat ditiadakan, sesuai dengan permintaan nasabah.

 

Jika kita ingin membeli asuransi kesehatan selain unitlink, maka setiap produk asuransi kesehatan memiliki persyaratan masing-masing.

 

Persyaratan setiap asuransi kesehatan tertulis dengan jelas di dalam kontrak perjanjian atau polis asuransi tersebut.

Di dalam polis, banyak sekali istilah-istilah, tetapi yang terutama di dalamnya tertulis tentang penyakit dan persyaratan klaim yang harus Anda ketahui agar Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan Anda secara maksimal.

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memiliki paling banyak persyaratannya, dari penyakit apa saja yang dilindungi, pengecualian terhadap beberapa jenis penyakit dan beberapa kondisi, serta persyaratan saat mengajukan klaim asuransi kesehatan.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui isi dari polis asuransi yang Anda beli.

 

Pahami Polis Asuransi Sebelum Membeli

Anda harus memahami polis asuransu Anda sebelum Anda membeli. Karena dengan begitu, Anda tidak akan merasa dirugikan dan Anda dapat menggunakan asuransi Anda setiap ada kesempatan.

Anda tidak harus menggunakan dana Anda sendiri jika Anda memang tahu bahwa Anda dapat mengklaim asuransi Anda untuk membiayai pengobatan Anda.

Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan Anda dan bermanfaat untuk Anda.

 

Apakah pertanyaan Anda terjawab dari informasi yang ada di artikel ini? Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda?

Jika informasi ini bermanfaat, bantu bagikan informasi ini kepada teman-teman atau orang lain dengan share artikel ini.

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kesehatan – https://goo.gl/7anqUC dan https://goo.gl/TgKGvS

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-08-15T09:34:02+00:00 August 14th, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Kesehatan|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download