Inilah 3 Skill Yang Perlu Dimiliki Untuk Menjadi Trader Saham Sukses!

Apakah kamu ingin menjadi seorang trader saham sukses? Trading saham memang merupakan topik yang akhir-akhir ini sering ditanyakan dalam komunitas Finansialku. Bagaimana sih caranya biar sukses trading saham? Nah, ternyata ada 3 Skill nih yang perlu kamu miliki. Yuk Simak ulasan berikut

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Skill yang Harus Dimiliki Trader Saham Sukses

Beberapa saat yang lalu, Finansialku.com sempat membahas mengenai perbedaan prinsip antara trading saham dan investasi saham. Untuk trader saham sendiri, adalah orang yang memperjualbelikan saham dalam rentang waktu yang singkat.

Kalau kita lihat ke dalam kamus bahasa Indonesia, istilah trader memiliki arti pedagang. Ini artinya, seorang trader saham tidak lain adalah pedagang saham, sama seperti pedagang sayur, pedagang mobil, dan berbagai pedagang lainnya. Yang membedakan hanyalah barang dagangannya saja.

Kenali perbedaan prinsip trading saham dan investasi saham

 

Pada awalnya kita mungkin merasa berdagang saham berbeda dengan berdagang barang lainnya, namun setelah lama digeluti umumnya kita akan menyadari bahwa ada begitu banyak kesamaan antara menjadi trader saham dengan menjadi pedagang-pedagang lainnya.

Karena adanya begitu banyak persamaan, maka umumnya kunci-kunci sukses untuk menjadi “pedagang” saham kurang lebih sama dengan menjadi pedagang biasa.

Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai beberapa persamaan tersebut dan bagaimana menggunakan prinsip-prinsip kesuksesan dalam berdagang untuk mempercepat kesuksesan kita dalam trading saham.

 

#1 Mencari Keuntungan Dari Selisih Harga

Tentunya kalau kamu sudah akrab dengan aktivitas dagang, kamu pun tahu, bahwa keuntungan yang diperoleh dari pedagang adalah dari selisih harga bahan baku dan harga jualnya.

Dengan kata lain, menjadi pedagang berarti membeli sebuah barang di harga tertentu, dan menjualnya di harga yang lebih tinggi. Baik itu tahu tempe, kopi, rokok, bahkan saham.

Sebagai pedagang kita tidak perlu peduli akan harga beli barang dagangan kita, selama kita cukup yakin kalau barang dagangan yang dibeli bisa laku di jual di harga yang lebih tinggi, maka itu sudah menjadi alasan yang cukup untuk kita untuk membeli barang tertentu.

trader saham sukses

Pahami keuntungan dan risiko trading saham

 

Pedagang bukanlah ekonom atau analis, yang pekerjaannya memprediksi harga ‘seharusnya’ suatu barang. Pedagang tidak perlu sibuk beropini bahwa harga suatu barang saat ini kemahalan atau kemurahan.

Pedagang hanya membeli untuk dijual lagi, selama proses itu bisa berjalan lancar, maka pedagang seharusnya sudah cukup bahagia. Namun jika hanya kemampuan untuk menjual barang di harga lebih tinggi, sebetulnya belum cukup untuk menjadikan kita pedagang yang sukses.

Hampir semua pedagang berhasil melakukan hal tersebut, baik mereka yang sukses maupun pedagang-pedagang kaki lima yang sepanjang hidupnya melakukan hal tersebut, namun tidak pernah berhasil mengembangkan usahanya.

Beberapa hal yang membedakan pedagang sukses dengan pedagang yang di situ-situ saja, salah satunya ada di poin berikutnya.

 

#2 Memperkirakan Trend yang akan Terjadi

Salah satu hal yang perlu dimiliki oleh seorang trader sebagai pedagang agar sukses adalah kemampuan memprediksi barang yang sedang laku, dan yang akan laku di masa yang akan datang.

Kemampuan ini berarti melihat  kondisi aktual dan mengindentifikasi  trend yang sedang berlangsung saat ini, atau kecenderungan perubahan trend yang akan berlansung di masa yang akan datang.

Trader perlu mengenali Trend pasar saham

 

Seorang pedagang elektronik umumnya akan memenuhi gudangnya dengan Televisi Flat Screen menjelang pelaksanaan turnamen sepak bola besar seperti Piala Eropa.

