Apakah Anda seorang pemimpin? Apa saja visi yang Anda miliki sebagai seorang pemimpin? Apakah Anda sudah tahu apa itu Kepemimpinan Visioner?

Simak 3 karakter penting yang harus dimiliki dalam kepemimpinan visioner melalui pembahasan berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pemimpin

Untuk lebih memahami, Anda harus memulainya dari pengertian. Pemimpin dan kepemimpinan merupakan dua hal yang berbeda.

Pemimpin adalah individu yang melakukan proses mempengaruhi sebuah kelompok atau organisasi untuk mencapai sesuatu tujuan yang telah disepakati bersama.

Sedangkan kepemimpinan adalah sifat yang diterapkan individu yang bertindak sebagai pemimpin untuk mempengaruhi anggota kelompoknya untuk mencapai sasaran dan tujuan yang telah disepakati bersama.

Seorang pemimpin, haruslah memiliki jiwa kepemimpinan. Namun, tidak semua pemimpin mampu memiliki jiwa kepemimpinan yang diharapkan oleh orang-orang, salah satunya jiwa kepemimpinan visioner.

Apakah Anda sudah tahu apa itu kepemimpinan visioner? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Gaya Kepemimpinan Visioner

Ketika Anda berpikir tentang kepemimpinan visioner, Anda mungkin berpikir tentang seseorang seperti George Washington, yang memimpin perang melawan Inggris untuk mendirikan negara baru.

Mungkin juga Anda akan memikirkan Mahatma Gandhi yang juga memberontak melawan Inggris, tetapi dengan cara yang sangat berbeda yakni dengan mengedepankan unsur kemanusiaan.

Kedua pemimpin besar itu melihat bahwa visi pemerintahan yang baru ditetapkan untuk bisa dicapai — dan mereka melakukannya.

Dengan perspektif yang terlihat melalui 2 contoh pemimpin hebat di atas, Anda mungkin berpikir bahwa kepemimpinan visioner itu langka dan tentu saja bukan sesuatu yang bisa dimiliki oleh rata-rata orang kebanyakan.

Kepemimpinan Visioner 02 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Namun, kepemimpinan visioner tidak harus melulu mengubah dunia atau lingkup yang luas. Dalam pengaplikasiannya di ranah kepemimpinan, Anda mungkin sudah memiliki sifat atau gaya kepemimpinan yang visioner namun tidak mengetahuinya.

Kepemimpinan visioner (visionary leadership) dapat diartikan sebagai kemampuan pemimpin dalam mencipta, merumuskan, mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mentransformasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial diantara anggota organisasi dan stakeholders yang diyakini sebagai cita-cita organisasi di masa depan yang harus dicapai melalui komitmen semua personil.

Dari pengertiannya, mungkin Anda akan berpikir “sulit” untuk mencapai kemampuan tersebut. Padahal, Anda bisa memilikinya dengan lebih mendalami seperti apa karakter dari suatu “kepemimpinan visioner”.

Anda akan mendapatkan penjelasannya berikut ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sebelum membahas tentang lebih jauh, sudahkah Anda memprioritaskan pengaturan dan perencanaan keuangan untuk meraih sukses keuangan di masa depan?

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat arus keuangan Anda setiap hari dengan lebih mudah dan praktis melalui gadget pintar Anda.

Selain mencatat keuangan setiap hari, Anda juga menikmati fitur lainnya seperti merencanakan dana membeli barang dan juga merencanakan liburan Anda bersama keluarga atau sahabat.

Manfaatkan free trial-nya untuk menikmati lebih lanjut setiap fitur Aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam finansial.

Jika Anda tertarik untuk berlangganan, Anda bisa langsung berlangganan selama 1 tahun untuk menghemat biaya registrasi dan juga mendapatkan keuntungan tambahan, yaitu mendapatkan kursus online gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

Selain itu, miliki kemapanan finansial dari sekarang dengan mengelola keuangan dengan baik melalui ebook Panduan Mengelola Keuangan sesuai usia Anda, GRATIS!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Karakter Penting dalam Kepemimpinan Visioner

Berikut ini karakter penting dari mereka yang memiliki ciri kepemimpinan visioner.

 

#1 Berani Melangkah dan Mengambil Risiko

Perubahan tidak pernah bebas risiko. Bahkan terkadang, solusi jarang sekali segera datang.

George Washington tidak mengalahkan Inggris dalam pertempuran pertama. Mengalahkan Inggris butuh waktu bertahun-tahun. Butuh pengorbanan banyak orang yang berkomitmen pada visi pemerintahan itu sendiri.

Setiap tindakan pasti akan selalu ada risiko. Mereka yang berani ambil risiko tentu akan menghadapi perubahan dengan berani sesuai dengan keberanian mereka saat melakukan tindakan yang radikal.

Orang Kaya Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Seperti Steve Jobs yang sempat “ditendang” dari perusahaan tempat ia bekerja karena memiliki visi yang tidak dilihat oleh orang lain. Tapi dia mau mengambil risiko dengan berani.

Kepercayaan diri yang tumbuh melalui kematangan visi ini membuat para pemimpin visioner menjadi sosok yang tidak ragu dalam menghadapi risiko.

Perhitungan yang cermat, teliti, dan juga akurat menjadi salah satu kemampuannya yang tidak dapat diragukan, ditambah lagi dengan inner sense yang tidak semua orang miliki.

 

#2 Pendengar yang Baik

Selain berani melangkah, mampu menjalin hubungan yang efektif dengan berbagai kalangan, kolega, dan juga bawahan melalui motivasi serta nasihat yang diberikan secara natural dan spontan merupakan hal yang tidak kalah pentingnya.

Pemimpin visioner memiliki pendekatan kemitraan dan menciptakan rasa berbagi visi serta makna dengan orang lain.

Mereka menunjukkan rasa hormat yang lebih besar bagi orang lain dan berhati-hati dalam mengembangkan semangat tim.

Dalam setiap proses kepemimpinan akan selalu ada mereka yang menjadi penentang. Pemimpin visioner bisa memilah mana yang harus mereka dengarkan dan menimbang serta melakukan saran dari orang-orang di sekitarnya.

Inilah salah satu soft skill mereka sebagai pendengar yang baik dan melalui logika yang dibarengi dengan kebijaksanaan, mereka mampu mengimplementasikan saran terbaik.

Mengenal Berbagai Teori Kepemimpinan yang Mendunia 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya?]

 

Jika Anda tidak mau mendengarkan dan menerima saran, lihatlah bagaimana pasar berubah, dan terima umpan balik dengan serius.

Tidak masalah untuk mengatakan, “Tidak, saya telah mempertimbangkan semua kemungkinan itu dan saya masih bergerak maju dengan ide saya.”.

Namun, jika Anda belum mempertimbangkan kemungkinan lain, Anda menetapkan diri untuk mengalami kegagalan.

Seorang pemimpin yang baik akan mendengar suara anggota tim. Anda bukanlah pemimpin sejati kecuali orang-orang mengikuti Anda secara sukarela, dan agar itu terjadi, mereka perlu merasa didengar.

 

#3 Mengambil Tanggung Jawab

Seorang pemimpin visioner tahu bahwa ide-idenya berbeda dan merupakan sebuah risiko yang terbilang signifikan.

Bagi orang-orang yang mengikuti pemimpin seperti itu juga mengambil kesempatan untuk berani mengambil tanggung jawab. Jadi, sebagai pemimpin, penting bahwa Anda bertanggung jawab atas tindakan dan visi Anda.

Ini bukan hanya ketika sebuah target tidak tercapai dan proses yang berjalan dengan tidak mulus atau tidak sesuai dengan rencana.

Pemimpin bertanggung jawab untuk memastikan bahwa keuangan tersedia untuk membayar karyawan atau pekerja dan menjaga proyek terus maju dan berputar. Pemimpin harus memastikan bahwa mereka telah memperlakukan orang lain dengan adil.

Dongeng Keuangan dari Cerita Anak Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban 04 Pemimpin Peduli - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Baca! 11 Kiat Sukses Memiliki Motivasi Bisnis Dimulai dari Disiplin Diri]

 

Perlu digarisbawahi bahwa memiliki visi sama halnya ketika Anda memiliki anak.

Anda akan melakukan apa saja dan mengorbankan segalanya untuk anak Anda, tetapi ketika Anda ingin orang lain berpartisipasi dalam membesarkan anak itu, Anda harus membayarnya.

Anda tidak dapat mengharapkan tim Anda berkorban seperti yang Anda telah lakukan. Itu bukan visi mereka tapi visi Anda.

Seorang pemimpin visioner dapat menjadi kekuatan besar dalam mengubah dunia atau sebuah bisnis industri, tetapi kepemimpinan dan partisipasi ini tidak selalu diperlukan.

Terkadang Anda membutuhkan seorang pemimpin yang hanya membuat orang-orang bersemangat untuk tetap berada di jalan yang sama dengan yang Anda tempuh. Namun, ketika Anda membutuhkan perubahan, Anda perlu seseorang dengan sebuah visi.

Para pemimpin visioner melihat status quo dan melihat bagaimana mereka dapat membuat situasinya berbeda, daripada hanya membuat situasi saat ini menjadi lebih baik.

Seperti yang dilakukan oleh George Washington, ia tidak berambisi untuk membuat hubungan yang lebih baik dengan Raja George.

Malah sebaliknya, dia melakukan perubahan besar dengan memutuskan hubungan itu. Visi inilah yang membuat negara Amerika Serikat seperti saat ini.

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan mendownload ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

Pisahkan laporan keuangan pribadi dan keuangan bisnis Anda dengan Aplikasi Jurnal Keuangan Pribadi & Bisnis dari Finansialku yang dapat memudahkah Anda dalam pencatatannya.

 

Sifat-sifat Pemimpin

Apakah Anda seorang pemimpin? Ketahui lebih jelas apakah Anda memiliki jiwa kepemimpinan atau tidak.

Beberapa sifat yang biasanya melekat pada diri seorang pemimpin, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Intelejensi – Kemampuan bicara, menafsir, dan bernalar yang lebih kuat daripada para anggota yang dipimpin.
  • Kepercayaan Diri – Keyakinan akan kompetensi dan keahlian yang dimiliki.
  • Determinasi – Hasrat untuk menyelesaikan pekerjaan yang meliputi ciri seperti berinisiatif, kegigihan, mempengaruhi, dan cenderung menyetir.
  • Integritas – Kualitas kejujuran dan dapat dipercaya oleh para anggota.
  • Sosiabilitas – Kecenderungan pemimpin untuk menjalin hubungan yang menyenangkan, bersahabat, ramah, sopan, bijaksana, dan diplomatis. Menunjukkan rasa sensitif terhadap kebutuhan orang lain dan perhatian atas kehidupan mereka.

 

Sebagaimana yang sudah diketahui oleh sebagian besar orang bahwa kepemimpinan adalah suatu usaha untuk mempengaruhi orang atau sekelompok anggota untuk melakukan sesuatu sesuai dengan arahan, tujuan dan sasaran yang telah disepakati bersama.

Seperti apakah gaya kepemimpinan yang Anda implementasikan dalam perusahaan Anda?

 

Apakah gaya kepemimpinan seseorang dapat berbeda bergantung pada situasi kondisi yang mereka sedang hadapi? Bagaimana menurut Anda? Tulis komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima Kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pengertian Kepemimpinan, Gaya, dan Teori Kepemimpinan. Informasiana.com – https://goo.gl/dg33Ax
  • Antonius666. 24 Maret 2013. Pemimpin Visioner. Blogdetik.com – https://goo.gl/cA3Bq7
  • Benita Pramasari. 16 Juni 2016. Gaya-Gaya Kepemimpinan. Linkedin.com – https://goo.gl/eW9zAQ
  • Dr. Ani Kalayjian. 12 Secrets of Visionary LeadersMeaningfulworlds.com – https://goo.gl/mfa4mA
  • M. Nurkholis. 22 Desember 2011. Visionery LeadershipMnurkholis7.wordpress.com – https://goo.gl/YjmwuR
  • Sherly. 10 Maret 2011. Visionary Leadership” Salah Satu Implementasi Gaya Kepemimpinan. Blog.stie-mce.ac.id – https://goo.gl/WqKMgx
  • Suzanne Lucas. 3 September 2018. Visionary Leadership – Visionary Leadership Has 3 Characteristics You Want to Find and Follow. Thebalancecareers.com – https://goo.gl/UL8N37
  • Rudi Salam Sinulingga. 14 April 2014. Gaya-gaya Kepemimpinan. Kompasiana.com – https://goo.gl/2RDY1J

 

Sumber Gambar:

  • Kepemimpinan Visioner 1 – https://goo.gl/xxttBr
  • Kepemimpinan Visioner 2 – https://goo.gl/L2sMNS