Teori kepemimpinan manakah yang membentuk gaya kepemimpinan dan pembawaan Anda dalam memimpin?

Mari kenali berbagai teori kepemimpinan yang mendunia melalui pembahasan artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Berbagai Teori Kepemimpinan yang Mendunia

Kepemimpinan sering kali dikaitkan dengan organisasi karena tentu saja tanpa adanya sifat kepemimpinan tersebut tentu saja organisasi tidak bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Ada banyak sumber yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi mengenai teori kepemimpinan dalam organisasi.

William G. Scott menyatakan kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi aktivitas yang ada khususnya untuk melakukan organisasi di dalam kelompok sebagai salah satu usaha untuk bisa mencapai tujuan yang memang sudah ditetapkan sejak awal.

Melalui artikel kali ini, mari kita membahas tentang beberapa pengertian dan teori kepemimpinan yang mendunia dimana banyak dari pemimpin terkenal menggunakan setiap gaya kepemimpinan tersebut.

 

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Felix. A. Nigro (1965) dalam bukunya “Modern public administration” menyatakan bahwa kepemimpinan adalah memengaruhi aktivitas orang lain.

Edward Lyman Munson, seorang brigadir Jenderal, dalam bukunya “The Management of Man A Handbook On The Systematic Development Of Morale And The Control Of Human Behavior.” 1905” menyatakan kepemimpinan adalah suatu kesanggupan ataupun kemampuan untuk mengatas orang orang yang sedemikian rupa agar mencapai hasil yang sebesar besarnya dengan kemungkinan konflik yang sekecil kecilnya dan sebesar mungkin terjalinnya kerja sama.

Ordway Tead (1931) dalam bukunya “The Art of Leadership”, kepemimpinan adalah penggabungan perangai yang membuat seseorang mungkin dapat mendorong beberapa pihak lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Massarik, Tannenbam dan Weschler (1961) menyatakan kepemimpinan adalah sebuah pengaruh antar pribadi yang dijalankan dalam keadaan tertentu, serta diarahkan melalui proses komunikasi menuju arah pencapaian satu tujuan tertentu ataupun lebih.

Mengenal Berbagai Teori Kepemimpinan yang Mendunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kunci Sukses Kepemimpinan: 3P (Passion, Persistence, Panache)]

 

Pigors dalam bukunya “Leadership and Domination”, kepemimpinan adalah suatu proses dorong mendorong yang mengontrol daya guna manusia dalam mengejar tujuan bersama, melalui interaksi yang berhasil dari bermacam macam perbedaan individual.

Ralph M. Stogdill menyatakan bahwa kepemimpinan adalah proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berhubungan dengan tugas dari para anggota kelompok.

Hemhill dan Coons menyatakan kepemimpinan adalah perilaku dari seorang individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok ke suatu tujuan yang ingin dicapai bersama (shared goals).

P. Siagian menyatakan bahwa kepemimpinan adalah suatu keterampilan dan kemampuan dari seseorang yang telah menduduki jabatan menjadi pimpinan dalam sebuah pekerjaan dalam mempengaruhi tindakan orang lain, terutama kepada bawahannya agar berpikir dan bertingkah laku sedemikian rupa sehingga melalui tingkah laku positif ini dapat memberikan sumbangan yang nyata di dalam pencapaian tujuan organisasi.

Prof. Kimbal Young menyatakan bahwa kepemimpinan adalah suatu bentuk dominasi yang disengaja atau disadari oleh kemampuan pribadi yang mampu mendorong atau mengajak kepada orang lain dalam melakukan sesuatu berdasarkan atas penerimaan oleh kelompoknya dan mempunyai keahlian yang khusus secara tepat bagi situasi yang khusus.

George R. Terry menyatakan bahwa kepemimpinan adalah suatu kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar mereka menyukai untuk berusaha dalam mencapai tujuan-tujuan kelompok atau organisasi.

Howard H. Hoyt menyatakan bahwa kepemimpinan adalah seni untuk bisa mempengaruhi segala tingkah laku dari manusia, dan memiliki kemampuan dalam membimbing seseorang.

Bagaimana Cara Membuktikan Anda Memiliki Kualitas Kepemimpinan 1 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuktikan Anda Memiliki Kualitas Kepemimpinan?]

 

Segera dapatkan ebook Perencanaan Keuangan yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Teori Kepemimpinan

Berikut ini 11 teori kepemimpinan yang mendunia yang bisa Anda aplikasikan dalam kepemimpinan Anda.

 

#1 Teori Kepemimpinan Genetis

Teori ini mengasumsikan bahwa tidak setiap orang dapat menjadi pemimpin, hanya beberapa orang yang memiliki pembawaan dan bakat saja yang dapat menjadi pemimpin. Hal tersebut memunculkan “pemimpin tidak hanya sekadar dibentuk tapi dilahirkan”.

 

#2 Teori Orang Hebat (Great Man Theory)

Great Man Theory ini menyatakan bahwa pemimpin hebat itu ditakdirkan lahir untuk menjadi pemimpin. Teori tersebut juga menganggap seorang pemimpin hebat akan muncul saat dalam menghadapi situasi tertentu.

Teori tersebut dipopulerkan oleh Thomas Carlyle dalam bukunya yang berjudul “On Heroes, Hero-Worship, and the Heroic in History”.

Great Man Theory ini berkembang sejak abad ke-19. Meskipun tidak dapat diidentifikasikan dengan kepastian ilmiah tentang karakteristik dan kombinasi manusia seperti apa yang dapat dikatakan sebagai pemimpin hebat, namun semua orang mengakui bahwa hanya satu orang diantara mereka yang memiliki ciri khas sebagai pemimpin hebat.

 

#3 Teori Sosial

Teori sosial yang menyatakan bahwa seseorang akan dapat menjadi pemimpin karena lingkungannya yang mendukung, keadaan dan waktu memungkinkan ia bisa menjadi pemimpin.

Setiap orang dapat memimpin asal diberikan kesempatan dan diberikan pembinaan untuk dapat menjadi pemimpin meskipun ia tidak memiliki pembawaan atau bakat. Adapun istilah dari teori kepemimpinan sosial ini yaitu “pemimpin itu dibentuk bukan dilahirkan”.

 

#4 Teori Sifat Kepribadian

Teori Sifat Kepribadian atau Trait Theory ini mempercayai bahwa orang yang dilahirkan atau dilatih dengan kepribadian tertentu akan menjadikan mereka unggul dalam peran kepemimpinan.

Dengan demikian, kualitas kepribadian tertentu seperti keberanian, kecerdasan, pengetahuan, kecakapan, daya tanggap, imajinasi, fisik, kreativitas, rasa tanggung jawab, disiplin dan nilai-nilai lainnya dapat membuat seseorang menjadi pemimpin yang baik.

Kunci-Sukses-Kepemimpinan-3-Finansialku

[Baca Juga: Jika Ingin Jadi Pemimpin Berhasil, Anda HARUS Membaca 15 Buku Kepemimpinan yang Direkomendasikan]

 

Fokus dari teori kepemimpinan ini terletak pada analisis karakteristik mental, fisik dan sosial untuk mendapatkan lebih banyak pemahaman tentang karakteristik dan kombinasi karakteristik yang umum diantara para pemimpin.

Dalam hal ini, sifat kepribadian seorang pemimpin akan menjadi sumber keberhasilan seseorang dalam memimpin, bukan hanya sekadar dari bakat, tetapi juga dari pengalaman dan hasil belajarnya.

 

#5 Teori Kepemimpinan Ekologis

Teori Kepemimpinan Ekologis menyatakan bahwa gabungan dari teori genetis dan sosial, dimana seseorang akan menjadi pemimpin membutuhkan bakat dan bakat tersebut mesti selalu dibina agar berkembang.

Kemungkinan untuk bisa mengembangkan bakat tersebut itu tergantung dari lingkungannya.

 

#6 Teori Kepemimpinan Situasi/Kontingensi

Teori Kepemimpinan Situasi menyatakan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin ketika berada dalam situasi tertentu karena dia memiliki kelebihan-kelebihan yang dibutuhkan dalam situasi tersebut.

Akan tetapi pada situasi yang lainnya, kelebihannya tersebut tidak dibutuhkan, akhirnya ia tidak akan menjadi pemimpin lagi, bahkan bisa jadi menjadi pengikut saja.

Beberapa Model Teori Kontingensi atau Situasional yang terkenal diantaranya adalah

  • Teori Kepemimpinan Kontigensi Fiedler,
  • Teori Kepemimpinan Situasional Hersey-Blanchard,
  • Teori Kepemimpinan Kontigensi Vroom-Yetten,
  • Teori Kontingensi Path-Goal Robert House dan
  • Teori Kontigensi Strategis.

 

#7 Teori Kelompok

Teori kepemimpinan yang mengutamakan pertukaran positif dari pemimpin kepada para anggota dalam mencapai tujuan tujuan kelompok ataupun organisasi.

Dalam teori ini, dipercaya bahwa dengan adanya hubungan saling tukar pendapat antara pemimpin dan anggota, tujuan organisasi ataupun kelompok dapat tercapai.

 

#8 Teori Situasional Hersey dan Blanchard

Teori kepemimpinan ini memungkinkan pemusatan perhatian pada para anggota dengan mengatur gaya kepemimpinan tergantung pada kesiapan dan tingkat kedewasaan para anggota.

 

#9 Teori Pertukaran Pemimpin-Anggota

Dalam teori ini dijelaskan bahwa dalam seorang pemimpin haruslah membagi dua area dalam organisasi ataupun kelompok mereka, yaitu kelompok luar dan kelompok dalam.

Anggota dari kelompok dalam memiliki status kinerja yang lebih tinggi dari kelompok luar begitu pun dengan tingkat kepuasan bersama pemimpin mereka.

Bagaimana Kualitas Pemimpin Supaya Menjadi Seorang Pemimpin yang Hebat 02 - Karyawan Finansialku

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

 

#10 Teori Jalur Tujuan

Teori kepemimpinan ini beranggapan bahwa tugas seorang pemimpin adalah membantu para anggota dalam mencapai tujuan dan memberikan arahan ataupun dukungan yang perlu guna memastikan tujuan mereka sesuai dengan sasaran keseluruhan dari kelompok ataupun organisasi.

 

#11 Teori Sumber Daya Kognitif

Teori kepemimpinan ini menyatakan bahwa seorang pemimpin memperoleh kinerja kelompok yang efektif dengan membuat rencana-rencana keputusan dan strategi yang efektif lalu mengomunikasikan kepada para anggota melalui pengaruh perilaku.

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat arus keuangan Anda setiap hari dengan lebih mudah dan praktis melalui gadget pintar Anda. Selain mencatat keuangan setiap hari, Anda juga menikmati fitur lainnya seperti merencanakan dana membeli barang dan juga merencanakan liburan Anda bersama keluarga atau sahabat.

Manfaatkan free trial-nya untuk menikmati lebih lanjut setiap fitur Aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam finansial.

Jika Anda tertarik untuk berlangganan, Anda bisa langsung berlangganan selama 1 tahun untuk menghemat biaya registrasi dan juga mendapatkan keuntungan tambahan, yaitu mendapatkan kursus online gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

4 Sifat Kepribadian Penentu Keberhasilan Atau Kegagalan Pemimpin

Menurut penelitian dari McCall dan Lombardo (1983), terdapat empat sifat kepribadian utama yang menjadi penentu keberhasilan atau kegagalan seorang pemimpin.

  • Stabilitas dan ketenangan emosional: Tenang, percaya diri dan dapat diprediksi terutama pada saat mengalami tekanan.
  • Mengakui kesalahan: Tidak menutupi kesalahan yang telah dibuat tetapi mengakui kesalahan tersebut.
  • Keterampilan interpersonal yang baik: Mampu berkomunikasi dan menyakinkan orang lain tanpa menggunakan taktik yang negatif dan paksaan.
  • Pengetahuan yang luas (Intelektual): Mampu memahami berbagai bidang daripada hanya memahami bidang-bidang tertentu ataupun pengetahuan tertentu saja.

 

Jika menilai kepemimpinan diri sendiri, menurut Anda, teori kepemimpinan apa yang membentuk Anda dan bagaimana cara Anda dalam memimpin? Berikan tanggapan atau komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga bisa membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Yusuf. 27 September 2018. Teori Kepemimpinan Dari Berbagai Perspektif. Jurnalmanajemen.com – https://goo.gl/jWMct8
  • Admin. Pengertian Kepemimpinan, Gaya dan Teori Kepemimpinan. Informasiana.com – https://goo.gl/dg33Ax
  • Alexandra Yan. 1 September 2017. How to Improve Your Leadership Skills. Investopedia.com – https://goo.gl/zxpkcR
  • Budi Kho. 7 Agustus 2017. Pengertian Kepemimpinan dan Teori Kepemimpinan (Leadership). Ilmumanajemenindustri.com – https://goo.gl/ke3KPp
  • Wulan Dary. Pengertian Kepemimpinan dan Teori Kepemimpinan. Learniseasy.com – https://goo.gl/xMcDpE
  • Admin. 35+ Pengertian Kepemimpinan, Gaya dan Teori Kepemimpinan. Informasiana.com – https://goo.gl/MGJ3kt

 

Sumber Gambar:

  • Teori Kepemimpinan 01 – https://goo.gl/LkC9iu
  • Teori Kepemimpinan 02 – https://goo.gl/5aWgx6
Summary
Mengenal Berbagai Teori Kepemimpinan yang Mendunia
Article Name
Mengenal Berbagai Teori Kepemimpinan yang Mendunia
Description
Teori kepemimpinan manakah yang membentuk gaya kepemimpinan dan pembawaan Anda dalam memimpin? Mari kenali berbagai teori kepemimpinan
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo