Fasilitas asrama atlet PB Djarum: PB Djarum dipercaya dapat menghasilkan tunas-tunas atlet baru di bidang olahraga badminton. Seperti apa sih fasilitas di asrama yang diberikan PB Djarum kepada para atletnya?

Yuk simak pembahasan selengkapnya pada artikel ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Fasilitas Asrama Atlet PB Djarum

Melestarikan prestasi bulu tangkis sudah merupakan tugas yang diemban oleh PB Djarum sebagai salah satu olahraga terbesar di Indonesia.

Terbentuk pada 1980-an, PB Djarum terus berpacu dengan waktu untuk menjaga nyala prestasi Indonesia di kancah dunia.

Ketika memasuki lobby asrama, Anda akan langsung disuguhkan dengan deretan foto atlet yang telah malang melintang hingga kancah internasional hasil didikan dari PB Djarum yang sudah gantung raket atau pensiun.

Menurut Yoppy Rosimin selaku Ketua PB Djarum, tujuan dipamerkannya foto-foto atlet senior ini agar para atlet muda termotivasi dan mengikuti jejak prestasi seniornya.

Bintang-bintang ternama atlet PB Djarum zaman dulu yang tertera diantaranya Lim Swie King, Christian Hadinata, dan Alan Budi Kusuma yang sukses mengharumkan bulu tangkis Indonesia.

Sejarah PB Djarum yang Berhasil Melahirkan Atlet Berprestasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Daftar Atlet PB Djarum Yang Menghasilkan Emas]

 

Selain jaminan mutu soal kualitas latihan, PB Djarum juga menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang untuk para atletnya agar memungkinkan mereka berlatih dengan maksimal.

Perlu diketahui, para atlet tidak mengeluarkan biaya sedikit pun selama menjadi bimbingan PB Djarum.

Sayangnya, kini penjaringannya tidak maksimal, mata rantainya terputus. Biasanya setiap audisi informasinya disebarkan ke seluruh pelosok Indonesia lewat iklan.

Setiap tahun, audisi PB Djarum ini selalu ditunggu-tunggu. Masuk ke PB Djarum pada saat audisi tidak bayar sama sekali. Semuanya dibiayai oleh PB Djarum.

Saking banyaknya peminat, di tahun 2018, ada 5000 orang yang mendaftar untuk menjadi bagian dari PB Djarum tapi hanya 20 sampai 30 orang diterima.

Atlet termuda yang dimiliki PB Djarum adalah anak yang berusia 7 tahun yaitu kelas 1 SD.

PB Djarum menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk menyokong dan membina para atlet muda didikannya.

Dana ini terlihat dalam asrama yang disediakan PB Djarum untuk para atletnya yang ada di Kudus, Jawa Tengah.

Berikut adalah fasilitas yang diberikan PB Djarum untuk para atlet:

 

#1 GOR Latihan

Tempat latihan atlet PB Djarum di GOR Jati, Kudus, Jawa Tengah, yang dibangun pada 2004 dan diresmikan pada 27 Mei 2006. Komplek GOR ini berdiri di atas tanah seluas 43.207 meter persegi.

Di dalam GOR berskala internasional ini terdapat 16 lapangan, pusat kebugaran, serta fasilitas penunjang latihan lain yang bisa digunakan.

Letak GOR nya pun tidak jauh dari asrama tempat atlet tinggal hanya berjarak sekitar 25 meter.

5 Fasilitas Asrama Atlet PB Djarum, Gizi Diatur Sampai Antar Jemput Sekolah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sejarah PB Djarum yang Berhasil Melahirkan Atlet Berprestasi]

 

Lapangannya di-setting khusus persis seperti lapangan bulu tangkis standar dunia dan lantainya pun terbuat dari karet, spesialnya lagi ada rongga di lantainya, jadi tidak mudah cidera.

Ini semua dibuat khusus untuk meminimalisasi cidera untuk para atlet.

Para atlet ini akan berlatih sehari dua sesi, yang masing-masing sesi jika ditotalkan ada 3 jam. Jadi, sehari para atlet ini akan berlatih selama 6 jam di pagi dan sore hari.

 

#2 Asrama Para Atlet

PB Djarum menyediakan asrama untuk para atlet, atlet putra dan putri pun dipisahkan asramanya.

Kamar-kamar di setiap asrama ini memiliki kapasitas yang berbeda dan setiap atlet menempati kamar sesuai dengan kategori usianya masing-masing.

Total ada 40 kamar untuk asrama putra dan putri, jadi setiap asrama ada 20 kamar. Setiap kamar ini biasanya diisi oleh tiga orang, tapi ada juga yang bisa menampung empat orang.

Di dalam asramanya pun sudah tersedia kasur, lemari dan kebutuhan lainnya yang perlukan oleh para atlet.

Didesain khusus agar para atlet merasa nyaman dan seperti merasa di rumah sendiri. PB Djarum pun tidak melarang barang-barang bawaan dari atlet seperti di asrama perempuan lebih banyak boneka-boneka.

PB Djarum pun menyiapkan laundry dan tempat mencucinya di dalam asrama oleh petugas.

 

#3 Perlengkapan Olahraga

PB Djarum juga menyediakan perlengkapan untuk para atlet mulai dari sepatu bertanding hingga raket. PB Djarum membagikan empat buah raket untuk setiap orang.

Jadi jika ada yang patah nanti diganti dengan yang baru. Untuk senar raketnya sendiri, PB Djarum ada tempat tersendiri untuk membetulkan dan memasangnya.

Selain itu, baju dan sepatu pun PB Djarum menyediakannya untuk bermain bulu tangkis.

5 Fasilitas Asrama Atlet PB Djarum, Gizi Diatur Sampai Antar Jemput Sekolah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Mudah Dalam Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa, 3 Langkah Saja!]

 

#4 Pengaturan Gizi Makanan oleh Dokter Khusus

Demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh para atlet, PB Djarum menyediakan dokter ahli gizi untuk mengatur pola makan para atletnya.

Menu makannya pun diatur setiap hari, yang terpenting komposisi gizinya komplet mulai dari karbohidrat hingga protein, sesuai kebutuhan para atlet agar staminanya tetap terjaga.

Para atlet pun disediakan susu setiap harinya yang harus diminum selama satu hari tiga kali.

 

#5 Memberikan Pendidikan Formal

Tidak melupakan pendidikan formal, PB Djarum menyekolahkan para atletnya dengan beberapa sekolah yang sudah menjalin kerja sama dengan PB Djarum agar para atlet mendapatkan pendidikan formal.

Yang membedakan atlet Djarum ini sekolah setiap hari dan masuk pada jam 09.30 pagi untuk sekolah SMP dan SMA. Sedangkan untuk atlet SD mengikuti jadwal normal yaitu di pagi hari.

Kurikulum bagi para atlet pun dibedakan sesuai dengan kerja sama dengan sekolah-sekolah tersebut.

Di sela-sela itu, ada les tambahan seperti Bahasa Inggris setiap seminggu tiga kali. Hal ini bertujuan jika mereka bertanding di luar negeri. Ada pula les Matematika untuk kemampuan berhitungnya.

Tak hanya itu, PB Djarum pun menyediakan layanan antar-jemput para atlet dari dan menuju sekolah yang telah bekerja sama dengan PB Djarum.

 

Berjuang Jika Ingin Sukses

Jika kamu ingin menjadi orang sukses, maka berjuanglah untuk mencapai kesuksesan itu. Tidak ada yang tidak mungkin untuk dapat kamu lakukan.

Semua mimpi-mimpi dan tujuan hidup Anda bisa terwujud dengan baik, asalkan kamu mau menjalani prosesnya tahap demi tahap. Setia dalam hal-hal kecil maka kamu akan terbiasa juga dengan hal-hal yang lebih besar.

Sama halnya dengan keuangan, kamu bisa mewujudkan setiap tujuan-tujuan keuangan kamu. Langkah praktis yang bisa kamu lakukan yaitu belajar dan membaca ilmu perencana keuangan, supaya kamu bisa mengelola dan merencanakan keuangan dengan lebih baik.

Finansialku memiliki buku keren tentang Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 02 - Finansialku

 

Buku ini merupakan mahakarya CEO dan founder Finansialku, Melvin Mumpuni, CFP. Selain itu, buku ini sudah terjual lebih dari 2000 eksemplar lho.

Kamu bisa mendapatkan bukunya melalui tombol berikut ini.

MAU BUKU KEREN

 

Banyak sekali fasilitas beasiswa yang diberikan oleh PB Djarum kepada para atletnya.

Bagaimana tanggapan Anda terkait artikel di atas? apakah Anda termasuk orang yang ingin menjadi atlet di PB Djarum?

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Kompas TV. 25 September 2019. Apa Saja Fasilitas di Asrama Atlet PB Djarum. Youtube.com – https://bit.ly/2ojTWZ0

 

Sumber Gambar:

  • Fasilitas Asrama Atlet PB Djarum 01 – https://bit.ly/2nxLuFL
  • Fasilitas Asrama Atlet PB Djarum 02 – https://bit.ly/2mOzDm3
  • Fasilitas Asrama Atlet PB Djarum 03 – https://bit.ly/2pepqQS