Bagaimana cara meningkatkan kondisi keuangan? Apakah kondisi keuangan bisa ditingkatkan? Tentu saja bisa! Kali ini Finansialku akan memberikan penjelasan mengenai cara meningkatkan keuangan! Lakukan sekarang juga!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Planner

 

Cara Meningkatkan Keuangan

Mengelola keuangan adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki setiap orang. Mampu tidaknya seseorang dalam mengelola keuangan akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan mereka. Jika seseorang tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik, hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraannya sendiri. Mereka tidak akan bisa membeli barang yang diinginkan semaunya karena masalah keuangan.

Orang-orang yang tidak mampu mengelola keuangan juga cenderung mudah menghabiskan uang mereka pada hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat, seperti berutang dan berfoya-foya. Karena itulah kemampuan yang baik dalam mengelola keuangan sangat diperlukan.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kondisi keuangan menjadi lebih baik melalui pengelolaan yang tepat, kami memiliki beberapa cara yang dapat membantu Anda.

7 Cara untuk Meningkatkan Keuangan Sekarang Juga - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelancer, Inilah 7 Rahasia Keuangan bagi Anda yang Perlu Anda Ikuti]

 

Berikut merupakan 7 cara untuk meningkatkan kondisi keuangan dimulai dari kehidupan sehari-hari, di antaranya:

 

#1 Buat Rencana Pengeluaran

Membuat rencana pengeluaran yang tepat akan banyak membantu dalam mengelola keuangan. Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Selain itu mereka juga masih harus mengalokasikan uang untuk membayar utang, cicilan, dan tabungan.

Agar kondisi keuangan meningkat, buatlah rencana pengeluaran yang jelas dan tepat. Pastikan setiap penghasilan yang didapat masuk ke dalam pos-pos yang telah ditentukan. Cobalah juga untuk berkomitmen pada list pengeluaran yang sudah dibuat.

Dengan membuat rencana pengeluaran dan berkomitmen pada rencana yang dibuat sendiri secara otomatis kita akan terhindar dari menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Rencana pengeluaran juga mampu meningkatkan kondisi keuangan menjadi lebih baik dan mapan.

Karena orang yang berdisiplin dalam membuat rencana dan merealisasikan rencana tersebut merupakan orang-orang yang mampu mengelola keuangan sehingga kondisi keuangan menjadi lebih baik.

 

#2 Jangan Langsung Berpikir Mau Beli Apa

Saat memiliki uang lebih, hal pertama yang terlintas di dalam pikiran kita adalah bagaimana caranya menghabiskan uang tersebut. Kita langsung terdorong untuk membeli barang yang sebelumnya sudah lama diincar tetapi belum sempat terbeli karena masalah dana.

Pikiran semacam ini sangat berbahaya dalam proses pengelolaan uang yang sehat. Keinginan untuk belanja hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan tidak boleh sekalipun terlintas jika kita ingin meningkatkan kondisi keuangan menjadi lebih baik.

Karena itulah, usahakan untuk berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Daripada membeli hal yang tidak berguna, lebih baik pergunakan uang Anda untuk berinvestasi atau disimpan sebagai dana darurat.

[Baca Juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita dalam Mengatur Keuangan]

 

#3 Berinvestasilah pada Program Investasi yang Tepat

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan. Tetapi saat berinvestasi jangan sembarangan mengambil keputusan. Pastikan setiap investasi yang dilakukan tepat sasaran dan menguntungkan.

Salah satu investasi yang menguntungkan dan minim risiko adalah investasi di bidang properti. Investasi semacam ini mampu memberikan keuntungan berlipat karena harga tanah dan bangunan cenderung stabil dan meningkat setiap tahunnya.

Investasi dapat meningkatkan kondisi keuangan secara cepat karena keuntungan yang didapat bisa digunakan menutupi utang dan pengeluaran dadakan yang dapat mungkin mengancam kestabilan ekonomi pribadi.

 

#4 Jangan Menghindari Utang

Jika kita terlanjur memiliki utang, berusahalah untuk melunasi utang-utang tersebut agar kondisi keuangan bisa meningkat. Jangan pernah menghindari pembayaran utang karena akibatnya bisa berdampak buruk pada kredibilitas dan kehormatan kita.

Agar membayar utang terasa lebih ringan, diskusikan kondisi keuangan Anda dengan kreditor. Mintalah jangka waktu yang masuk akal untuk melunasi utang-utang tersebut secara bertahap dengan nominal cicilan yang kita mampu.

Utamakan membayar semua utang sebelum melakukan investasi atau pembelian hal-hal tidak penting jika kita memiliki uang lebih. Jika semua utang lunas, maka secara otomatis kondisi keuangan juga akan meningkat menjadi lebih baik.

[Baca Juga: Ini 5 Rahasia Pembelajaran Keuangan yang Penting]

 

#5 Menabung untuk Persiapan Kebutuhan Mendesak

Menabung merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kondisi keuangan. Gunakan tabungan hanya di saat-saat mendesak. Perlakukan tabungan selayaknya tabungan bukan sebagai dompet yang isinya bisa kita ambil sewaktu-waktu.

Jadikan tabungan sebagai dana darurat untuk kebutuhan mendadak yang mungkin akan dialami di masa yang akan datang.

 

#6 Jangan Terlalu Sering Memberi

Memberi disini kaitannya dengan memberi barang atau uang pada orang yang mampu seperti mentraktir teman atau membeli barang-barang mewah untuk kekasih tercinta. Jika ingin kondisi keuangan meningkat, hindari memberi hal-hal yang tidak perlu diberikan.

Jika ingin memberi, lebih baik salurkan keinginan tersebut untuk beramal di tempat yang lebih membutuhkan seperti panti asuhan, tempat ibadah, atau orang-orang miskin.

[Baca Juga: Bicara Tentang Keuangan Anda dengan Orangtua Anda]

 

#7 Mulai Bisnis Sendiri

Untuk meningkatkan kondisi keuangan, Anda juga dapat membuka dan membangun usaha Anda sendiri. Pastikan usaha yang dimiliki kelak dibangun dengan sebuah komitmen dan keseriusan agar bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah.

Selain bisa menghasilkan keuntungan, bisnis pribadi juga mampu meningkatkan kondisi keuangan menjadi lebih baik. Agar bisnis bisa berjalan lancar dan lama, pilihlah bidang bisnis yang unik dan Anda sukai. Daripada berutang, gunakan tabungan Anda sebagai modal untuk memulai bisnis tersebut.

Bisnis yang dibangun dengan kesungguhan dan komitmen yang kuat akan mampu memperbaiki kondisi keuangan yang sebelumnya tidak terlalu baik.

 

Meningkatkan Kondisi Keuangan

Nah, itulah beberapa cara untuk meningkatkan kondisi keuangan ke arah yang lebih baik lagi. Ketika Anda meningkatkan keuangan Anda, maka hidup Anda akan lebih baik lagi dari sebelumnya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dengan benar agar hasilnya bisa dinikmati di masa yang akan datang.

 

Bagaimana cara yang efektif dan efisien bagi Anda dalam meningkatkan keuangan? Berikan pendapat dan jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Nurmayanti. 11 Juni 2013. 10 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi. Liputan6.com – https://goo.gl/kp8REC
  • Deacon Hayes. 7 Ways to Improve Your Finances Today. Wellkeptwallet.com – https://goo.gl/FY5wca

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan – https://goo.gl/B9MdpG
  • Grafik – https://goo.gl/xvSLda

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang