5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya

Apa saja 5 ketakutan utama orang HR mengenai keuangan karyawannya? Apakah ada solusi yang diberikan? Finansialku akan membahas bagaimana solusi ketakutan orang HR mengenai keuangan karyawannya. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Ketakutan Utama Orang HR Mengenai Keuangan Karyawan

Persoalan keuangan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi orang. Jangankan orang biasa, seperti kita yang hanya mengelola keuangan rumah tangga, perusahaan-perusahaan besar dengan sumber dana yang melimpah pun sering mengalami permasalahan keuangan yang membuat mereka memutuskan untuk mencari solusi demi mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam perusahaan, pengelolaan keuangan seharusnya diserahkan pada bagian keuangan. Tetapi meskipun begitu, departemen lain yang tidak berkaitan dengan keuangan pun terkadang harus menghadapi persoalan-persoalan pelik tentang hal ini.

5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya - Finansialku

[Baca Juga: Ini Kesalahan Para HR dalam Memberikan Pelatihan MPP (Masa Persiapan Pensiun) serta Solusinya!]

 

Salah satu departemen yang terdampak langsung pada setiap masalah keuangan yang menimpa perusahaan dan segenap organisme di dalamnya adalah bagian HR (Human Resource). Meskipun secara resmi bagian ini tidak memiliki kaitan dengan keuangan, tetapi jika ada masalah keuangan yang terjadi sedikit banyak bagian HR akan ikut merasakan permasalahan yang pelik tersebut.

Apalagi jika masalah keuangan tersebut berkaitan dengan karyawan yang dikelola langsung oleh bagian ini. Karyawan dan segala permasalahannya merupakan tanggung jawab bagian HR. Bagian ini berhak memutuskan nasib seorang karyawan jika mereka dirasa tidak produktif dan membuat kinerja perusahaan menurun.

Karena itulah, segala hal yang berkaitan dengan karyawan termasuk soal permasalahan yang mereka hadapi dan berkaitan dengan kinerja akan menjadi masalah yang harus dihadapi bagian HR. Tanggung jawab ini tentu saja akan menimbulkan banyak kekhawatiran di departemen ini.

Apalagi jika masalah yang menimpa karyawan tersebut berkaitan dengan keuangan. Diakui ataupun tidak, motivasi utama seorang karyawan saat bekerja adalah gaji yang mereka terima setiap bulannya. Hal inilah yang membuat masalah keuangan karyawan dan kinerja mereka di perusahaan terkait.

Semakin pelik masalah keuangan seorang karyawan, makan kinerja mereka pun semakin menurun. Karena disadari atau tidak, masalah semacam ini pasti akan memberikan beban tersendiri.Dan segala hal yang berkaitan dengan kinerja karyawan tentu saja akan ikut membuat bagian HR khawatir dan takut.

HRD Wajib Baca: Pensiun Bukan Lagi Masalah, Jika Tahu Caranya - Finansialku

[Baca Juga: HRD Wajib Baca: Pensiun Bukan Lagi Masalah, Jika Tahu Caranya]

 

Agar masalah keuangan karyawan tidak semakin melebar dan pelik. Sebagai bagian HR atau orang awam, kita wajib tahu apa saja permasalahan keuangan karyawan yang membuat bagian HR merasa khawatir dan ikut bertanggung jawab. Tidak hanya itu, kita juga harus tahu solusi dari setiap permasalahan yang ada.

Hal ini penting, agar ke depannya masalah yang sama tidak akan terjadi lagi. Karena bagaimanapun, tidak seharusnya masalah keuangan karyawan membuat orang-orang HR merasa khawatir. Nah, berikut ini merupakan beberapa permasalahan keuangan karyawan yang membuat bagian HR khawatir beserta solusinya, di antaranya:

 

#1 Masalah Uang Lembur

Dalam sehari setiap orang akan memiliki waktu selama 24 jam untuk menyelesaikan segala urusan mereka. Meskipun begitu, terkadang waktu yang kita miliki tidak pernah cukup untuk menyelesaikan semuanya dalam satu hari. Apalagi saat bekerja, paling lama kita akan menghabiskan waktu sekitar 10 jam.

Untuk mengakali hal ini, para pemilik perusahaan biasanya menerapkan sistem lembur. Sistem ini biasanya menambah jam kerja karyawan beberapa jam lebih lama. Seharusnya, setiap perusahaan menganggarkan uang lembur untuk karyawan mereka yang terpaksa melalui sistem ini.

Uang tersebut merupakan bentuk penghargaan perusahaan terhadap karyawannya. Tetapi terkadang perusahaan melalaikan hal ini. Akibatnya, karyawan membelot dan membuat kinerja perusahaan menurun. Hal ini tentu saja membuat bagian HR khawatir.

