Sudah siap untuk menjadi pemimpin tapi belum kunjung mendapatkan kesempatan untuk menduduki posisinya?

Mari gunakan cara yang positif untuk membuktikan Anda memiliki kualitas kepemimpinan melalui pembahasan di artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Buktikan Diri Anda Seorang Pemimpin

Kepemimpinan memiliki peran penting dalam semua lini organisasi, apakah itu perusahaan, usaha kecil, organisasi nirlaba, sekolah dan bahkan dalam sebuah keluarga sekalipun.

Para pemimpin membuktikan dirinya layak untuk memimpin melalui proses pengalaman yang melibatkan kesabaran dan juga kerendahan hati untuk memberikan pimpinan.

Kepemimpinan sesungguhnya bukan hanya terbatas pada sebuah posisi yang diberikan namun karena sebuah teladan dan pengaruh kuat yang diberikan kepada para pengikut dan mereka mengikutinya.

Temukan 4 Ciri Ciri Pemimpin yang Baik Jaman Now 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis Wanita, Simak 6 Strategi Bisnis yang Akan Mendatangkan Pertumbuhan]

 

Mereka yang berhasil menjadi pengikut yang baik, sesungguhnya mereka memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dan membuktikan kualitasnya dalam kepemimpinan.

Dalam sebuah perusahaan, ini adalah fenomena yang umum. Ada sebagian orang yang segera dipromosikan untuk naik jabatan sebagai pemimpin dengan waktu singkat, sementara yang lainnya tak kunjung mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan.

Ada berbagai alasan mengapa seseorang dapat dipromosikan untuk menempati posisi tertentu dalam kepemimpinan. Terlepas dari berbagai cara negatif untuk menduduki jabatan tertentu, Anda bisa menunjukkan kualitas Anda sebagai pemimpin dengan cara-cara yang positif,

Tak perlu adanya persaingan dalam sebuah kepemimpinan, tapi Anda hanya perlu membuktikan bahwa diri Anda layak untuk melakukan fungsi dari sebuah kepemimpinan. Ini dia caranya dalam membuktikan kualitas kepemimpinan Anda.

Sebelum melanjutkan pembahasan lebih dalam, tentu Anda setuju bahwa perencanaan keuangan harus dimiliki setiap individu untuk meraih kesuksesan, termasuk para pemimpin.

Miliki ebook perencanaan keuangan yang sesuai dengan usia Anda dengan men-download secara gratis dari Finansialku. Berikut ini daftar bukunya:

 

Selain buku perencanaan keuangan, Anda juga dapat mengunduh secara gratis berbagai ebook panduan berinvestasi secara mudah dan praktis. Berikut daftar bukunya:

 

Bagi Anda para pebisnis, agar tidak kelimpungan dalam mengatur keuangan bisnis pribadi, segera pisahkan laporan keuangan pribadi dengan laporan keuangan bisnis Anda melalui ebook gratis dari Finansialku yang berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini.

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Memimpin dengan Teladan

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memimpin sesuai karakter dan pembawaan mereka masing-masing.

Salah satu gaya kepemimpinan yang tidak disukai oleh para pengikut adalah sebuah kepemimpinan yang dijalankan dengan gaya tangan besi.

Ini adalah cara terbaik untuk segera turun dari jabatan menjadi seorang pemimpin dan kehilangan para pengikut Anda.

Buktikan Anda memiliki kualitas sebagai seorang pemimpin adalah dengan memotivasi para anggota tim dengan memberi contoh dan keteladanan Anda agar orang lain dapat mengerjakan setiap tugas dan  menjalankan tanggung jawab mereka sama seperti harapan Anda bagi mereka.

Bagaimana Cara Membuktikan Anda Memiliki Kualitas Kepemimpinan 1 Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Apa jadinya jika Anda malah bersikap sinis, menggerutu atas segala pekerjaan para karyawan Anda dan segala kekacauan yang mereka lakukan?

Anda malah memperkeruh keadaan dan membuat mereka kehilangan kepercayaan terhadap kepemimpinan Anda bukan?

Jika Anda antusias, mereka akan antusias. Jika Anda menggerutu, mereka pun akan melakukan demikian juga. Pimpin mereka dengan teladan positif yang dapat Anda berikan.

Anda bisa memberikan teladan bagi mereka dalam pencatatan keuangan harian yang dapat memudahkan untuk mencapai keberhasilan finansial.

Catat keuangan harian Anda secara mudah dan praktis dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Nikmati setiap fitur canggih, seperti mencatat dana membeli barang dan juga persiapan dana liburan dengan fasilitas free trial-nya.

Anda juga dapat mengecek kesehatan finansial Anda dan mempersiapkan dana darurat yang Anda butuhkan melalui Aplikasi Finansialku.

Jika Anda berminat untuk berlangganan, Anda sangat disarankan untuk berlangganan selama satu tahun, selain untuk menghemat biaya berlangganan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan tambahan seperti kursus online gratis selama satu tahun tentang perencanaan keuangan yang dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan Finansialku.

