Apakah Anda adalah calon pemimpin? Miliki 6 soft skills seorang pemimpin untuk membekali Anda dalam mengarahkan para anggota kepada tujuan dan kesuksesan kelompok. Mari simak liputannya melalui rubrik berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tak Hanya Technical Skills Tetapi Juga Soft Skills

Teori kepemimpinan merupakan penggeneralisasian suatu seri perilaku pemimpin dan konsep-konsep kepemimpinannya, dengan menonjolkan latar belakang historis, sebab-sebab timbulnya kepemimpinan, persyaratan pemimpin, sifat utama pemimpin, tugas pokok dan fungsinya serta etika profesi kepemimpinan (Kartini Kartono, 1994: 27).

Para pemimpin yang sukses di belahan dunia manapun tidak hanya menguasai keterampilan teknis (technical skill) di bidangnya. Tapi juga mereka secara persuasif ahli mengendalikan situasi dan kondisi dan menempatkan dirinya dengan tepat di lingkungan pekerjaannya (soft skill).

6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5 02 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Pada umumnya, soft skill dikenal sebagai keterampilan interpersonal. Seperti negosiasi, diplomasi, adaptasi, membangun semangat dan menjaga hubungan baik dengan berbagai pilihan. Hal itulah yang tidak sedikit menjadi kunci sukses keberhasilan seorang pemimpin.

Menurut Resourceful Manager, situs yang mendedikasikan dirinya untuk membuat para manajer atau pemimpin untuk lebih efektif menjalankan pekerjaannya, banyak pemimpin yang cerdas dan memiliki kemampuan teknis yang sangat baik. Namun, mereka tidak ahli dalam mengeksekusi, karena minimnya soft skill yang dimiliki.

 

6 Soft Skills yang harus dimiliki oleh Para Calon Pemimpin

Soft skill merupakan kemampuan di luar dari kemampuan akademik. Sering tidak diperhitungkan, tetapi menentukan keberhasilan seseorang dalam hidupnya. Berikut ini beberapa soft skill yang seharusnya dimiliki oleh para calon pemimpin.

                                                                                                                     

#1 Komunikasi

Ekspresikan diri dengan baik melalui komunikasi. Bukan artinya Anda harus menjadi orator atau penulis yang handal. Seni mempengaruhi orang lain melalui kemampuan komunikasi memang sangatlah unik. Pengaruhi orang lain lewat presentasi dan bujukan yang Anda lakukan.

Sehebat apapun sebuah ide, tidak akan dipahami oleh orang lain jika seorang pemimpin tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Brian Tracy, seorang penulis, mengatakan bahwa:

“Communication is a skill that you can learn, Its like riding a bicycle or typing. If you are willing to work at it, you can rapidly improve the quality of every part of your life.”

 

Memahami orang lain atas apa yang ada di benak seorang pemimpin, membutuhkan komunikasi yang dapat dipahami oleh kedua belah pihak. Seorang pimpinan perlu untuk memahami karakter setiap orang di dalam timnya, lalu mencari cara komunikasi yang paling efektif yang dapat diterima dan dipahami. Hanya dengan komunikasi yang baik, produktivitas kerja akan meningkat dan suasana kerja akan menjadi makin kondusif.

 

#2 Kemampuan Bernegosiasi

Kebanyakan pemimpin bernegosiasi sepanjang harinya, dengan klien, karyawan, teman-teman dan keluarga. Negosiator yang sukses adalah yang tetap adil dan perhatian dengan keinginan orang lain sambil mendorong apa yang mereka inginkan.

Seiring dengan kemampuan komunikasi yang meningkat dan mumpuni, tentu kemampuan Anda dalam bernegosiasi dengan orang lain pun akan berkembang dengan sendirinya. Kembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan orang lain. Dengan bernegosiasi, Anda dapat membujuk orang lain dan mempengaruhi mereka untuk melakukan apa yang menjadi tujuan Anda, bahkan tanpa mereka sadari sebelumnya.

 

#3 Mendelegasikan Tugas

Ketika menjadi seorang pemimpin, memang dituntut untuk dapat mengerti dalam setiap bagian tugas dari para anggotanya, tetapi bukan berarti semua hal harus dilakukan oleh seorang pemimpin seorang diri.

9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui]

 

Mengerjakan sendiri seluruh pekerjaan di dalam sebuah perusahaan meskipun mampu, tidak serta merta menjadikan seorang pemimpin nampak hebat di mata seluruh timnya. Jika sang pemimpin tidak memiliki rasa percaya terhadap timnya, maka ia tidak akan mencapai kemajuan yang diharapkan.

Mempercayai anggota tim adalah sebuah kekuatan yang bisa membuat setiap proyek berjalan dengan baik. Mampu mendelegasikan ide-ide pemikiran dan eksekusi di lapangan adalah skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Rasa percaya terhadap orang-orang yang dipimpinnya, lahir dari atmosfer kejujuran yang ada di dalam perusahaan atau organisasi tersebut.

 

#4 Intuitif

Indira B.Widjanarko, Founder Sebangsa, sebuah platform media sosial dalam negeri pernah mengatakan bahwa:

“Seorang pemimpin harus tahu, apakah sebuah proyek dapat dijalankan dan berhasil dengan baik atau tidak. Untuk itu diperlukan intuisi yang baik.”

 

Ketika menghadapi masalah, seorang pemimpin perlu memiliki sense tersendiri bahwa keputusan yang dia ambil adalah tepat berdasarkan berbagai data yang ia peroleh dan setiap kemampuan serta kerja sama dari para anggota kelompoknya untuk menyelesaikan tugas.

 

#5 Pendekatan Personal

Kemampuan ini memampukan setiap pemimpin untuk mengenal setiap pribadi dari para anggota dengan baik, mengetahui setiap permasalahan dan memberikan solusi tepat bagi mereka serta memobilisasi mereka sesuai tugas dan tanggung jawab berdasarkan kemampuan optimal para anggotanya. Melalui pendekatan personal, seorang pemimpin mampu memberikan arahan dan motivasi bagi para anggotanya bahkan suatu kritikan sekalipun yang tidak membuat anggotanya itu menjadi pesimis untuk melakukan tugasnya.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

#6 Pemberi Solusi

Tak jarang setiap hambatan yang dialami membuat kemajuan dari sebuah kelompok menjadi “stuck”. Jalan buntu yang dialami oleh para anggota dalam menyelesaikan tugas akan menjadi suatu kerikil tersendiri.

Disinilah letak seorang pemimpin yang mampu memberikan solusi dan juga mengorganisir setiap kelemahan dari anggota menjadi keuntungan kelompok. Tidak banyak orang yang mampu memberikan solusi yang tepat terutama dalam hal yang bersifat kompleks.

 

Miliki Setiap Soft Skills Seorang Pemimpin

Membangun dan menjalankan sebuah perusahaan atau sebuah organisasi, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan ada banyak masalah yang dihadapi, dan akan menjadi sangat kompleks apabila orang-orang yang terlibat di dalamnya tidak solid.

Dengan memahami setiap soft skills yang diperlukan dalam menjadi seorang pemimpin, Anda akan lebih siap dalam melakukan tugas kepemimpinan dalam mengarahkan para anggota untuk bekerja sama dalam tim demi tercapainya tujuan yang telah disepakati bersama.

 

Soft skill mana yang belum Anda miliki? Bagikan pengalaman kepemimpinan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Deep Patel. 15 Juni 2017. 7 Personality Traits Every CEO Should Have. Forbes.com – https://goo.gl/Vs2jD2
  • Admin. 18 Desember 2012. Tiga Ketrampilan Utama Seorang Pemimpin. Kompasiana.com – https://goo.gl/6BjRFD
  • Raden J. Akbar. 29 April 2016. Lima ‘Soft Skill’ yang Dibutuhkan Pimpinan Sukses. Viva.co.id – https://goo.gl/QEMbTN
  • CEO insight. 10 Juni 2016. 10 Soft Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Leader. CEOstars.net – https://goo.gl/wCrZT1

 

Sumber Gambar:

  • Calon Pemimpin – https://goo.gl/gMP5om
  • Pemimpin – https://goo.gl/e4tib8

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com