Mereka mengetahui dalam ajang sepak bola seperti Piala Eropa akan ada banyak orang yang ingin mengganti TV di rumahnya dengan TV keluaran terbaru.

Begitu juga dengan trader saham, kemampuan memprediksi sektor apa yang sedang ‘laku’ di market adalah salah satu skill yang dapat membantu kita dalam trading.

Di pasar saham selalu terjadi rotasi sektoral, bisa saja bulan ini saham-saham properti yang sedang ‘laku’ (harganya naik), namun bulan depan bisa saja berubah ke saham-saham komoditas, sementara harga-harga saham properti bergerak turun.

 

Jika Anda belum melakukan trading saham, dan tertarik untuk melakukannya, Silahkan download Gratis ebook: Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula.

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#3 Kemampuan Mengelola Inventory

Pengelolan inventory dari barang dagangan yang kita miliki juga merupakan faktor sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam trading. Kemampuan ini umumnya yang membedakan pedagang sukses dan pedagang yang biasa saja.

Trader sukses adalah trader yang ahli dalam mengelola modal yang dimilikinya, jika mereka melihat ada satu barang dagangan yang menarik untuk dibeli mereka tahu seberapa banyak uang yang harus dialokasikan dalam membeli dagangan tersebut.

Mereka juga tahu kapan harus memiliki banyak jenis barang dagangan, kapan harus memfokuskan seluruh dana yang dimilikinya untuk membeli satu jenis barang dagangan saja.

Bukan hanya itu seorang trader sukses mengetahui kapan waktunya mereka sebaiknya ‘keluar dari market dan memegang cash saja sambil menunggu datangnya kesempatan.

Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor yang Bebas Finansial 01 - Finansialku

Pelajari Kisah Sukses Lo Kheng Hong, Investor Saham yang

 

Di sisi lain jika datang suatu kesempatan yang besar dan langka, mereka juga tidak ragu-ragu untuk meminjam uang ke pihak lain untuk memaksimalkan hasil dari peluang yang ada.

Terakhir mereka juga memahami pentingnya ‘membuang’ barang-barang yang sudah tidak berpotensi memberikan keuntungan dan hanya menghabiskan tempat di gudang.

Untuk barang-barang tersebut mereka tidak ragu untuk menjual di harga diskon, supaya modalnya bisa digunakan untuk barang yang lebih laku dan berpotensi memberikan keuntungan di masa yang akan datang.

 

Sebagai trader, kamu pun dapat mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan, sambil mengelola keuangan pribadimu. Silahkan gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat setiap pembelian maupun penjualan saham.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

 

Memahami Prinsip Dagang dalam Trading Saham

Menjadi trader saham dan pedagang memiliki sangat banyak persamaan, jadi tidak ada salahnya kita menggunakan prinsip-prinsip di atas dalam trading kita.

Ironisnya banyak pedagang yang sukses berdagang, namun mengalami kesulitan ketika menjadi Trader Saham karena tidak menggunakan prinsip yang mereka gunakan untuk sukses berdagang dalam proses tradingnya sehari-hari

Karena itu, mari kita terapkan prinsip-prinsip berdagang ke dalam aktivitas trading kita, agar kita dapat disiplin, dan akhirnya memperoleh hasil yang memuaskan. Selamat Trading, Selamat mendapatkan profit!

 

Apakah Anda pernah mencoba trading saham? Silahkan ceritakan pengalaman Anda mengenai trading yang pernah Anda jalani. Terima Kasih!

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Successful Trader – https://goo.gl/ES2N9r
  • Trend – https://goo.gl/ccsES7

About the Author:

Creative Trading System
Creative Trading System merupakan perusahaan yang berisi orang-orang kreatif yang memfokuskan energi, pengetahuan dan kreativitasnya untuk menemukan metode terbaru dalam berinvestasi di Pasar Modal Indonesia. Tim Creative trader dikenal dengan berbagai research yang dilakukan untuk mempelajari dan mendeteksi pergerakan Market Maker dan Investor Asing. CTS juga pionir dan market leader dalam pengembangan Analisa Bandarmologi di Bursa Saham Indonesia.

Leave A Comment