Kepemimpinan Bisnis yang Efektif Terlihat Dalam Film Moneyball (2011)! Ingin Tahu?

Bisnis harus dijalankan dengan sikap pemimpin yang menjadi “leader” dan bukan “boss”. Lalu, seperti apa model kepemimpinan dari film Moneyball (2011)?

Kali ini, Finasialku akan memberikan gambaran tentang kepemimpinan terbaik dari Film Moneyball (2011) yang inspiratif, selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Film Moneyball (2011): Penggambaran Leader Inspiratif

Sudahkah Anda menonton Film Moneyball? Film ber-genre drama yang berasal dari Amerika ini, telah dirilis pada tahun 23 September 2011 lalu.

Film ini tergolong lama memang, tapi kisah dan pelajaran didalamnya dapat di ambil sampai kapanpun. Film Moneyball sendiri diadaptasi dari buku Moneyball: The Art of Winning an Unfair Game karya Michael Lewis.

Kepemimpinan Bisnis yang Efektif Terlihat Dalam Film Moneyball (2011)! Ingin Tahu 02 Moneyball 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Beberapa Hal Ini Bisa Anda Pelajari dari The Greatest Showman!]

 

Film ini dibintangi aktor-aktor kelas dunia seperti, Brad Pitt, Jonah Hill, Philip Seymour, dan Chris Patt.

Review positif banyak di dapatkan film ini khususnya dari para kritikus film, karena kisahnya yang inspiratif.

Cerita dalam buku dan film yang digunakan didasarkan dari kisah nyata Billi Beane, yang merupakan General Manager Tim Baseball Oakland.

Dalam film ini diceritakan bahwa Beane adalah seorang mantan pemain baseball, yang kemudian menjadi pelatih tim baseball Oakland.

Pada suatu saat Beane bertemu dengan Peter Brand, mereka memulai berbincang dan akhirnya Peter mau menjadi asisten Beane.

Setelah berjuang sekuat tenaga dan timnya mengalami banyak kekalahan, Beane dan Asisten General Manager-nya Peter Brand belajar, bahwa dengan merekrut pemain yang kurang terkenal dan kurang dihargai akan memberikan harapan kemenangan kurang lebih 40%.

Dengan begitu Beane dapat menghemat anggaran biaya dari pesaing mereka, karena pada tahun 2002 Beane harus mengatasi gaji yang terbatas terhadap klubnya.

Pada musim 2001-2002 Tim Beane pun mencapai 20 kemenangan beruntun, hingga menjadi rekor sepanjang masa.

 

4 Poin Kepemimpinan Bisnis Efektif Moneyball (2011)

Bila Anda menyaksikan film ini, dan hanya berfikir ini film olahraga yang bagus, Anda salah.

Jika Anda melihat sejauh itu ketika menonton film ini, Anda akan kehilangan setengah atau bahkan keseluruhan cerita serta pesan inspiratif di dalamnya.

Film ini berkisah tentang semangat, pantang menyerah, perjuangan, kepercayaan, dan strategi dalam manajemen tim dan proyek serta kepemimpinan dan usaha menyelesaikan masalah.

Berikut ini beberapa pelajaran dan pesan yang terkandung dalam cerita dibalik film tersebut.

 

#1 Buat Harapan dan Tujuan

Dalam film ini terdapat salah satu kutipan “… tugas saya untuk membawa tim ini ke kejuaran”, dari kata tersebut kita dapat melihat sebuah harapan dan doa yang ingin diwujudkan.

Selain itu, Anda haruslah memahami apa yang ingin Anda capai, dan tujuan apa saja yang harus Anda raih.

Jika Anda tidak menetapkan tujuan dalam hidup, maka Anda tidak memiliki tujuan dan dapat dipastikan Anda juga tak memiliki cara untuk mengukur kesuksesan Anda sendiri.

Kepemimpinan Bisnis yang Efektif Terlihat Dalam Film Moneyball (2011)! Ingin Tahu 03 Moneyball 3 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Bisnis dari Pengusaha Lumpuh di Film The Intouchables (2011)]

 

Dalam sebuah tim, organisasi, bahkan perusahaan hal utama yang dipikirkan adalah tujuan, dan harapan-harapan apa saja yang diinginkan oleh timnya.

Pemimpin tim terbaik pasti memahami apa yang mereka inginkan dan menetapkan standar untuk mencapai seluruh tujuannya.

Pada cerita film ini, Beane sebagai pemimpin memiliki tujuan untuk membawa Oakland ke kejuaraan dan membangun tim pemenang. Lalu sudahkan Anda menentukan harapan dan tujuan dalam hidup Anda?

 

#2 Hadapi Tantangan dan Berpikirlah Berbeda

Dalam film ini terdapat kutipan “.. ada tim yang kaya dan miskin, lalu ada 50 pasang kaki yang tak ada apa-apanya dan disana juga ada kita. Ini permainan yang tidak adil”, dan kata “.. kita harus berpikir berbeda”.

Dari kutipan tersebut kita dapat mengetahui, bahwa selalu ada musuh/pesaing dan kendala yang selalu mengiringi usaha Anda.

Oleh karena itu, Anda hendaknya selalu siap dengan segala tantangan dan rintangan di depan dan jangan pernah putus asa.

Pada kutipan kedua “.. kita harus berpikir berbeda”, berpikir berbeda dalam menyelesaikan dan menghadapi masalah sangat diperlukan.

Kepemimpinan Bisnis yang Efektif Terlihat Dalam Film Moneyball (2011)! Ingin Tahu 04 Moneyball 4 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Nonton Film “Orang Kaya Baru”, Simak Dulu Kilas Balik Azim Premji]

 

Dicontohkan dalam film ini bahwa, pemilik klub berperan sebagai pengendali anggaran, manajer tim mengendalikan timnya, dan para pemain berperan mengendalikan perilaku mereka sendiri.

Pemikiran yang berbeda dan sesuai dengan posisi masing-masing menjadikan tim solid dan dapat bekerjasama menuju kesuksesan yang diharapkan. Seperti halnya dalam kisah film ini,

Anda dan kita semua pasti akan menghadapi tantangan atau bahkan menemukan orang-orang yang mungkin berusaha mengalahkan dan menjatuhkan Anda.

Maka, anda perlu berpikir secara berbeda dengan berpikir dengan cara praktis, jangan lakukan hal yang dilakukan musuh Anda. Jadilah orang yang realistis dan kalahkan pesaing Anda dengan cara yang elegan penuh strategi.

 

#3 Identifikasi Masalah dan Carilah Solusi Terbaik

Jika Anda menghadapi sebuah masalah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu apa sebab sebenarnya masalah yang terjadi, kemudian fokuslah pada pemecahan masalah, jangan malah menyalahkan orang lain.

Cobalah untuk tidak mengikuti emosi sesaat.

Pikirkan bagaimana cara memperbaikinya dengan mencari solusi terbaik untuk jangka panjang. Anda juga perlu hari-hati dengan apa yang Anda dengar, baik itu saran atau bahkan provokasi pihak lain yang barangkali ingin menjatuhkan Anda.

 

#4 Kepemimpinan yang Terbaik

Pemimpin yang baik dalam sebuah tim haruslah memberi contoh dan teladan serta fokus pada tujuan timnya.

Dalam film ini, Beane sebagai manajer tidak mendapat dukungan dari para staf, pemain dan penggemarnya, tetapi ia bertahan dan terus menerapkan strateginya dengan mengubah cara bermain tim untuk meraih kemenangan.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka Anda perlu menjelaskan strategi atau rencana-rencana Anda pada seluruh tim agar semua yang direncanakan berjalan baik dan mendapat dukungan dari dalam tim itu sendiri.

 

Terdapat perbedaan antara Billy Beane dan manajer pada umumnya, yakni Beane mengajukan pertanyaan yang tepat seperti:

  • Apa masalahnya?
  • Bagaimana kita bisa bersaing dengan tim lain?
  • Bagaimana cara kita menangkan permainan?

 

Dengan pertanyaan seperti itu, ia menemukan solusi-solusi yang membantu timnya mencapai 20 pertandingan tanpa terkalahkan dan mengubah permainan selamanya.

Apakah Anda sudah memiliki solusi untuk mengatur kondisi keuangan Anda? Aplikasi Finansialku dapat menjadi solusi yang tepat. Dengan bantuan Aplikasi Finansialku, Anda dapat dengan mudah merencanakan dan mengelola keuangan.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jadilah Leader dari Diri Sendiri

Menjadi pemimpin adalah hal yang berat jika kita tidak memulai membiasakan dari hal-hal kecil. Apalagi untuk skala bisnis yang berkaitan dengan finansial.

Jadi, mulailah jadi leader untuk diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan menjadi pemimpin pada sebuah kelompok atau lembaga.

Anda juga bisa mengawali dengan memimpin dari hal kecil, seperti keuangan Anda. Anda dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS untuk mengawali hal tersebut.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda semakin bersemangat dalam menjadi leader terbaik dalam bisnis.

Jangan lupa bagikan informasi penting tersebut pada rekan sesama pebisnis start up. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • David Priestley. 18 Maret 2015. Leadership Lessons from MoneyballVentureteambuilding.co.uk – https://goo.gl/BCgvsZ

 

Sumber Gambar:

  • Film Moneyball 1 – https://goo.gl/BCgvsZ
  • Film Moneyball 2 – https://goo.gl/hywBww
  • Film Moneyball 3 – https://goo.gl/8uy2M3
  • Film Moneyball 4 – https://goo.gl/DXMF3k

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment