Loyalitas karyawan adalah salah satu faktor yang sangat menentukan perkembangan positif sebuah perusahaan.

Artikel ini akan membahas cara-cara efektif untuk meningkatkan loyalitas karyawan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Loyalitas Karyawan

Mempekerjakan seorang karyawan adalah hal yang sulit, namun yang lebih sulit adalah mempertahankan mereka. Riset membuktikan bahwa lebih dari 55% karyawan secara rata-rata sedang mencari kesempatan pekerjaan lain.

Selain itu, banyak sekali perusahaan yang kehilangan sepertiga dari karyawan mereka setiap tahun. Hal ini tentu merugikan perusahaan.

Bayangkan, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti seorang karyawan adalah kurang lebih 20% dari gaji rata-rata karyawan tersebut.

Kenali Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif dan Efisien 03 Karyawan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Jika Perusahaan Telat Membayar Gaji Karyawan? WAJIB TAHU]

 

Loyalitas karyawan memberikan kontribusi besar kepada produktivitas perusahaan Anda. Karyawan adalah orang-orang yang membantu Anda menghasilkan produk dan memberikan jasa kepada para pelanggan Anda.

Mereka adalah perwakilan langsung dari bisnis dan diri Anda. Tentu, dikarenakan pentingnya karyawan untuk bisnis Anda, loyalitas karyawan perlu ditingkatkan dan memiliki pengaruh signifikan untuk bisnis Anda.

 

Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Loyalitas karyawan adalah sebuah definisi untuk sebuah emosi yang membuat seorang karyawan merasa lebih terikat dengan atasannya, dan cenderung untuk tidak melihat tempat lain lebih baik.

Untuk dapat meningkatkan loyalitas karyawan, secara garis besar, Anda harus meningkatkan emosi positif dan mengurangi emosi negatif.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 05 Karyawan 5 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Karyawan Melek Keuangan, Penting atau Tidak Penting HARUS Dilakukan]

 

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan loyalitas karyawan yang dapat Anda lakukan dengan mudah:

 

#1 Memenuhi Hak Karyawan

Setiap orang pasti ingin dipenuhi haknya sebelum mereka memenuhi kewajibannya.

Setiap karyawan memiliki hak seperti hak cuti, hak mendapatkan gaji yang pantas, hak untuk mendapatkan pelatihan, tunjangan hari raya, dan hak untuk mendapatkan perlindungan sosial.

Dengan memperhatikan hak karyawan, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari karyawan yang bekerja lebih tekun dan lebih giat.

Hak yang terpenuhi berarti motivasi yang meningkat, motivasi yang meningkat berarti produktivitas yang meningkat.

Selain itu, Anda juga bisa tonton video dari channel Youtube Finansialku berikut, untuk mengetahui kewajiban yang harus didapatkan saat bekerja:

 

#2 Membuat Suasana Kerja Lebih Nyaman

Anda pasti pernah melihat desain kantor Tokopedia atau Google yang dibuat sangat menarik dan berbeda dari kantor pada umumnya.

Alasannya adalah, perusahaan tersebut ingin menciptakan suasana kantor layaknya rumah bagi para pekerja.

Suasana kerja yang nyaman akan membantu para karyawan untuk bekerja dengan lebih baik.

Selain itu, karyawan pun akan lebih betah bekerja dan secara psikologis, mereka akan lebih tenang dan dapat fokus untuk memberikan yang terbaik bagi kerja mereka.

Suasana kerja tidak hanya terfokus pada desain sebuah gedung atau ruangan, tetapi juga pada hubungan dengan sesama kolega atau atasan.

Suasana kerja yang bersahabat dengan otoritas sepantasnya tentu akan lebih nyaman dibandingkan suasana kerja yang penuh tekanan.

 

#3 Meningkatkan Pelatihan dan Fasilitas

Frustasi, stres, putus asa adalah beberapa sifat psikologis yang “beracun”. Tidak hanya hal tersebut sulit dihilangkan, tetapi kondisi tersebut juga dapat membuat masalah untuk hal lainnya.

Salah satu hal yang dapat membuat frustasi semakin berat adalah kurangnya pelatihan dan sumber daya yang membantu sebuah pekerjaan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Orientasi dan Sosialisasi bagi Karyawan Baru 1 Finansialku

[Baca Juga: Wajib Paham! Ini Hak Karyawan yang Mengundurkan Diri]

 

Jika Anda sering menempatkan karyawan di posisi yang kurang nyaman, dan memiliki ekspektasi tinggi tanpa memfasilitasi mereka, maka masalah akan muncul.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memiliki solusi untuk permasalahan yang sebenarnya adalah tanggung jawab Anda.

Misalnya, cari tahu apakah karyawan Anda membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan skill mereka dalam bekerja? Bagaimana dengan sistem di dalam perusahaan Anda, apakah sudah cukup mendukung aktivitas mereka?

