Bagaimana cara membangun sebuah monopoli yang berhasil? Berikut ini Finansialku akan membahasnya untuk menambah wawasan Anda seputar bisnis monopoli yang berhasil ala Peter Thiel, seorang CEO PayPal yang ternama.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengingat Kembali Bisnis Monopoli

Untuk menyegarkan pikiran Anda mengenai ulasan seputar bisnis monopoli yang telah kita bahas pada rubrik sebelumnya, kita akan mengingatkan Anda beberapa poin yang perlu Anda pahami sebelum kita masuk kepada pembahasan mengenai bagaimana caranya untuk membangun sebuah bisnis monopoli yang berhasil.

Monopoli adalah kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu dan ada hambatan bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.

Dengan kata lain, pasar dikuasai oleh satu atau segelintir perusahaan, sementara pihak lain sulit masuk didalamnya. Karena itu, hampir tidak ada persaingan di dalamnya.

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Monopoli yang Berhasil Ala Peter Thiel, CEO PayPal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan dengan Berkebun Emas, Apakah Menguntungkan atau Tidak?]

 

Lolos dari kompetisi akan memberi Anda sebuah monopoli meskipun sebuah monopoli hanya akan menjadi bisnis besar jika mampu bertahan menerjang masa depan. Sebuah bisnis besar didefinisikan berdasarkan kemampuannya menghasilkan arus kas di masa mendatang.

Perusahaan di masa mendatang yang memiliki arus kas besar adalah perusahaan monopoli. Setiap monopoli itu unik, tetapi monopoli biasanya memiliki beberapa kombinasi sifat-sifat yang khas seperti, Teknologi yang dilindungi Hak Paten, Efek Jaringan, Skala Ekonomis dan Merek yang Kuat.

Ciri khas tersebut di atas mendefinisikan sebuah perusahaan monopoli. Ketika Anda ingin membuat sebuah bisnis monopoli yang berhasil, Anda perlu memilih pasar Anda dengan cermat dan mengembangkannya secara teratur.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuat sebuah bisnis yang berhasil.

 

#1 Mulailah Dengan yang Kecil

Semua usaha startup pada awalnya kecil. Setiap monopoli menguasai sebagian besar pasar yang awalnya dalam lingkup yang kecil. Oleh sebab itu, mulailah usaha startup Anda dengan pasar yang sangat kecil.

Jangan pernah malu karena memulai sebuah usaha dengan ukuran pasar yang terlalu kecil karena sebetulnya lebih mudah menguasai pasar yang kecil daripada sebuah pasar yang sudah terlampau besar. Kecil bukan berarti kehilangan eksistensi.

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Monopoli yang Berhasil Ala Peter Thiel, CEO PayPal 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mencapai Kebebasan Finansial Menurut Anthony Robbins]

 

Sebagai contoh, ketika Peter Thiel, CEO PayPal yang pada mulanya menciptakan alat pengiriman uang yang disebut PalmPilot, dimana pada masa itu belum ada seorangpun yang menciptakannya.

Singkat cerita, hasil ciptaannya tersebut tidak berhasil menggaet banyak pelanggan bahkan hanya sedikit sekali. Melalui pembelajaran itu, Peter Thiel mengarahkan perhatiannya pada berbagai lelang yang diselenggarakan oleh eBay.

Disitulah PayPal mengalami kesuksesannya yang pertama. Ketika eBay memiliki “PowerSellers” volume tinggi sebanyak beberapa ribu, PayPal melayani 25% diantara ribuan itu setelah bekerja keras setidaknya selama 3 bulan.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Jauh lebih mudah merangkul beberapa ribu orang yang memerlukan produk PayPal ketimbang mencoba bersaing dalam menarik perhatian jutaan orang.

Target pasar yang sempurna untuk sebuah usaha startup adalah sekelompok kecil orang tertentu yang terkonsentrasi di suatu tempat dan hanya dilayani oleh beberapa pesaing atau tidak ada pesaing sama sekali.

Pasar besar manapun merupakan pilihan yang buruk, terutama pasar besar dengan perusahaan-perusahaan pesaing yang sudah berskala besar. Perhatikan ini: Kompetisi yang sangat ketat dapat berarti bahwa laba atau keuntungan Anda akan nol.

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Monopoli yang Berhasil Ala Peter Thiel, CEO PayPal 04 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal Ini Buat Karyawan Cemas mengenai Keuangan, serta Solusi dari Finansialku]

 

#2 Memperbesar Keuntungan

Tahukah Anda dengan istilah disrupsi? Disrupsi atau gangguan adalah suatu istilah yang menggambarkan dimana sebuah perusahaan dapat memakai teknologi baru untuk memperkenalkan produk kelas bawah dengan harga rendah.

Kemudian perusahaan tersebut meningkatkan produk itu sejalan dengan waktu, dan akhirnya mengalahkan produk-produk premium yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan terdahulu yang masih menggunakan teknologi lama.

Gambaran ini dapat menjelaskan bagaimana PC mengacaukan pasar komputer mainframe. Disrupsi belum lama ini telah berubah sepenuhnya menjadi istilah popular dan membanggakan untuk merujuk pada apapun yang dianggap trendy atau baru. Konsep ini dimunculkan untuk menggambarkan ancaman terhadap perusahaan-perusahaan terdahulu.

Namun jika Anda sungguh ingin menciptakan sesuatu yang baru, kegiatan menciptakan merupakan kegiatan yang jauh lebih penting daripada industri-industri lama yang mungkin tidak sama seperti yang Anda ciptakan.

Apabila Anda melakukan disrupsi tersebut, Anda berarti tidak menciptakan sesuatu yang baru dan Anda tidak dapat memonopoli. Sewaktu Anda menyusun sebuah rencana untuk mengembangkan diri ke pasar-pasar terdekat, jangan membuat kekacauan tetapi berusahalah menghindari kompetisi.

 

#3 Tidak Masalah menjadi The Last Mover

Pernahkah Anda mendengar ungkapan first mover advantage? Jika Anda menjadi orang pertama yang masuk ke sebuah pasar, Anda dapat menguasai pangsa pasar yang signifikan sementara para pesaing masih sibuk di garis start.

Namun bergerak paling dahulu adalah sebuah taktik, bukan sasaran. Sebetulnya, sasaran yang terpenting adalah membangkitkan arus kas di masa mendatang. Oleh sebab itu, menjadi pihak yang berangkat paling dahulu (first mover) tidak ada keuntungannya bagi Anda jika kemudian orang lain menyusul dan mengambil alih kedudukan Anda.

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Monopoli yang Berhasil Ala Peter Thiel, CEO PayPal 05 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Hindari 5 Kesalahan Investasi Ini Jika Ingin Sukses]

 

Jauh lebih baik menjadi last mover, yaitu membuat pengembangan besar terakhir di sebuah pasar tertentu dan menikmati laba monopoli selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Cara yang paling efektif adalah dengan menguasai sebuah pasar yang kecil kemudian mengembangkannya menuju visi Anda demi membangkitkan arus kas di masa mendatang.

Menurut Grandmaster Jose Raul, Anda perlu memprioritaskan persiapan-persiapan langkah-langkah terakhir.

 

Bangun Bisnis Monopoli ala Pendiri PayPal

Apakah bisnis startup Anda memiliki pesaing yang sedikit atau bahkan Anda memiliki pesaing yang banyak? Apabila Anda memang berniat untuk membuka bisnis monopoli, belajarlah dari Peter Thiel yang berhasil dalam mengembangkan bisnis monopolinya melalui PayPal.

 

Bagikan pengalaman Anda dalam mengembangkan bisnis startup yang sedang Anda kembangkan saat ini melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan kepada rekan-rekan Anda berbagai artikel yang dapat menambah wawasan seputar investasi, bisnis dan lain sebagainya dari Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

 

Sumber Gambar:

  • Peter Thiel – https://goo.gl/sKMEMQ dan https://goo.gl/QntCLz
  • Peter Thiel PayPal https://goo.gl/4V1SO2 dan https://goo.gl/2Lf8uD
  • Zero to One – https://goo.gl/qjckLo

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang