Meski sudah banyak digembar-gemborkan, masih saja banyak orang yang menyepelekan bahaya merokok! Mau tahu cara berhenti merokok?

Ini dia tipsnya supaya kamu bisa berhenti merokok secara permanen! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Bahaya Merokok

Seperti yang kita ketahui bersama, merokok sangat merugikan tidak hanya bagi diri sendiri yang merokok tetapi bagi orang lain yang ada di sekitar kita yang menjadi perokok pasif.

Beberapa tahun terakhir ini, jika kita perhatikan pada bungkus rokok, pemerintah melalui kebijakannya sudah memberikan peringatan cukup keras dengan kalimat “merokok membunuhmu!

Bahkan ditambah dengan gambar seorang pria dengan keadaan paru-paru dan organ dalam yang rusak.

Tapi, tetap saja masih banyak para pengguna rokok dengan setia mengisap lintingan tembakau dengan asyiknya.

Tahukah kamu bahwa bahan pembuatan rokok itu sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh tubuh manusia?

Dilansir dari Hellosehat.com, setidaknya, sebatang rokok itu terdiri dari beberapa bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia, di antaranya:

  • Aseton: ditemukan dalam cairan pembersih kuteks (cat kuku).
  • Amonia: pembersih rumah yang umum digunakan.
  • Asam asetat: bahan cat rambut.
  • Arsenik: digunakan pada racun tikus.
  • Benzene: ditemukan di semen karet.
  • Butane: digunakan dalam cairan korek.
  • Kadmium: komponen aktif dalam asam baterai.
  • Karbon monoksida: tercipta dari asap knalpot.
  • Formaldehida: cairan pengawet.
  • Hexamine: ditemukan di cairan korek barbekyu.
  • Lead: digunakan dalam baterai.
  • Naftalena: bahan dalam kapur barus.
  • Methanol: komponen utama bahan bakar roket.
  • Nikotin: digunakan sebagai insektisida.
  • Tar: material untuk mengaspal jalan.
  • Toluene: digunakan untuk bahan cat.

 

Cara Berhenti Merokok 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memiliki Masa Depan Keuangan Cerah? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah]

 

Dengan berbagai kandungan berbahaya di atas, tentu saja akan mengancam nyawa bagi mereka yang mengisapnya.

Berikut ini bahaya merokok yang ditimbulkan bagi kesehatan:

 

#1 Rusaknya Saluran Pernapasan

Efek awal dari bahaya rokok adalah kerusakan paru-paru yang kemudian akan berangsur mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh.

Iritasi akan terjadi dan timbul lender pada saluran pernapasan sehingga terjadi infeksi saluran tenggorokan hingga paru-paru sang penderita.

Inilah akibat dari menjalarnya racun yang diakibatkan oleh setiap bahan pembuat rokok.

Meningkatnya intensitas terpaparnya asap rokok, maka akan semakin tinggi pula risiko infeksi yang akan diderita yang akan berakibat pada kerusakan rongga udara dan paru-paru.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Aliran Darah Terhambat

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa salah satu bahan penyusun rokok adalah nikotin yang mengakibatkan darah menjadi kental.

Jika darah mengental, maka kandungan nutrisi, mineral dan juga oksigen yang biasanya disebarkan oleh darah akan tidak bekerja dengan semestinya.

Alhasil, komponen-komponen tersebut diatas tidak dapat diserap oleh tubuh secara optimal.

Selain itu, jika terjadi peradangan, baik di bagian luar ataupun dalam organ tubuh, maka akan proses penyembuhannya akan terhambat dan membutuhkan waktu yang cukup lama dari biasanya.

Ketahui Gejala Kolesterol 05 Rokok - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Justin Timberlake yang Pasti Menginspirasi Kehidupan Anda]

 

#3 Antibodi Berkurang

Setelah kerusakan pernapasan yang diakibatkan oleh konsumsi rokok, antibodi juga akan mengalami penurunan fungsi.

Jumlah antibodi akan berkurang karena efek rokok yang telah masuk ke dalam aliran darah.

Antibodi yang berupa protein darah yang berfungsi untuk mengurangi jumlah bibit penyakit akan berkurang sehingga masa penyembuhan semakin lama jika seseorang konsumen rokok sedang mengalami sakit.

 

#4 Kadar Antioksidan Berkurang

Antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan biasanya antioksidan dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Dengan antioksidan, radikal bebas tidak akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh kita disamping dapat memperbaiki kerusakan pada organ tubuh.

Namun, bagi perokok atau mereka yang sering terpapar asap rokok akan membuat kadar antioksidan dalam tubuhnya menjadi lebih sedikit.

Maka, tak heran jika mereka yang adalah perokok atau mereka yang sering terpapar asap rokok sebagai akibat dari perokok pasif, mereka akan rentan terhadap sakit penyakit dan masa penyembuhan terhadap suatu penyakit akan cenderung lebih lama dari biasanya.

Bisa-Irit-Kalau-Tahan-Hal-yang-Membatalkan-Puasa-2-Merokok-Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Money Management: Mengatur Ritme Pernapasan Investasi Saham]

 

#5 Sel Darah Putih Meningkat

Sel darah putih memiliki peran penting dalam melawan infeksi, tapi bagi mereka yang kecanduan rokok, kadar sel darah putih akan meningkat karena terjadinya peradangan dan kerusakan yang terus menerus terjadi.

Keadaan ini akan membuat sel darah putih menjadi rentan terhadap penyakit jika terjadi dalam waktu yang cukup lama sehingga akan memicu risiko penyakit jantung, stroke, termasuk kanker.

Jadi dengan meningkatnya kadar sel darah putih akibat konsumsi rokok, berbagai penyakit mematikan akan bersarang pada tubuh para perokok, baik perokok pasif maupun aktif.

 

#6 Darah Tinggi atau Hipertensi

Sudah dapat dipastikan bahwa pembuluh darah akan menyempit dan menjadi akibat kandungan nikotin dalam rokok yang membuat plak menumpuk.

Dengan menyempitnya pembuluh darah, kinerja jantung jadi lebih berat untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga memicu darah tinggi.

Jika darah tinggi bersarang dalam tubuh, sudah dapat diprediksi bahwa berbagai penyakit lainnya akan timbul karena tekanan darah yang tidak terkontrol.

8 Tips Jitu Asuransi-Jiwa-Murah-3-hidup-sehat-tanpa-rokok-Finansialku

[Baca Juga: Ini 11 Tips untuk Berhasil dalam Negosiasi Saat Membeli Properti #Part 2]

 

#7 Diabetes

Selain berdampak buruk pada penyempitan pembuluh darah, asap rokok juga dapat membuat kinerja insulin dalam pankreas bermasalah.

Jika pankreas bermasalah dan tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi seperti fungsi sedia kala, maka gula akan menumpuk dalam darah dan membuat kadar gula dalam darah meningkat.

Meningkatnya kadar gula dalam darah mengakibatkan penyakit diabetes.

Selain penyakit-penyakit di atas yang telah dipaparkan, kebiasaan merokok atau terpapar asap rokok dalam frekuensi dan intensitas yang tinggi akan mengakibatkan berbagai penyakit lainnya.

Penyakit yang dimaksud seperti gangguan fungsi ereksi, gangguan kehamilan & janin, stroke dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

 

Cara Berhenti dari Merokok Secara Alami & Permanen

Banyak pengalaman orang-orang yang ingin menghentikan kebiasaan merokok tapi mengalami kesulitan.

Mungkin mereka pernah berhenti hanya dalam periode waktu yang singkat, namun setelah itu mereka kembali kepada kebiasaan merokok seperti sebelumnya.

Jika kamu ingin berhenti secara permanen, awali dengan MOTIVASI yang positif untuk berhenti dari kebiasaan buruk merusak tubuh dari kebiasaan merokok.

Tanamkan pada benak Anda bahwa merokok itu berbahaya bagi tubuh Anda.

Buat motivasimu berupa sesuatu yang ingin kamu jaga, misalnya kamu ingin menjaga tubuhmu yang berharga dan ingin hidup sehat dan panjang umur, dapat melihat anak dan cucu Anda di usia tua dengan keadaan yang sehat.

Masihkah Anda Merokok, Jika Harga Rokok Rp 50 ribu per bungkus - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membangun Sebuah Monopoli yang Berhasil Ala Peter Thiel, CEO PayPal?]

 

Selain itu, bagi kamu yang telah menjadi orangtua, tentu kamu ingin anak-anak dan keluargamu memiliki sirkulasi udara yang sehat di rumah dan melindungi mereka dari penyakit-penyakit yang membahayakan kesehatan mereka.

Ini bisa membuat Anda juga berhenti merokok.

Bagi Anda tulang punggung keluarga, jadikan motivasi bahwa Anda adalah penyokong dari keluarga yang harus terus sehat untuk menjaga keluarga Anda dan mencukupi kebutuhan keluarga.

 

Kurangi Bahaya Rokok Saat Mencoba Berhenti Merokok

Bagi kamu yang ingin mencoba berhenti merokok dan ingin meningkatkan kesehatanmu, berikut ini beberapa tips untuk mengurangi bahaya rokok dan berbagai asupan yang bergizi bagi tubuhmu.

 

#1 Pola Makan yang Bergizi & Seimbang

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk mempercepat pemulihan daya tahan tubuh akibat bahan-bahan rokok yang telah bersarang pada organ tubuh Anda.

Penuhi asupan vitamin D dengan guna menjaga daya tahan tubuh dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi dan mengkonsumsi buah serta sayur setiap hari.

 

#2 Olahraga Rutin & Teratur

Selain memperlancar sirkulasi oksigen yang masuk ke adalah tubuh, berolahraga dapat menyehatkan jantung agar berfungsi semakin optimal dan memperkuat sistem imunitas dalam kekebalan tubuh.

Lakukan olahraga yang Anda sukai dan buatlah menjadi sebuah kegiatan yang rutin dan teratur.

 

Lihat Keuntungan Berhenti dari Merokok

Motivasi dirimu bahwa rokok adalah benda yang dapat merugikan kesehatanmu.

Dengan tidak merokok, kamu sedang membuat tubuhmu menjadi lebih sehat, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko serangan jantung, stroke, kanker dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

Dari pada membeli rokok, lebih baik gunakan dana yang tadinya untuk beli rokok dialihkan kepada dana untuk membeli reksa dana atau investasi lainnya yang menguntungkan dan mempersiapkan dana hari tuamu.

Miliki panduan dalam berinvestasi dari Ebook Gratis Finansialku berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu, dengan tidak merokok, kamu terhindar dari bau mulut yang tidak sedap serta menjaga kesehatan kulit agar tetap bersih dan cerah.

Tidak hanya kamu, bahkan orang-orang di sekitarmu termasuk keluargamu akan berada dan lingkungan yang sehat, terbebas dari bahaya merokok secara pasif.

 

Apakah kamu perokok atau mantan perokok? Bagaimana caramu agar dapat berhenti merokok? Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan artikel di atas kepada orang-orang yang ingin berhenti merokok secara permanen.

 

Sumber Referensi:

  • Ala Dokter. 13 Cara Berhenti Merokok. Alodokter.com – http://bit.ly/2VvSRMw
  • Dian Maharani. 8 Masalah Kesehatan akibat Merokok. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/2IO4RU3
  • Indra Cahya. 18 Mei 2018. Cara berhenti merokok yang cepat, aman, serta permanen. Merdeka.com – http://bit.ly/2L0STIf
  • Risky Candra Swari. Mengulik Lebih Dalam Soal Bahaya Merokok Pada Daya Tahan Tubuh Manusia. Hellosehat.com – http://bit.ly/2UC2Qf3

 

Sumber Gambar:

  • Cara Berhenti Merokok 1 – http://bit.ly/2Pxm8ky
  • Cara Berhenti Merokok 2 – http://bit.ly/2IUOh3S