Agar masalah lembur tidak panjang, sebagai bagian HR kita harus mampu menjembatani aspirasi karyawan dan kebijakan perusahaan dengan baik. Jika perusahaan tidak mampu mengeluarkan uang, hilangkan saja sistem lembur yang ada.

Agar kinerja perusahaan tetap membaik, manajemen waktu setiap unit yang berkaitan harus diperbaiki. Sehingga karyawan tidak harus lembur dan masalah keuangan tentang hal ini tidak akan pernah terjadi.

 Solusi untuk HRD menangani Masalah Keuangan Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Solusi untuk HRD menangani Masalah Keuangan Karyawan]

 

#2 Masalah Pesangon

Menghentikan masa kerja seseorang merupakan hal yang wajar bagi bagian HR. Apalagi jika orang tersebut dianggap tidak lagi profesional dan hanya menjadi beban bagi perusahaan. Pemberhentian masa kerja secara sepihak oleh perusahaan, normalnya juga harus disertai dengan pemberian uang pesangon.

Tetapi terkadang perusahaan lalai melakukan ini dan timbullah masalah keuangan yang membuat kinerja karyawan menurun. Agar hal ini tidak merugikan perusahaan, sebagai bagian HR kita harus memastikan bahwa setiap karyawan yang mengalami masalah pesangon mendapatkan hak mereka dengan baik.

 

#3 Masalah Kenaikan Gaji

Masalah ini hampir sama dengan dua masalah sebelumnya. Jika karyawan merasakan kesenjangan kenaikan gaji, pasti hal tersebut akan berakibat pada turunnya kinerja perusahaan. Agar hal tersebut tidak semakin pelik, sebagai bagian HR sudah tugas kita untuk mengklarifikasi kebijakan kenaikan gaji ini.

Sebelum kenaikan gaji dilakukan, seharusnya pihak HR dan perusahaan membuat pengumuman atau pemberitahuan resmi tentang alasan kenaikan gaji. Paparkan juga hal-hal yang mendasari kenaikan gaji tersebut, sehingga karyawan tidak akan merasa dianaktirikan dan dibedakan dengan karyawan lainnya.

 7 Cara untuk Meningkatkan Keuangan Sekarang Juga - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara untuk Meningkatkan Keuangan Sekarang Juga]

 

#4 Masalah Utang

Utang merupakan masalah keuangan yang universal. Masalah ini pasti dihadapi setiap orang termasuk karyawan. Sedikit banyak, permasalahan utang pasti akan membuat karyawan berpikir dan hal tersebut akan menurunkan keprofesionalan mereka dalam bekerja.

Untuk mengatasi masalah yang kadang ditimbulkan oleh karyawan itu sendiri, sebagai bagian HR kita harus mampu mengedukasi karyawan tentang dampak positif dan negatif keuangan. Agar masalah utang tidak mengganggu, sarankan mereka untuk meminjam pada bagian keuangan perusahaan.

Jika meminjam ke bagian keuangan, setiap bulan secara otomatis gaji karyawan akan langsung dipotong sesuai dengan cicilan yang disepakati. Sehingga mereka tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan masalah keuangan.

 

#5 Masalah Tunjangan

Solusi untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Agar kinerja perusahaan stabil, karyawan bahagian dan pihak pimpinan bisa bekerja dengan tenang, sebagai bagian HR kita harus menyarankan perusahaan untuk bekerja sama dengan pihak asuransi.

Hal ini tentu dapat meringankan bagian keuangan. Jika setiap karyawan diikutkan asuransi, maka segala jenis tunjangan seperti tunjangan kesehatan dan hari tua bukan menjadi masalah lagi bagi perusahaan. Setiap bulan gaji karyawan akan dipotong secara otomatis untuk membayar premi asuransi.

Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Gaya Kepemimpinan Situasional Dibutuhkan oleh Seorang Pemimipin?]

 

Semua Ketakutan Bisa Diatasi

Ketakutan orang HR kepada karyawannya masih tetap dapat terselesaikan. Setiap masalah pasti ada jalan keluar dan solusi agar terbebas dari problematika. Itulah 5 ketakutan orang HR tentang masalah keuangan perusahaan yang biasanya ditemukan beserta dengan solusinya, semoga bermanfaat.

 

Ketakutan terbesar apa yang membuat karyawan perusahaan alami mengenai masalah keuangannya? Berikan pendapat dan tanggapan Anda terkait pertanyaan tersebut. Jangan lupa untuk share kepada teman terdekat Anda, agar teman Anda pun mengetahui informasi dari artikel yang berguna ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Rich People – https://goo.gl/YSC2Wp
  • Coaching – https://goo.gl/P29231

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-04-19T15:39:20+00:00 March 31st, 2017|Categories: HR, Keuangan|Tags: , , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download