Kemampuan untuk meningkatkan semangat kerja karyawan adalah salah satu keahlian terbaik yang dapat dimiliki oleh seorang pemimpin. Apakah Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya? Silakan baca penjelasan berikut dan buktikan oleh Anda sendiri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja

Beberapa pemikiran konvensional masih beranggapan bahwa setiap orang bekerja untuk uang, lebih daripada hal yang lainnya. Memang hal itu ada benarnya, tetapi tidak sepenuhnya benar. Uang saja tidak cukup untuk membuat karyawan bekerja dengan memberikan yang terbaik dari diri mereka.

Seorang Psikolog Amerika yang melakukan studi di bidang motivasi karyawan, Frederick Herzberg, memperlihatkan bahwa kepuasan kerja bukanlah lawan dari ketidak puasan kerja. Herzberg mengidentifikasi bahwa yang dapat memberikan kepuasan kerja adalah faktor internal, sedangkan faktor eksternal-lah yang mempengaruhi ketidakpuasan seseorang.

20 Cara Seorang Pemimpin Meningkatkan Semangat Kerja Tanpa Mengandalkan Uang. Silakan Anda Buktikan Sendiri! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Hal yang Meningkatkan Motivasi Kerja vs Demotivasi Kerja]

 

Hal-hal yang dapat memotivasi dan memberikan kepuasan antara lain adalah pencapaian, penerimaan penghargaan atas pencapaian, perkerjaan itu sendiri, tanggung jawab, kesempatan untuk berkembang, dan perkembangan. Sedangkan hal-hal yang membuat orang menjadi demotivasi adalah peraturan dan administrasi, supervisi, lingkungan pekerjaan, gaji, status, dan hubungan antar rekan kerja.

Kita dapat melihat bahwa kompensasi merupakan faktor eksternal, dari riset yang dilakukan Herzberg, gaji yang sedikit akan menyebabkan ketidakpuasan dan gaji yang cukup hanya akan mengurangi rasa ketidakpuasan, bukan memberikan kepuasan.

 

Beri semangat kerja kepada karyawan dengan faktor-faktor internal. Click to Tweet

 

Banyak pemimpin yang berpikir bahwa memberikan penghargaan kepada karyawan berarti menguras habis keuangan atau budget mereka. Ini tidak sepenuhnya benar. Jadilah kreatif dan fleksibel, selalu ada cara tanpa mengandalkan uang untuk meningkatkan semangat kerja karyawan Anda. Bahkan faktanya, sangatlah mungkin untuk meningkatkan semangat kerja karyawan dari yang biasa saja ke tingkat yang luar biasa, tanpa mengeluarkan uang Anda.

Berikut ini 20 cara yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pemimpin untuk meningkatkan semangat kerja karyawan Anda tanpa mengandalkan uang:

 

#1 Tentukan Tujuan Bersama

Setiap orang ingin mempunyai sebuah pencapaian. Memberikan perusahaan atau tim tujuan bersama akan membuat karyawan Anda merasa bahwa mereka adalah bagian dari suatu yang besar. Jika Anda tidak pernah membagikannya dan hanya meminta karyawan Anda melakukan pekerjaan mereka sehari-hari, bagaimana mereka dapat merasa memiliki tujuan dan pencapaian tersebut? Dapat mencapai suatu tujuan bersama akan meningkatkan semangat kerja karyawan Anda.

 

#2 Berikan Pujian yang Spesifik dan Tulus

Anda tidak akan terlalu mengobral pujian, jika pujian tersebut diberikan secara spesifik dan tulus terhadap pencapaian karyawan Anda. Mereka dapat membedakan mana yang merupakan pujian yang sekedar pujian biasa atau pujian yang spesifik hanya untuk mereka.

 

#3 Kenal Kehidupan Mereka Secara Pribadi

Kenali karyawan Anda secara pribadi. Apa yang menjadi hobi dan ketertarikan mereka? Apakah mereka mempunyai anak atau hewan peliharaan? Bangun hubungan pribadi dengan karyawan Anda, dan mereka akan melakukan yang terbaik agar tidak mengecewakan Anda.

Kata-kata Motivasi Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi: Cara Kaya dan Hidup Sederhana Ala Mark Zuckerberg, Pendiri Facebook]

 

#4 Memberikan Perhatian Penuh Ketika Mendengarkan

Setiap orang butuh diperhatikan dan didengarkan. Anda harus sadar bahwa karyawan Anda dapat menjadi penghubung Anda dengan pelanggan Anda. Dengan bertanya kepada karyawan Anda dan memberikan perhatian kepada apa yang mereka katakan, Anda akan belajar hal yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan performa perusahaan Anda.

 

#5 Berikan Alasan Yang Jelas

Memberikan penjelasan dari cara berpikir Anda atau alasan dibalik Anda memberikan tugas tertentu kepada seseorang, akan membangun pemahaman mereka terhadap pekerjaan yang mereka lakukan. Hal tersebut akan membantu mereka untuk melakukannya dengan lebih baik.

 

#6 Memberikan Informasi Update Secara Berkala

Karyawan Anda ingin mengetahui apa yang sedang terjadi di perusahaan dimana mereka bekerja. Mereka akan sangat senang ketika Anda memberikan informasi tersebut secara berkala.

 

#7 Memberikan Masukan Yang Membangun

Karyawan Anda ingin mengetahui bagaimana kinerja mereka, baik ataupun buruk. Jika Anda dapat memberikan masukan yang membangun, mereka akan mendengarkan dan bekerja untuk memperbaikinya.

HR Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Perusahaan Penting!! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan Perusahaan? Penting!!]

 

#8 Berikan Pengakuan dan Penghargaan

Kedua hal ini dapat diberikan dalam berbagai bentuk, salah satunya Anda dapat menunjukkan apa yang seorang telah dicapai dalam sebuah pertemuan di kantor. Anda juga dapat menjalankan sebuah kompetisi atas pekerjaan harian yang karyawan Anda lakukan dan memperlihatkan hasilnya di sebuah papan besar dimana setiap orang dapat melihatnya, sehingga setiap dari mereka menjadi termotivasi.

Penghargaan yang diberikan tidak selalu harus penghargaan yang besar dan mahal, traktiran makan siang atau makan malam, voucher belanja dan lain sebagainya juga dapat memberikan semangat kepada mereka.

 

#9 Berikan Fleksibilitas dan Keleluasaan

Jangan terlalu banyak berargumen mengenai peraturan-peraturan yang bukan prinsip. Anda harus berfokus pada tujuan Anda dan gambaran yang lebih besar, bahkan dapat saja Anda mengubah beberapa peraturan yang tidak prinsip tersebut untuk meningkatkan semangat kerja karyawan Anda.

 

#10 Makan Bersama

Makanan adalah motivator yang sangat baik. Anda dapat mengajak karyawan Anda untuk makan siang bersama di tempat yang biasa mereka makan atau Anda makan. Atau Anda dapat mengadakan makan bersama di kantor seperti mengadakan potluck (setiap orang membawa 1 jenis makanan) atau dalam event tertentu seperti buka puasa bersama.

 

#11 Luangkan Waktu Untuk Bermain

Sangatlah mudah untuk terbawa dalam kesibukan pekerjaan kantor yang menjemukan. Meluangkan sesekali waktu untuk bermain akan memberikan dampak yang besar. Jika memungkinkan, ada kompetisi di dalamnya dengan hadiah kecil, yang dapat membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

Andrie Wongso Cerita Motivasi Tetesan Air yang Dapat Melubangi Batu dan 40 Kata-Kata Mutiara Lainnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Andrie Wongso: Cerita Motivasi Tetesan Air yang Dapat Melubangi Batu dan 40 Kata-Kata Mutiara Lainnya]

 

#12 Menjadi Sukarelawan Dalam Suatu Kegiatan Bersama-sama

Menjadi sukarelawan dalam acara atau kegiatan bersama-sama akan memiliki nilai tersendiri. Hal tersebut akan membuat kedekatan yang lebih daripada melakukan hal lainnya.

 

#13 Memberikan Peraturan Bebas Berpakaian Di Hari Tertentu

Anda tidak harus terlalu kaku dalam memberikan peraturan berpakaian. Jika lingkungan bisnis Anda termasuk pelanggan yang akan dilayani tidak terlalu terganggu, mengubah dress code pakaian akan membuat karyawan Anda menjadi senang. Hari Jumat biasanya digunakan untuk hari dimana karyawan dapat menggunakan pakaian yang lebih tidak formal.

 

#14 Memberikan Keleluasaan Untuk Mendekorasi Tempat Kerja

Setiap orang sangat suka merancang sesuatu sesuai dengan keinginan sendiri, salah satunya adalah tempat kerja mereka. Jadi jangan Anda larang mereka untuk berkreasi akan hal itu kecuali Anda bekerja di suatu tempat yang membutuhkan tempat kerja yang standard atau formal, seperti di rumah sakit. Tempat kerja yang didekorasi akan membuat karyawan Anda merasa seperti di rumah sendiri.

 

#15 Memperlakukan Rekan Kerja Dengan Hormat

Ketika Anda menghormati rekan kerja atau karyawan Anda, maka Anda juga akan mendapatkan hormat dari mereka. Sebagai pemimpin, Anda harus memulainya dari diri Anda untuk menghormati karyawan Anda.

HR Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan 6 Cara Motivasi Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Tingkatkan Kinerja Karyawan dengan 6 Cara Motivasi Ini]

 

#16 Memberikan Waktu Bebas Untuk Mengurangi Stres

Terkadang, pekerjaan yang paling disenangi seseorang pun dapat menciptakan kejenuhan di suatu kondisi tertentu. Anda dapat memberikan mereka waktu dimana mereka dapat beristirahat dan lebih santai. Walaupun hanya 10-15 menit waktu istirahat di tengah-tengah waktu yang sangat sibuk, hal tersebut akan sangat membantu.

 

#17 Berbagi Keberhasilan Dan Kegagalan Bersama-sama

Ketika perusahaan Anda mencapai suatu keberhasilan, Anda harus merayakannya. Ini adalah waktu yang paling baik untuk memberi tahu semua orang bahwa Anda menghargai hasil jerih payah mereka. Keluar dari kebiasaan Anda sehari-hari untuk merayakannya, sehingga karyawan Anda melihat bahwa Anda sangat menghargai mereka yang berkontribusi terhadap perusahaan Anda.

Jika ada kegagalan, bagikan juga hal tersebut. Jika Anda menginginkan semangat kerja yang tinggi, karyawan Anda juga harus mengetahui dimana posisi perusahaan mereka sekarang. Anda harus jujur dan transparan terhadap mereka.

 

#18 Utamakan Sumber Daya Manusianya Terlebih Dahulu

Tidak ada hal yang paling utama dalam sebuah perusahaan, selain orang yang menjalankannya. Anda harus sadar bahwa Anda berada dalam bisnis yang melibatkan sumber daya manusia, bisnis dimana Anda harus mencari SDM, melatihnya dan mengelolanya untuk menjual produk atau servis yang Anda tawarkan.

Jika manusia yang menjadi ‘mesin’ utamanya, sebagai seorang pemimpin yang baik, Anda harus mengutamakan mereka terlebih dahulu dibanding yang lainnya.

 

#19 Bertindak Dengan Penuh Integritas

Seiring berjalannya waktu, ada banyak sekali kabar tentang pemimpin yang gagal bertindak secara benar, serta bertindak tidak sesuai dengan nilai-nilai yang perusahaan dan karyawan miliki, sehingga mengakibatkan karyawan dan perusahaan tersebut mengalami kejatuhan.

Memperlihatkan kepada karyawan Anda bahwa Anda menghargai integritas, bagaimana Anda dan karyawan bersikap, akan membantu memotivasi karyawan Anda dan menjadi suatu kebanggaan bagi mereka yang bekerja dengan Anda.

Cerita Motivasi Jangan Takut Gagal Ini 20 Penemuan yang Berawal Dari “Kesalahan” 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Motivasi Jangan Takut Gagal Ini 20 Penemuan yang Berawal Dari “Kesalahan”]

 

#20 Beri Pengertian Bahwa Setiap Dari Mereka Adalah Seorang Pemimpin

Tunjukkan kekuatan dari setiap karyawan Anda dan biarkan mereka mengetahui kelebihan mereka masing-masing, sehingga mereka mengerti bahwa setiap dari mereka adalah seorang pemimpin dengan kelebihan dan kekuatan masing-masing. Dengan demikian mereka dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan kekuatan mereka masing-masing.

 

Memimpin Tanpa Mengandalkan Uang

Tidak semua hal yang memotivasi karyawan Anda mengandalkan uang. Ketika Anda memimpin dengan cara dan prinsip-prinsip yang benar, walaupun keuangan Anda dalam kondisi yang sedang tidak baik, karyawan Anda tetap dapat melakukan yang terbaik untuk Anda dan perusahaan. Saatnya belajar menjadi pemimpin yang benar dan berdampak.

 

Apakah Anda pernah mencoba cara-cara diatas dalam memimpin? Jika Anda seorang pemimpin, apakah Anda mau mencoba cara-cara diatas?

 

Sumber Referensi:

  • Ilya Pozin. 28 November 2011. 9 Things That Motivates Employess More Than Money. Inc.com – https://goo.gl/oWWba6
  • Merge Gupta Sunderji. 13 October 2016. 16 Ways to Motivate Your People Without Spending Money. Profitguide.com – https://goo.gl/YyNBzk
  • Martin Zwilling.10 Januari 2012. 8 Ways Leaders Can Motivate Employess Beyond Money. Forbes.com – https://goo.gl/9evqHZ

 

Sumber Gambar:

  • Asian Employee – https://goo.gl/6CKPaz dan https://goo.gl/YjHCbX

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com