Tahukah Anda bahwa ada beberapa fakta unik perayaan imlek yang jarang diketahui banyak orang, termasuk mungkin orang suku Tionghoa sendiri?

Menyambut Hari Raya Imlek tahun ini, kami akan mengajak Anda untuk memperkenalkan apa saja fakta-fakta unik perayaan Imlek yang jarang diketahui banyak orang lho!

Lalu apa saja fakta-fakta unik tersebut, simak terus artikel Finansialku ini!!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Fakta Unik Perayaan Imlek

Gong Xi Fa Chai!!” Inilah kalimat yang amat sering kita dengar dalam setiap perayaan Imlek. Kalimat tersebut memiliki makna yakni ucapan selamat dan semoga mendapatkan banyak rezeki.

Imlek sendiri merupakan sebuah istilah umum yang dalam bahasa Tiongkok juga disebut dengan Chung Ciea. Chung Ciea sendiri berarti sebuah Hari Raya disaat Musim Semi.

Maka lazimnya jika disesuaikan dengan kondisi musim di wilayah Cina, Korea Selatan, hingga Jepang musim semi terjadi pada Bulan Februari.

Perayaan Imlek sudah dilakukan semenjak ribuan tahun yang lalu atau pada masa kejayaan Dinasti Xia.

Seiring dengan berjalannya waktu juga diiringi dengan arus urbanisasi masyarakat keturunan Tiongkok, maka perayaan Hari Raya Imlek pun semakin dikenal diseluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Bahkan perayaan Imlek kini tak ubahnya menjadi sebuah identitas tradisi bagi para perantau asal Tionghoa di daerah rantauannya.

Perayaannya pun selalu dikemas dalam suasana yang bahagia dan ikut pula dirasakan oleh masyarakat-masyarakat lainnya.

Dengan ucapan Gong Xi Fa Chai, seakan menjadi password utama dalam perayaan hari raya ini yang bermakna ucapan selamat dan semoga banyak rezeki.

Ada banyak sekali tradisi dalam perayaan Imlek yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat keturunan Tionghoa. Namun bagi masyarakat lainnya, apakah sudah mengetahui fakta-fakta unik dari berbagai tradisi perayaan Hari Raya Imlek.

Nah kali ini kami akan membahas 5+ fakta-fakta serta tradisi unik dalam perayaan Imlek, lalu apa sajakah itu?

 

#1 Angpao

Tak lengkap rasanya merayakan Hari Raya Imlek tanpa bagi-bagi Angpao. Bagi anak-anak dan mungkin sebagian orang dewasa, bagi-bagi Angpao sangatlah ditunggu-tunggu. Mengingat dalam amplop merah ini berisi uang jajan.

Namun fakta dibalik keseruan bagi-bagi Angpao, sang pemberi tidak diperbolehkan memasukkan uang dalam kelipatan empat maupun ganjil, Karena keduanya dipercaya oleh masyarakat Tionghoa sebagai angka-angka sial.

5+ Fakta Unik Perayaan Imlek yang Jarang Diketahui Orang 02

[Baca Juga: Wow!! Finlandia Ajukan Proposal 4 Hari Kerja Seminggu]

 

Nah, angpao ini umumnya diberikan orang tua pada mereka yang belum menikah. Salah satu tujuannya adalah ditabung untuk masa depan mereka kelak.

Buat kalian yang dapat angpao, kalian bisa investasikan angpao kalian supaya doa orang tua bisa terwujud untuk memiliki masa depan yang baik.

Jika ini adalah pertama kalinya bagi kalian berinvestasi, kalian bisa baca ebook gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku yang bisa diunduh di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Suasana Hati Ceria

Dalam merayakan Hari Raya Imlek, seseorang harus senantiasa memancarkan suasana hati yang ceria dan sama sekali tidak boleh bersedih. Tentu hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

Masyarakat Tionghoa percaya, keceriaan di Hari Raya Imlek akan menjadi cermin untuk kebahagiaan dalam kehidupan seseorang untuk satu tahun ke depannya.

Sehingga apabila pada Hari Raya Imlek seseorang bersedih, maka tentu akan bernasib serupa untuk kehidupan selama satu tahun ke depannya.

 

#3 Sewa Pacar

Ada yang unik disini, para pria lajang di Tiongkok memulai kebiasaan baru yakni menyewa pacar. Hal tersebut dilakukan demi menutupi rasa malu mereka didepan sanak keluarganya.

Penyewaan tersebut bisa dilakukan secara online melalui beberapa aplikasi seperti We chat dan Taobao, maupun secara offline.

 

#4 Warna Merah

Tentunya Hari Raya Imlek dan warna merah seakan menjadi pasangan yang tak dapat dipisahkan, mengapa?

Tentu hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena bagi masyarakat Tionghoa, warna merah merupakan warna pembawa keberuntungan.

 

#5 Keramas dan Bersih-bersih

Hari yang baik pastinya harus disambut dengan penampilan terbaik pula. Tak terkecuali masyarakat Tionghoa dalam menyambut Hari Raya Imlek.

Mereka akan bersih-bersih rumah dengan menyapu kotoran maupun mandi dan keramas untuk membersihkan badan.

Tidak hanya soal kebersihan saja, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menyingkirkan kotoran yang menyimbolkan kesialan.

5+ Fakta Unik Perayaan Imlek yang Jarang Diketahui Orang 03

[Baca Juga: Cara Memulai Usaha Kuliner Masa Kini Bagi Pemula]

 

Namun setelah itu pada hari pertama perayaan hari raya mereka akan menghentikan kegiatan bersih-bersih dan menjauhkan segala peralatan kebersihan dari jangkauan.

Mengapa? Karena pada Hari Raya maka keberuntunganlah yang akan datang. Sehingga apabila mereka justru menyapu atau keramas di hari raya, maka dianggap telah mengusir keberuntungan yang datang.

 

#6 Petasan dan Barongsai

Perayaan Hari Raya Imlek pun semakin dimeriahkan dengan adanya tradisi pementasan petasan dan Barongsai.

Bukan hanya sekedar untuk meramaikan perayaan, pementasan keduanya diyakini untuk menakut-nakuti roh jahat yang akan mengacaukan perayaan Imlek.

Dahulu sebelum digunakan petasan, masyarakat Tionghoa biasanya menggunakan batang bambu yang dibakar.

 

#7 Makanan Saat Imlek

Dan yang terakhir tentunya tiada Hari Raya yang dirayakan tanpa makanan, tak terkecuali merayakan Imlek.

Namun ada beberapa aspek makanan yang perlu diperhatikan, misalnya apabila Anda ingin mengonsumsi ayam, maka harus dikonsumsi secara utuh.

Hal tersebut mengandung makna kehidupan secara utuh. Selain itu dalam perayaan Imlek, mie juga sering dijadikan sebagai menu andalan.

Bukan hanya sekedar santapan, namun mie yang panjang tanpa dipotong memiliki makna panjang umur.

Tidak hanya ayam dan mie, merayakan Imlek juga sering ditemani oleh berbagai makanan-makanan manis seperti gula-gula, manisan, hingga puding beras.

 

Nah itulah fakta-fakta menarik dibalik tradisi perayaan Imlek yang mungkin belum Anda ketahui.

Jangan lupa share juga ya artikel ini. Semoga bermanfaat….

 

Sumber Referensi:

  • Agung Yuli. 7 Fakta Unik Imlek yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar. Boombastis.com – http://bit.ly/30lJKyd

 

Sumber Gambar:

  • Imlek 2020 – http://bit.ly/2tjdj7q
  • Angpao – http://bit.ly/2FNtP2f
  • Suasana Imlek – http://bit.ly/2QY5eyd