Pahami 5 Kunci Utama Literasi Keuangan Supaya Pandai Mengatur Uang

Apa kunci utama literasi keuangan? Dan apa pengaruhnya literasi keuangan terhadap kondisi finansial seseorang? Kali ini Finansialku akan membahas 5 kunci utama literasi keuangan supaya Anda pandai mengelola uang.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Literasi Keuangan Secara Mendasar

Sebesar apapun penghasilan seseorang, bila tidak di-manage dengan baik maka bisa membuat orang tersebut kesulitan dalam hal keuangan.

Hal ini dikarenakan sifat uang yang mirip dengan waktu, di mana seseorang yang ngganggur atau mempunyai banyak waktu biasanya akan terlena.

Orang yang memiliki uang dalam jumlah banyak juga bisa terlena dan kurang disiplin mengatur pengeluarannya.

 

5 Kunci Utama Literasi Keuangan Supaya Pandai Mengatur Uang

Hal yang paling penting dalam literasi keuangan adalah mengatur keuangan sesuai kebutuhan. Ia tahu kapan harus mengeluarkan uang untuk membeli barang, tahu kapan harus kredit agar segera memenuhi kebutuhan, dan lain-lain.

Ada beberapa komponen yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran dalam mengatur keuangan, 5 komponen utama dalam mengatur keuangan adalah sebagai berikut:

 

#1 Belajar Dasar-dasar Pengelolaan Uang

Hal yang pertama harus dikuasai oleh seseorang dalam mengatur keuangannya adalah dengan cara membuat anggaran pendapatan dan pengeluarannya. Hal ini penting dimiliki agar segala pendapatan dan pengeluaran yang ada nantinya sesuai dengan perencanaan.

Adanya kematangan dalam hal pengaturan jumlah pendapatan serta pembelanjaan nantinya akan menjadikan seseorang bisa melihat barang dan jasa apa saja yang dapat dipenuhinya.

Cara Membuat Skala Prioritas Dalam Mengatur Keuangan Keluarga Anda 02 Perencana Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Slide: 5 Kesalahan Manajemen Keuangan Pemilik Bisnis Online yang Sering Dilakukan! Plus Solusinya]

 

Pada zaman yang serba modern ini telah tersedia berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur jumlah pengeluaran serta pemasukan sehari-hari.

Hal terpenting dalam mengatur keuangan adalah tertib melakukan pembelanjaan sesuai dengan yang telah direncanakan. Hal ini selain membuat keuangan seseorang teratur, juga melatih kedisplinan dalam melakukan sesuatu sesuai rencana.

Seseorang yang berpedoman pada anggaran yang telah dibuatnya akan mengetahui kemana saja uangnya habis dibelanjakan. Alhasil ia pun bisa mengetahui dengan pasti kebutuhan mana saja yang masih terjangkau dan dapat dipenuhinya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Meskipun Kedengaran Sepele, Jangan Meremehkan Bunga

Bunga merupakan keuntungan yang akan didapatkan oleh seseorang karena menabungkan sejumlah uangnya di bank.

Perhitungan bunga didasarkan pada presentase jumlah uang yang ditabungkan dan biasanya akan diperlihatkan tiap bulannya. Karena bunga tabungan cenderung kecil, banyak orang yang menganggap bahwa apa yang ditabungnya hanya menghasilkan sedikit uang.

Perhitungan bunga akan terasa hasilnya saat memasuki masa tabungan yang sudah bertahun-tahun.

Investasi-Reksadana-Syariah-1-Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Robert T. Kiyosaki: Pikiran Anda Adalah Aset Terbesar]

 

Perhitungan mengenai bunga sendiri tentunya merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan seksama. Besarnya bunga yang ditawarkan oleh bank akan mempengaruhi seseorang dalam memilih investasi berbentuk tabungan atau yang lainnya seperti saham.

Masalah bunga bukan hanya harus dipahami oleh penabung, orang yang sedang berutang juga harus mempersiapkan perhitungan dengan matang.

Sebelum membeli barang misalnya, Anda harus membandingkan selisih harga jika membelinya dengan uang cash atau dengan berutang.

 

#3 Menabung Apa Saja

Menabung akan membuat seseorang memiliki uang simpanan untuk masa depannya.

Tentunya untuk dapat menabung, seseorang harus membiasakan pola hidup hemat. Pengertian dari hemat sendiri tidak bisa disamakan dengan pelit, karena keduanya merupakan hal yang sangat berbeda.

Orang yang pelit merupakan manusia dengan keinginan untuk selalu sayang terhadap segala pengeluarannya, meskipun itu adalah keperluan genting.

Hemat sangat berbeda dengan pelit, hemat artinya melakukan pengeluaran sesuai kebutuhan. Di mana ketika seseorang memiliki uang dalam jumlah banyak namun kebutuhannya sudah terpenuhi, maka ia tidak akan membelanjakan sisanya untuk hal yang sifatnya tidak perlu.

Sisa uang yang ada tadi bisa ditabung untuk masa tua, saat sudah tidak bekerja lagi.

Tentunya kemampuan seseorang untuk menyisihkan sebagian pendapatannya guna ditabung adalah sesuatu yang tidak mudah dilakukan jika tidak membiasakan diri.

Seseorang yang ingin bisa memiliki pola hidup hemat dan menabung untuk masa depannya maka sebaiknya belajar sedikit demi sedikit agar mempunyai kebiasaan baik ini.

 

#4 Hindari Sikap Konsumtif dengan Kartu Kredit dan Debit

Penggunaan kartu kredit maupun kartu debit memang akan memudahkan seseorang dalam melakukan berbagai transaksi, tapi hal ini bisa juga membuat seseorang menjadi lebih boros.

Adanya kartu kredit atau debit yang tinggal digesek ketika mau belanja akan membangkitkan sifat konsumerisme manusia.

Menghadapi permasalahan ini, maka sebaiknya seseorang berusaha menghindari sifat konsumtif dengan tidak membeli barang-barang yang tidak perlu.

5-Kunci-Utama-Literasi-Keuangan-2-Finansialku

[Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan]

 

Kartu kredit ataupun debit yang ada di dompet bukan dijadikan sebagai alat untuk melakukan pemborosan, melainkan digunakan untuk mempermudah transaksi jual beli sehingga lebih praktis.

Anda harus bisa menerapkan gaya hidup hemat sesuai dengan perencanaan keuangan meskipun mempunyai kartu kredit atau debit

 

#5 Pahami Isu yang Beredar Karena Sistem Ekonomi Pasti Terimbas

Berbagai isu yang ada di berita baik itu melalui TV, radio, surat kabar, ataupun internet harus ditanggapi dengan saksama. Pasalnya isu yang sedang beredar itu bisa berdampak pada perekonomian.

Berbagai isu tentang keamanan dalam dunia perbankan juga patut untuk diperhatikan agar Anda lebih waspada dan tidak mengalami kejadian yang fatal sehingga merugikan.

Isu-isu yang berhubungan dengan politik, terutama yang berkaitan dengan keadaan dalam negeri sebaiknya diperhatikan dengan cermat.

Karena pada dasarnya, isu tersebut akan mempengaruhi situasi perekonomian di Indonesia. Salah satu dampaknya adalah harga barang menjadi mahal, sehingga perlu dilakukan berbagai antisipasi agar dapat menyesuaikan dengan pengeluaran dan pendapatan.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Pentingnya Memahami Literasi Keuangan

Di atas adalah 5 kunci utama dalam literasi keuangan supaya Anda bisa mengatur uang dengan sebaik mungkin.

Miliki pengetahuan tentang keuangan dan Anda bisa memantau uang Anda dengan tepat.

 

Bagaimana Anda akan mengatur uang berdasarkan literasi keuangan? Temukan jawabannya dengan berdiskusi bersama rekan yang lebih mengerti tentang literasi keuangan, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Elizabeth Hoyt. 20 Maret 2017. The 5 Key Components of Financial Literacy. Fastweb.com – https://goo.gl/a3Z919

 

Sumber Gambar:

  • Literasi Keuangan – https://goo.gl/bytPNN
  • Literasi Keuangan 2 – https://goo.gl/KNeqc3

 

Summary
Pahami 5 Kunci Utama Literasi Keuangan Supaya Pandai Mengatur Uang
Article Name
Pahami 5 Kunci Utama Literasi Keuangan Supaya Pandai Mengatur Uang
Description
Apa kunci utama literasi keuangan? Dan apa pengaruhnya literasi keuangan terhadap kondisi finansial seseorang?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment

Thanks!

Hi, ada yang bisa Finansialku.com bantu?

Konsultasi ke Perencana Keuangan

Event Terdekat

In House Training

Cek Kondisi Keuangan

Buat Financial Planning