Tahukah Anda bahwa Anda adalah pemimpin bagi diri sendiri dan setiap pemimpin atau setiap individu perlu mengetahui pentingnya manajemen waktu yang akan menjadi faktor penting penentu keberhasilan Anda sebagai seorang pribadi.

Ketahui pentingnya manajemen waktu dan tips singkat dalam mengatur waktu pribadi Anda melalui artikel Finansialku berikut ini untuk mencapai impian dan tujuan dalam hidup Anda. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Manajemen Waktu

Menurut Mind Tools, “Manajemen waktu” adalah proses pengorganisasian dan perencanaan bagaimana membagi waktu Anda antara kegiatan-kegiatan tertentu.

Manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cerdas – tidak lebih keras – sehingga Anda mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih sedikit, bahkan ketika waktu ketat dan tekanan tinggi.

Gagal mengatur waktu Anda merusak keefektifan Anda dan menyebabkan stres.

Salah satu keterampilan paling efektif yang dapat Anda miliki dalam hidup adalah manajemen waktu yang kuat dan efektif.

Jika tidak mengatur waktu dengan baik, tidak mungkin Anda akan mencapai tujuan di tempat kerja dan kehidupan di luar pekerjaan, dalam keluarga misalnya atau untuk hobi dan sampingan Anda.

Tentu Anda menginginkan sebuah kemajuan dan sedang mengalami kemajuan, meskipun belum mencapai titik optimalnya.

Dalam hal ini, manajemen waktu Anda akan menjadi sebuah perjuangan yang berat jika Anda tidak menganggap serius akan waktu yang Anda miliki.

Bagi orang-orang yang menghambur-hamburkan dan menyia-nyiakan waktu kecil berharga yang mereka miliki, mereka akan terus berkutat dalam kesulitan mencapai tujuan dan impian akan keberhasilan mereka.

Manajemen Waktu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Pengusaha Muda Roman Avdeev yang Memiliki 23 Orang Anak]

 

Tahukah Anda bahwa waktu adalah equalizer atau penyeimbang terbesar dalam hidup Anda.

Tidak peduli siapa Anda, menginjak usia berapakah Anda saat ini, berapa besar jumlah pendapatan Anda dalam sebulan, jenis kelamin, ras atau agama, Anda memiliki jumlah waktu yang sama dengan orang lain di dunia ini.

Apakah Anda kaya raya atau miskin, waktu Anda sama. Karena setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama di bumi ini, yakni 24 jam sehari.

Ini bukan tentang berapa banyak waktu yang Anda miliki, tetapi ini tentang seberapa efektif Anda mengatur waktu yang Anda miliki.

Jadi jika Anda serius dalam mencapai tujuan, Anda tidak hanya perlu menetapkan tujuan tersebut dengan cara yang benar, tetapi Anda juga harus serius menghindari gangguan dan menjadi fokus untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang selama ini membuat Anda menjauh dari target keberhasilan Anda.

Kerja keras memang perlu diusahakan dengan serius dan menemukan sistem manajemen waktu yang baik, kemudian dengan segera mengerjakannya sebelum Anda menjadi malas dan mengulur waktu Anda.

 

Apakah Anda memiliki impian untuk merasakan kebebasan finansial?

Tahukah Anda bahwa investasi adalah salah satu moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju kehidupan yang bebas secara finansial?

Pelajari mengenai investasi melalui ragam ebook Finansialku yang membahas tentang berbagai instrumen investasi, salah satunya reksa dana.

Reksa dana sangat cocok bagi Anda yang baru saja terjun di dunia investasi. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh reksa dana. Jika ingin mengetahuinya lebih dalam, langsung saja download ebook-nya berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

Manajemen Waktu Menyeimbangkan Hidup Anda

Jangan biarkan Anda menjadi bagian dari 92% orang dalam statistik penelitian yang telah gagal dalam mencapai tujuan jangka panjang mereka. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan setiap waktu kecil berharga Anda.

Salah satu masalah terbesar yang sebagian besar pengusaha miliki adalah bagaimana mereka bisa mendapatkan cukup banyak pesanan di pasar yang begitu ketat dengan persaingan, tetapi juga bagaimana mereka menjaga keseimbangan antara dunia pribadi dan juga dunia pekerjaan mereka.

Ini bukan hanya tentang mencapai dan mengejar tujuan hidup tetapi juga tentang bagaimana menjaga kualitas hidup.

Keseimbangan adalah kuncinya. Jika Anda kurang seimbang dalam hidup Anda, Anda akan merasa stres.

Bahkan jika Anda mampu secara efektif menangani tanggung jawab Anda, tanpa keseimbangan yang tepat, Anda akhirnya akan mencapai titik jenuh dan frustasi.

Jadi, penting untuk tidak hanya mengikuti sistem manajemen waktu yang tepat yang akan membantu Anda menyelesaikan berbagai hal, tetapi juga di mana Anda memprioritaskan waktu untuk meningkatkan kualitas pribadi dan juga bersama dengan keluarga.

Jangan lupa untuk melakukan hal-hal seperti berjalan-jalan di taman atau duduk dan mendengarkan musik kesukaan Anda dengan menggunakan headphone, atau melukis gambar, pergi berkencan di malam minggu dan berbagai kegiatan pribadi yang akan me-recharge diri Anda demi meningkatkan produktivitas dan menghindari ketidakseimbangan dalam hidup.

Dan ketika Anda dapat melakukan hal itu, Anda akan mencapai keseimbangan.

Manajemen Waktu 03 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Kata-kata Motivasi Bernard Arnault, Pengusaha Sukses dan Orang Terkaya Perancis]

 

Tahukah Anda bahwa hidup ini singkat. Jadi jangan abaikan hal-hal itu sementara Anda meraih tujuan besar Anda.

Segera seimbangkan hidup Anda yang berkualitas dengan tips manajemen waktu di bawah ini!

 

#1 Tentukan Tujuan Hidup Dengan Cara yang Benar

Ada banyak cara dalam menentukan tujuan hidup, diantaranya ada yang benar, dan ada juga yang tidak tepat.

Jika Anda tidak menetapkan tujuan dengan cara yang benar, maka Anda menjauh dari target yang harus dicapai, dan tentu saja mengakhirinya dengan sebuah kegagalan lainnya yang tentu akan Anda sesali.

Tetapi ketika Anda mengaturnya dengan cara yang benar, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri setelah target Anda tercapai dan membuat Anda tidak tinggal diam untuk menetapkan target lainnya yang lebih tinggi dan lebih menantang.

Gunakan metode penetapan tujuan SMART untuk membantu Anda melihat tujuan Anda secara objektif.

Dan ketika Anda menetapkan tujuan-tujuan itu, pastikan Anda memiliki makna mendalam yang kuat untuk ingin mencapainya.

Secara singkat, berikut penjelasan mengenai penetapan tujuan yang SMART:

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

  • S – Spesifik

Langkah pertama dalam menetapkan sasaran SMART adalah menetapkan tujuan Anda dengan cara yang spesifik.

Anda harus jelas dalam menggambarkan dan menuliskan tujuan hidup Anda, tidak hanya sekadar mengucapkannya dan menggambarkan secara abstrak dalam pikiran Anda.

Anda harus menuliskannya secara jelas, tepat, dan terperinci alias spesifik.

Apa yang ingin Anda capai? Misalnya, apakah Anda ingin menjadi seorang kaya raya? Berapa total jumlah kekayaan Anda? Tuliskan secara jelas. Apakah itu Rp100 juta, atau Rp10 miliar?

Atau Anda menargetkan berat badan ideal Anda. Tetapkan secara jelas dan spesifik, entah itu 45 kg atau 57 kg dan lain sebagainya.

Dengan sasaran yang lebih spesifik dan jelas, ini akan memungkinkan Anda untuk lebih dapat mencapainya.

Ketika Anda menuliskannya, Anda bisa menindaklanjutinya dengan segera. Keluarkan ide atau gagasan itu dari dunia abstrak ke dunia nyata. Setelah Anda tuliskan secara jelas, Anda bisa mendefinisikannya dengan lebih mendetail.

 

  • M – Meaningful atau Bermakna

Kebanyakan orang berpikir bahwa huruf “M” dalam SMART adalah singkatan yang dapat Measurable atau dapat diukur. Dalam hal ini, M didefinisikan sebagai Meaningful atau bermakna.

Jika tujuan yang telah Anda tetapkan itu ternyata tidak bermakna, tujuan tersebut tentu tidak bisa Anda selesaikan.

Selain Anda menuliskannya secara spesifik, Anda juga harus memiliki alasan yang kuat untuk dapat mencapainya, oleh sebab itu, tujuan Anda tersebut haru bermakna bagi Anda sendiri.

Alasan datang lebih dulu dan jawaban akan datang berikutnya.

Tentu Anda pernah sangat menginginkan sesuatu dan Anda mengetahui keterbatasan dalam diri Anda dalam mencapai keinginan tersebut.

Dengan demikian Anda menetapkan keinginan tersebut sebagai sebuah tujuan dan menaruh makna yang mendalam sehingga mendorong Anda untuk bisa meraihnya.

Ini bukan tentang tujuan yang dangkal karena sasaran yang dangkal, selain sangat mudah diraih, tidak akan membangkitkan gairah untuk meraihnya.

Pertanyakan pada diri Anda, mengapa Anda menginginkan hal tersebut menjadi sebuah tujuan yang harus Anda raih. Berikan berbagai alasan yang kuat dalam setiap jawaban yang Anda berikan.

Tips dan Trik Ampuh Dalam Manajemen Produk dan Manajemen Prioritas 06 Manajemen waktu - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Usaha: Rahasia Para Pengusaha Sukses dari Modal Rp1 Juta-an]

 

  • A – Achievable atau Dapat Diraih

Tentukan gol yang bisa Anda raih. Menetapkan tujuan yang terlalu tinggi malah akan membuat Anda menjadi bisa dan pada akhirnya akan tenggelam di tengah jalan.

Tujuan besar sebagai jangka panjang sangat disarankan, tetapi Anda perlu membaginya dalam target-target pencapaian kecil dan menciptakan momentum untuk kemenangan kecil Anda.

Misalnya jika Anda memiliki penghasilan Rp10 juta setiap bulan dengan pengeluaran total Rp8 juta, maka Anda akan dapat menabung sebesar Rp2 juta setiap bulannya dan dalam satu tahun Anda bisa mengumpulkan Rp24 juta.

Dengan demikian, Anda bisa saja menargetkan dalam waktu 3 tahun, Anda bisa mengumpulkan uang muka untuk biaya beli rumah.

Tetapkan setiap tujuan jangka pendek Anda dapat dicapai dengan baik.

Anda dapat fokus untuk membagi tujuan satu tahun menjadi 3 periode atau setiap 4 bulan, Anda menciptakan momentum kemenangan. Kemudian, Anda bisa menargetkan untuk target 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan seterusnya.

Dengan garis besar ini, anda akan semakin jelas dalam bertindak dan membuat sasaran kecil yang akan Anda capai hingga membuat target jangka panjang.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

 

  • R – Relevant

Sasaran SMART Anda harus relevan dengan kehidupan Anda. Tujuannya juga harus harmonis dengan nilai dan keyakinan Anda.

Hal yang sering menjegal sebagian besar orang adalah mereka memilih sasaran yang bertentangan dengan keyakinan mereka. Terkadang, tujuan itu bahkan bertentangan dengan nilai inti kepercayaan yang mereka anut.

Ketika itu terjadi, Anda akan menyerah untuk melakukannya. Mengapa?

Anda tidak dapat bekerja dengan sejahtera dengan melakukan hal yang bertentangan dengan nilai-nilai Anda.

Anda tidak dapat menetapkan sasaran yang tidak harmonis dengan cara kerja internal pikiran Anda.

Ada sebuah pengalaman seorang yang bekerja di bagian keuangan perusahaan yang membuat sebuah produk yang ternyata merusak kesehatan penggunanya.

Walaupun ia mendapatkan pendapatan yang besar dengan posisi yang cukup tinggi, tapi ia tidak dapat bekerja dengan maksimal karena nilai dan kepercayaan yang ia anut tidak sejalan dengan nilai perusahaan, tempat ia bekerja.

Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen Keuangan Syariah 02 Manajemen - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Perlu Belajar dari Youtuber Viral Rahmawati Kekeyi Putri]

 

  • T – Time Based atau Terukur Waktu

Sasaran SMART didasarkan pada waktunya. Mereka memiliki tanggal pasti yang dipilih ketika tujuan tersebut dimaksudkan untuk dicapai.

Jika Anda tidak memilih tanggal tersebut, maka Anda melanggar salah satu tujuan utama dari penetapan tujuan.

Saat Anda memilih tanggal di kalender, misalnya Anda menetapkan tahun depan atau beberapa tahun dari sekarang, Anda akan lebih mungkin untuk menindaklanjuti.

Keuntungan lain dengan membuat sasaran berbasis waktu adalah Anda dapat dengan mudah membuat tonggak dalam perjalanan menuju tujuan itu. Anda dapat memecahnya menjadi sasaran bulanan, mingguan, dan bahkan harian.

Dengan demikian, Anda akan jauh lebih mudah untuk fokus pada apa yang harus Anda lakukan hari ini untuk mencapai tujuan.

Luangkan waktu untuk memilih tanggal tertentu di kalender untuk tujuan Anda. Kemudian, letakkan tujuan itu dengan tanggal di bagian atas dengan huruf tebal di atas kertas yang tertempel di dinding ruang kamar Anda atau di meja kantor Anda.

Dengan cara ini, target itu akan selalu ada di pikiran Anda dan akan selalu teringat serta berusaha untuk menindaklanjutinya, meski Anda sedang merasa bosan sekalipun.

Anda juga dapat mengaturnya sebagai layar latar belakang di ponsel pintar dan komputer atau laptop Anda.

 

#2 Temukan Sistem Manajemen Waktu yang Tepat

Salah satu kiat untuk mengatur waktu Anda adalah menemukan sistem yang tepat untuk benar-benar melakukannya.

Sistem manajemen waktu berbentuk kuadran mungkin yang paling efektif. Ini membagi kegiatan Anda menjadi empat kuadran berdasarkan urgensi dan kepentingan.

Berikut ini Kuadran Time Management dari Stephen Covey:

Time Management dari Stephen Covey - Finansialku

Sumber: https://goo.gl/vSVFqy

 

Atur waktu Anda sedemikian rupa agar setiap pekerjaan Anda berada pada kuadran 2 sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan tugas penting karena tingkat urgensi yang tinggi yang akan membuat Anda frustasi karena tekanan waktu yang menjadi deadline dari tugas Anda.

 

#3 Evaluasi Hasil Kinerja Anda

Habiskan tujuh hari berturut-turut menilai dan mengevaluasi bagaimana Anda menghabiskan waktu yang Anda miliki sekarang. Apa yang sedang Anda lakukan, usahakan untuk merekamnya dalam sebuah jurnal atau di note dalam ponsel Anda.

Buat daftar pekerjaan yang telah Anda lakukan hari ini dan apa saja yang Anda lakukan sehingga membuang waktu berharga Anda.

Apakah Anda sudah menghabiskan waktu pada hari tersebut dengan baik.

Penilaian Prestasi Kerja 03a Evaluasi - Finansialku

[Baca Juga: Penting Diketahui Semua Orang! Ini Faktor Pendukung Kebebasan Keuangan]

 

#4 Mulai Kebiasaan Mendasar yang Menjadi Pondasi dalam Hidup Anda

Charles Duhig dengan tajam menciptakan kebiasaan mendasar yang menjadi fondasi hidup dalam bukunya yang berjudul, The Power of Habit. Dalam ilmu arsitektur, keystone atau batu fondasi adalah batu yang menahan semua batu lainnya pada tempatnya

Demikian pula, kebiasaan yang menjadi fondasi akan membantu untuk tidak hanya mencari kebiasaan baik lainnya, tetapi juga membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk juga.

Misalnya, kebiasaan untuk bangun pagi, kebiasaan untuk sarapan dan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, kebiasaan untuk berolahraga 3 kali dalam seminggu, kebiasaan untuk mencatat keuangan, dan lain sebagainya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sudahkah Anda mencatat pengeluaran Anda hari ini? Ribet untuk nyatet semua pengeluaran Anda hari ini?

Kenapa tidak catat dengan Aplikasi Finansiaku yang mudah dan dan bikin repot?

Dengan Aplikasi Finansialku yang melekat pada pada ponsel pintar, arus keuangan Anda akan terlacak dengan mudahnya dan membuat Anda semakin terkontrol dalam melakukan pengeluaran.

Berfokuslah pada kebiasaan mendasar yang baik dan Anda akan menjadi jauh lebih baik dalam mengelola keseluruhan waktu Anda, dan perlahan Anda mampu mengembangkan kebiasaan baik lainnya yang akan mempermudah Anda dalam mencapai target.

 

#5 Matikan Notifikasi Email

Pernahkah Anda saat waktu kerja, Anda membuka pesan masuk dari aplikasi media sosial Anda dan terus tergoda untuk mengeceknya sehingga lupa waktu untuk melanjutkan pekerjaan Anda dan menyurutkan semangat kerja Anda pada saat itu?

Buat jadwal untuk membuka dan membaca pesan dari SMS, media sosial, atau email yang masuk ke ponsel pintar Anda.

Ini adalah salah satu strategi dalam mengatur waktu Anda agar semakin efektif dan efisien.

Terkadang saat momen penting seperti meeting, Anda perlu menonaktifkan ponsel Anda atau fitur dan aplikasi yang ada di dalamnya, misalnya seperti nada dering untuk notifikasi email yang masuk.

Selain itu, ketika Anda harus fokus pada pekerjaan yang perlu Anda selesaikan, Anda perlu mematikan notifikasi media sosial Anda.

Promo Tiket Mudik Lebaran 02 Handphone - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Keuangan dari Cerita Sangkuriang Gunung Tangkuban Parahu]

 

#6 Hilangkan Kebiasaan Buruk

Salah satu pembuang waktu terbesar yang kita miliki adalah kebiasaan buruk kita.

Baik itu menonton film dari Netflix, menjelajah media sosial, bermain game, sering keluar minum dengan teman, atau sebagainya, kebiasaan buruk itu menghilangkan waktu kecil berharga yang kita miliki.

Gunakan waktu Anda dengan bijaksana dengan menghilangkan kebiasaan buruk Anda jika Anda serius dalam mencapai tujuan besar dalam hidup.

 

#7 Tetapkan Waktu Istirahat yang Berkala

Satu studi menunjukkan bahwa Anda harus bekerja selama 52 menit dan istirahat untuk 17.

Intinya adalah Anda perlu menetapkan waktu istirahat secara berkala sehingga waktu kerja Anda semakin efektif dan optimal.

Jika Anda seorang pengusaha yang bekerja untuk diri Anda sendiri, ini sangat penting.

Pertahankan kondisi mental, emosional, dan fisik Anda pada tingkat yang optimal dengan melakukan istirahat secara berkala.

 

#8 Lakukan Meditasi atau Olahraga Tiap Pagi

Anda mungkin tidak berpikir bahwa ini akan membantu mengatur waktu Anda dengan lebih baik, tetapi bermeditasi dan berolahraga setiap pagi memberi Anda keseimbangan.

Kebiasaan ini akan mengeluarkan “racun” dari hidup Anda yang akan menyerang Anda dari dalam.

Dengan melakukan kebiasaan ini, Anda akan melihat ketika energi, stamina dan fokus mental Anda akan mengubah hidup Anda perlahan tetapi pasti.

 

#9 Buat Daftar Pekerjaan Pada Malam Hari Untuk Esok Hari

Setiap malam sebelum tidur, buat daftar pekerjaan yang akan Anda lakukan untuk hari berikutnya.

Lihatlah tujuan Anda dan lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda mendekati target dan sasaran besar Anda.

Mencapai tujuan tidak dapat terjadi dalam semalam. Ini membutuhkan waktu. Tapi, Anda tetap dapat meraihnya.

Dengan membuat daftar tentang pekerjaan yang harus Anda dilakukan, secara efektif Anda sedang menetapkan sasaran untuk hari berikutnya.

Target harian lebih mudah dicapai sambil membantu menggerakkan kita menuju tujuan jangka panjang dan dengan hasil yang lebih besar.

