Apakah Anda baru saja diangkat menjadi Manajer Baru? Selamat atas keberhasilan Anda!

Dalam menghadapi tugas Anda selanjutnya dengan jabatan sebagai manajer baru, tentu Anda ingin menjadi manajer baru yang disukai semua orang dan mendapatkan simpati yang baik di hari pertama Anda.

Simak ulasan berikut agar Anda dapat sukses menjalani peran Anda sebagai manajer baru yang disukai semua orang di kantor. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Membangun Kredibilitas Sebagai Manajer Baru

Entah Anda manajer pertama atau manajer berpengalaman yang mengambil alih tim baru, hari pertama Anda menawarkan kesempatan besar untuk memberi kesan positif dan mulai membangun kredibilitas dengan anggota tim baru Anda.

Semua orang akan memperhatikan Anda, dari anggota tim, para atasan dan juga rekan kerja Anda. Dalam menjalani peran baru di kantor, Anda perlu memperkuat diri Anda dalam menghadapi hal ini.

Mari manfaatkan hari pertama sebagai hari yang dapat menarik simpati para anggota tim dan bahkan seantero kantor Anda.

 

7 Hal yang Perlu Anda Ingat Sebagai Langkah Persiapkan Sebelum Menjadi Manajer Baru di Hari Pertama

Sebelum hari dimana Anda tiba di kantor dan menjalani jabatan Anda sebagai manajer baru, luangkan waktu sejenak (bisa di malam hari sebelum hari H), untuk merenungkan beberapa hal di bawah ini.

  1. Anda bergabung dengan perusahaan untuk membantu perusahaan menjalankan misinya dan menjalankan strategi utamanya. Anda adalah anggota kelompok yang memiliki jabatan lebih besar dan fungsi Anda sebagai manajer merupakan bagian penting dari keseluruhan bisnis.
  2. Peran Anda yang utama sebagai manajer yaitu membentuk sebuah lingkungan kerja yang baik agar anggota tim Anda termotivasi untuk melakukan yang terbaik dalam bekerja. Tugas Anda adalah mendukung dan membantu mengembangkan anggota tim Anda.

 

Berhasil Menjadi Manajer Baru yang Disukai Semua Orang Di Kantor 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Gaya Kepemimpinan Lee Kuan Yew yang Membawa Singapura Menjadi Negara Maju di Asia Tenggara]

 

  1. Peran Anda adalah membangun tim agar memiliki performansi kinerja tinggi. Setiap hal yang dilakukan dalam sebuah organisasi menyangkut kerja tim, dari sebuah proyek, melakukan upaya inovasi hingga menjalankan strategi.
  2. Tidak mengkritik setiap hasil kinerja masa lalu dari para anggota tim Anda dan Anda bertugas untuk memberikan pendampingan sehingga mereka dapat mengidentifikasi setiap perbaikan yang diperlukan.
  3. Sebagai manajer baru, tidak perlu menunjukkan setiap prestasi yang Anda lakukan pada perusahaan sebelumnya atau di organisasi yang lain. Para anggota tim Anda tidak akan menghargai Anda jika Anda terus-menerus melakukannya.
  4. Ingatkan diri Anda untuk tersenyum, perhatikan, pelajari nama orang dan tunjukkan rasa hormat pada setiap orang yang Anda temui. Menghormati adalah sikap dasar untuk meningkatkan kepercayaan pada sebuah tim.
  5. Ingatkan diri Anda bahwa anggota tim Anda cenderung cemas (takut) dengan kedatangan Anda (sebagai manajer baru karena mereka belum mengenal Anda sebelumnya) dan Anda harus menemukan cara untuk membuat mereka merasa nyaman secepat mungkin. Dengan adanya rasa aman dan nyaman, tentu atmosfer kantor terasa lebih menyenangkan dan kerjasama tim akan mengarah kepada kesuksesan.

 

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Untuk Karyawan, Agar Anda Sekeluarga Tetap Terlindungi (Meski Sudah Resign) 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Soft Skills yang Harus Dimiliki Setiap Calon Pemimpin, Apakah Kamu Sudah Punya yang ke-5?]

 

Budaya Pakaian Kerja – Formal atau Non Formal

Jika Anda termasuk orang baru di kantor tersebut dan langsung menjalani jabatan Anda sebagai manajer, (mengingat ada perbedaan budaya berpakaian di beberapa kantor) Anda perlu menanyakan tentang budaya berpakaian di kantor tersebut – apakah formal atau semi formal.

Bayangkan jika ternyata budaya di sebuah kantor adalah mengenakan pakaian yang semi formal dimana para pekerja diperbolehkan mengenakan celana jeans, kemudian Anda sebagai orang baru dan bahkan sebagai manajer baru berpakaian sangat formal dan membuat Anda terlihat “paling rapi” dari seluruh warga kantor.

Pakaian Anda akan mengindentifikasi dan menggambarkan diri Anda.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Meet & Greet Hari Pertama

Hari-hari pertama biasanya akan terasa canggung.

Misi Anda di hari pertama adalah agar Anda bertemu setiap orang yang ada dalam tim Anda dan idealnya untuk bertemu sebanyak mungkin orang di seluruh organisasi.

Para HRD 8 Alasan Pentingnya Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan di Perusahaan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri!]

 

Anda perlu mengenalkan diri Anda pada sebuah rapat pertemuan kantor yang dihadiri oleh semua pegawai dan karyawan mengingat Anda adalah manajer baru.

Tak perlu menegaskan siapa diri Anda dan otoritas Anda secara kuat. Anda tentu tidak ingin dicap sebagai manajer baru yang berlagak angkuh dan sombong di hari pertama Anda.

Selama beberapa minggu pertama, Anda perlu memiliki waktu untuk bertemu dengan setiap anggota tim Anda secara individu. Tanyakan beberapa pertanyaan berikut ini:

  1. Pekerjaan apa yang berhasil Anda lakukan? Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya?
  2. Pekerjaan apa yang kurang berhasil Anda lakukan? Perubahan apa yang harus dilakukan untuk mengubah hal tersebut?
  3. Apa yang perlu saya lakukan (sebagai manajer baru) untuk menolong Anda dalam melakukan peran Anda di kantor ini?

 

6 Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan, Tanpa Merusak Keuangan Perusahaan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Jenis Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi Berdasarkan Teori Kepemimpinan yang Harus Anda Ketahui]

 

Pastikan Anda memenuhi janji pertemuan Anda dan berkomitmen untuk mendengarkan setiap input dan juga kesulitan yang mereka hadapi sebagai anggota tim.

Dalam setiap pertemuan pribadi, buat catatan mengenai berbagai strategi perbaikan dan juga evaluasi dari proses kinerja yang telah berlangsung. Hal ini akan membuat mereka memiliki peluang untuk melakukan perubahan yang semakin baik dalam pekerjaan mereka.

 

Bekerja Sebagai Seorang Manajer Baru

Pada kesempatan sebelumnya, Anda mungkin adalah seorang karyawan atau pegawai teladan dengan tugas khusus Anda. Namun ketika Anda sebagai seorang manajer, tugas Anda akan lebih berat yaitu memotivasi para bawahan Anda untuk bekerja lebih giat.

HR Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda]

 

Sebagai manajer, Anda tidak membantu bawahan Anda untuk mengerjakan apa yang mereka kerjakan. Jika memang diperlukan, berikan arahan atau contoh yang ia perlukan agar bawahan Anda dapat meneruskan pekerjaan tersebut.

Buatlah kesan pertama yang dapat membuat anggota tim Anda dapat bekerja lebih nyaman dengan kepemimpinan baru Anda.

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan atau kenalan Anda yang baru menjabat sebagai manajer.

Bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda yang membutuhkan. 

 

Sumber Referensi:

  • John Reh. 16 Januari 2017. Succeeding on Your First Day as a New Manager. Thebalance.com – https://goo.gl/yyGU4R

 

Sumber Gambar:

  • Manajer Baru yang Disukai Semua Orang – https://goo.gl/6XbqF7
  • Manajer Baru – https://goo.gl/FW8tZG

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang