Bagaimana cara dan rahasia memulai kerja sama dengan tim baru? Apakah para pemimpin perlu memiliki keterampilan ini?

Simak jawaban dan penjelasan selanjutnya pada rubrik berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Kerja Sama

Para ahli mendefinisikan pengertian kerja sama sebagai berikut:

  1. Pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antar individu yang bekerja bersama-sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa unsur utama kerja sama ada tiga, yakni adanya individu-individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama. – Pamudji
  2. Kerja sama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut. – Charles H. Cooley
  3. Sumber yang dianggap sangat efisien untuk kualitas pelayanan terutama dalam konteks kerja sama bidang ekonomi, khususnya jual beli. – Rosen
  4. Kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai terjadinya kolaborasi dalam suatu kegiatan kerja sama. – Thomson dan Perry
  5. Sumber kekuatan yang muncul dalam sebuah organisasi sehingga bisa mempengaruhi keputusan juga tindakan organisasi. – Tangkilisan

 

Pemimpin Harus Bisa Memulai Kerja Sama Dengan Tim Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Melepaskan dari Kebiasaan Judi untuk Anak Muda, Sebelum Terlambat!]

 

Menurut Maxmanroe.com, kerja sama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kerja sama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan.

Sebuah perusahaan memiliki kinerja dan performa tinggi dikarenakan kerja sama dalam tim yang menjadi salah satu karakteristik yang perlu dimiliki.

Blanchar (1986) menyatakan bahwa saat ini tim menjadi tulang punggung bagi suatu organisasi (perusahaan), karena tim dapat lebih cepat dan lebih banyak memecahkan suatu masalah yang dihadapi perusahaan dibandingkan dengan apa yang dilakukan secara individual.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 100 startup yang dilakukan oleh CB Insights, ditemukan bahwa hampir 25% dari semua kegagalan startup dapat dikaitkan dengan kurangnya tim yang kuat.

Sejalan dengan hasil penelitian tersebut, sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg juga berpendapat yang sama bahwa membangun tim yang kuat adalah salah satu hal yang penting dalam membangun sebuah bisnis.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Karakteristik & Komposisi Tim yang Efektif Untuk Memulai Kerja Sama

Tim yang efektif biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki tujuan dan sasaran yang jelas atas dasar komitmen bersama. Semua anggota tim mengerti dan menyetujui tujuan dan sasaran tim dan mereka mau bekerja sama untuk memenuhi hal tersebut.
  • Pembagian peran kepemimpinan. Anggota tim saling berbagi peran dalam kepemimpinan. Sebagai contoh: kepemimpinan tim di setiap fase proyek akan didelegasikan kepada anggota yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang itu sehingga fungsi kepemimpinan di dalam tim dilihat dari kompetensi seseorang, bukan berasal dari titel, otoritas dan senioritas.
  • Keterbukaan dan saling mempercayai antar anggota tim. Semua anggota mendapatkan informasi yang sama dari akses yang sama pula serta dapat berkomunikasi dengan lancar dan jelas. Anggota tim bebas untuk mengeluarkan ide-idenya. Eksperimen dan kreativitas selalu digiatkan anggota lainnya wajib untuk menolong anggota bersangkutan, jika memang ide tersebut logis dan berguna.

  • Keragaman latar belakang anggota tim memberi warna kepada tim. Semakin besar keragaman yang ada (keahlian, pengetahuan dan pengalaman) akan semakin banyak tugas-tugas yang dapat ditangani.
  • Anggota tim selalu mendukung keputusan, prosedur dan pengawasan yang dibuat bersama-sama. Mereka memahami peran, tanggung jawab dan keterbatasan otoritas masing-masing.
  • Konflik yang terjadi diselesaikan dengan jalan konsensus, bersifat konstruktif dan menerapkan pendekatan menang-menang (win-win approach).
  • Tim dapat mengelola peningkatan penghargaan individu (individual self esteem)
  • Kegiatan tim tidak hanya berfokus pada hasil tetapi juga pada pada proses dan isi. Tim harus selalu mengevaluasi fungsi dan proses yang sudah dilakukan secara reguler.
  • Tim memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan dengan baik.
  • Kemampuan untuk berhubungan dengan lingkungan dengan baik (para atasan, tim lain dan lingkungan perusahaan).

 

Untuk menjadi sebuah tim yang solid dan efektif, perlu adanya komposisi yang membentuk tim tersebut dari dalam untuk membangun tim kerja yang baik.

Membangun Kerja Sama Tim 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Menurut Centrausaha.com, sebuah kerja sama tim dalam kelompok harus memiliki komposisi sebagai berikut:

  • Seorang pemimpin (ketua), yaitu seorang pemikir yang disiplin yang bertugas mengorganisir dan mengkoordinir tim, memelihara keseimbangan usaha dan menjadi titik tumpu tim dalam menjaga posisi mereka.
  • Pembentuk, orang yang memiliki kemampuan untuk memberikan dinamika dan pengarahan kepada tim, menyediakan motivasi, kreatif.
  • Pemikir, yang dapat menyediakan gagasan bagi kemajuan tim.
  • Pengevaluasi, yang dapat mengevaluasi permasalahan yang ada dan hasil kerja tim.
  • Penyelidik sumber daya, yang menyediakan informasi dan jejaring sosial dan relasi.
  • Pekerja tim, yang secara efisien berhubungan langsung dengan pekerjaan, memecahkan konflik, memperlancar hubungan dan memotivasi rekan satu tim.
  • Penyelaras akhir, yang memandu dan memberi peringatan kepada tim jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan komitmen bersama.

 

Langkah Membangun Kerja Sama Tim yang Kompak

Tak mudah membangun sebuah kerja sama sebuah tim, perlu waktu yang tak sebentar dan tentu saja ini akan menguras tenaga dan pikiran, tak jarang uangmu pun harus direlakan untuk membangun sebuah kerja sama tim yang solid.

Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa kamu pikirkan untuk menambah strategi dalam memulai kerja sama tim di perusahaan, bisnis atau organisasi yang sedang kamu jalankan.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Miliki Tujuan yang Jelas

Layaknya sebuah kapal yang sedang kamu nahkodai, kamu sebagai pemimpin perlu tahu kemanakah kamu akan pergi membawa anggota tim-mu untuk berlayar mengarungi samudera kepemimpinan.

Buat lebih detail dan mereka harus mengerti setiap detailnya. Misalnya dalam divisi penjualan, dengan produk yang akan dijual, siapakah target pasar yang akan dituju dan seberapa target yang harus dicapai dalam setiap harinya.

Ini akan sangat menolong mereka untuk bekerja sama satu dengan yang lain dalam anggota tim.

Sebaliknya, jika tidak ada tujuan yang jelas, tugas yang akan mereka kerjakan pun akan bias, mereka tidak akan bisa saling memberi masukan dan mengkomunikasikan strategi yang jitu untuk menjual produk.

 

#2 Adakan Pelatihan dan Perjelas Perintah

Dalam sebuah kerja sama tim, akan selalu ada yang masuk dalam daftar junior atau newbie. Mereka adalah orang-orang baru yang membutuhkan bimbingan dari mereka yang senior dan juga para pemimpin.

Selain memberikan pelatihan, seminar dan juga workshop dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan skill mereka dalam bekerja. Mereka pun bisa saling memberi masukan satu dengan yang lain atau bimbingan, misalnya para senior kepada para junior.

Ketika mereka berkumpul dan berdiskusi tentang pekerjaan yang harus mereka lakukan, mereka akan berinteraksi satu dengan yang lain dan tentu saja akan adanya pertukaran nilai antar anggota tim.

Motivasi Kerja Apa Yang Sebenarnya Karyawan Inginkan 03 Kerja Sama Tim - Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Disini mereka pun bisa saling belajar satu dengan yang lain. Belajar untuk lebih solid dengan mengenal satu dengan yang lain.

Agar setiap perintah dapat dijalankan dengan baik dan mencapai target, perintah yang jelas sangat diperlukan, apalagi bagi mereka yang masih junior. Mereka masih dalam tahap adaptasi dan penyesuaian dengan lingkungan kerja serta tim yang baru.

 

#3 Buat Atmosfer Kerja yang Nyaman

Tempat kerja akan menjadi sebuah “rumah kedua” bagi mereka para pekerja. Ada istilah, “home sweet home” dan kantormu adalah sebuah rumah kedua yang harus kamu buat senyaman mungkin.

Jika kamu sebagai pemimpin ingin mencapai target perusahaan bersama dengan anggota tim yang bekerja sama dengan solid, kamu perlu menjadi salah satu bagian yang menciptakan atmosfer kerja yang kondusif, bahkan karena kamu adalah pemimpinnya, kamu harus berkontribusi besar atas terciptanya lingkungan kerja yang dapat membuat para karyawanmu nyaman untuk bekerja dan meningkatkan potensi mereka demi pencapaian perusahaan.

Buat seluruh bagian dalam perusahaan memiliki pandangan yang sama dalam menciptakan atmosfer kerja yang kondusif. Buat mereka merasa aman dan nyaman untuk bekerja, terutama para junior agar dapat beradaptasi dengan lebih cepat dengan keadaan perusahaan.

 

#4 Ciptakan Budaya Saling Menghormati

Siapa yang tidak ingin dihargai dan dihormati. Jika kita ingin dihargai tentu kita juga harus menghargai orang lain, apapun keadaan, jabatan atau posisi dan latar belakang mereka.

Untuk memulai sebuah kerja sama sebuah tim, budaya saling menghormati dan menghargai harus menjadi salah satu pondasi yang tak tergoyahkan.

Harga mereka yang telah melakukan usaha mereka dengan baik saat apa yang mereka kerjakan mengalami kegagalan.

Kegagalan salah satu anggota tim adalah kegagalan bersama, dan paradigma ini harus ada dalam benak setiap anggota tim.

Ucapkan terima kasih kepada para karyawan yang telah bekerja dengan baik dan mereka yang menunjukkan performa yang stabil, meski mereka melakukan kesalahan dalam beberapa kesempatan.

Begini Ya, 5 Cara Sakti Membuat Karyawan Betah di Kantor 05 Karyawan 5 - Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Hargai setiap proses yang mereka hadapi, bagaimanapun hasil yang telah mereka capai.

Menghargai pendapat orang lain, mendengar usulan aspirasi mereka akan sangat baik dalam membangun kerja sama tim.

Mereka akan menjadi bangga dan merasa memiliki karena menjadi bagian dari perusahaan. Hasilnya, mereka akan melakukan apapun demi kemajuan perusahaan yang telah membuat mereka menjadi seorang karyawan yang memiliki andil di dalamnya untuk bergerak sesuai potensi mereka.

 

#5 Buat Kegiatan Kebersamaan Di dalam Maupun Di luar Pekerjaan

Tak jarang untuk membuat suasana kerja menjadi layaknya keluarga dan mendekatkan satu dengan yang lain, perlu adanya kegiatan-kegiatan yang menghibur atau setidaknya menurunkan tingkat ketegangan.

Kamu bisa ajak anggota tim untuk melakukan rapat atau pertemuan di café atau di ruang terbuka seperti di halaman kantor jika memungkinkan.

Suasana yang ringan dan agak santai, namun tetap fokus pada pekerjaan tentu akan membuat anggota tim merasa rileks dan dapat berpikir dengan baik karena mereka sedang tidak berada dalam sebuah tekanan.

Rayakan hari spesial mereka seperti ulang tahun atau setidaknya membuat sebuah pesta kecil karena pencapaian dari target atau mendekati target. Rayakan setiap peningkatan dan pencapaian kecil dalam tim agar membuat mereka semakin bersemangat dan jadikan ini strategi untuk membangun kerja sama sebuah tim.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Bagaimana kamu mengelola kerja sama tim dalam perusahaanmu? Berikan tanggapan pada kolom yang tersedia!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Art Petty. 13 Mei 2019. 7 Tips for Getting Started Successfully with Your New Team. Thebalancecareers.com – https://bit.ly/2JR08k3
  • Agus Dwi. 10 Cara Sederhana Membangun Kerja Tim yang Solid dan Efektif. Duniakaryawan.com – https://bit.ly/2ymYZu0
  • Nathasya. 10 Oktober 2017. Cara Membentuk Team yang Produktif untuk Startup Anda. Dewaweb.com – https://bit.ly/2JRrBC2
  • Isna Zaruq. Cara Membangun Tim Kerja Yang Efektif Serta Komposisinya. Centrausaha.com – https://bit.ly/2JRowSo
  • Agung Mujtaba. Ini Dia 8 Cara Membangun Kerjasama Tim yang Kompak dan Solid. https://bit.ly/2VPzQWz
  • Sepulsa. Langkah Membangun Kerja Sama dalam Tim yang Efektif. Sepulsa.com – https://bit.ly/2W9aylF
  • Redaksi. 29 November 2016. Empat Tahap Bangun Kerja Sama Tim Solid (3). Marketing.co.id – https://bit.ly/2HvxmUF
  • Novia Widya Utami. 3 Otkober 2017. 5 Tips Membangun Tim yang Solid untuk Perkembangan Bisnis. Jurnal.id – https://bit.ly/2VAiLLo
  • Maxmanroe. Pengertian Kerjasama Secara Umum. Maxmanroe.com – https://bit.ly/30uNXiJ

 

Sumber Gambar:

  • Memulai Kerja Sama Dengan Tim Baru 01 – https://bit.ly/2Qv7RW9
  • Memulai Kerja Sama Dengan Tim Baru 02 – https://bit.ly/2Ia4HmS