Kamu bisa jadi pemimpin sukses hebat di kampus. Baca dan praktikkan cara menjadi pemimpin sukses hebat di kampus melalui pembahasan dari Finansialku berikut ini.

Selamat membaca dan siapkan dirimu menjadi pemimpin sukses hebat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin Sukses Hebat di Kampus

Kepemimpinan adalah istilah yang sering dibahas dan keterampilan yang paling didambakan oleh para pemberi kerja atau sebuah organisasi.

Kepemimpinan sebetulnya tidak mudah didefinisikan dan praktiknya pun tidak dapat disamakan dalam segala area dan juga kultur lingkungan.

Misalnya, tipe kepemimpinan A di sebuah perusahaan X tidak akan bisa 100 persen diterapkan di perusahaan B. Atau cara kepemimpinan di sebuah kampus di Jakarta, belum tentu bisa relevan diterapkan di sebuah kampus di Surabaya. 

Walaupun demikian, gaya kepemimpinan dan proses menjadi pemimpin yang hebat dan sukses bisa dipelajari dan setiap orang bisa memiliki pengalaman di dalamnya, termasuk kamu yang masih duduk di bangku kuliah menimba ilmu di kampus tertentu sesuai dengan bidang yang sedang kamu pelajari.

Selagi di bangku perkuliahan, gunakan kesempatan dan peluang yang ada untuk belajar menjadi pemimpin sukses dan hebat melalui organisasi kepemimpinan dan juga berbagai sumber.

Misalnya, mengamati dan meniru gaya kepemimpinan para leader besar di dunia termasuk meneruskan pembacaan artikel ini atau membaca artikel lain dari setiap rubrik kepemimpinan Finansialku.

Pemimpin Sukses Hebat Di Kampus 02 - Finansialku

[Baca Juga: Etos Kerja yang Seharusnya Dimiliki Oleh Mahasiswa Tingkat Akhir dan Fresh Graduate]

 

Sebelum masuk dalam pembahasan menjadi pemimpin sukses hebat di kampus, tahukah kamu bahwa kamu bisa menjadi orang sukses secara finansial melalui investasi?

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Mau Menjadi Pemimpin Sukses Hebat di Kampus? Ini Caranya!

Sebuah kepemimpinan yang efektif sangatlah dibutuhkan di berbagai komunitas, termasuk di kampus.

Seperti apakah kepemimpinan yang efektif dan bagaimana kamu bisa menjadi salah satu pemimpin sukses hebat di kampus?

Berikut ini tips dan strateginya!

 

#1 Menantang Diri Masuk Dalam Organisasi Kepemimpinan

Setiap kampus biasanya akan ada organisasi kepemimpinan yang diorganisir atau digerakkan oleh para mahasiswa sendiri. Mereka diberi otoritas dan kebebasan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka melalui organisasi di kampus.

Organisasi kepemimpinan ini dengan sengaja dibentuk dan dinaungi oleh pihak kampus agar para mahasiswa bisa berkembang dan menjadi para pemimpin sukses hebat masa depan.

Tak jarang para pemimpin hebat di dunia, para pemimpin negara, sebagian besar dari mereka turut aktif dalam organisasi tertentu yang membuat passion akan kepemimpinan di dalam diri mereka semakin berkembang.

Mereka mulai menemukan jiwa kepemimpinan dalam diri mereka melalui organisasi di kampus.

Mau Jadi Mahasiswa SUKSES Lakukan 8 Hal Ini Biar Bisa Cari Duit Nantinya 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Menabung untuk Mahasiswa, Khususnya Mahasiswa yang Sudah Mau Lulus]

 

Jerome T. Murphy, penulis “Dancing in the Rain: Leading With Compassion, Vitality and Mindfulness in Education,” mengatakan bahwa para pemimpin di kampus perlu meningkatkan rasa realisme dan kesabaran.

Selain itu, penting juga para pemimpin meluangkan waktu untuk refleksi pribadi dan memfokuskan kembali sasaran serta arah kepemimpinan mereka, yang sering kali mengharuskan mereka untuk keluar dari jalan pikiran atau prinsip idealisme mereka sendiri.

 

#2 Terbuka dengan Ide, Saran, Gagasan, dan Pandangan Orang Lain

Sebagai seorang pemimpin, penting untuk menerima respon atau tanggapan dan arahan dari orang lain (dosen, mahasiswa, dan lain sebagainya).