Oleh sebab itu, buatlah daftar pekerjaan Anda terlebih dahulu pada malam hari sebelum Anda memulai aktivitas di esok hari.

Kebiasaan Orang Sukses 03 to do list Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Klaim Asuransi Kebakaran Ditolak Oleh Pihak Asuransi?]

 

#10 Cari Aktivitas Produktif Ketika Bosan

Buka YouTube dan sumber inspirasional lainnya yang dapat Anda ubah ketika Anda sedang berada pada mood yang membosankan.

Anda akan sulit untuk memfokuskan diri pada pekerjaan Anda ketika Anda kehilangan dorongan atau motivasi di dalam diri Anda.

Temukan cara untuk menghidupkan kembali api semangat dengan mencari sumber inspirasi lain seperti membaca kisah sukses seorang yang telah berhasil.

Berikan suntikan motivasi bagi diri Anda saat mengalami kebosanan dengan membaca Artikel Finansialku yang inspiratif.

 

#11 Cari Mentor yang Dapat Memberi Bimbingan

Menemukan seorang mentor sangat penting. Sangat mudah untuk terganggu dan terbujuk untuk keluar dari jalur yang seharusnya ketika Anda tidak memiliki seseorang yang dapat membimbing Anda.

Lain halnya ketika Anda dapat secara pribadi meminta saran dan nasihat serta panduan pribadi pada seseorang yang telah melalui berbagai pengalaman dan merasakan pahit manisnya hidup serta dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Mentor tersebut akan membuat Anda jauh lebih mudah untuk tetap pada jalur yang seharusnya.Temukan mentor yang baik yang dapat membantu Anda dalam mencapai target hidup.

 

#12 Mulai dari yang Kecil

Penelitian telah menetapkan bahwa kekacauan yang terjadi di lingkungan kita membuat kita kehilangan fokus. Ketika kita kehilangan fokus, kita kehilangan waktu.

Jika Anda ingin menghindari itu, mulailah untuk mengatur kekacauan itu sendiri. Jangan lakukan semuanya sekaligus. Mulai dari yang kecil.

Jika diilustrasikan, selesaikan satu laci hari ini dan bereskan sebuah rak pada keesokan harinya.

Lusa, Anda dapat membersihkan satu lemari. Sedikit demi sedikit, lama kelamaan akan menjadi bukit. Lakukan satu persatu, langkah demi langkah.

Dengan demikian, Anda sedang membangun momentum dan akhirnya menemukan diri Anda berubah menjadi seorang yang ahli dalam mengatur waktu.

 

Maksimalkan Diri dengan Manajemen Waktu Pribadi

Maksimalkan diri Anda untuk memprioritaskan diri dalam mengatur waktu Anda agar dapat mencapai produktivitas dalam mencapai target jangka panjang.

Anda memiliki waktu dan kesempatan yang sama, kuncinya ada pada diri Anda, apakah Anda akan menggunakannya secara bijak?

Temukan diri Anda dalam beberapa periode waktu ke depan akan menjadi pribadi yang lebih baik dengan melakukan manajemen waktu yang baik.

Jika Anda membutuhkan konsultasi mengenai Perencanaan Keuangan Pribadi, Keluarga, atau Bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda.

 

Tips manakah yang sedang Anda usahakan untuk mengatur waktu pribadi agar lebih baik dalam mencapai target jangka panjang? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia.

Bagikan artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. SMART Goals Will Help You Achieve Anything. Wanderlustworker.com – https://goo.gl/gEzbgN
  • Admin. 27 Time Management Tips To Work Less and Play More. Toggl.com – https://goo.gl/TfnWhb
  • Admin. What Is Time Management? Working Smarter to Enhance Productivity. Mindtools.com – https://goo.gl/5p9mfX
  • Branford Hall. The 4 Quadrants of Time Management: A Student’s Guide to Prioritizing. Branfordhall.edu – https://goo.gl/D1LkJ2
  • L. Adams. 15 Time Management Tips for Achieving Your Goals. Entrepreneur.com – https://goo.gl/puKGqr

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Waktu 1 – https://goo.gl/8fN9kP
  • Manajemen Waktu 2 – https://goo.gl/qE6phn
  • Manajemen Waktu 3 – https://goo.gl/6hK8yu