 

#4 Memberikan Reward dan Bonus

Positive reinforcement adalah konsekuensi positif yang mengarahkan perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kembali perilaku tersebut.

Konsekuensi positif dalam konteks ini adalah bonus yang diberikan untuk karyawan.

Setiap orang pasti ingin dihargai, salah satu cara menghargainya adalah dengan memberikan bonus. Bonus dapat diberikan dalam berbagai macam, dapat berupa uang, liburan khusus atau benda.

“Investasi” terhadap karyawan ini dapat membantu karyawan untuk bekerja lebih giat untuk perusahaan Anda. Secara tidak langsung, Anda meningkatkan keuntungan Anda dengan fokus pada loyalitas karyawan.

 

#5 Memberikan Apresiasi untuk Karyawan yang Berprestasi

Seorang karyawan akan merasa senang dan bangga bila hasil kerja mereka dihargai.

Sebagai bagian HR atau personalia, Anda dapat memberikan apresiasi dalam acara khusus seperti company gathering. Hal ini dapat meningkatkan semangat dan loyalitas mereka.

Namun, memberikan apresiasi harus dilakukan secara adil, jika tidak, hal tersebut akan terlihat seperti ketimpangan dan ketidakadilan.

Pastikan bahwa Anda memberikan apresiasi kepada karyawan yang tepat dan seimbang dengan hal yang telah mereka lakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Gaya Kepemimpinan Demokratis 01 Karyawan Rapat - Finansialku

[Baca Juga: Karyawan Bahagia Bisa Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Kerja Lho!]

 

#6 Memberikan Kontrol Kepada Karyawan

Menurut penelitian, perusahaan yang memiliki karyawan yang memiliki kontrol lebih, yang berarti mereka dapat membuat keputusan dibandingkan hanya mengikuti perintah, memiliki 31% tingkat pergantian yang lebih rendah.

Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan hal tersebut adalah memberikan kebebasan waktu bekerja kepada karyawan namun tetap memberikan batas waktu.

 

#7 Mengembangkan Budaya Perusahaan yang Positif

Budaya perusahaan dapat menjadi langkah selanjutnya untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Budaya perusahaan hadir pada setiap organisasi, baik kecil maupun besar.

Sebagai contoh, perusahaan yang memiliki budaya senioritas akan lebih tidak menarik dibandingkan perusahaan yang memiliki budaya kesamaan dan keadilan.

Budaya perusahaan tidak dapat dibentuk hanya dalam 1 malam. Oleh karena itu, Anda harus mulai mengembangkan budaya perusahaan yang positif. Karyawan pun akan bangga dengan tempat kerja mereka.

Budaya perusahaan yang berkembang selain dapat meningkatkan loyalitas karyawan, tetapi juga dapat menyelaraskan tujuan perusahaan dengan karyawannya.

 

#8 Meningkatkan Keikutsertaan Karyawan dalam Strategi Perusahaan

Seorang karyawan akan merasa ‘berarti’ atau ‘lebih dibutuhkan’ apabila mereka dapat ikut serta menentukan strategi perusahaan.

Pastinya setiap posisi memiliki wewenang masing-masing, namun, untuk meningkatkan loyalitas karyawan, Anda dapat meningkatkan partisipasi karyawan.

Salah satu contohnya adalah dengan memberikan wewenang kepada karyawan untuk ikut serta melakukan wawancara karyawan baru, melakukan gathering bersama untuk membahas masalah perusahaan.

Cara ini akan membuat pekerjaan mereka terkoneksi dengan perusahaan. Selain itu, mereka akan memiliki motivasi dan keinginan untuk bekerja demi perusahaan yang lebih baik.

 

Jadilah HR yang Bersedia Menerima Saran dan Kritik

Saran dan kritik adalah hal yang dapat menumbuhkan perasaan dihargai untuk pemberinya dan mengembangkan penerimanya.

Oleh karena itu, untuk dapat meningkatkan loyalitas karyawan, kritik dan saran adalah hal yang tidak boleh disepelekan.

Oiyah, satu hal penting lainnya, tentunya Anda ingin memiliki kondisi keuangan yang sehat bukan?

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana..

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Semoga artikel ini dapat membantu perusahaan Anda menjadi lebih baik dengan karyawan yang semakin betah.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan pertanyaan Anda di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Halvorson. 5 September 2013. 10 Steps to Increasing Employee Loyalty. Wheniwork.com – https://bit.ly/2JY8qpY
  • Rant Guswandy. 23 Februari 2018. 8 Cara Menumbuhkan Loyalitas Karyawan Terhadap Perusahaan. Linovhr.com – https://bit.ly/2K0rpQJ

 

Sumber Gambar:

  • Karyawan – http://bit.ly/2ZoaY5T