Keterbukaan atas segala ide dan pemikiran orang lain akan membuat kamu memiliki banyak saran pertimbangan sebelum mengambil sebuah keputusan penting demi keberlangsungan dan kesuksesan dari kepemimpinan yang kamu jalankan.

Meskipun tidak setiap ide, gagasan atau saran bisa diterima, lawan bicara kamu atau orang yang memberi saran atau anggota tim kamu perlu merasa bahwa mereka didengar, dihargai, dan merasa memiliki andil atau pengaruh sebagai anggota komunitas kampus.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#3 Gunakan Komunikasi yang Jelas

Untuk menjadi pemimpin sukses hebat di kampus, kamu perlu meningkatkan kemampuan berbahasa dan juga kemampuan komunikasi. Pahami latar belakang, tujuan dan juga gaya bicara setiap lawan bicara kamu.

Jangan enggan untuk berkomunikasi, bertukar pikiran dan terlibat dengan anggota tim, baik secara lisan, visual atau secara digital melalui jejaring sosial dan juga grup media sosial.

Gunakan komunikasi yang interaktif, menghargai setiap pemikiran mereka dan menjalin hubungan yang harmonis dengan setiap anggota tim, tanpa membangun sebuah perbedaan atau garis pemisah karena jabatan kamu sebagai seorang pemimpin.

Investasi Forex Untuk Mahasiswa Yang Mendatangkan Keuntungan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Masalah Keuangan Mahasiswa yang Sebenarnya Bisa Kamu Selesaikan]

 

Dalam mengutarakan gagasan atau pengambilan keputusan dalam sebuah pertemuan, komunikasikan secara jelas dan minta umpan balik (feedback) dari mereka bahwa mereka mengerti apa yang telah kamu sampaikan, di samping mereka mengerti tujuan bersama yang harus mereka capai.

 

#4 Ketahui SWOT Dalam Dirimu

Tahukah kamu SWOT yang ada dalam dirimu?

Akronim SWOT adalah kepanjangan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan) dan Threat (Ancaman).

Misalnya:

  • Kekuatanmu adalah easy going atau bisa bergaul dengan banyak orang. Ini membuatmu menjadi orang yang mudah mencari teman baru, menjalin hubungan pertemanan dan berbicara di depan umum.
  • Kelemahanmu tidak mudah menyimpulkan gagasan dari banyaknya ide yang ada.
  • Kesempatan yang ada yaitu kamu bisa berkuliah dan ada kesempatan belajar mengenai kepemimpinan di organisasi kampusmu.
  • Ancaman yang kamu dapatkan adalah kamu bisa menyalahgunakan otoritas atau kekuasaan jabatan sebagai seorang pemimpin pada sebuah bagian organisasi tertentu.

 

Coba renungkan dan telusuri apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang kamu sadari saat kamu sedang berkecimpung dalam sebuah organisasi kepemimpinan saat ini.

 

#5 Mulai dari Bawah

Sebuah kutipan mengatakan, jika kamu setia dalam hal atau tanggung jawab yang kecil, maka kamu akan mendapatkan hal atau tanggung jawab yang lebih besar.

Ini berlaku dalam setiap aspek hidup manusia, termasuk proses menjadi pemimpin hebat sukses di kampus, bahkan para pemimpin besar dunia.

Tidak ada pemimpin hebat yang tiba-tiba muncul tanpa mengalami fase atau proses dari bawah dan belajar dari berbagai pengalaman sehingga dikenal menjadi pemimpin yang sukses.

Setiap orang yang dipilih menjadi pemimpin tentu telah menunjukkan potensi dirinya ketika mereka menjadi anggota kelompok dan bertanggung jawab atas tugasnya.

Jika kamu ingin menjadi pemimpin hebat sukses di kampus, ikuti organisasi yang kamu minati dan pelajari dari bagian paling bawah dalam organisasi tersebut.

Para entrepreneur sukses dan hebat pasti juga akan mengalami fase ini. Mereka belajar dari bawah sebelum mereka membuka sendiri usaha mereka dan berjuang dalam startup yang mereka tumbuhkan.

Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mengatur Pengeluaran Bulanan untuk Mahasiswa, Agar Tidak Bokek di Akhir Bulan]

 

Tahukah kamu startup Finansialku dikabarkan akan menjadi Fintech di Indonesia berkembang pesat pada tahun 2018 ini menurut International Data Corporation (IDC).

Kepemimpinan di startup Finansialku juga dimulai dari bawah, dan belajar untuk terus mengembangkan sayap kesuksesan dalam bidang Teknologi dalam Finansial.

Menjadi pemimpin sukses hebat itu tidak bisa dicapai dengan cara yang instan. Kalaupun bisa, tentu tidak akan berlangsung lama. Kamu bisa buktikan sendiri!

 

#6 Mau Bekerja Sama dengan Banyak Kepala

Menjadi pemimpin sukses hebat di kampus tentu harus bisa bekerja dengan banyak orang, banyak kepala dengan banyak pendapat dan banyak tipe karakter orang.

Pemimpin hebat itu bisa mengakomodasi setiap gagasan dari para anggota yang memberikan sumbangsih pemikiran mereka.

Kembangkan beberapa kemampuan kamu dalam hal:

  • Menjadi pendengar yang efektif,
  • Memiliki komunikasi yang baik,
  • Memberi tanggapan dengan bijak,
  • Mengembangkan rasa percaya diri dalam pengambilan keputusan,
  • Memberikan rasa percaya pada anggota untuk pendelegasian tugas,
  • Menumbuhkan kemampuan para anggota untuk penyelesaian tugas mereka,
  • Mengembangkan rasa kerja sama dalam tim.

 

Cara dan Strategi Pembayaran Pinjaman untuk Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Manfaat Magang untuk Mahasiswa? Apakah Magang dapat Memperbesar Peluang Diterima Kerja?]

 

Kamu bisa mengembangkan setiap kemampuan interpersonal ini dengan cara bertemu dan bertukar pikiran dengan banyak orang, termasuk membuka diri terhadap orang-orang baru.

Minta saran dan masukan serta tanyakan apa saja yang perlu dikembangkan dalam lingkungan kampus.

 

#7 Tetap Optimis dan Mau Ambil Tindakan serta Risiko

Tak selamanya para pemimpin selalu berhasil dalam setiap visi, misi dan program yang dijalankan. Ada kalanya tantangan dan juga kemunduran terjadi.

Pemimpin hebat menyadari hal ini dan tidak patah semangat melainkan tetap optimis bahwa selalu ada jalan keluar bagi mereka yang ulet, mau belajar dan mencari peluang positif yang ada.

Risiko akan selalu ada dan pemimpin hebat perlu mengambil tindakan, tidak hanya mendelegasikan dan menyerahkan tugas, tetapi juga memberi panutan atau contoh dalam melakukannya.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#8 Bagikan Visi, Misi dan Target Kepemimpinan

Pemimpin layaknya nahkoda yang mengarahkan para awak kapalnya untuk menuju sebuah tujuan yang akan dicapai bersama-sama.

Para anggota tidak akan tahu apa yang harus mereka lakukan atau mungkin saja tidak akan efektif dalam menyelesaikan tugas jika mereka tidak jelas akan apa yang harus mereka tuju, kenapa mereka harus melakukan ini dan kemanakah mereka akan dibawa oleh pemimpin.

Bagikan visi, misi dan tujuan secara jelas. Sekali lagi, komunikasi yang efektif sangatlah penting untuk menjadi ujung tombak dalam kelangsungan kepemimpinanmu.

Kenali 5 Investasi untuk Pemula bagi Para Mahasiswa dengan Modal Minim 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Rahasia Sukses Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa yang Sulit Atur Duit]

 

#9 Rencanakan Pertemuan Berkala

Ketika kamu menjadi pemimpin, pertemuan atau rapat perlu direncanakan.

Ini sangat penting untuk bertukar pikiran, merencanakan ide baru dan juga mengevaluasi setiap kendala dan juga hambatan yang dialami oleh tiap bagian yang juga menjadi bahan pemikiran bersama dalam satu tim.

Selain itu, pertemuan berkala ini akan semakin mengerucutkan sasaran sehingga para anggota semakin jelas akan tujuan yang akan mereka tuju.

Pemimpin bisa mengetahui dan mengarahkan para anggota yang mengalami kendala. Setidaknya anggota lainnya bisa turut memberi sumbangsih saran atau jalan keluar dari sudut pandang lainnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#10 Jaga Atmosfer yang Bersahabat dan Positif

Atmosfer sebuah organisasi kepemimpinan perlu dijaga agar tetap dalam atmosfer yang bersahabat dan berada pada tempo yang seirama dan harmonis.

Gesekan karena adanya perbedaan itu lumrah, bukan hal yang harus dibesarkan. Sadari bahwa perbedaan seharusnya menjadi keunikan untuk mengarah pada satu tujuan besar.

Perbedaan tidak perlu membuat pudarnya kesatuan dalam sebuah organisasi.

Justru dengan adanya perbedaan, ada peluang besar lainnya yang bisa terpikir dari kepala yang berbeda.

Menjaga lingkungan tetap positif, ini salah satu tugas pemimpin, salah satunya menjadi mediator bagi anggota yang sedang mengalami gesekan dan meminimalkan perseteruan.

 

Tips Singkat Menjadi Pemimpin Sukses Hebat di Kampus

  1. Jadilah yang terbaik untuk menjadi panutan dan memimpin bukan hanya sekadar kata-kata belaka, tetapi dengan tindakan nyata.
  2. Bagikan gambaran besar dari target yang akan dicapai sehingga setiap anggotamu akan mengetahui dampak dari keterlibatan mereka dalam tim.
  3. Percayalah bahwa anggota tim kamu mampu melakukan tugas mereka sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.
  4. Delegasikan setiap tugas sehingga kamu tidak bekerja seorang diri.
  5. Berdayakan setiap anggota tim dalam divisi atau bagian mereka.
  6. Jadilah inspirasi agar mereka terinspirasi juga untuk melakukan usaha terbaik mereka.
  7. Miliki rasa peduli kepada setiap anggota tim melalui monitoring terhadap setiap tugas mereka.
  8. Berikan tanggapan atau pujian positif bagi mereka yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
  9. Lakukan kritik secara empat mata, jangan di depan publik.
  10. Minta bantuan mereka jika diperlukan.
  11. Jadilah mentor atau pembimbing bagi tim dan usahakan agar mereka bisa menjadi penggantimu di kemudian hari.
  12. Belajarlah dari kesalahan yang telah kamu lakukan dan lakukan perbaikan.
  13. Ketahui kelemahanmu dan sebaik mungkin untuk menekannya.
  14. Kenali bahwa tidak semua pendekatan terhadap sebuah masalah tidak bisa diaplikasikan dalam masalah yang lainnya.
  15. Tunjukkan empati ketika anggota tim kamu membutuhkan bantuan.
  16. Lakukanlah komunikasi secara jelas agar anggota tim mengerti apa yang kamu inginkan dari mereka.
  17. Terangkan setiap target yang akan dituju oleh kelompok yang kamu pimpin dan buat mereka mengerti dengan meminta umpan balik.
  18. Tetap sabar menghadapi anggota tim yang tidak berkembang dan melakukan bagian mereka sebagaimana mestinya.
  19. Selesaikan setiap tugas yang kamu mulai dan jangan mudah menyerah.
  20. Miliki hasrat yang kuat untuk apa yang kamu lakukan dan berikan dorongan kepada orang lain untuk melakukan yang sama.
  21. Jangan pernah berhenti belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang semakin baik.

 

Ada 9 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Untuk Para Mahasiswa Sambil Kuliah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Enggan Berinvestasi karena Takut Judi? Ketahui Dulu Fakta-Fakta Ini!]

 

Pemimpin Sukses Hebat harus Bisa Memimpin Diri Sendiri

Untuk kalian Mahasiswa, tidak ada pemimpin yang dilahirkan begitu saja, mereka perlu belajar dan menabung setiap pengalaman yang mereka dapatkan dari tingkat yang paling awal dalam sebuah kepemimpinan, yakni memimpin diri sendiri.

 

Kamu bisa membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalanmu yang membutuhkan.

Jika kamu punya saran, tanggapan atau pertanyaan, kamu bisa menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tesla Abergo. 19 November 2015. Being a Leader on Campus: What Does it Mean dan How Do You do It? Bu.edu – https://goo.gl/jMTKgb
  • Katie Brown – Campus Answers. 22 November 2016. 4 Successful Leadership Styles and Strategies. Campusanswers.com – https://goo.gl/3fTKBz
  • Campus Answers. 8 September 2016. 23 Tips for Being an Effective Leader on Campus. Campusanswers.com – https://goo.gl/RqGVsu
  • Campus Tours. 16 September 2013. Become a Leader at Your School. Ecampustours.com – https://goo.gl/LhN41D
  • Brainiac. 12 November 2012. How to be a Leader: Advice for College Students on Developing Leadership Qualities. Cengagebrain.com – https://goo.gl/pcyJvy
  • Taylor Sinkway. Maret 2017. 5 Ways to Become a Successful Student Leader on your Campus. Findspark.com – https://goo.gl/3shVuu

 

Sumber Gambar:

  • Pemimpin Sukses Hebat Di Kampus 01 – https://goo.gl/xfL6ov
  • Pemimpin Sukses Hebat Di Kampus 02 – https://goo.gl/Ld7p3J