Sudah tau fakta vape yang sebenarnya? Apakah benar kalau menggunakan vape lebih aman?

Temukan kebenarannya melalui pembahasan berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ketahui Fakta Vape Sebelum Menggunakannya

Belakangan ini cukup banyak yang menjadikan vape sebagai salah satu gaya hidupnya.

Banyak juga yang awalnya merupakan pengguna rokok konvensional kemudian beralih menjadi pengguna vape karena rumor yang mengatakan bahwa vape lebih aman.

Namun benarkah kalau vape lebih aman dari pada rokok biasanya? Berikut fakta vape yang dirangkum oleh Finansialku!

8 Tips Jitu Asuransi-Jiwa-Murah-3-hidup-sehat-tanpa-rokok-Finansialku

[Baca Juga: Parah! Jangan Sepelekan Bahaya Merokok!! Hentikan Mulai Dari Sekarang!]

 

Fakta Vape #1: Vape Mengancam Kesehatan Paru-paru dan Jantung

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Penyakit yang ada di Amerika Serikat, terdapat sekitar 530 kasus yang berkaitan dengan penyakit paru-paru, akibat penggunaan vape.

Pengguna vape di Amerika rata-rata berusia 19 tahun, dan pengidap dari penyakit paru-paru ini juga berada pada kisaran usia yang sama!

Hal ini membuktikan bahwa rumor yang mengatakan bahwa vape lebih aman dari rokok biasa rupanya tidaklah benar.

Selain paru-paru, kesehatan jantung juga ternyata terancam, terutama oleh perasa vape yang memicu disfungsi pembuluh darah, sehingga mengakibatkan pengguna lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Nah… ternyata meskipun vape memiliki rasa yang enak, justru hal itu juga yang bisa mengancam kesehatan kamu.

 

 

Fakta Vape #2: Bisa Bikin Kecanduan

Sama seperti rokok biasa, vape juga bisa bikin penggunanya menjadi kecanduan! Hal ini karena liquid yang digunakan mengandung nikotin.

Nikotin inilah yang mengakibatkan penggunanya menjadi kecanduan dan ingin mengunakan vape terus menerus. Dan rupanya kadar nikotin yang ada pada liquid bisa sangat tinggi lho…

Selain bisa bikin penggunanya kecanduan, nikotin juga memiliki efek buruk lainnya bagi kesehatan.

Dampak buruk tersebut bisa berupa kerusakan yang permanen pada paru-paru, meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru dan bahkan bagi remaja yang aktif menggunakannya bisa mengakibatkan kerusakan pada perkembangan otak.

Lalu bagaimana dengan liquid yang tidak mengandung nikotin? Tetap saja berbahaya! Sebab perasa yang terkandung didalamnya juga bisa merusak tubuh pengguna.

 

 

Fakta Vape #3: Mengancam Kesehatan Perokok Pasif

Mungkin kamu sudah lama mengetahui kalau asap rokok konvensional juga berbahaya bagi orang yang tidak merokok.

Nah… hal ini juga berlaku untuk pengguna vape! Asap yang kamu kebulkan dari vapemu juga bisa mempengaruhi kesehatan banyak orang, sebab zat yang ada pada asap tersebut juga berbahaya.

Untuk itu, dari pada orang di sekitarmu menjadi sakit karena menghirup asap vapemu, mending gak usah nge-vape deh…

 

Fakta Vape #4: Memiliki Kandungan Zat yang Berbahaya

Selain memiliki kandungan nikotin, vape masih memiliki banyak kandungan yang berbahaya lainnya loh. Berikut diantaranya:

  1. Formaldehyde

Formaldehyde merupakan zat yang terbentuk akibat cairan vape alias liquid menjadi terlalu panas. Zat yang ini sangat berbahaya, sebab mampu menyebabkan penyakit kanker!

Selain itu zat ini juga bisa mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan, paru-paru, kulit dan juga hidung.

  1. Zat Diasetil

Zat diasetil ialah zat yang terkandung didalam setiap perasa yang digunakan pada liquid. Dan apabila zat ini masuk ke tubuh pengguna, maka salah satu dampaknya ialah penyakit paru-paru yang bisa mencapai tahap kronis!

  1. Propilen Gilikon

Pernahkah kamu melihat efek kabut yang biasanya terdapat pada panggung hiburan?Untuk pembuatan efek ini, digunakan sebuah zat yang disebut sebagai propilen gilikon.

Zat serupa juga ternyata ditemukan didalam vape lho… ini bisa mengakibatkan penyakit pada mata, paru-paru, hidung, tenggorokan dan bahkan mengancam kesehatan ginjal.

  1. Zat Berbahaya Lainnya

Selain dari ke-3 zat yang sudah dijelaskan dampaknya, berikut zat kimia lainnya yang terdapat pada vape:

    • Akrolein
    • Timah
    • Formalin
    • Timbal
    • Merkuri
    • Asetaldehida
    • Karsinogen
    • Dan lain-lain

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#5: Sudah Banyak Negara yang Melarang Penggunaan Vape

Meski masih ada saja yang mengatakan kalau vape aman, namun faktanya sudah banyak negara yang melarang untuk penggunaan vape.

Larangan ini dikeluarkan tentu bukan karena tanpa alasan yang kuat, sebab memang vape memiliki kandungan yang sangat berbahaya.

Pemerintah dari negara yang melarang vape ini jelas ingin agar masyarakat menjadi lebih sehat, dan terhindar dari bahaya yang diakibatkan oleh penggunaan vape.

Berikut beberapa negara yang sudah melarang penggunaan vape:

  • Australia
  • Hongkong
  • Yordania
  • Arab Saudi
  • Singapura
  • Kanada
  • Argentina
  • Belanda
  • Venezuela
  • India

 

Setiap peraturan yang ada di negara tersebut memiliki satu hal yang sama, yaitu bertujuan untuk memberantas penggunaan vape.

Sedangkan untuk yang melanggar, terdapat ganjaran yang berat. Seperti halnya di Hongkong, pelanggar peraturan tersebut akan dipenjara selama 2 tahun, diluar denda yang harus dia bayar.

 

 

Vape Bukan Solusi untuk Berhenti Merokok!

Banyak yang mengaku menggunakan vape agar bisa lepas dari rasa kecanduan terhadap rokok.

Namun hal ini sebenarnya sangatlah keliru! Apabila kamu ingin berhenti merokok, maka jangan gunakan vape, sebab sama-sama memiliki dampak yang buruk.

Selain berdampak buruk untuk kesehatanmu, vape juga berdampak buruk untuk keuanganmu karena biaya membeli liquid yang mahal.

Jangan sampai kamu mengabaikan kesehatan dompetmu. Aplikasi Finansialku bisa membantumu memantau pengeluaran berdasarkan anggaranmu. Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

playstore icon
appstore icon

 

Nah… setelah membaca artikel mengenai fakta Vape di atas, bagaimana tanggapan kamu?

Jangan lupa untuk share artikel fakta Vape ini kepada teman atau kerabat yang masih menggunakan vape agar mereka bisa lebih mengerti.

 

Sumber Referensi:

  • Widiya Wiyanti. 26 Agustus 2019. 5 Fakta Soal Vape yang Wajib Kamu Ketahui. Health.detik.com – https://bit.ly/2SMbdad
  • Nur Rohmi Aida. 21 September 2019. 5 Fakta Tentang Vape, Kandungan, Bahaya, hingga Dilarang di Beberapa Negara. Kompas.com – https://bit.ly/38ULLVH
  • Siska Permata Sari. 14 November 2019. 4 Fakta Tentang Vape yang Bakal Dilarang di Indonesia. Inews.id – https://bit.ly/2uRqEos
  • Tri Apriyani. 27 Desember 2019. Mengganti Rokok dengan Vape Dianggap Lebih Aman? Ini Faktanya!. Suara.com – https://bit.ly/2SGN7xw