 

#2 Bicara Lebih Sedikit & Mendengar Lebih Banyak

Tak jarang pemimpin yang hanya melakukan perintah dan mendikte setiap hal kepada para pengikutnya.

Buktikan kepemimpinan Anda dengan menggali hal-hal yang penting dari para bawahan Anda. Mereka yang seringkali berada di lapangan, kecuali Anda ikut bersama-sama mereka dan merasakan apa yang mereka rasakan.

Inilah kuncinya, ketahui apa yang mereka rasakan dan alami di lapangan, minta pendapat mereka, apa yang harus diperbaiki dan dimodifikasi menurut pemahaman observasi mereka.

Kunci-Sukses-Kepemimpinan-2-Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Tantangan Seorang Pemimpin yang Akan Anda Hadapi dan Bagaimana Cara Menghadapinya]

 

Ambil setiap ide dan gagasan dari para pengikut Anda setelah mereka melakukan bagian yang mereka kerjakan.

Dengarkan lebih banyak dan minimalkan mendikte kepada mereka tentang apa yang harus mereka lakukan.

Berikan saja gambaran besarnya dan Anda akan terkesima melihat seberapa jauh mereka mengerjakan tanggung jawab mereka dengan keterampilan dan kreativitas yang mereka miliki.

Ini bisa meningkatkan rasa hormat para pengikut kepada para pemimpin.

 

#3 Jangan Menganakemaskan Salah Satu Anggota

Mungkin Anda pernah mendengar keluhan karyawan berikut ini:

“Tidak heran jika dia selalu yang dapat keuntungan, dia kan dekat dengan si bos.”

“Dia lagi… dia lagi yang dapat pujian dari si bos. Enak banget ya posisinya dia kalau dekat dengan bos.”

“Hati-hati sama si ‘anak emas’, dia bisa ngadu sama atasan.”

 

Dalam sebuah perusahaan tak jarang terdengar gosip bahwa sang atasan selalu menyanjung dan memberi kelonggaran pada salah satu karyawannya dan ini membuat sebuah suasana yang tidak menyenangkan dalam perusahaan.

Ini terjadi ketika sang bos menganakemaskan salah satu bawahannya.

Ketika Anda diminta untuk memimpin, ini bisa menjadi salah satu tantangan bagi Anda ketika Anda harus menilai para anggota Anda sama rata dan tidak menganakemaskan salah satu, apalagi jika salah satu anggota tim Anda adalah teman karib Anda atau kawan lama Anda.

Memberi pujian kepada karyawan memang sangat diperlukan mengingat ini akan sangat memotivasi mereka untuk bekerja semakin lebih baik dari sebelumnya.

Menjadi-Pemimpin-Sukses-Hebat-di-Lingkungan-Bisnis-2-Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Servant Leadership Ala Presiden Jokowi, Yang Harusnya Dimiliki Setiap Pemimpin Perusahaan]

 

Berikan pengertian kepada semua karyawan akan prestasi salah satu anggota yang Anda puji karena memberikan sumbangsih positif bagi perusahaan.

Buat mereka menilai bahwa Anda memiliki pandangan yang sama terhadap mereka semua.

Berikan motivasi juga kepada karyawan Anda yang mungkin melakukan kegagalan.

Ketika Anda melakukan hal ini, Anda membuktikan kualitas Anda sebagai pemimpin yang adil dalam memberikan penilaian kepada karyawan Anda.

 

#4 Bekerja Bersama Anggota

Karyawan menilai para pemimpin secara tak langsung ketika mereka bekerja bersama memikirkan dan melakukan pekerjaan untuk menyelesaikan sebuah proyek.

Para karyawan lebih “mencintai” para pemimpin yang memberikan bimbingan ketika mereka merasa sedang mengalami jalan buntu dan tidak mampu menyelesaikan sendiri.

Ketika proyek bisa terselesaikan sesuai target, para pemimpin hebat mengerti bagaimana mereka harus memberikan pujian atas kerja keras para anggotanya.

8 Strategi Supaya Anda Menjadi Seorang Pemimpin Berpengaruh 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Manajer! Ketahui Cara Mengawasi dan Mengontrol Psikologi Kepribadian Karyawan]

 

Sebaliknya, ketika hasil akhir tidak sesuai dengan target yang diinginkan, para pemimpin membuktikan kualitasnya dalam mengambil tanggung jawab lebih dan mengakui kekurangannya dalam memimpin, berusaha memperbaiki kesalahan dalam tim bersama dan tidak melemparkan tanggung jawab atau menyalahkan anggotanya.

Para pemimpin yang hebat membuktikan kehebatannya dalam memimpin tim dengan mengatasi setiap masalah, mengidentifikasi bersama dan meminimalkan kesalahan di masa depan sambil terus mengevaluasi kinerja bersama dalam tim.

 

#5 Mengembangkan Kepemimpinan

Pemimpin hebat selalu mengembangkan diri untuk semakin lebih baik dalam kepemimpinan yang ia sedang jalankan.

Jika Anda adalah salah satu pemimpin yang ingin berkembang, Anda perlu mengisi diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan baru, bukan untuk menjadi ahli di dalamnya, tapi setidaknya Anda mengenali dan memiliki pengetahuan akan hal-hal lainnya.

Terbuka dengan ide dari anak buah bukan berarti Anda sedang diajari suatu hal yang Anda tidak ketahui. Anda perlu kelapangan dada dan kerendahan hati di mana tidak semua orang ahli dalam semua bidang.

Anda pun memiliki kekurangan dan anak buah Anda juga memiliki kelebihan yang tidak Anda miliki, demikian juga sebaliknya.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Saling belajar dan membuka diri akan pengetahuan baru dari orang lain membuat Anda mampu membangun hubungan dengan para anggota Anda.

Para pemimpin seringkali jatuh pada inklusivitas di mana mereka merasa menjadi pemimpin yang mengetahui semua hal dan para karyawan tidak sehebat dan sepintar pemimpin.

Jika ini terus terjadi, para pemimpin tidak akan pernah bisa melihat potensi hebat dalam diri setiap karyawan mereka yang sebetulnya bisa menjadi sebuah kekuatan bagi perusahaan Anda untuk membangun strategi lebih baik dan mampu bersaing secara positif dengan yang lainnya.

Ketika pemimpin tidak menemukan hal ini, maka pemimpin lainnya akan menggunakannya dan jangan menyesal jika karyawan Anda berpindah perusahaan ke kompetitor Anda dan mampu membawa perusahaan tersebut menjadi semakin hebat dengan potensi mereka yang tidak pernah Anda lihat.

 

#6 Bentuk Kerja Tim yang Efektif

Sebuah tim dibentuk dengan kemampuan, keterampilan, potensi dan karakter yang berbeda di mana semuanya itu saling bersinergi, bekerja sama untuk melihat dan menuju pada tujuan yang sama.

Kerja tim tidak akan efektif dan berfungsi dengan semestinya ketika tidak ada pengarahan dan bimbingan dari pemimpin yang mampu memberikannya.

Pemimpin hebat tahu bagian mana yang kurang dan perlu perhatian khusus untuk dibentuk dan diperbaiki.

Mereka membentuk sebuah kerja tim yang efektif dengan potensi dari setiap anggota mereka, menempatkan sesuai dengan keterampilan dan memindahkan beberapa bagian kepada bagian yang tepat.

Layaknya sebuah anggota tubuh yang timpang, kerja tim juga akan mengalami kesulitan ketika setiap anggota tim tidak melakukan fungsi dan tanggung jawab mereka sesuai arahan yang diberikan.

Inilah peran pemimpin secara tegas melakukan evaluasi ketika diperlukan dan menggunakan otoritas kepemimpinan mereka secara objektif dan bertanggung jawab untuk membangun kerja tim yang efektif.

 

Pemimpin Memberi Pengaruh, Bukan Sekadar Perintah

Setiap pemimpin memiliki potensi dan keterampilan yang berbeda, bahkan cara pendekatan dan karakter mereka mempengaruhi cara kepemimpinan mereka dan bekerja sama dengan anggota.

Membuktikan kepemimpinan bukan berarti menunjukkan otoritas Anda secara berlebihan dan membuat Anda mendapatkan gelar seorang pemimpin yang otoriter.

Pemimpin adalah mengenai pengaruh yang mereka berikan kepada anggota dan kepemimpinan mereka dikenal orang dari proses kinerja mereka bersama para anggota. Bahkan para anggota pun bisa menunjukkan karakter kepemimpinan mereka dalam tim meskipun secara jabatan atau posisi, mereka bukanlah pemimpin secara resmi.

Sekali lagi, ini adalah mengenai pengaruh, bukan posisi atau jabatan namun sebuah fungsi yang diaplikasikan.

 

Menurut Anda, bagaimana menilai seseorang memiliki potensi sebagai seorang pemimpin dan mampu memimpin dengan karakter, keterampilan dan potensi mereka?

Berikan tanggapan, ide dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Jika Anda berpengalaman dalam bidang kepemimpinan, Anda juga bisa membagikan pengalaman Anda melalui kolom di bawah ini!

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi, keluarga ataupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Kate Lopaze. 5 Ways to Prove Your Workplace Leadership Skills. Thejobnetwork.com – https://goo.gl/JVj6dw
  • David Sturt and Todd Nordstrom. 27 April 2017. 4 Ways To Prove To Your Boss That You’re Ready To Lead. Forbes.com – https://goo.gl/SKJSXV
  • Admin. 16 April 2014. How to Show Your Leadership Skills (When You’re Not the Boss). Howdesign.com – https://goo.gl/Z1kPBS
  • Admin. How to Prove You Have Leadership Qualities. Wikihow.com – https://goo.gl/cZvndj

 

Sumber Gambar:

  • Kualitas Kepemimpinan – https://goo.gl/zdhnnz
  • Kualitas Kepemimpinan 2 – https://goo.gl/oTG2BV