Melek keuangan adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang terutama karyawan.

Artikel ini akan membahas manfaat memiliki literasi keuangan dan cara apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu melek keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Literasi Keuangan

Melek keuangan dapat juga disebut sebagai literasi keuangan atau financial literacy. Literasi keuangan dapat diartikan sebagai pengetahuan atau kemampuan seseorang dalam mengatur keuangan.

Dengan adanya literasi keuangan, seseorang dapat membuat keputusan atas seluruh sumber finansial mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Literasi keuangan merupakan sebuah pengetahuan yang memiliki banyak sekali manfaat.

 

Mengapa Literasi Keuangan Penting?

Seseorang membutuhkan literasi keuangan untuk membantu mereka dalam menentukan pilihan keuangan secara bijak untuk menghindari stres atau tekanan finansial.

Selain itu, literasi keuangan dapat membantu seseorang untuk mengatur keuangannya dengan lebih bijak.

Bagaimana Cara Rekap Keuangan Selama Setahun Dengan Mudah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Literasi Keuangan untuk Usaha Rintisan Indonesia]

 

Dengan adanya literasi keuangan, seseorang dapat menentukan prioritasnya dan mengambil keputusan finansial dengan berlandaskan dasar pengetahuan keuangan yang kokoh.

Literasi keuangan juga bermanfaat dalam membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda dengan lebih cepat.

Anda akan mengetahui cara-cara untuk mengefisiensikan keuangan Anda sehingga tujuan yang Anda capai akan lebih banyak dan lebih cepat.

 

Meningkatkan Literasi Keuangan: Cara Karyawan Melek Keuangan

Pembahasan di atas menunjukkan betapa bergunanya literasi keuangan, baik untuk para karyawan atau seluruh golongan pekerjaan dan usia.

Memang bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan pengetahuan keuangan. Oleh karena itu, di bawah ini terdapat beberapa cara untuk meningkatkan literasi keuangan.

 

#1 Mulai dari Sekarang

Tidak ada kata terlalu dini atau terlalu tua dalam konteks literasi keuangan. Setiap orang memiliki prioritas keuangannya masing-masing serta tujuan keuangan yang berbeda.

Ada yang jangka panjang, ada pula yang jangka pendek. Ada yang masih jauh, ada yang sudah dekat. Apapun tujuan dan prioritas Anda, literasi keuangan akan membantu Anda untuk mencapainya.

Oleh karena itu, tingkatkan kesadaran Anda akan pentingnya literasi keuangan mulai dari sekarang. Sebagai karyawan, cara yang paling mudah adalah dengan terbiasa akan keuangan pribadi atau keluarga.

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 02 Laporan Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Lebih Mendalam Seputar Literasi Keuangan]

 

Menjadi familiar akan keuangan diri sendiri berarti Anda tahu berapa yang Anda hasilkan, yang Anda habiskan serta berapa yang keluar dan kemana uang tersebut dihabiskan.

Mengetahui dengan detail seluruh aspek keuangan pribadi, mulai dari pemasukan, pengeluaran, utang, pinjaman, tabungan serta investasi merupakan tahap awal untuk meningkatkan literasi keuangan.

 

#2 Perbanyak Ilmu Keuangan

Anda dapat mencari dan menambah pengetahuan akan keuangan dengan banyak cara. Mulailah dari membaca.

Membaca artikel baik secara online maupun dari majalah atau koran adalah tahap awal untuk memperkenalkan Anda ke dunia keuangan.

Selain membaca, Anda pun dapat mengikuti seminar keuangan gratis atau menonton video yang membahas tentang pengaturan keuangan. Anda tidak harus terpaku secara spesifik kepada satu pembahasan.

Pentingnya Literasi Keuangan untuk Usaha Rintisan Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR: Literasi Keuangan di Tempat Kerja Menjadikan Karyawan Lebih PRODUKTIF dan SEHAT Secara Keuangan]

 

Anda dapat mencari pembahasan keuangan yang menarik atau berguna untuk kondisi Anda pada saat ini. Misalnya Anda lebih tertarik pada ‘cara berinvestasi’ dibandingkan ‘cara terlepas dari utang’.

Mungkin pada awalnya Anda akan kebingungan dengan seluruh terminologi yang digunakan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Anda pasti akan terbiasa dan lebih mudah mengerti.

Anda juga bisa mengikuti online course dari Finansialku. Anda bisa upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium menggunakan kode referral BERKAH50 untuk mendapatkan potongan Rp50.000.

Jika Anda belum download Aplikasi Finansialku, Anda bisa dengan mudah klik link di bawah ini atau bisa melalui Google Play Store.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#3 Tentukan Tujuan Keuangan Anda

Literasi keuangan tidak hanya membantu Anda mengatur keuangan, tetapi juga dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan.

Ironisnya, untuk membantu Anda mendapatkan tujuan keuangan Anda harus meningkatkan literasi keuangan dengan menentukan tujuan keuangan.

Tujuan keuangan ini akan membantu meningkatkan tanggung jawab keuangan. Tanggung jawab ini akan lebih mudah dipenuhi apabila Anda telah memiliki tujuan keuangan yang jelas.

Tentukan apa yang menjadi financial goal Anda. Apakah tujuan tersebut dapat tercapai dalam jangka pendek? Atau tujuan keuangan tersebut membutuhkan waktu?

 

#4 Kenali Diri Anda

Salah satu langkah dalam literasi keuangan adalah pengetahuan akan diri sendiri. Selain tujuan keuangan yang telah dibahas di atas, banyak hal lain yang harus Anda kenali.

Yang pertama adalah jarak waktu Anda. Seseorang yang muda pasti akan memiliki prioritas keuangan yang berbeda dengan yang tua. Selanjutnya, adalah toleransi atas risiko.

Dengan mengetahui toleransi Anda terhadap risiko, Anda akan lebih mudah memilih instrumen investasi yang sesuai. Beberapa hal lain yang juga patut dipertimbangkan adalah profil kredit, dan pegangan hidup.

 

#5 Mulai Belajar Mengatur Keuangan Diri Sendiri

Literasi keuangan bukanlah hal yang dapat Anda pelajari dengan membaca atau mendengar saja. Anda membutuhkan pengalaman untuk dapat menjadi pribadi yang semakin melek keuangan.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menyusun anggaran serta patuh pada anggaran tersebut. Mulailah dengan mencatat seluruh pengeluaran bulanan Anda selama beberapa bulan.

4,5 Keuntungan Mencatat Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pahami 5 Kunci Utama Literasi Keuangan Supaya Pandai Mengatur Uang]

 

Kemudian, susunlah rencana pengeluaran berdasarkan catatan pengeluaran yang telah Anda catat. Ingatlah untuk menghilangkan pengeluaran yang tidak diperlukan.

Lakukan revisi anggaran Anda ketika diperlukan. Sebagai contohnya ketika angsuran Anda bertambah, pemasukan Anda berkurang atau bertambah dan sebagainya.

Tips agar Anda dapat lebih disiplin pada anggaran yang telah Anda susun adalah dengan membuat anggaran tersebut lebih fleksibel.

Dengan belajar mengatur keuangan diri sendiri, Anda telah melakukan langkah awal untuk mengerti mengenai keuangan.

 

#6 Mengidentifikasi Sumber Informasi yang Salah

Kesadaran akan pentingnya literasi keuangan tidak boleh lepas dari pentingnya ilmu dan informasi yang diterima. Kebanyakan situs keuangan yang beredar dapat berisi informasi yang menipu demi keuntungan pribadi mereka.

Misalnya situs yang memberikan informasi mengenai dampak negatif dari pemakaian kartu kredit akan sulit bekerja sama dengan pihak kartu kredit.

Sebaliknya, situs yang berisi iklan kartu kredit mungkin akan memberikan informasi dari dampak positif kartu kredit tanpa memberikan informasi jujur akan dampak negatifnya.

 

#7 Diskusi dan Komunikasi

Literasi keuangan dapat dimulai dari komunikasi Anda. Jika Anda telah berkeluarga, Anda dapat membahas finansial di lingkungan rumah Anda. Jika belum berkeluarga, Anda dapat berdiskusi dengan kolega kerja Anda.

Investasi Keuangan Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Orang tua, Ini Dia Manfaat Menerapkan Literasi Keuangan Pada Anak]

 

Mengetahui cara orang lain mengatur keuangan akan membantu Anda mengetahui mana yang salah dan mana cara pengaturan keuangan yang benar.

Diskusi ini juga dapat meningkatkan kesadaran Anda dan motivasi Anda untuk meningkatkan literasi keuangan.

Selain itu, dengan berdiskusi dan berkomunikasi, Anda dapat membuat keputusan keuangan dengan lebih efektif karena Anda telah mendapatkan banyak pertimbangan.

 

Tingkatkan Literasi Keuangan Anda Sejak Dini

Semakin dini Anda mengetahui dan mendapatkan pengetahuan keuangan, Anda akan terhindar dari keputusan keuangan yang salah.

Walaupun Anda melakukan kesalahan sekalipun, Anda akan mampu kembali dan memperbaikinya serta mulai untuk merencanakan masa depan Anda. Oleh karena itu, literasi keuangan adalah hal yang sangat penting dan harus Anda miliki.

Untuk menambah pengetahuan keuangan, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Artikel ini diharapkan dapat membantu Anda menyadari pentingnya literasi keuangan serta manfaat melek keuangan dalam membantu Anda mencapai tujuan finansial yang Anda inginkan.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Ways to Improve Your Financial Literacy. Allbusiness.com – https://bit.ly/2V6iu7q
  • Brian Martucci. 2 April 2019. Are You Financially Literate? – Tips & Resources to Boost Your Money Smarts. Moneycrashers.com – https://bit.ly/2ZEcnFY

 

Sumber Gambar:

  • Melek Keuangan – http://bit.ly/2GNiq2q