Tahukah Anda 10 fakta unik dunia? Seperti kita tahu, dunia merupakan gudang misteri yang sedikit demi sedikit terkuak dan menimbulkan rasa ingin tahu yang baru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Fakta Unik Dunia

Terdapat banyak misteri yang disimpan oleh dunia ini, mulai dari fakta mengenai makhluk hidup, geografi dan bahkan sosiologis.

Untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan pengetahuan Anda, di bawah ini telah Finansialku rangkumkan 10 fakta dunia yang tidak boleh Anda lewatkan.

10 Fakta Unik Dunia yang Pasti Menggegarkan 02

[Baca Juga: 5+ Fakta Unik Perayaan Imlek yang Jarang Diketahui Orang]

 

#1 Kulit dan bulu harimau memiliki pola garis-garis yang sama

Ya, mungkin Anda hanya mengira pola garis-garis yang ada di bulu harimau, hanya dapat ditemukan di bulu saja. Namun pada kenyataannya, pada kulit harimau, garis-garis tersebut juga ada.

 

#2 Tidak ada jembatan tunggal di Sungai Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai di Amerika Selatan yang menjadi sungai terpanjang kedua di dunia. Selain dihuni oleh berbagai satwa yang unik, ternyata sungai ini tidak memiliki jembatan tunggal.

Satu-satunya jembatan adalah jembatan Rio Negro pada tahun 2010 dan hanya menghubungkan anak sungai Amazon yaitu sungai Rio Negro. Tak heran spot jembatan ini menjadi lokasi wisata yang sangat populer.

 

#3 Ada tempat di bumi yang memiliki 85 huruf

Dengan 85 huruf pada namanya, tempat ini merupakan tempat dengan nama terpanjang di muka bumi. Tempat ini adalah Taumatawhakatangihanga-koauauotamateaturipukakapikimaung-ahoronukupokaiwhenuakitanatahu yang berada di Selandia Baru.

10 Fakta Unik Dunia yang Pasti Menggegarkan 03

[Baca Juga: 10 Fakta Unik India yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Berlibur]

 

Uniknya, tidak hanya tempat ini saja yang memiliki nama aneh, tetapi masih banyak tempat lain yang memiliki nama serupa.

Contohnya Mamungkukumpurangkuntjunya Hill di Australia, Lake Chargoggagoggman-chauggagoggchaubunagungamaugg di Massachusetts dan Tweebuffelsmeteen-skootmorsdoodgeskietfontein di Afrika Selatan.

 

#4 Apel yang biasa Anda beli di supermarket telah dipanen beberapa bulan sebelumnya

Apel yang biasa Anda beli di supermarket biasanya telah dipanen minimal 5 bulan hingga 1 tahun sebelumnya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, selama periode tersebut, apel akan disimpan dalam lemari es spesial yang memiliki kadar oksigen rendah untuk mencegah pembusukan.

 

#5 Alpukat beracun bagi burung

Di dalam alpukat terkandung zat persin, yang merupakan senyawa yang larut dalam minyak yang secara struktural serupa dengan asam lemak.

Senyawa persin ini merupakan racun fungisida yang dapat sangat beracun bagi burung.

 

#6 Pola lidah setiap orang unik

Layaknya sidik jari, lidah juga sebenarnya memiliki pola yang unik untuk masing-masing manusia. Pola unik tersebut terdapat pada pola benjolan yang ada di permukaan lidah.

Tidak seperti pola sidik jari yang dapat berubah akibat luka luar, pola lidah cenderung sama. Hal ini dikarenakan lidah terlindungi di dalam mulut.

 

#7 Kepulauan Diomede yang memiliki perbedaan 23 jam antar pulau

Kepulauan Diomede terletak di antara Rusia dan AS. Yang menarik adalah perbedaan waktu antar pulau adalah 23 jam yang mana jarak antar pulau tersebut hanya 2,4 mil.

Hal ini dikarenakan Kepulauan Diomede dilintasi oleh garis waktu. Sehingga jika pada bagian Barat garis bertanggal 19 Januari maka pada bagian Timur garis bertanggal 18 Mei.

 

#8 Luka sayatan kertas lebih sakit dibandingkan luka karena pisau

Mengapa demikian? Biasanya luka yang dikarenakan sayatan pisau, menimbulkan luka yang dalam dan menyebabkan pendarahan. Luka ini akan lebih cepat sembuh dibantu oleh darah yang membeku.

Pada luka sayatan kertas, biasanya luka tidak dalam sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dan menimbulkan rasa sakit yang lebih lama.

 

#9 Puma dan Adidas didirikan oleh Dassler bersaudara

Walaupun terlihat bersaing, sebenarnya perusahaan produsen perlengkapan olahraga Puma dan Adidas didirikan oleh kakak beradik. Awalnya mereka membuka 1 perusahaan sepatu olahraga dengan nama Gebruder Dassler.

10 Fakta Unik Dunia yang Pasti Menggegarkan 04

[Baca Juga: Sudah Tahu Fakta Unik Ramadhan di Indonesia? No 4 Tak Disangka]

 

Namun, alih-alih bertengkar, mereka menempuh jalan masing-masing. Rudolf Dassler membuka Puma yang awalnya bernama RuDa dan Adolf Dassler membuka Adidas yang awalnya bernama Addas.

 

#10 Cabai terpedas dunia dapat membunuh Anda

Dragon’s Breath Chili Pepper adalah cabai yang dikenal sebagai cabai terpedas dunia. Awalnya cabai ini dikembangkan untuk perawatan medis yang digunakan sebagai obat bius yang dapat membuat kulit mati rasa.

Jika Anda mengkonsumsi 1 cabai ini, Anda akan terkena syok anafilaksis yang dapat membakar saluran udara dan menutupnya. Mengerikan bukan?

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, pastinya Anda semakin kagum dengan rahasia yang disimpan bumi kita tercinta. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Ambar Purwaningrum. 1 Desember 2019. 17 Fakta Unik Dunia, Termasuk Tidak Ada Jembatan di Sungai Amazon. Tribunnews.com – https://bit.ly/35ZFYeS

 

Sumber Gambar:

  • Fakta 01 – https://bit.ly/30P3zy1
  • Fakta 02 – https://bit.ly/38rZnHc
  • Fakta 03 – https://bit.ly/2NVbioX
  • Fakta 04 – https://bit.ly/2ROvbiE