Apa manfaat meningkatkan literasi keuangan karyawan Anda? Literasi keuangan merupakan faktor penting yang dapat membawa seseorang pada kebebasan keuangan. Sebagai seorang HR di perusahaan, Anda harus mengetahui manfaat-manfaat tersebut. Mari kita bahas 7 manfaat meningkatkan literasi keuangan karyawan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Literasi Keuangan bagi Karyawan Perusahaan

Literasi keuangan merupakan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memampukan seseorang mengambil keputusan keuangan dengan bijaksana. Sebenarnya literasi keuangan memiliki peran yang penting bagi kehidupan sehari-hari seseorang. Saat ini bank serta lembaga-lembaga yang berkaitan dengan keuangan membanjiri masyarakat dengan kesempatan untuk mengambil kredit, baik itu kredit rumah, kendaraan, kartu kredit atau kredit apapun yang pada dasarnya adalah utang.

Kesempatan yang terbuka lebar untuk berutang tersebut dapat membawa seseorang ke dalam bencana keuangan yang besar jika setiap keputusan keuangan yang diambil tidak didasarkan pada pertimbangan yang matang dan bijaksana. Disinilah literasi keuangan berperan bagi kehidupan setiap orang. Tanpa literasi keuangan yang baik, seseorang biasanya hanya dapat melihat apa yang terlihat di depan matanya saat itu, tanpa memikirkan konsekuensinya dalam jangka panjang. Akibatnya lilitan bunga kredit yang tinggi semakin menjerat dan membuat keuangan Anda tidak pernah berkembang. Penghasilan yang didapatkan setiap bulan hanya ‘numpang lewat’ di rekening dan segera digunakan menutupi utang di bulan sebelumnya. Fenomena ini terdengar familiar bukan?

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda]

 

Karena itu, literasi keuangan harus ditingkatkan bagi setiap lapisan masyarakat, termasuk para karyawan yang bekerja di perusahaan. Program-program yang diadakan untuk meningkatkan literasi keuangan bagi karyawan akan memberikan manfaat yang besar. Berikut adalah 7 manfaat yang bisa didapatkan dari meningkatkan literasi keuangan seseorang:

 

#1 Menghasilkan Keuntungan Seumur Hidup yang Tidak Dapat Diambil Siapapun

Meningkatkan literasi keuangan berarti membuat Anda lebih paham mengenai keuangan, alias tidak buta keuangan. Ada banyak aspek yang dicakup dalam literasi keuangan, mulai dari pemahaman mengenai produk-produk keuangan, produk investasi, asuransi, pajak, pemahaman lainnya. Seluruh pengetahuan tersebut akan memampukan Anda untuk memaksimalkan keuntungan, di samping itu juga membuat Anda terhindar dari biaya-biaya yang sebenarnya dapat diminimalkan. Misalnya saja meminimalkan pajak atau mencari produk asuransi yang harganya paling optimal. Nyatanya banyak orang yang membayar sesuatu yang tidak seharusnya mereka bayar, hanya karena ketidaktahuan akan apa yang mereka bayar.

Dengan meningkatkan literasi keuangan, Anda dapat memaksimalkan keuntungan dan menghindarkan diri dari biaya-biaya yang tidak diperlukan. Lebih hebatnya lagi, keuntungan ini akan Anda miliki seumur hidup dan tidak bisa diambil oleh siapapun karena hanya ada di pikiran Anda. Tugas Anda hanyalah mengimplementasikan ilmu dan pemahaman keuangan yang telah dimiliki maka keuntungan-keuntungan tersebut akan Anda nikmati seterusnya.

Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan]

 

#2 Meningkatkan Peluang Return Investasi

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah dalam investasi:

High risk, high return. Low risk, low return.”

 

Setiap produk investasi pasti memiliki risiko. Ada produk investasi yang dianggap berisiko tinggi dan ada juga yang dianggap berisiko rendah. Jika ingin mendapatkan return investasi yang tinggi, maka Anda harus siap menghadapi risiko yang tinggi. Sementara jika tidak ingin investasi yang tidak aman, Anda harus menerima konsekuensi return yang rendah.

Padahal sebenarnya risiko tersebut ditentukan oleh diri investor sendiri. Jika seorang investor mengenal produk investasi yang digunakannya dengan sangat baik dan mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan produk investasi tersebut, maka risikonya akan menjadi rendah. Berbeda halnya dengan seseorang yang tidak mengetahui apa-apa mengenai sebuah produk investasi tetapi langsung menggunakan produk tersebut. Apapun produk investasi yang digunakan (baik yang dianggap berisiko rendah sekalipun) tetap menjadi sebuah produk yang berisiko tinggi karena Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Dengan meningkatkan literasi keuangan, Anda akan lebih fasih mengenai produk-produk investasi yang ditawarkan di pasar. Investor yang terliterasi keuangan dengan baik akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan tinggi. Paling tidak investor tersebut tahu bahwa setiap kali ditawarkan produk investasi atau produk apapun yang terkait dengan keuangan, Anda harus terlebih dahulu menganalisisnya. Bukan hanya langsung menerima informasi dari seseorang secara mentah-mentah dan dengan mudahnya menyetorkan uang Anda pada produk tersebut. Dengan begitu Anda dapat meminimalkan risiko dalam investasi serta memaksimalkan return investasinya. 

 

#3 Meningkatkan Potensi Pendapatan

Seseorang yang terliterasi keuangan memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatannya. Mengapa? Karena orang yang terliterasi keuangan dengan baik mengetahui bahwa ada peluang keuntungan yang besar dari berinvestasi serta memiliki aset. Aset-aset yang Anda miliki, baik itu aset investasi atau aset seperti rumah dan apartemen dapat menghasilkan keuntungan yang bisa membawa Anda pada kebebasan keuangan. Tetapi hal ini hanya bisa dicapai jika Anda cukup ahli dan bijaksana dalam mengelola keuangan Anda.

Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR Terlalu Berisiko Lho Mengadakan Masa Persiapan Pensiun (MPP) dengan Pelatihan Kewirausahaan]

 

#4 Meningkatkan Kualitas Hidup dan Keuangan

Dengan berbagai manfaat yang didapatkan dari literasi keuangan, ada peluang yang besar untuk meningkatkan kualitas hidup serta keuangan seseorang. Dengan begitu karyawan perusahaan Anda akan lebih sejahtera. Ketika karyawan datang ke kantor, mereka dapat bekerja dengan optimal karena tidak terganggu oleh kekhawatiran-kekhawatiran mengenai hidupnya (terutama mengenai keuangan pribadi atau keluarganya). Bukankah ini akan mengoptimalkan kinerja perusahaan dalam jangka panjang?

 

#5 Mengamankan Masa Pensiun

Literasi keuangan akan membuka pikiran seseorang untuk berpikir bukan hanya jangka pendek tetapi juga jangka menengah dan jangka panjang. Dengan menjadi lebih visioner, karyawan akan memahami pentingnya mempersiapkan dana pensiun. Dengan begitu karyawan perusahaan Anda akan mulai mempersiapkan dana pensiunnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Beban perusahaan untuk memikirkan bagaimana kehidupan karyawannya setelah pensiun nanti secara otomatis akan berkurang.

 

#6 Melindungi Portofolio Investasi dari Kerugian yang Tidak Seharusnya

Seringkali seseorang menyerah dalam berinvestasi karena kerap mengalami kerugian. Memang tidak ada jaminan dalam produk investasi apapun bahwa Anda tidak akan pernah merugi. Setiap produk yang terpengaruh oleh fluktuasi pasar pasti memiliki risiko kerugian. Tetapi literasi keuangan yang baik akan membuat seorang investor mampu membuat portofolio investasi yang baik. Tujuan utama dibuatnya portofolio investasi adalah untuk meminimalkan risiko investasi seseorang secara keseluruhan. Dengan literasi keuangan yang baik, investor akan lebih waspada dalam memilih produk-produk untuk portofolio investasinya. Secara otomatis ia akan meminimalkan peluang kerugian yang tidak diperlukan dalam investasi yang dimiliki.

5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya]

 

#7 Membuat Anda Bijaksana dalam Mengendalikan Uang

Kebanyakan orang mengalami permasalahan dengan ‘memiliki uang’. Uang seringkali terasa tidak dapat bertahan lama di kantong. Fenomena ‘uang panas’ yang ingin segera dibelanjakan mungkin pernah dialami setiap orang. Ketika memiliki uang, rasanya Anda ingin membeli segalanya. Baik yang diperlukan maupun yang tidak diperlukan. Inilah yang membuat keuangan seseorang menjadi berantakan. Dengan literasi keuangan yang baik, seseorang akan menjadi lebih bijaksana dalam mengendalikan keuangannya.

Baik saat ini Anda memiliki uang yang sangat banyak atau uang dalam jumlah terbatas, keputusan untuk membeli sesuatu tetap didasarkan atas kebutuhan. Secara sederhana, Anda akan merasa santai ketika memiliki banyak uang, tidak tergesa-gesa untuk menghabis-habiskan uang tersebut pada hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Bahkan orang yang terliterasi keuangan dengan baik akan mampu mengoptimalkan uang yang dimilikinya untuk menghasilkan keuntungan lagi. Misalnya dengan membeli aset produktif atau investasi.

Ini Kesalahan Para HR dalam Memberikan Pelatihan MPP (Masa Persiapan Pensiun) serta Solusinya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Kesalahan Para HR dalam Memberikan Pelatihan MPP (Masa Persiapan Pensiun) serta Solusinya!]

 

Manfaat yang Memberi Dampak Positif bagi Perusahaan

Karyawan adalah salah satu aset terpenting dalam setiap perusahaan, baik yang bergerak di bidang barang atau jasa. Karyawan memiliki peran yang sangat penting untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis dalam setiap perusahaan. Jika ingin karyawan bekerja dengan baik, perusahaan harus berusaha meningkatkan kesejahteraan karyawan. Meningkatkan literasi keuangan karyawan adalah salah satu caranya. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan literasi keuangan, bukan hanya bagi karyawan tetapi juga secara tidak langsung bagi perusahaan. Karena itu pastikan Anda sebagai HR perusahaan mampu menyejahterakan karyawan perusahaan melalui peningkatan literasi keuangan.

 

Apa yang dapat Anda lakukan agar literasi keuangan Anda meningkat? Berikan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kristina Zucchi. 10 April 2017. Why Financial Literacy is So Important. Investopedia.com – https://goo.gl/sbdeKm
  • Financial Mentor. 7 Key Reasons Why Financial Education Is Your Best Investment. Financialmentor.com – https://goo.gl/eh2Ett

 

Sumber Gambar:

  • Asian Employee – https://goo.gl/wzmEL1 dan https://goo.gl/2qKZVM

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang