Valentine bukan cuma identik dengan hari kasih sayang dan sebatang cokelat. Punya sejarah sangat panjang dan cukup kelam, simak lima fakta unik valentine di sini!

 

Selain fakta unik soal valentine, Finansialku masih punya fakta unik lainnya yang bisa kamu saksikan di kanal youtube resmi kami! Jangan lupa mampir, ya!

 

Kalau sudah menyaksikan video-video kami lainnya, jangan lupa untuk menunjukkan dukungan Anda pada Finansialku dengan menekan tombol subscribe di bawah ini, ya! Supaya Finansialku bisa terus memproduksi video bermanfaat lainnya hanya untuk Anda!

 

 

5 Fakta Unik Valentine

Hari valentine nyatanya bukan cuma identik dengan hari kasih sayang dan sebatang cokelat. Nyatanya, ada lima fakta unik valentine yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Simak rangkumannya di artikel Finansialku di bawah ini, ya!

 

#1 Asal Mula Valentine dan Cokelat

Hari valentine memang selalu identik dengan cokelat. Makanan manis satu ini biasa dijadikan sebagai salah satu lambang yang tidak bisa dipisahkan kalau kita merayakan hari kasih sayang dengan orang tersayang.

Tapi tahukah kamu? Tradisi ini ternyata pertama kali muncul pada 1868, yang dipelopori oleh Richard Cadburry, yang pertama kali memproduksi cokelat khusus untuk hari valentine sebagai hadiah di hari kasih sayang.

Hingga saat ini, tradisi pemberian cokelat di hari kasih sayang pun masih dilakukan.

 

Fakta Unik Valentine #2 Kartu Ucapan

Jauh sebelum kemajuan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini, kartu ucapan nyatanya media yang sangat populer digunakan untuk menyampaikan pesan dan ucapan hari kasih sayang di hari valentine.

Kartu ucapan ini pertama kali dibuat pada 1790, yang bisa kamu temukan di York Castle Museum, lho!

 

#3 Kartu Ucapan Anonim

Berbagai mitos baik dan buruk, sangat populer dan banyak dipercaya oleh masyarakat di jaman Victoria. Pada masa itu, mengirim kartu valentine dipercaya bisa mendatangkan kesialan bagi yang mengirim dan yang mendapatkan.

Karena mitos ini, akhirnya banyak orang yang mengirimkan kartu ucapan valentine tanpa dibubuhi tanda tangan dan nama.

 

#4 Satu Miliar Kartu Setiap Tahun

Berdasarkan sebuah survey, setiap tahun, ada sekitar satu miliar kartu ucapan valentine yang dikirimkan oleh masyarakat. Fakta ini menjadikan kartu valentine sebagai kartu ucapan musiman yang paling banyak dikirimkan nomor dua setelah kartu ucapan natal.

 

#5 Valentine dan Tiga Jenis Burung

Hari valentine juga ternyata punya mitos yang cukup menyeramkan, lho! Faktanya, kalau kamu melihat burung gereja terbang di hari valentine, maka hal itu pertanda kalau kamu akan menikahi seorang pelaut.

Kedua, kalau di hari valentine kamu melihat seekor burung gagak terbang, maka kamu akan menjalani hari pernikahan yang bahagia, tapi dengan orang miskin.

Lalu yang terakhir adalah, ketika kamu melihat burung goldfich terbang di hari valentine, maka itu adalah pertanda kalau kamu akan menikahi orang kaya.

 

Bicara soal valentine, apa rencanamu hari ini untuk merayakan hari valentine? Apapun itu, jangan sampai kamu impulsif dan kalap beli ini itu demi orang tersayang, bahkan sampai merusak rencana finansialmu, ya!