Pasang Ring Jantung ke Rumah Sakit Luar Negeri, Apa Bisa Klaim ke Perusahaan Asuransi?

Apa bisa klaim ke perusahaan asuransi untuk pasang ring jantung ke rumah sakit luar negeri?

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, kebanyakan orang ingin mendapatkan pengobatan yang terbaik. Apalagi jika penyakit tersebut berhubungan dengan jantung dan pasang ring jantung.

Jika Anda mempunyai asuransi dan ingin pasang ring jantung di rumah sakit luar negeri, apakah Anda tetap bisa melakukan klaim asuransi?

Mari kita temukan jawabannya di rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pasang Ring Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh manusia karena berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia.

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya. Jika tidak ditangani segera, tentu dapat mengakibatkan kematian.

Salah satu cara pengobatan penyakit jantung tahap awal adalah dengan memasang ring pada jantung, atau sering juga disebut dengan istilah Angioplasty.

Angioplasty adalah prosedur untuk membuka pembuluh darah (arteri koroner) yang menyuplai darah menuju jantung. Perawatan ini sering dimanfaatkan segera setelah serangan jantung.

Pasang Ring Jantung ke Rumah Sakit Luar Negeri, Apa Bisa Klaim ke Perusahaan Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gejala Penyakit Jantung, Biaya Berobat dan Asuransi yang Dapat Digunakan]

 

Dalam banyak kasus, ring jantung dimasukkan setelah Angioplasty agar darah tetap mengalir dan mencegah arteri menyempit lagi.

Menjalani Angioplasty dalam beberapa jam pertama setelah serangan jantung mungkin mengurangi risiko serangan jantung lainnya, tetapi timing sangatlah penting.

Menurut Harvard Medical School, jika Angioplasty dilakukan lebih dari 24 jam setelah serangan jantung, kemungkinan tidak ada manfaatnya sama sekali.

Semakin cepat Anda menerima perawatan serangan jantung, semakin rendah risiko gagal jantung dan komplikasi lainnya.

Angioplasty juga dapat meredakan gejala penyakit jantung pada pasien yang belum pernah menderita serangan jantung.

 

Manfaat Asuransi Yang Bisa Diklaim

Untuk pengobatan pasang ring jantung atau Angioplasty, ada 2 manfaat asuransi yang meng-cover hal tersebut, yaitu:

  • Manfaat tambahan (rider) penyakit kritis.
  • Manfaat tambahan kesehatan atau rumah sakit.

 

Untuk manfaat penyakit kritis, biasanya di dalam setiap polis asuransi, ada penjelasan tentang jenis-jenis penyakit kritis yang di-cover.

Pada umumnya, salah satu jenis penyakit yang di-cover adalah Angioplasty dan penatalaksanaan invasive lainnya untuk penyakit pembuluh darah jantung.

Asuransi untuk penyakit kritis memiliki beberapa kriteria yang berbeda untuk setiap perusahaan asuransi terhadap pertanggungan Angioplasty. Ada perusahaan yang hanya membayarkan 10% dari total uang pertanggungan penyakit kritis, ada juga yang membayarkan 20% dari total uang pertanggungan penyakit kritis.

Gejala Penyakit Jantung, Biaya Berobat dan Asuransi yang Dapat Digunakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Harus Punya Asuransi? Serta Istilah-istilah Asuransi]

 

Pembayaran pertanggungan terhadap tindakan pasang ring jantung, tergantung dari ketentuan manfaat penyakit kritis setiap perusahaan.

Anda akan mendapatkan uang tunai untuk manfaat asuransi penyakit kritis yang dapat Anda gunakan untuk pengobatan atau untuk hal lainnya. Manfaat lain yang dapat diklaim jika melakukan pasang ring jantung adalah manfaat kesehatan atau rawat inap di rumah sakit.

Jika Anda memiliki kartu kesehatan dari perusahaan asuransi tempat Anda mengambil asuransi, maka manfaat kesehatan akan membayar biaya pengobatan untuk melakukan pasang ring jantung.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Manfaat kesehatan ini akan membiayai pengobatan yang terjadi selama di rumah sakit, tergantung dari manfaat kesehatan yang Anda ambil.

Bisa saja, manfaat kesehatan Anda sudah membiayai seluruh biaya pengobatan yang terjadi, sehingga uang pertanggungan Angioplasty dari manfaat penyakit kritis, dapat Anda gunakan untuk hal lainnya atau Anda simpan.

Jadi, ketika seseorang ingin melakukan Angioplasty atau pasang ring jantung, dan memiliki asuransi, orang tersebut harus tahu terlebih dahulu manfaat asuransi apa saja yang dia miliki.

 

Jika Pasang Ring Jantung ke Rumah Sakit di Luar Negeri, Apakah Bisa Klaim?

Setelah seseorang mengetahui manfaat asuransi apa saja yang dia miliki, maka akan lebih mudah untuk menjawab pertanyaan ini. Anda tetap bisa melakukan klaim jika Anda ingin melakukan pasang ring jantung ke rumah sakit di luar negeri.

Tetapi untuk manfaat penyakit kritis dan manfaat kesehatan memiliki prosedur klaim masing-masing.

Jika Anda memiliki manfaat penyakit kritis, Anda bisa langsung melakukan klaim. Klaim yang akan dicairkan kepada Anda adalah uang tunai dimana Anda dapat menggunakannya untuk berobat, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, atau Anda gunakan untuk hal yang lainnya.

Gejala Penyakit Jantung, Biaya Berobat dan Asuransi yang Dapat Digunakan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Klaim Asuransi Jiwa Jika Tertanggung Meninggal?]

 

Yang terpenting adalah persyaratan untuk mengajukan klaim manfaat sakit kritis Anda terpenuhi. Dokumen penting yang harus Anda siapkan ketika ingin mengajukan klaim sakit kritis untuk pasang ring jantung adalah:

  • Formulir keterangan dokter yang harus diisi dan ditandatangani oleh dokter
  • Surat pengajuan klaim
  • Hasil medis dari rumah sakit
  • Fotokopi identitas diri
  • Fotokopi buku tabungan kemana uang akan ditransfer oleh perusahaan asuransi.
  • Dokumen penunjang lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi

 

Jika Anda memiliki manfaat kesehatan dan Anda ingin melakukan pasang ring di luar negeri, maka prosedurnya akan sedikit berbeda dengan di dalam negeri.

Jika di dalam negeri dan Anda memiliki manfaat kesehatan dengan kartu, maka Anda tinggal memberikan kartu tersebut sehingga Anda tidak perlu membayar atau hanya membayar kekurangannya.

Tetapi jika Anda berobat ke luar negeri, maka seluruh biaya akan Anda tanggung terlebih dahulu. Klaim untuk biaya pengobatan akan dibayarkan dengan sistem pengembalian (reimbursement) setelah Anda mengajukan klaim dengan menggunakan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Bagaimana Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Baik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mempermudah Klaim Asuransi Kesehatan]

 

Memang ada beberapa perusahaan asuransi yang memiliki rekanan rumah sakit di luar negeri.

Jika memang demikian, maka Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengajukan klaim. Tetapi jika tidak, maka Anda harus mengajukan klaim untuk mendapatkan penggantian biayanya setelah Anda pulang dari luar negeri.

Hal yang cukup penting disini adalah Anda tidak boleh lupa, bahwa ada dokumen-dokumen yang harus ditandatangani oleh dokter dan rumah sakit yang bersangkutan.

Anda harus membawanya agar Anda tidak bolak-balik ke luar negeri pada saat Anda ingin mengajukan klaim manfaat kesehatan setelah kembali dari luar negeri.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Ikuti Prosedur Klaim Secara Tepat

Untuk pasang ring jantung di luar negeri, yang penting adalah nasabah sudah mengetahui prosedur yang tertera di dalam buku polis, karena buku polis adalah kontrak perjanjian antara nasabah dan perusahaan asuransi.

Selama nasabah mengikut semua produser dan persyaratan klaim sesuai dengan yang tertera di dalam buku polis, maka perusahaan asuransi akan membayarkan klaim tersebut. Ikuti prosedurnya dan dapatkan pertanggungan asuransi Anda.

 

Apakah informasi ini menambah wawasan Anda tentang klaim dan asuransi? Apakah ada teman-teman atau rekan Anda yang membutuhkan informasi ini? Bagikan informasi ini kepada mereka juga.

 

Sumber Referensi:

  • Lika Aprilia Samiadi. 20 Januari 2017. Manfaat Dan Risiko Angioplasti. Hellosehat.com – https://goo.gl/EF58oQ

 

Sumber Gambar:

  • Pasang Ring Jantung – https://goo.gl/TbpG6r dan https://goo.gl/wR3YDn

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment