Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan dan Tidak Semangat Bekerja!

Para pemimpin! Begini cara pemimpin memotivasi karyawan yang bosan dan tidak semangat bekerja dengan berbagai pendekatan yang dapat Anda lakukan melalui pembahasan artikel berikut ini.

Selamat memotivasi karyawan Anda dan menjadi pemimpin idaman ya…!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan Bosan

Mencari pekerjaan yang baik itu cukup sulit. Tidak heran jika banyak orang yang keluar masuk perusahaan atau tempat kerja dan mencari tempat kerja yang cocok.

Para pengusaha atau pemimpin perusahaan tentu mengerti akan sulitnya mempertahankan karyawan dan pekerja mereka.

Ketika menemukan karyawan yang sudah cocok dengan bagian pekerjaannya, ada saja tantangan untuk mempertahankan mereka agar tidak merasa bosan dan tetap termotivasi untuk meningkatkan kinerja mereka.

Para pengusaha tentu menginginkan para pekerja yang memiliki motivasi kerja yang tidak hanya sekadar mengharapkan gaji, tetapi mau semakin berkembang dan memiliki rasa tanggung jawab semakin tinggi atas pekerjaan mereka.

Banyak pemimpin berpikir bahwa dengan memberi uang atau tambahan gaji, para karyawan akan semakin meningkatkan motivasi kinerja mereka.

Pandangan tidak sepenuhnya salah karena karyawan Anda juga tentu akan sangat senang jika mendapatkan kenaikan gaji atau promosi kenaikan pangkat yang berimbas pada kenaikan pendapatan mereka.

Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 3 Skill Yang Perlu Dimiliki Untuk Menjadi Trader Saham Sukses!]

 

Namun, tahukah Anda bahwa ada berbagai banyak ide kreatif yang perlu dilakukan oleh para pemimpin untuk memotivasi para karyawan mereka untuk dapat bekerja lebih semangat, terutama mereka yang merasa bosan dengan apa yang mereka lakukan?

Mari berpikir di luar kotak pemikiran kita dan simak satu per satu beberapa ide kreatif mengenai cara pemimpin memotivasi karyawan bosan berikut ini.

 

#1 Biarkan Mereka Tahu Bahwa Anda Mempercayai Mereka

Ide pertama yang menjadi cara pemimpin memotivasi karyawan yang bosan adalah dengan memberikan kepercayaan kepada mereka.

Namun, buatlah agar tujuan untuk memotivasi mereka ini nampak begitu jelas. Jangan hanya sekadar memberikan harapan-harapan palsu kepada mereka.

Berikan kepercayaan secara jelas kepada mereka bahwa Anda begitu mempercayai mereka dan Anda sangat membutuhkan mereka untuk bekerja sama dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.

Anda akan melihat bagaimana mereka akan sangat bangga dengan diri mereka, meningkatkan harga diri dan juga membuat mereka semakin bersemangat dalam bekerja karena mengetahui dimana atasan mereka menaruh kepercayaan yang besar.

Beranikan diri Anda dan miliki hati yang lapang untuk mau memberikan kepercayaan lebih yang diutarakan secara jelas.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#2 Tetapkan Goal Kecil Setiap Minggunya

Para pemimpin tentu memiliki visi yang besar dan ingin meraih kesuksesan dan pencapaian yang luar biasa layaknya nelayan “menangkap ikan paus” dalam pemburuannya.

Tidak salah untuk memiliki tujuan atau goal yang sangat besar, itu sangat disarankan.

Namun, para pemimpin hebat tahu bahwa mereka harus membuat goal besar mereka menjadi sebuah tujuan-tujuan goal kecil dan pencapaian-pencapaian kecil setiap minggunya, misalnya mendapatkan 50 pelanggan baru setiap minggunya.

Jangan lupa untuk merayakan setiap pencapaian kecil bersama dengan karyawan Anda. Ini akan menambah semangat mereka dan semakin termotivasi untuk mengejar target yang lebih tinggi.

Kondisi Perusahaan yang Kurang Apresiatif Kepada Karyawan Akan Merugikan Perusahaan Anda 03 Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

#3 Jelaskan Visi Besar Anda

Anda tentu tidak ingin para karyawan Anda hanya sekadar bekerja dan yang penting pekerjaan mereka selesai tanpa tahu tujuan dari pekerjaan mereka.

Ketika karyawan tahu tujuan besar dari visi para pemimpin, dengan cara dan keterampilan yang mereka miliki, mereka akan bekerja untuk mencapai visi yang telah Anda berikan secara jelas.

Karyawan yang tidak memiliki kesamaan visi atau tujuan yang tidak sejalan, mereka hanya sekadar bekerja untuk memenuhi jam kerja mereka.

Visi yang jelas akan memotivasi kinerja mereka dan Anda akan melihat bahwa mereka “berjalan lebih jauh” dari yang Anda minta.

“Without a compelling vision that inspires everyone to rise up and make it happen, you can try every engagement trick in the book and you will only have short term boosts followed by crashes in morale. With vision at the helm though, you create an intrinsic aspiration that taps into the human desire to realize individual and collective greatness.”  – Shane Metcalf

“Tanpa visi yang menarik yang menginspirasi semua orang untuk bangkit dan mewujudkannya, Anda dapat mencoba setiap trik keterlibatan dalam buku dan Anda hanya akan memiliki dorongan jangka pendek diikuti dengan semangat kerja. Dengan visi kepemimpinan, Anda menciptakan aspirasi intrinsik yang menyentuh keinginan manusia untuk menyadari kehebatan mereka.“

 

#4 Tingkatkan Energi Positif

Setiap karyawan tentu memiliki minat dan kesenangan yang berbeda, tapi kebanyakan mereka senang dengan sebuah keakraban melalui aktivitas berkumpul bersama dan saling berbagi cerita.

Manfaatkan waktu makan siang atau saat weekend untuk berkumpul di kedai kopi, bersenang-senang dan saling mengenal satu dengan lainnya.

Olahraga futsal atau basket bisa menjadi salah satu alternatif untuk berkumpul dan berolahraga bersama.

Tujuannya adalah meningkatkan sportivitas dan mengenal lebih jauh bagaimana para karyawan Anda memiliki strategi dan menghadapi lawan serta bekerja sama dengan anggota tim dalam sebuah pertandingan kecil.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Membuat atmosfer kantor menjadi lebih menyenangkan, bersahabat dan jauhkan dari kelompok-kelompok atau gap yang cenderung bersifat destruktif atau tidak membangun kebersamaan.

Dalam situasi yang lebih bersahabat, mereka akan lebih terbuka akan apa yang sedang mereka hadapi.

Karyawan Anda tentu ada yang ingin meningkatkan taraf finansial mereka melalui wirausaha yang mereka rintis. Anda bisa memberikan Ebook Gratis dari Finansialku yang berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 Terbuka dengan Kondisi Perusahaan

Tidak ada seorangpun yang ingin rahasianya diketahui oleh orang lain.

Namun dalam sebuah perusahaan, jika karyawan Anda adalah bagian dari tim Anda untuk membangun dan mengembangkan perusahaan, Anda perlu memberikan gambaran yang jelas dan transparan dari keadaan perusahaan tentang berbagai masalah yang dihadapi, peluang masa depan perusahaan dan kendala yang perlu dilewati bersama.

Anda tidak akan pernah tahu bagaimana cara karyawan Anda akan berjuang demi perusahaan karena mereka merasa menjadi bagian dari perusahaan yang Anda pimpin atau setidaknya anggota tim dari divisi dimana Anda menjadi manajernya.

Ketika mereka merasa sebagai bagian penting yang menggerakkan perusahaan ke arah yang lebih baik, mereka akan menempuh cara terbaik dan berjuang bersama Anda.

 

#6 Kenali Lebih Dalam

Tak jarang suasana kantor nampak seperti sedang di kendaraan umum, dimana setiap orang hanya sibuk dengan pekerjaan mereka sendiri tanpa ada sosialisasi hangat yang terjalin di dalamnya.

Tantangan para pemimpin untuk menjaga motivasi karyawan adalah dengan mengenal mereka lebih dalam, apa yang menjadi minat atau kesukaan mereka, apa yang tidak mereka sukai, apa yang sedang mereka kerjakan atau usahakan diluar kantor. Misalnya, mereka sedang berusaha untuk mengejar kuliah mereka agar cepat lulus atau sedang merintis sebuah wirausaha kecil-kecilan.

Tingkatkan motivasi mereka dengan memberi perhatian terhadap peningkatan taraf finansial mereka melalui investasi dengan memberikan ebook Gratis Panduan Investasi dari Finansialku berikut ini:

 

Perhatian kecil Anda akan memberikan dampak besar bagi motivasi kerja mereka dan semangat mereka semakin meningkat untuk melakukan bagian mereka, bahkan lebih dari ekspektasi Anda.

 

#7 Ungkapkan Ketulusan Anda

Karyawan Anda tentu membutuhkan pekerjaan untuk bisa menafkahi keluarga mereka dan memiliki keadaan finansial yang lebih stabil, demikian juga Anda tentu membutuhkan para karyawan untuk bisa bekerja di perusahaan yang Anda pimpin dan memajukan perusahaan.

Timbal balik ini layaknya sebuah simbiosis yang saling menguntungkan satu dengan yang lain.

Para pemimpin hebat tahu bagaimana menempatkan diri mereka sebagai pemimpin yang memiliki kelapangan dada untuk mengakui rasa terima kasih mereka terhadap kinerja para karyawan.

Tanpa keterampilan, skill, kinerja yang mereka berikan, tidak mungkin perusahaan bisa mengalami kemajuan dan pencapaian demi pencapaian.

Ungkapkan rasa bangga dan terima kasih Anda kepada mereka.

Kondisi Perusahaan yang Kurang Apresiatif Kepada Karyawan Akan Merugikan Perusahaan Anda 01 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Eminem, Rapper dan Penulis Lagu Kelas Dunia]

 

Sebagai makhluk sosial, kita tentu membutuhkan pertolongan orang lain, demikian juga para pemimpin.

Para karyawan akan sangat termotivasi ketika mereka tahu bahwa Anda sebagai atasan mereka sangat membutuhkan mereka untuk bekerja dengan lebih bersemangat dan mencapai setiap goal atau tujuan yang telah ditetapkan.

 

#8 Berikan Kesempatan untuk Maju

Para pemimpin hebat tahu bagaimana memberikan kesempatan bagi para karyawan mereka untuk bisa mengembangkan diri dengan berbagai peluang yang ada.

Berikan kesempatan mereka untuk memimpin sebuah tim kecil atau proyek kecil, disamping menghargai setiap pendapat yang mereka berikan saat rapat dan usulan mereka untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

Buat mereka merasa berharga dengan opini yang mereka berikan.

Ketika Anda menemukan karyawan Anda ingin melanjutkan studi mereka untuk mengembangkan diri, berikan kesempatan yang luas untuk mereka bisa semakin berkembang dan memberikan sumbangsih lebih besar melalui ilmu dan pengalaman yang mereka miliki.

 

Tingkatkan motivasi karyawan Anda dengan memberikan ebook Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku berikut ini yang dapat diunduh secara gratis:

 

Mungkin ini bisa menambah budget pengeluaran Anda untuk memberikan seminar-seminar yang bisa memotivasi mereka dan mengembangkan keterampilan mereka dalam bekerja.

Tapi, Anda akan melihat bagaimana dampak besar yang bisa mereka berikan ketika mereka merasa bahwa Anda memberikan kesempatan bagi mereka untuk semakin berkembang.

Bahkan, mereka tidak akan berpaling kepada perusahaan lain karena mereka merasa bahwa mereka sudah bekerja di tempat yang tepat.

 

#9 Berikan Pujian Dengan Ketulusan

Tidak ada seorang pun yang tidak ingin dipuji, termasuk karyawan Anda.

Pujian yang diberikan akan meningkatkan rasa kepercayaan diri, rasa bangga dan terutama self-esteem sehingga mereka semakin terpacu untuk melakukan yang lebih baik dari usaha mereka sebelumnya.

Tidak akan ada keberhasilan tanpa kegagalan. Setiap orang tentu melakukan kesalahan.

Tetap berikan dorongan dan pujian saat mereka merasa bahwa mereka sedang mengalami kegagalan. Selain itu, motivasi karyawan Anda dengan ketulusan dengan memberikan pujian untuk setiap keberhasilan kecil yang mereka hasilkan.

“Employee motivation and engagement is driven by a clearly communicated mission and vision. Without transparent goals that demonstrate to your people how their work contributes to company objectives, you will find it difficult to truly engage your workforce. In fact, when companies engage top talent around company mission, their employees are 400% more effective.” – Sara Pollock

“Motivasi dan keterlibatan karyawan didorong oleh misi dan visi yang dikomunikasikan dengan jelas. Tanpa tujuan yang transparan yang ditunjukkan kepada karyawan Anda, bagaimana pekerjaan mereka akan berkontribusi pada tujuan perusahaan, Anda akan merasa sulit untuk benar-benar bekerja. Faktanya, ketika perusahaan melibatkan para karyawan dengan talenta terbaik di sekitar misi perusahaan, karyawan mereka akan bekerja 400% lebih efektif.”

 

Timbal Balik yang Saling Menguntungkan

Anda membutuhkan karyawan untuk bekerja semakin baik demi terwujudnya kepentingan perusahaan. Demikian juga sebaliknya, mereka membutuhkan pekerjaan dan juga pemimpin yang bisa memberikan motivasi bagi mereka untuk bisa bekerja lebih efektif.

 

Apakah Anda memiliki saran lainnya dalam memberikan motivasi kepada karyawan agar bekerja lebih semangat?

Berikan tanggapan, ide dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Anda bisa membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Business Collective. 37 Ideas for Motivating Your Employees. Businesscollective.com – https://goo.gl/zir7Ys
  • Ilya Pozin. 17 November 2015. 14 Highly Effective Ways to Motivate Employees. Inc.com – https://goo.gl/dPMEyU
  • Jeff Murphy. 14 Februari 2018. 18 Freakishly Effective Ways to Motivate Employees [Updated for 2018]. Snacknation.com – https://goo.gl/TQATBz
  • Square Up. 10 Scientifically Proven Ways to Motivate Employees. Squareup.com – https://goo.gl/VTx2Xu
  • Susan M. Heathfield. 13 Maret 2018. How Great Managers Motivate Their Employees. Thebalancecareers.com – https://goo.gl/qgGbPv
  • John Rampton. 12 September 2017. 10 Tips to Motivate Employees without Resorting to Money. Entrepreneur.com – https://goo.gl/FcBqMD

 

Sumber Gambar:

  • Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan Bosan – https://goo.gl/y3BUQz
  • Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan Dapat Uang – https://goo.gl/Roa8Pq
Summary
Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan dan Tidak Semangat Bekerja!
Article Name
Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan dan Tidak Semangat Bekerja!
Description
Para pemimpin! Begini cara pemimpin memotivasi karyawan yang bosan dan tidak semangat bekerja dengan berbagai pendekatan yang dapat Anda
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment